Tedhak Siten Freya

Pada bulan Mei lalu kami sudah melaksanakan aqiqah untuk Freya yang digabung juga dengan acara tedhak siten. Tedhak siten adalah upacara dalam tradisi budaya Jawa yang dilakukan ketika anak pertama belajar jalan dan dilaksanakan pada usia sekitar tujuh atau delapan bulan.

Biasanya, acara ini dijalankan saat si kecil berusia hitungan ke-tujuh bulan dari hari kelahirannya dalam hitungan pasaran jawa. Satu bulan dalam hitungan Jawa itu panjangnya sekitar 35 hari, jadi seharusnya jatuhnya di umur delapan bulan. Namun karena tanggalnya jatuhnya di bulan puasa, akhirnya kami majukan saja saat Freya sudah menginjak usia tujuh bulan lebih. Inti dari acara ini sebenarnya untuk mengenalkan tradisi, khususnya tradisi Jawa, sejak Freya kecil dan agar ia tidak lupa asal-usulnya. Sementara bagi saya pribadi, acara ini juga diadakan sebagai ajang silaturahim dengan keluarga, apalagi pada bulan Juni ini sudah memasuki bulan puasa.

Persiapan acara ini kami lakukan semuanya sendiri, sementara untuk acara adat dan masak-memasak tumpeng dibantu oleh Mbak Rus. Hal ini tidak mudah karena harus berbagi waktu dengan pekerjaan kantor dan mengurus Freya, tetapi rasanya puas saat acara berjalan dengan cukup lancar.

Saat di dalam kurungan, Freya diminta untuk mengambil barang yang akan menggambarkan minatnya saat besar nanti. Untuk itu kurungannya diisi dengan:


  1. Al-Quran

  2. Stetoskop (papskynya ingin Freya jadi dokter)

  3. Buku tulis

  4. Pulpen

  5. Uang

  6. Gelang emas

  7. Pyong yo (pokoknya mewakili hobi kami berdua di bidang martial arts)

  8. Kamera polaroid (ini pesanan Mamsky yang mewakili cinematography)


Dan barang-barang yang diambil Freya adalah:

  1. Uang

  2. Pulpen

  3. Kamera


Menyenangkan dan gembira sekali rasanya mengikuti prosesi tedhak siten ini. Kami sebagai orangtuanya insha Allah akan mendukung minat dan bakat Freya saat ia tumbuh besar nanti, selama masih hal yang bersifat positif. Semoga Freya nantinya akan menjadi anak yang berbudi pekerti luhur, berpengetahuan luas, cantik, murah rezeki sesuai doa kami yang ada di namanya.

14 Comments

  1. avatar
    Kiky Sewoyo June 25, 2016 8:11 am

    Terima kasih Mbak/teteh @hanana @cindy @zata @ninit @gabriella @yumi untuk ucapannya :D

    iya saya juga suka penasaran dan senang aja gitu klo lihat ada anak yg tedak siten kira-kira barang apa yg diambil hihihi

    Acara adat spt ini sudah jarang dilakukan, setidaknya kita sebagai anak bangsa turut ambil andil dalam pelestarian budaya kita.

    ya salah satunya dengan mengenalkan tradisi kepada si kecil sedari dini, mgkn sekarang Freya belum ngerti tapi nantinya pas dia besar akan paham pas lihat dokumentasinya :D

    hehehe.. :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    AYUMI TANGGO June 24, 2016 1:16 am

    baru liat artikel ini.. haaaa freyaa pinter bgt!! tau aja kerjaan yang enak & seru ;)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Gabriella F June 21, 2016 4:09 pm

    Freya kamu imut sekali dengan kebaya dan batik pink itu!!! Seru ya acara tradisional gitu, pasti Freya senang nanti pas lihat foto-fotonya saat udah besar.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita June 20, 2016 10:37 pm

    tedak sinten ini menyenangkan sekali yaaa. suka penasaran sama barang-barang apa aja yang diambil si kecil. haaa! pilihan yang bagus freya :D
    ps, freya cantik banget sihhh... gemeees! alisnya rapiii :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw June 20, 2016 1:01 pm

    gemezzz liat Freya pake batik pink :D. Selamat yaaa, seru banget acaranya...

    1. avatar

      As .