Slow Cooker

Setelah memiliki Slow Cooker, saya merasa seperti punya koki pribadi dalam memasak MPASI.

Sebagai stay at home Mama tanpa asisten dan ngga bisa masak (tapi tetap ingin memberikan MPASI homemade!), saya sangat membutuhkan pertolongan ketika saya harus berhadapan dengan menyiapkan MPASI Hagan yang menginjak 7 bulan selepas tamat bubur tepung beras plus puree. Sebulan pertama, saya begitu kerepotan. Tidak punya waktu untuk berkutat di dapur dan merasa tidak bisa membagi waktu antara menyuapi, bermain, mengurusi pernik-pernik rutinitas Hagan dan tetek bengek rumah tangga lainnya. Rasanya seluruh hari saya hanya ada di dapur sementara Hagan sering terabaikan. Belum lagi hasil masakan ditolak mentah-mentah olehnya karena ngga enak. :(

Akhirnya setelah menjelajahi TUM (di forum ada thread peralatan perang MPASI) dan karena sering mampir di OLS, saya jadi tau ada alat ajaib bernama Slow Cooker. Saya memutuskan membeli ketika Hagan berusia 8 bulan dan masih terpakai hingga sekarang. Setelah baca review, saya memutuskan untuk membeli Slow Cooker merk Takahi kapasitas 1,2 liter.

Beberapa kelebihan SC khususnya merk Takahi antara lain:


  • SC Takahi tersedia dalam kapasitas kecil (0,7liter dan 1,2liter) cukup untuk porsi makan bayi.

  • SC Takahi daya listriknya kecil (75watt untuk 0,7liter dan 95watt untuk 1,2liter). Kata Bapak saya kurang lebih seperti daya listrik TV (sekitar 80watt).

  • SC Takahi pot keramiknya bisa dipakai di atas api kompor. Jadi ngga perlu tergantung sama listrik.

  • SC spesialisnya bikin nasi beserta sayur tim yang mana gizi proses pengetiman lebih baik daripada proses perebusan maupun pengukusan. Selain itu hasil masakan yang di-tim menurut saya lebih enak.

Setelah membaca dari beberapa sumber, penggunaan suhu rendahlah (1,2L), memasukkan makanan bisa dilakukan menjelang tidur dengan proses pemasakan 6-8 jam jadi tidak perlu bangun pagi-pagi.

Hingga sekarang setiap hari saya memasak MPASI untuk Hagan menggunakan SC. Sekali masaknya untuk 3 kali porsi makan (pagi, siang, dan sore) dengan menu yang berbeda.

Pagi-pagi (sekitar pukul 2) saya bangun untuk memasukkan bahan-bahan seperti beras, sayur, lauk, dan blok es kaldu (it takes 3-5 minutes) yang sudah saya siapkan sebelum tidur ke dalam pot, dan menghidupkannya. Lalu saya kembali tidur lagi. Kira-kira 3-4jam kemudian matang. Pagi pukul 6.30 (jadwal Hagan sarapan) sudah bisa dikonsumsi. Begitu pula ketika akan makan siang dan sore tinggal dihangatkan di penghangat yang tersedia di rice cooker.

Setelah memiliki SC ini saya merasakan bedanya dibandingkan sebelumnya yakni memiliki banyak waktu yang ketika dulu saya habiskan di depan kompor menjadi punya banyak waktu untuk mengurusi Hagan dan melakukan pekerjaan lainnya. :)

Untuk resep-resep dengan SC, sila urban Mama lihat di thread ini ya.

29 Comments

  1. avatar
    mama aqeil June 2, 2014 12:22 pm

    share dong beli tut takahi dimana, punya saya pecahhhh

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Melly March 24, 2014 12:12 am

    Innalillahi tutup takahi sukses pecah 3hr lalu, alhamdulillahnya berhasil menemukan supplier tutup takahi nanti saya sharing ya moms cp nya... I

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Melly March 16, 2014 11:14 pm

    Takahi 1,2l sy beli di samarinda bulan lalu harganya hampir 700rb kl 0,7l skitar 380rb, kl 1,2 l hrgnya 440rb ya murah, gak ada ruginya beli takahi standartnya sih kl beli 1,2l, soalnya 0,7l itu mini banged menurut saya sih moms

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Melly March 16, 2014 11:06 pm

    Moms kl sy pake takahi 1,2l utk 1kali masak 3 porsi kl sy 5sendok beras airnya 400ml blom ditambah sayur, lauk yg disesuaikan saja banyaknya diset auto shift aja (apabila masakan matang maka suhu akan auto ke suhu rendah. Biasanya bahan sy masak jam 11pm jd sy set auto shift saja. Kl mau 3porsi pagi siang malam beda rasa arti bikin menu basic nya bubur kaldu aja, sayur mayur dan lauk pauk tambahan dimasak terpisah begitu kali ya moms, untungnya anak saya doyan banget makan dgn 1 menu sama pagi siang malam soalnya rasanya yummy gurih banget pake takahi, sy suka cicipin jg mmg ada rasa yg lebih enak masak pake sc takahi, dijamin!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    viora March 11, 2014 12:12 am

    Moms..mau tanya dong..kalau maksudnya sekali masak untuk 3 porsi tp dengan menu yg berbeda itu gimana ya? Ga kebayang..makasih sebelumnya..

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.