The Urban Grandparents

Saya pernah menghadiri seminar dengan pembicara seorang psikolog. Karena yang hadir dari yang sudah punya cucu sampai yang masih single, pembicaraan tersebut akhirnya tidak hanya tentang supermom tetapi supergrandma. Psikolog tersebut menanyakan apakah grandmas yang hadir bersedia 24 jam menjaga cucunya. Terdengar gumaman dan samar-samar ada yang menjawab 'tidak' karena beliau punya acara sendiri. Pikiran saya seketika melayang ke orang tua saya di rumah yang tentunya saat itu sedang menjaga Yasser, cucu pertama mereka. Rasanya kalau pertanyaan itu ditujukan ke mereka, saya 99% yakin jawabannya bersedia.

Papa sudah pensiun dan mama FTM sejak adik bungsu saya lahir. Sejak menikah saya masih tinggal dengan orang tua sambil pelan-pelan menyiapkan rumah sendiri. Kami dibantu 1 ART yang datang pagi pulang sore dan sampai sekarang belum mendapat babysitter yang 'sreg'.

Sejak Yasser lahir mereka turun tangan langsung merawat Yasser. Bahkan waktu newborn bisa dibilang atok-atoknya yang lebih banyak membuat Yasser tidur dan menenangkannya kalau sedang crancky. Saat itu Yasser tipikal bayi yang maunya digendong terus terutama menjelang tidur. Saya kurang cukup sabar dan kuat untuk menggendongnya sampai tertidur meskipun sudah melakukannya bergantian dengan suami. Ada pula masa dimana kami lelah dengan pekerjaan dan macetnya jalan hingga sampai di rumah merasa sangat lelah. Saat melihat muka kami super lelah tanpa diminta, mama saya langsung ambil alih Yasser. Semalaman gendong dia sambil senandung sampai tidur. Kalau beliau tidak kuat, bergantian dengan papa yang sanggup menggendong Yasser lama-lama dengan tangan saja (papa tidak biasa pakai gendongan). Mereka juga bergantian menggantikan popok. Saya hanya dibangunkan kalau Yasser mau menyusu. Apalagi habis vaksin, Yasser semalaman rewel bukan main. Lagi-lagi mereka sukarela menggendong Yasser, ajak main dia sampai dia bisa tidur. Sementara ibunya? Tidur dengan sukses! Alasannya kalau sampai tengah malam Yasser masih rewel begadangnya bisa gantian.

Soal memandikan Yasser, sampai usianya 8 bulan bisa dihitung dengan 10 jari berapa kali saya memandikan dia. Selebihnya sang atok dan harus berdua karena Yasser tidak bisa tenang pas mandi. Papa saya walau sudah pensiun tapi masih sering diundang untuk mengajar short course atau konsultan proyek di daerah. Entah sudah berapa tawaran yang beliau tolak dengan alasan sedang menjaga cucu.

Senang ya? Hmm... percaya atau tidak keadaan seperti itu bikin saya sempat mengalami babyblues ringan. Sebagai newbie mom sering saya merasa sedih dan useless karena tidak bisa menenangkan anak sendiri. Ada perasaan takut Yasser tidak bisa dekat dengan saya. Di lain waktu, beberapa kali saya berselisih pendapat tentang visi dan metoda yang saya tawarkan dan gong-nya tercetus kalimat, 'Ah anak-anak dulu begitu baik-baik saja'. Kadang saat saya melonggarkan aturan mereka yang mendadak overprotektif.

Baca-baca milis dan forum, mengobrol sesama ibu muda, ternyata bonding dengan anak bukan sesuatu yang instan. Saya menemukan quote yang bagus saat browsing:

"If your baby is beautiful and perfect, never cries or fusses, sleeps on schedule and burps on demand, an angel all the time, you're the grandma." –Teresa Bloomingdale.

How true! Wajarlah Yasser kalem di tangan mama papa saya. Wong mereka sudah pengalaman dengan 3 anak (Ehm... ternyata saya waktu bayi juga suka rewel and such a picky eater!)

