Variasi Aktivitas Menggambar dan Mewarnai

Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Kegiatan menggambar, mewarnai serta melukis paling sering dilakukan oleh putri saya Alika. Hampir setiap hari Alika selalu meminta aktivitas ini. Media yang dipakai untuk menggambar juga berbeda-beda, dari yang paling sederhana seperti pensil warna sampai dengan menggunakan busa pencuci piring. Sengaja saya biarkan Alika melakukan aktivitas menggambar atau mewarnai dengan sendirinya karena dengan begitu imajinasi dan kreativitasnya bisa terasah dan bagus juga untuk meningkatkan keahliannya memegang alat tulis (pre-writing skills) sejak dini. Di sini saya ingin berbagi beberapa ide kegiatan mewarnai dan menggambar yang biasa Alika kerjakan di rumah:

1.    Stencil Painting
Kegiatan ini adalah mewarnai menggunakan cetakan yang terbuat dari guntingan karton (cardboard). Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk aktivitas ini adalah:


  • cardboard atau karton bekas

  • knife art atau cutter dengan mata pisau runcing dan langsing

  • gunting

  • busa (sponge) pencuci piring

  • cat poster

  • kertas warna putih


Cara membuatnya pertama-tama adalah buat sketsa gambar apa saja yang disukai, misalnya teddy bear, seukuran kartu pos atau tergantung kebutuhan. Potong hati-hati menggunakan cutter mengikuti bentuk gambar tersebut. Setelah potongan gambar digunting rapi, kita bisa langsung menempelkan cetakan ini ke kertas putih atau bisa juga memakai masking tape apabila diperlukan agar cetakan tetap di tempatnya. Si kecil bisa mulai mewarnai dengan mencelupkan busa pencuci piring yang telah dipotong persegi kecil ke cat poster. Manfaat kegiatan ini selain bisa melatih awal kegiatan menulis huruf juga bagus untuk koordinasi mata dan tangan mereka.

2.    Negative Painting
Kegiatan ini berupa mewarnai dengan menggunakan objek yang ditempelkan atau direkatkan ke kertas. Objek yang digunakan bisa berbagai macam, di sini saya menggunakan daun kering, dan foam dengan berbagai macam bentuk binatang dan bangun datar (shapes).

Alika membuat dua macam objek yang ditempelkan dengan masking tape dan lem biasa, hasilnya ternyata lebih bagus menggunakan lem.  Kegiatan ini sangat mudah dan menarik, karena si kecil bisa bebas mewarnai dengan cat poster, finger paints atau crayon di bagian yang tidak tertempel oleh objek-objek. Apabila si kecil menggunakan cat untuk mewarnai, keringkan hasil gambarnya terlebih dahulu setelah itu baru lepaskan perlahan-lahan dari kertas. Gambar yang tidak terkena cat akan membentuk sesuai dengan objek yang ditempel.

3.    Batik painting
Kegiatan batik painting ini mengkombinasikan mewarnai dengan cat dan crayon. Pertama biarkan si kecil menggambar bebas dengan crayon di kertas putih, lalu kertas yang telah digambari crayon diremas-remas hingga membentuk bola-bola. Setelah itu buka kembali dengan hati-hati agar tidak sobek; urban mama bisa membantunya dalam proses ini, kalau Alika memaksa ingin membuka sendiri.

Kertas yang telah diremas tadi membentuk motif-motif seperti mosaik. Selanjutnya biarkan si kecil kembali mewarnai seluruh bagian kertas tersebut dengan cat poster atau cat yang tersedia di rumah. Setelah selesai mewarnai, biarkanlah catnya mengering. Hasil mewarnai akan terlihat setelah cat mengering, agar lebih terlihat bisa juga kertasnya disetrika (lapisi lukisan dengan sehelai kertas) setelah catnya kering semua untuk meluruskan kertas yang sebelumnya lecek.

Hasilnya sungguh indah menyerupai lurik-lurik batik. Kegiatan ini membantu motorik kasar pada si kecil yaitu ketika mereka meremas kertas hingga membentuk bola-bola.

4.    Bottle cap stamping
Kegiatan menggambar ini prinsipnya sama dengan menggunakan cap, tetapi di sini cap yang digunakan bukan berasal dari toko mainan melainkan saya khusus membuatnya sendiri dengan bahan yang tersedia di rumah. Bahan apa saja yang diperlukan? Cukup mudah, saya menggunakan tutup botol plastik minuman dan sticker foam bergambar. Apabila tidak ada sticker foam, urban mama bisa menggunakan busa foam biasa yang digambari bentuk objek sesuai keinginan atau kesukaan si kecil, kemudian foamnya digunting dan direkatkan pada tutup botol. Setelah itu siapkan cat poster warna-warni dalam wadah plastik, lalu si kecil bisa langsung mulai bermain dengan cap buatan sendiri ini.  Murah meriah, si kecil pun senang dan bertambah pintar. Kalau Alika suka mengecap sambil bercerita.

Bagaimana urban mama, kegiatan mewarnai dan menggambar di atas cukup mudah bukan untuk dipersiapkan? Selamat mencoba!

17 Comments

  1. avatar
    adhisti rahadi March 10, 2015 3:05 pm

    keren banget mbak idenya. pas banget sama anak saya yang lagi bosen ngelukis karena cuma pakai cat air dan jari saja. makasi mbak, segera dicoba nih :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    musdalifa anas February 14, 2015 7:04 am

    Favourite. Tfs Fen, pengen deh jadi Alika :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Fenny Masudah February 13, 2015 6:06 pm

    Wah senang sekali mendapat respon yang positif dari mba zata, mba inga, ummu alfathoni dan mba anita. Terima kasih yah dan selamat mencoba dengan si kecil :) Mba eka toss juga ahh samaan nih kesukaannya :P

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    aniwul February 12, 2015 1:40 pm

    Halo mom, tfs ya, seru sekali idenya, mudah2an bs saya coba bersama si kaka =)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Ummu Alfathoni February 10, 2015 12:14 pm

    Hallo mom, terima kasih sharingnya... kreatif sekali mom idenya... ^-^

    1. avatar

      As .