What You Expect to Eat When You Are Expecting

“Wah, selamat ya atas kehamilannya, makan yang banyak… kan yang makan sekarang dua orang.”
“Lagi hamil nggak boleh makan durian atau nanas, lho!”

Kalimat-kalimat di atas tentu saja sering didengar oleh urban mama yang sedang hamil dan tidak jarang membuat  urban mama bingung serta khawatir.

Untuk menjawab semua kebingungan dan kekhawatiran urban mama yang sedang hamil, TUM Luncheon yang berlangsung pada Sabtu, 4 Februari 2017 bertempat di DLAB, Menteng menghadirkan dr. Boy Abidin, SPOG yang berbagi pengetahuan seputar gizi dan nutrisi pada ibu hamil, dr. Merry dari Cordlife Indonesia yang berbagi pengetahuan mengenai tali pusat serta demo masak camilan sehat bersama Sandra dari Hello Sunshines.

Gizi dan Nutrisi Ibu Hamil

Menurut dr. Boy Abidin, SpOG, gizi dan nutrisi pada ibu hamil sebaiknya dimulai sejak seorang perempuan mulai dewasa yang ditandai dengan pertama kali menstruasi. Sejak saat itulah, seorang perempuan sudah siap menjadi seorang calon ibu karena organ reproduksinya telah siap. 

Nutrisi dan gizi pada ibu hamil yang baik penting untuk jangka pendek dalam perkembangan dan pertumbuhan otak janin, masa otot serta komposisi tubuh, metabolisme tubuh seperti enzim dan hormone. Sedangkan untuk jangka panjang, nutrisi dan gizi pada ibu hamil berperan untuk menunjang fungsi kognitif saat bersekolah formal, imunitas tubuh   dan menghindarkan tubuh dari obesitas, penuaan dini, penyakit kronis seperti diabetes, jantung, tekanan darah tinggi, kanker serta stroke.

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil tidak serta merta langsung juga dikonsumsi oleh janin. Hal ini dikarenakan fungsi plasenta yang menyaring semua kebutuhan nutrisi janin sehingga hanya nutrisi terbaik yang diperlukan bayi saja yang terserap oleh tali pusat bayi. Namun bukan berarti dengan adanya fungsi kerja plasenta ini urban mama yang sedang hamil jadi makan sembarangan ya!

Seorang perempuan yang dinyatakan hamil sebaiknya segera mengkonsumsi asam folat dan zat besi. Asam folat sangatlah penting untuk mencegah cacat pada janin seperti Neural Tube Defect, Anencephalus ataupun Spina Bifida.

Bagi ibu hamil, konsumsi makanan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang, perbanyak sayur dan buah kemudian dilengkapi dengan karbohidrat, protein, lemak secukupnya serta konsumsi air 2-3 liter per hari. Dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang, urban mama yang sedang hamil akan terhindar dari kenaikan berat badan yang  berlebihan.

Idealnya kenaikan berat badan bagi ibu hamil adalah 10-15kg dengan asumsi trimester pertama kenaikan per bulan 1 kg, trimester kedua dan ketiga per bulan 2 kg.

Urban mama yang sedang hamil tentu saja diperbolehkan memakan makanan seperti durian atau nanas. Pilih durian yang masih segar dan belum beralkohol sedangkan bagi ibu hamil yang tidak memiliki asam lambung boleh saja mengonsumsi nanas secukupnya.

Sebaiknya urban mama yang sedang hamil menghindari alkohol, kopi, dan rokok. Ini juga berlaku bagi urban papa yang masih merokok baik rokok konvensional ataupun elektrik. Sisa asap yang menempel di baju urban papa dapat terhirup urban mama sebagai perokok pasif yang dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin. Jadi, urban papa biasakan untuk mandi bersih serta keramas saat akan berdekatan dengan  urban mama yang sedang hamil.

Keajaiban sel punca

Tali pusat adalah tali penghubung dari plasenta ke janin yang memungkinkan darah membawa oksigen dan nutrisi kepada janin dalam kandungan. Biasanya, sesaat bayi lahir, tali pusat akan dipotong  dan dibuang atau dikubur bersama dengan plasenta.

