TUM's Weekly Roundup: 30 November 2018

Selamat hari Jumat, urban Mama dan Papa! Bagaimana aktivitas yang dijalani seminggu ini? Semoga semuanya berjalan lancar ya.

Minggu terakhir di bulan November 2018 ini The Urban Mama menanyangkan beberapa artikel dengan topik yang menarik, seperti pembahasan mengenai usia anak pertama kali masuk sekolah, membangun kembali kemesraan antara suami dan istri, kondisi Obstructive Sleep Apnea (OSA) pada anak, serta DIY instalasi pallet sign.

Bicara tentang anak bersekolah, pada saat usia berapakah si kecil mulai didaftarkan ke sekolah oleh mama? Tentunya Urban mama dan papa punya pertimbangannya masing-masing saat mendaftarkan si kecil ke sekolah taman kanak-kana, playgroup, maupun daycare. Mama Laura Emerentia berbagi kisahnya saat pertama kali memutuskan untuk mendaftarkan puteranya, Dunant, untuk bersekolah. Dalam tulisan Dampak Sekolah bagi Dunant, Laura menjelaskan bahwa setiap ibu pasti memiliki concern masing-masing sebelum memasukkan anak ke sekolah. Baginya, hal terpenting yang menjadi pertimbangan adalah usia Dunant dan kemampuannya dalam berkomunikasi. Mengapa akhirnya diputuskan untuk Dunant bersekolah? Apa saja perbedaan yang teramati setelah Dunant rutin bersekolah? Urban mama dapat simak lebih lengkap dalam tulisan Dampak Sekolah bagi Dunant.

Kita beranjak sejenak dari topik seputar sekolah anak. Dunia parenting, dasarnya dibangun tak jauh-jauh dari relationship suami-istri. Menurut penulis Adhitya Mulya, ia percaya bahwa menjadi pasangan yang baik, akan membuat kita menjadi orangtua yang baik (meski tidak semua). Kokohnya sebuah keluarga berawal dari hubungan dua orang yang memutuskan untuk menikah dan seterusnya menjaga janji pernikahan tersebut dengan saling memantaskan diri mereka untuk satu sama lain. Namun tak jarang kita mendengar cerita perpecahan rumah tangga pasangan lain. Dari kisah-kisah perpecahan ini, ada beberapa pelajaran yang dapat dipetik. Dalam tulisannya di The Urban Mama minggu ini, Adithya Mulya menjelaskan bahwa pasangan kerap lupa bahwa kemesraan adalah sebuah kelayakan yang diusahakan. Bentuknya seperti apa, kelayakan yang harus diusahakan tersebut? Lalu apa hubungannya antara usaha suami-istri menjaga kemesraan dengan terbentuknya keluarga yang harmonis? Lebih lengkapnya, dapat dibaca dalam tulisan Perhiasan Dunia Akhirat. Satu hal lagi yang digarisbawahi oleh Adhitya Mulya adalah suatu saat nanti, anak-anak kita akan menikahi pasangannya, dimana mereka akan menjalankan pernikahannya dengan belajar dari bagaimana kita -orangtuanya- menjalankan pernikahan.

Minggu ini BundaNouf berbagi kisahnya saat puteranya, Azzam, mengalami kondisi Obstructive Sleep Apnea (OSA). Dimulai dari kecurigaaannya saat mendengar pola Azzam bernapas dengan mulut seperti orang habis berari (padahal tidak habis beraktivitas berat), dan ketika tidur di malam hari selalu mendengkur dan sering kali napasnya terhenti walau bahu tetap naik turun dan akhirnya terbangun gelagapan tidak dapat bernapas. Puncaknya adalah ketika Azzam “berhenti bernapas” dan terbangun dalam tidurnya lebih dari 20 kali. Karena kurang tepatnya diagnosa dari beberapa dokter spesialis anak yang ditemui, kecurigaan tersebut lama tak terjawab hingga Azzam berusia hampir 4 tahun. Saat itu Azzam harus dirawat di rumah sakit karena suspect DB dan bronco pneumonia. Dokter spesialis yang menangani Azzam langsung curiga bahwa Azzam mengalami Obstructive Sleep Apnea. Seperti apakah kondisi OSA dan mengapa OSA tak boleh dianggap sepele, ada penjelasannya dalam tulisan Anakku Pernah Menderita Obstructive Sleep Apnea (OSA).

Adakah Urban mama dan papa yang menyukai kegiatan DIY untuk dekorasi rumah? Pasangan Almaviva dan Ing Landjanun adalah salah satu pasangan favorit kami yang hobi sekali membuat berbagai kreasi DIY dekorasi rumah. Kali ini mereka berbagi salah satu kreasi mereka membuat instalasi dengan kabel yang membentuk tulisan "hello". Instalasi ini diletakkan di ruang tamu. Konsepnya adalah setiap tamu yang berkunjung disapa dengan tulisan instalasi "hello". Tertarik membuatnya? Dalam tulisan DIY Hello Pallet Sign, Mama Almaviva merinci alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat instalasi ini serta cara membuatnya. Seru juga ya kalau akhir pekan diisi dengan membuat DIY project untuk mempercantik rumah!

(Gambar: www.pexels.com)

Nantikan selanjutnya tulisan-tulisan menarik dan informatif di The Urban Mama minggu depan. Selamat berakhir pekan dan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta, Urban Mama dan Papa!

0 Comments

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.