Smart & Stylish Breastfeeding Mama

Sabtu, 2 Juni 2012 lalu, sejak pagi, The Only One Club FX sudah dipenuhi urban Mama yang menjadi peserta acara Smart & Stylish Breastfeeding Mama. Acara ini diselenggarakan berkat kerja sama antara The Urban Mama dan Casa Elana, sebuah clothing label yang diprakarsai oleh tiga mama, yaitu Hanna Faridl, Fifi Alvianto, dan Anneke Scorpy.

Dalam acara ini kita mendengarkan sharing dari beberapa narasumber tentang pentingnya memberikan ASI kepada buah hati kita. Ada dr. Sarah Audia dari Eka Hospital yang juga merupakan konselor laktasi, Ayah Dipa dari ID Ayah ASI yang berbagi mengenai pentingnya peran ayah dalam membantu para ibu saat masa menyusui, dan yang paling menarik ada Melanie Putria yang berbagi pengalaman menyusui kepada putranya Sheemar.

Acara dibuka sekitar pukul 10.00 oleh MC Siska Knoch, disambung dengan sapaan dari founder theurbanmama, Ninit Yunita dan dilanjutkan oleh Hanna Faridl dari Casa Elana.

Materi pertama disampaikan oleh dr. Sarah Audia dari Eka Hospital yang menjelaskan manfaat ASI, salah satunya bahwa ASI yag mengandung zat gizi paling lengkap, mudah dicerna, diserap secara efisien, melindungi terhadap infeksi, menurunkan risiko terkena penyakit kronis di kemudian hari, Biaya memberikan ASI lebih rendah dibandingkan susu formula, cepat, dan mudah dalam penyajian.  Menyusui juga memberikan banyak manfaat seperti membantu bonding dan tumbuh kembang anak, serta membantu menunda kehamilan baru (KB Sementara), juga melindungi kesehatan ibu.

Dr. Sarah juga menyampaikan bahwa sudah ada Undang-undang yang mengatur tentang ASI (No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan) pasal 128:


  1. Setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahirkkan selama 6 bulan, kecuali atas indikasi medis.

  2. Selama pemberian ASI, pihak keluarga, pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus.

  3. Penyediaan fasilitas khusus sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diadakan tempat kerja dan tempat sarana umum.


Selain itu, dr. Sarah juga memberikan tips tentang posisi dan perlekatan menyusu yang baik. Dr. Sarah juga memberikan contoh alat untuk membantu urban Mama yang memiliki inverted nipple. Dr. Sarah menyampaikan bahwa sebaiknya pada ibu tetap berpikir postif bahwa dirinya dapat memberikan ASI sebagai hadiah terbaik untuk bayi.

Setelah sesi tanya jawab dengan dr. Sarah, acara dilanjutkan dengan sharing pengalaman dari Ayah Dipa dari ID Ayah ASI. Ternyata Ayah Dipa belajar tentang ASI sejak ia masih single. Ayah Dipa memberikan contoh-contoh sederhana tentang cara agar urban Papa tertarik dengan ASI, misalnya dengan pendekatan finansial: memberikan ASI itu lebih hemat, sehingga dana yang ada bisa digunakan untuk hal lain.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Fashion Show dari Casa Elana. Ternyata baju menyusui dari Casa Elana ini keren-keren. Jadi urban Mama bisa tetap keren dan stylish pada saat menyusui si kecil, tidak perlu pakai apron lagi dan bisa menyusui di mana saja. Fashion show juga dilanjutkan setelah makan siang dan istirahat.

Dan yang paling ditunggu peserta di acara ini adalah kehadiran Melanie Putria. Mama cantik, stylish, yang rajin olahraga lari ini ternyata masih menyusui Sheemar sampai sekarang. Bahkan menurut Melanie, dengan berolahraga justru ASI-nya makin melimpah. Melanie juga mengajak urban Mama yang sedang menyusui agar tidak mengikuti rasa malas untuk tidak berolahraga. Yang penting dari olahraga adalah untuk sehat dan lebih bugar, sementara langsing adalah bonus. Walaupun masih menyusui Sheemar dan rajin berolahraga, Melanie tetap bisa berpuasa saat bulan Ramadhan.

Acara ditutup dengan berfoto bersama antara peserta dan pengisi acara. Para peserta pun membawa goodies bag yang berisi shawl dari Casa Elana, t’shirt The Urban Mama, majalah dari Sekar, Noor, dan Parenting, voucher dari Eka Hospital, serta banyak lagi. Untuk 20 peserta yang datang pertama juga mendapatkan baju menyusui dari Casa Elana.

Terima kasih untuk para pihak yang mendukung acara ini, Casa Elana, RS Eka Hospital, ID Ayah ASI, dan Melanie Putria. Terima kasih juga untuk para sponsor, Bank BTPN Sinaya, BirdsandBees, Zwitsal, dan Bambino Piccolo.

Oh ya, ternyata ada program menarik dari BTPN Sinaya, bunga yang ditawarkan setara dengan bunga deposito, cukup dengan setoran awal Rp1 juta dengan setoran perbulan min. Rp500.000,-, urban Mama Papa akan mendapatkan banyak manfaat. Segera kunjungi cabang BTPN Sinaya terdekat.

Tunggu acara kami selanjutnya, ya!

18 Comments

  1. avatar
    ninaKriya June 26, 2012 10:19 am

    aaaggghhhh...menyesaaaaal. Udah ngiler pgn ikut, tapi bentrok dgn acara lain. Baca ini bkin seharian galau. btw, mangstabh nih, acaranya keren, bajunya cantik2 deh. kapan ada acara seperti ini lagi?

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Honey Josep June 20, 2012 6:34 pm

    acaranya keren yaaa, sayang ga bisa ikutan :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    swisty June 17, 2012 9:44 pm

    dapet baju dari Casa Elana,, bagus bangeeeet!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    niken nuswantari June 14, 2012 8:46 pm

    keren, tertarik pula dengan baju menyusui casa elana
    semoga TUM bisa mengadakan acara serupa di daerah. hehe kapan ya di yogya ^^

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Fika Gunawan June 14, 2012 6:47 pm

    Acaranya seruuuuuuuuu... Goodie bag nya juga isinya cakep2. Setuju sm yg bilang shawl nya Casa Elana bagus banget. Thank you Casa Elana, Urban Mama dan Jeung Musdalifa Anas a.k.a jeung Ipeh yang sudah ngingetin aku ttg acara TUM ini. Sayangnya ga bisa ikutin sesi ke-2 nya Melanie dan foto bersama. Next time bikin acara lagi dooong... ^__^

    1. avatar

      As .