What's Virgin Mean?

Hari Minggu, 23 September 2012, saya dan suami datang ke @atamerica di Pacific Place untuk mengikuti seri pertama dari 4 workshop #iLearnFilmMaking oleh sutradara Monty Tiwa. Di akhir acara, Monty Tiwa memperlihatkan beberapa film pendek dan salah satunya sangat menarik bagi kita sebagai urban parents.

What's Virgin Mean?

Satu pesan yang saya tangkap melalui film pendek ini, kita sebagai orangtua seringkali berpikir lebih complicated, kurang detil dalam menanggapi pertanyaan anak. Sepertinya tidak akan ada salah paham jika mama dalam film pendek ini menanyakan beberapa hal seperti kenapa dan darimana anaknya mengetahui kata tersebut. Bagi saya, ini menjadi pelajaran bahwa percakapan dengan anak harus dibangun sehingga kita tidak sampai pada kesimpulan yang kurang tepat.

Saya pribadi, jika anak bertanya sesuatu kepada saya, saya selalu kembali bertanya kepadanya, "What do you think?" Salah satu cara stimulasi dialog internal dengan anak adalah melalui pertanyaan. Mendorong mereka berpikir dengan tentu sebagai orangtua juga kita juga memberikan arahan ketika komunikasi kita dengan anak terjalin.

Anak-anak memiliki rasa keingintahuan yang luar biasa. Bila ada pertanyaan dari anak, jangan kita abaikan. Bila memang tidak tahu jawabannya, bicara lah dengan jujur bahwa kita tidak tahu dan berterima kasih karena dengan pertanyaan yang diajukannya, kita akan berusaha mencari jawabannya. Saya yakin anak akan menghargai.

Film pendek ini mungkin bisa membuat kita tersenyum tetapi pesan yang disampaikan luar biasa dalam.

Related Tags : ,,

9 Comments

  1. avatar
    Siska Knoch September 27, 2012 10:50 am

    ngakak ampe bandung, ga kuat liat ekspresi ibunya.. tapi bener jawabannya ga 'cari aman' :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel September 27, 2012 12:53 am

    filmnya kocak :)
    tfs teh, sama nih enzo juga lagi seneng nanya2.. tapi kadang nanyanya jg cuma selewat gitu, ga perlu dijawab :p

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    rieda September 26, 2012 10:20 am

    *ngakak guling2*
    jadi inget cerita ttg anak yang nanya soal sex di ruang tunggu rumah sakit. semua orang udah pasang kuping, ibunya bakal menjelaskan seperti apa. tapi dengan tenang si ibu balik nanya "where do U pick up that word?" n si anak menunjuk ke formulir yang bertuliskan sex: male/female.
    setuju bgt ma Slesta, adult's mind is really THAT complicated

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Mashuna Ulie Azmi September 26, 2012 9:52 am

    Nice artikel teh, jadi pengingat buat aku juga untuk gak gampang panik kalau anak nanya sesuatu dan setuju juga with shinta, our adult minds sometimes make it too complicated :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    shinta lestari September 26, 2012 9:27 am

    ngakak pagi2 abis nonton short movienya!! lucu banget. and thanks for the reminder nit. bener banget, kadang kalo anak bertanya yang aneh2, kita jangan langsung assume dulu. mendingan ikutan nanya dulu, dia tau itu darimana, dalam konteks apa. sometimes it's fun seeing things the way kids see it. very simple.. our adult minds make it too complicated! :)

    1. avatar

      As .