Baiklah, mari anggap santai saja semua. Setiap Yasser rewel saya berusaha tidak panik dan sabar karena kata mama bayi itu sangat perasa. Kalau suasana hati ibunya tidak bagus si bayi pun jadi rewel. Jika saya dan suami belum berhasil menenangkan Yasser akhirnya saya biarkan orangtua mencobanya. Saya ikut menenangkan diri sambil mengamati cara-cara mereka. Saya juga santai kalau Yasser mau dimandikan atau digantikan popoknya oleh mereka. Sambil menunggu saya menonton tv, browsing, tidur-tiduran... Oops! :)

Mengenai beda visi dan metode, saya beruntung punya mama yang melek internet (kami juluki mama cyber). Saya kirim saja link artikel ke e-mail beliau dengan harapan beliau memahami sendiri dan mengerti mungkin dulu yang terbaik begitu, sekarang sejak ada penelitian terbaru yang terbaik begini.

Walau begitu saya tidak mau memaksakan kehendak jika itu memberatkan orang tua. Contoh:


  • Saya ingin Yasser minum ASIP dari cup feeder atau sendok supaya tidak bingung puting. Tapi setelah trial berapa kali sepertinya mereka kerepotan maka saya pun membiarkan Yasser minum dari botol. Toh seharusnya saya bersyukur karena mama mau open mind dengan keinginan saya memberikan ASI eksklusif. Beliau bersedia ikut konsultasi laktasi dan pelajari manajemen ASI.

  • Saya ingin Yasser menggunakan cloth diaper. Tapi perintilan clodi, cara pakai dan cara merawatnya tampaknya merepotkan mama. Akhirnya sesekali saja saya pakaikan cloth diaper, habis sayang kalau tidak sama sekali dipakai.

  • Saya ingin coba Baby Led Weaning (BLW). Waduh bisa shock mereka kalau awal MPASI melihat cucunya saya kasih potongan alpukat, bukan puree. Santai saja lah, yang penting bergizi bagus, sebisa mungkin homemade tanpa gula garam.
  • On the other side, orangtua saya kerap bertanya dulu pada kami kalau mau memberi Yasser sesuatu entah itu makanan atau mainan. So, saling memahami dan tidak memaksakan kehendak dalam mengasuh anak tidak hanya untuk ayah ibu, tapi juga kakek nenek yang terlibat langsung. Yang penting esensinya tercapai apapun metodenya.

    Alhamdulillah setiap hari saya bisa ke kantor tanpa banyak pikiran ke rumah karena yakin Yasser ada di tangan kedua orang yang saya sangat sayangi dan luar biasa sayang pada Yasser.

38 Comments

  1. avatar
    agnes nur kartika February 26, 2013 12:45 pm

    huaaa ada juga yg nasibnya sama..awal2 fiqah lahir aku juga sering ngerasa marah sama diri sendiri karena ga bs ngasuh anak full time, berdebat karna pola asuh yg ga sejalan but at the end akhirnya sadar juga and dont have to be worried karna fiqah diasuh oleh orang yg tepat which is akung-utinya. toh mereka berhasil mendidik kita jd kaya sekarang kan mom? :)
    alhamdulillah selama 6 bulan ini, walopun waktu ketemuan cuma sebentar fiqah tetep jd fans setia mamanya yg klo udah ketemu maunya nempel teruuusss hehe..secara aku ketemu cuma beberapa jam setelah pulang kantor dan baru bisa full ketemu pas weekend karena fiqah tinggal sama mbahnya dan aku+suami tinggal di rumah sendiri..well another dilemas again.. :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Liana Patria Kirana May 25, 2011 10:52 am

    Lega...ternyata bukan aku aja yang mengalaminya.. cuma ebdanya baby aq diambil alih mertua..mother in law..dan betull aq sempet baby blues ringan karena apa yg aku lakukan pas awal2..dikomeeeeeeeeeen melulu... sekarang baby aq 2bulan,,kita liat pas dia MPASI hii ...TFS ya mam :D

    1. avatar
      Pamela May 29, 2011 6:19 pm

      abis lahiran mah sensimeter mendadak tinggi. Klo aku yg penting sama suami kudu sepaham, jadi ngejelasin ke orang tua kedua belah pihak lebih enak. Bakal lebih seru tuh pas MPASI;)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    viedh May 22, 2011 10:27 am

    Ahh..terharu mbacanya..
    Walaupun anakku msh di dlm perut tapi baca crita ini berasa akan ngaca..??????????? "? ..

