Tidak Perlu Pusing Cari Sekolah


Nasional atau Internasional? Montessori atau Thematic atau Holistic? Singapore atau US-based? Preschool atau Child care?

Pertanyaan-pertanyaan di atas sering kali muncul di benak urban Mama Papa saat ini ketika mereka menyadari bahwa anak-anak telah memasuki usia prasekolah. Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Pembentukan karakter anak sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang mereka dapatkan, bahkan sejak anak masih baru memasuki usia prasekolah. Karena itu sangat penting bagi kita untuk memilih sekolah yang tepat bagi anak-anak tercinta.

Bertahun-tahun lalu, tidaklah terlalu sulit untuk memilih sekolah anak. Anak-anak dibiarkan tumbuh dan mendapatkan pendidikan dini mereka di rumah dan ketika mereka berusia 4-5 tahun barulah dimasukkan ke lembaga pendidikan formal. Level lembaga pendidikan pada awalnya dimulai dari Taman Kanak Kanak (TK), berlanjut ke Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Seiring perkembangan waktu, mulai muncul banyak jenis lembaga pendidikan untuk usia prasekolah. Macam-macam nama yang digunakan untuk tingkatan ini, mulai dari pre-school, toddler, nursery, dan lainnya. Setelah jenisnya berkembang, kurikulum-kurikulum yang digunakan pun makin beragam.

Dulu, sekolah dengan embel-embel “International School” di belakang namanya terkesan sangat prestisius dan mahal. Tapi saat ini, International School sudah menjamur di mana-mana. Selain International School, banyak juga sekolah yang menggunakan nama National Plus. Kurikulum yang digunakan pun berbeda-beda, mulai dari Montessori, Singapore-Based, Holistic, dan banyak lagi jenis kurikulum lainnya yang terdengar asing di telinga.

Munculnya berbagai sekolah dengan berbagai jenis kurikulum saat ini membuat urban Mama Papa memiliki pilihan yang sangat luas. Tetapi berbagai kendala seperti macet, sibuk bekerja, juga keterbatasan pengetahuan akan suatu wilayah tertentu membuat banyak urban Mama Papa di kota-kota besar, tidak bisa banyak mengeksplorasi pilihan-pilihan itu untuk menentukan sekolah yang tepat bagi anak-anak tercinta.

Dengan kendala seperti ini, banyak urban Mama Papa yang memilih sekolah dengan pertimbangan “asal dekat” saja, padahal seharusnya banyak sekolah lain yang juga dekat yang dapat dijadikan bahan pertimbangan.


Hal-hal semacam ini seharusnya dapat mudah diatasi dengan bantuan teknologi informasi yang sesuai, khususnya internet, terutama jika terintegrasi dengan social network seperti Facebook dan Twitter. Saya akhirnya menemukan Sekolah123.com yang berfungsi sebagai e-direktori dalam menyediakan akses informasi yang mudah dan tepat dalam memilih lembaga edukasi yang sesuai. Situsnya sangat informatif sekali.

Ada fasilitas search engine dan database yang luas yang bertujuan memudahkan urban Mama Papa mencari berdasarkan pilihan area, tingkatan, juga biaya bulanan dari sekolah yang diinginkan. Kita juga dapat melihat profil sekolah secara singkat yang berisikan informasi-informasi yang diperlukan serta foto-foto dari sekolah tersebut.

Sekolah123.com hadir sebagai One Stop Education Information Provider yang juga menyediakan artikel-artikel berguna seputar dunia anak dan pendidikan untuk tujuan edukasi para orangtua. Selain itu, Sekolah123.com juga merupakan wadah yang tepat bagi para orangtua untuk saling berkomunikasi dan bertukar pikiran melalui fasilitas forum.

Untuk para profesional yang bergerak di bidang edukasi, Sekolah123.com juga menyediakan fasilitas jobs untuk memberikan informasi lowongan pekerjaan di bidang pendidikan.

Berbagai informasi mengenai event dari sekolah-sekolah juga ditampilkan dalam bentuk banner sehingga urban Mama Papa dapat mengetahui kapan jadwal open house atau try out untuk sekolah-sekolah tertentu.

Begitu banyak kemudahan-kemudahan yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja secara online sehingga dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya melalui website e-direktori. Semoga urban Mama Papa dapat menyadari bahwa media internet tidak hanya berfungsi sebatas untuk ber-social networking saja, tetapi juga untuk mengeksplorasi banyak hal lainnya. Untuk mendapatkan tip-tip harian yang berguna, urban Mama Papa juga bisa membuka facebook sekolah123 atau follow twitter mereka di @sekolah123.

Related Tags : ,,

19 Comments

  1. avatar
    febbiana tanziah October 24, 2012 10:01 am

    Thx so much mom utk info nya,mmg bnr2 lg butuh nih :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    famura May 27, 2012 5:34 am

    So very helpful!
    Kebetulan anak di rumah "kekurangan" media/tenaga untuk bisa eksplorasi diri, rasanya pengen masuk sekolah aja, untuk bermain & bersosialisasi dengan banyak teman yang sebaya.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Ruliyani May 16, 2012 8:01 pm

    kereeen websitenya!! tfs yaa teh ninit :)
    berharap secepatnya Kota Bandung juga masuk artikel, Aamiin..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    niniek rofiani May 9, 2012 3:38 pm

    TFS Mbak Ninit, berguna banget.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    christin May 7, 2012 1:40 pm

    Thx teh ninit....

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.