Darah tali pusat adalah sumber yang kaya akan sel punca atau disebut sebagai Hematopoetic stem cell (HSC) yang berperan untuk mengisi darah dan meregenerasi sistem kekebalan tubuh.

Dengan kemampuan sel punca yang unik, sel ini dapat dipergunakan sebagai pengobatan standar untuk lebih dari 85 jenis penyakit.

 

Sel punca dapat ditemukan di sumsum tulang maupun darah tepi, namun sel punca darah tali pusat lebih mudah untuk diambil dan digunakan apabila diperlukan.

“Sebagai orangtua, tentunya kita ingin melindungi anak kita. Dengan menyimpan sel punca sekarang, kita memberikan anak dan keluarga kita pilihan terapi medis yang lebih banyak di masa mendatang,” jelas dr. Merry.

Informasi lebih lanjut mengenai bank tali pusat, silakan mengunjungi Cordlife Indonesia.

Selanjutnya acara TUM Luncheon dilanjutkan dengan demo membuat organic healthy snacks bersama Sandra dari Hello Sunshines yang juga mengakhiri TUM Luncheon pada hari itu.

Sampai jumpa di event TUM selanjutnya!

11 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel February 27, 2017 9:25 pm

    Lengkap banget infonya. Makasih honey, udah bikin summary nya. Jadi tau, krn kmrn ga sempet ikut event ini.

    1. avatar
      Honey Josep March 1, 2017 1:04 pm

      My pleasure Eka :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Dewi Febrianti February 25, 2017 10:23 am

    Bumilnya pada serius banget di acara ini... entah fokus topiknya atau fokus dokternya :p hahaa
    Buat saya acaranya seruuu, banyak manfaat pastinya, selalu dapat ilmu baru dan jd reminder lg kalo nnti hamil anak kedua. Dan happy bgt bisa jadi a part of this event :) thank you The Urban Mama!

    1. avatar
      Honey Josep March 1, 2017 1:02 pm

      Yeay! Senang kalau bermanfaat! Sharing is Caring :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita February 20, 2017 12:13 pm

    meski ngga hamil, tapi selalu seneng menyimak penjelasan dari para pakar mengenai kehamilan. seneng banget menyimak dr boy yang membawakan materi dengan seru dan jelas, menyenangkan lah.

    betul, bank tali pusat itu investasi yaa apalagi untuk kesehatan kalau bisa yang sebaik-baiknya. manfaatnya luar biasa.

    thanks honey untuk artikelnya.

    1. avatar
      Honey Josep February 21, 2017 6:29 pm

      sama nih teh Ninit, aku juga seneng topik bahasan tentang kehamilan dan narasumbernya dr. Boy Abidin, SPOG memberikan informasi yang penting sekali.

      iya bener bank tali pusat itu investasi masa depan dan kesehatan juga :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    musdalifa anas February 20, 2017 10:59 am

    setuju sama Marsha, steamcell itu seperti investasi karena manfaatnya ternyata banyak banget.
    Duh kok jadi kebayang dr. boy ya, eh maksudnya pamaparan dokter boy :p

    1. avatar
      Dewi Febrianti February 25, 2017 10:19 am

      Hahahaha mbaak :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar
      Honey Josep February 21, 2017 6:29 pm

      hahahaha Ipeh!

      1. avatar

        As .



    3. avatar

      As .



  5. avatar
    Marsha Maria February 20, 2017 10:40 am

    wahh seru nya ya pas banget topiknya sama aku sekarang..hehehe sayang kemarena ga bisa ikut..memang stemcell itu bagus banget yaa itung2 untuk investasi karena yg namanya penyakit kita ga pernah tau ya kapan datang dan nyerang siapa..untung kemarin waktu kait aku ambil cordlife juga.. mudah2an nanti dd nya kait ada rejeki jadi bisa ambil cordlife lagi.. tfs mba honey..

    1. avatar
      Honey Josep February 21, 2017 6:31 pm

      turut senang Kait sudah ikut cordlife dan memang investasi yang ga ternilai buat semua anggota keluarga :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.