    Hamil ini aja,apa2 terbantu sm mama ku..
    Mual dan pusing tiada tara bikin gak bisa main2 ke dapur..daripada hoek2 dan gak bisa makan jadilah si mama harus repot2 masak ketika aku tidur..

    Kebayang donk,perjuangan mama untuk punya cucu yg sehat..hrs rela masak jam 3 pagi..biar aku gak nyium bau masakan dan bisa makan dengan tenang. :') ..

    Smoga supper grams and supper gramps slalu diberkahi kesehatan yaaa :) ..amin!!
    Nice sharing mba..

    1. avatar
      Pamela May 23, 2011 8:31 pm

      Wiii top bgt mamanya viedh! amin smoga mereka diberkahi kesehatan dan kita bisa kaya mereka nanti.
      Happy mommy-to-be juga, smoga sehat n lancar ya kehamilannya sampe persalinan:)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Devina May 18, 2011 1:29 pm

    btw lg, avatarnya yg muncul msh sm y, 3 anak kecil nan lucu yg gak aku kenal, bkn avatar aku n anakku yg aku upload..tlg y moderator TUM :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Devina May 18, 2011 1:02 pm

    hiiii pamz! pamz tmn smp ku yg ngenalin TUM ke aku, tengkyu y say jd ngerasa kebantu bgt sm artikel2 di TUM, ternyata new mom yg kebingungan n ngerasa useless bkn cuma aku :)

    hehe pernah curcol jg di bbm sm pamz soal capeknya pny newborn, iya Attila jg mwnya tdr dieyong n kl ditaro bangun n nagis, pernah jam 3 pagi mamaku nyamperin ke kamar krn dgr Attila nangis trs sementara aku n suami dh lelah n bingung gmn caranya nidurin Attila..eh pas digendong mama, Attila langsung diem! diayun2 sebentar langsung tidur...duuh kadang malu n sedih knp nenangin anak sendiri ko ga bs :(

    soal nginep semalam dikamar orang tuaku jg pernah, karena aku sakit n butuh istirahat jd attila dikasih kl mw nyusu aja,luar biasa y mama papa qta...

    Attila jg cucu pertama n orangtuaku sangat excited ngurus attila, tp mereka msh aktif bekerja jd ga full ngurus jg, kl aku kerja attila sm mba dirumah, untunglah skr dh dpt ART lg tuk bantu2 mba yg ngurus rmh.

    ARTku yg baru, baru berusia 15 th tp dia telaten kl gendong n nenangin attila, kadang kl plg kerja ato wiken, kl aku gendong2 Attila suka berontak n lama2 nangis, ga nyaman kali y gendongan mamanya yg ga sabaran ini, karena dh cape n kasian jg liat dia g nyaman, aku kasih deh ke mba ato mama, biasanya c dy langsung diem n ketawa krn dibecandain n diajak ngobrol.

    hehe begitu pula dgn mandiin pamz, skr attila jalan 4 bln, aku mandiin jg bs diitung jari, alasannya waktu lahir attila kecil bgt 2.4kg jd aku blm berani eh smp skr dh 5.5kg ttp aja jarang mandiin, walo kl weekdays emg aku kerja tp weekend ttp aja yg mandiin kadang msh mamaku ato mba dirumah :D

    Bener bgt pam, kadang terbersit takut attila g dkt sm aku T_T tiap hari ninggalin 12 jam, tiap mw berangkat jam 6 pagi rsnya beraaat bgt

    mudah2an anak qt ngerti y kl dia tetap segalanya bwt qt...dan alhamdulillah banget punya orang tua n orang2 yg siap membantu n sayang sm anak qt :))

    1. avatar
      Pamela May 18, 2011 3:57 pm

      Tenkyu Dev! Yup transformasi dr bumil yg pemalas (itu gw siy) jadi new mom bner2 total. Dunia berasa kebalik 180 drjt. Ga peduli betapa badan udah mau rontok tp denger anak nangis ya bangkit juga dan harus pasang muka happy.
      Hahaha bener Dev kita2 jarang banget mandiin anak, bahkan klo di tempat mertua, selalu andungnya (nenek) yg mandiin, ibunya siap nyambut dengan anduk aja;p

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .