Vegetabilsk Suppe

Nama supnya aneh ya? Sebenarnya kalau diterjemahankan sih hanya 'sup sayur' saja. Di kantin kampus, sup sayur ini selalu menjadi makanan favorit para mahasiswa karena ekonomis, sedap, dan mengenyangkan. Sekali waktu, saya penasaran mencari resepnya di internet. Ternyata cara membuatnya mudah sekali dan bisa menjadi alternatif yang lebih menyehatkan daripada cream sup.

Bahan-bahan (2-3 porsi sup):


  • 1 liter air matang untuk merebus

  • 1 buah ubi manis (ukuran besar atau 250 gram sebelum dikupas), kupas dan potong-potong

  • 150 gram jamur (jamur champignon, jamur kancing atau jamur tiram)

  • 1 batang daun bawang

  • 2 batang seledri

  • 1/2 bonggol kembang kol

  • 4 buah wortel ukuran sedang

  • 3 buah tomat merah (bisa diganti dengan 2 sdm pasta atau puree tomat kalengan)

  • 1 sdm minyak goreng untuk menumis

  • 1/2 buah bawang bombay, iris halus

  • 3 siung bawang putih, cincang halus

  • 1-2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air dingin

  • garam dan merica secukupnya

  • 1-2 sdt italian mix herbs atau bubuk kari (optional, tergantung selera)


Cara membuat:

1. Cuci bersih, kupas dan potong-potong semua sayur kecuali bawang. Siapkan panci, masukkan potongan sayur dan tuangi air cukup sampai permukaan sayur terendam. Rebus sayur dengan api kecil-sedang sampai empuk. Setelah sayur empuk, matikan api dan tunggu sampai rebusan sayur agak dingin.

2. Haluskan sayur beserta air rebusannya menggunakan blender. Kalau blender tidak cukup untuk menghaluskan semua rebusan sayur, bagi menjadi dua batch.

3. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai mulai harum. Tambahkan merica, puree tomat atau pasta tomat (kalau menggunakan), aduk rata. Tuang blenderan sayur rebus dan larutan maizena, aduk rata.

4. Cicipi, beri garam sesuai selera. Kalau suka citarasa sup yang lebih berbumbu, tambahkan italian mix herbs atau bubuk kari. Sup tidak perlu dimasak lama-lama, cukup hingga mengental rata. Sajikan sup hangat-hangat bersama croutons, garlic bread atau melted cheese sandwich.

5. Untuk membuat garlic bread: cincang halus 2 siung bawang putih, aduk bersama mentega atau margarin. Oleskan campuran mentega pada dua lembar roti tawar, tangkupkan dan bakar dengan penggorengan sampai kedua sisi roti mulai garing kecokelatan. Untuk cheese sandwich, cukup tambahkan keju parut atau keju lembaran dalam setangkup garlic bread, panaskan sampai roti garing kecokelatan dan kejunya meleleh. Potong diagonal, sajikan.

Pada resep di atas, sayurnya diblender bersama air rebusan sayur agar vitamin yang larut saat sayuran direbus bisa ikut termakan. Air rebusan sayur tersebut juga memberikan rasa kaldu sayur yang sedap. Alternatif lainnya, urban mama bisa terlebih dahulu mengukus sayur hingga empuk, lalu tambahkan air secukupnya dan diblender sampai halus. Kalau ingin citarasa sup yang lebih gurih, bawang bisa ditumis bersama mentega atau margarin.

Karena menggunakan puree sayuran, vegetabilsk suppe ini bisa juga menjadi hidangan MPASI si kecil. Cukup pisahkan bagian sup yang belum dibubuhi garam untuk MPASI si kecil, atau beri garam dan merica sesuai selera saat sup dihidangakan. Untuk padanan proteinnya, urban mama bisa juga menghidangkan vegetabilsk suppe ini bersama hidangan telur, fillet ikan atau potongan daging ayam. Selamat mencoba!

13 Comments

  1. avatar
    Kirana Renjana September 9, 2019 8:53 pm

    Asik, dapat menu baru lagi. Biasanya aku suka nanya ke dokter gizi buat menu keluarga yg sehat. Tambahan dari mommy membantu sekali.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    diana fawzi December 6, 2016 10:00 am

    Waw resepnya berguna banget nih buat jadi alternatif makanan untuk anakku yang ga suka sayur karena bentuknya, jadi kalo di halusin semua bisa yaa... mudah-mudahan deh. blendernya biasanya pake apa ? hand blender gitu atau blender biasa ? aku lagi cari hand blender sih soalnya lebih praktis aja. Nah, makannya aku kmrn abis ikut kuis sakatonik liver... lumayan kalo menang bisa dapet hand blender atau bread toaster... maaf ya cerita dikit moms

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    saribungajiwa October 12, 2015 10:18 pm

    wahhh ijin share d FB ku ya mommy ..TFS :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Siska Knoch September 9, 2015 2:38 pm

    Makasi resepnya aii

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Wulan Hermawati September 8, 2015 6:59 am

    aa jadi pengen cobaaa... akhir2 ini anak2 susah bgt diajak makan sayur

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.