Wisata Seni di Museum MACAN

Mendengar nama museum ini, mungkin orang-orang akan berpikiran bahwa isinya adalah hewan. Ternyata ‘MACAN’ sendiri adalah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Singkatan yang unik dan mampu mengundang banyak orang, tidak hanya penikmat seni saja tetapi semua kalangan baik dewasa maupun anak-anak. Bahkan tidak jarang orangtua ataupun pihak akademisi membawa anak-anak maupun siswa-siswi mereka untuk wisata edukasi di museum yang memiliki koleksi seni modern-kontemporer Indonesia serta internasional ini.

Jujur, awalnya kami ingin datang kesana karena rasa penasaran. Terima kasih kepada media sosial, foto-foto dari mereka yang mengunjungi museum MACAN membuat saya penasaran seperti apa sih museumnya. Dulunya kalau dengar kata 'museum', pasti yang terpikirkan adalah tempat disimpannya benda-benda bersejarah yang usianya mungkin sudah puluhan bahkan ratusan tahun seperti artefak kuno. Namun museum yang satu ini berbeda, karena hal-hal yang dipamerkan di dalamnya adalah karya-karya seni modern dan kontemporer yang unik.

 museum MACAN

Sebelum mengunjungi museumnya bersama Azani, saya mencari tahu tentang museum MACAN di internet ataupun dari tagar foto-foto pengunjung yang dipasang di media sosial. Urban mama juga dapat membaca tentang museum ini di situs web museummacan.org. Dari situ saya mengetahui lokasi museum MACAN ada di Wisma AKR Jl. Panjang No 5 Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Lokasinya ada di pinggir jalan besar dan cukup mudah terjangkau, namun orang yang baru pertama kali ke sana bingung karena petunjuk atau papan nama museumnya kurang terlihat. Akhirnya lebih baik bertanya jika memang tidak yakin apalagi sampai lokasinya terlewat. Museum MACAN sendiri tutup setiap hari Senin, dan dibuka untuk umum Selasa-Minggu pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

museum MACAN

Ketika tiba di Museum MACAN, tiket dapat dibeli seharga Rp50.000,- (dewasa), dan Rp30.000,- (anak-anak), sedangkan untuk lansia dan pelajar dikenakan Rp40.000,- per orang. Dari informasi yang didapat, di museum ini ada kurang lebih 90 karya seni rupa dari seluruh dunia, sebagian dari karya seni tersebut adalah milik kolektor seni Haryanto Adiekoesoemo, yang mana beliau adalah penggagas museum ini.

Salah satu karya seni yang membuat penasaran dan sepertinya incaran setiap orang yang datang  adalah Infinity Mirrored Room karya Yayoi Kusama, seniman Jepang yang terkenal 'nyentrik'. Antrean untuk masuk ke dalam ruangan yang dipenuhi oleh cermin dan ilusi bola-bola berwarna-warni tersebut sangat panjang dan waktu yang diberikan untuk masuk dan foto-foto di dalamnya hanya 30 detik saja. Untungnya Azani tidak rewel menunggu antrean selama hampir 30 menit. Saat masuk ke dalam ruang tersebut, rasanya takjub sekali ruangan kecil seperti itu bisa terlihat besar karena ilusi optik dan cahaya bola-bolanya yang sangat unik.

museum MACAN

Sebagai catatan, jika Urban mama dan papa hendak mengunjungi instalasi seni Infinity Mirrored Room ini antrean masuknya ditutup pada pukul 17.00 WIB ya. Setelah Infinity Mirrored Room, barulah kami menjelajahi bagian-bagian lain dari museum MACAN yang menampilkan banyak sekali lukisan dan karya seni instalasi yang dibuat unik, sangat berbeda dan mengagumkan oleh para penggiat seni tersebut.

museum MACAN

museum MACAN

museum MACAN

Kami sekeluarga sangat menikmati berada disana, kurang lebih 2 jam mengelilingi serta berfoto mengabadikan momen bersama Azani dan karya-karya seni di dalamnya. Semoga Urban Mama juga bisa mengajak anak-anak dan keluarga untuk berwisata seni dan menikmati keseruan di Museum MACAN.

 

Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara)
AKR Tower Level MM
Jl. Panjang No. 5 Kebon Jeruk
Jakarta Barat 11530
Buka setiap Selasa-Minggu
10.00-19.00 WIB
www.museummacan.org

Related Tags : ,,

10 Comments

  1. avatar
    Woro Indriyani January 10, 2018 2:42 pm

    Wooow thanks infonya Mama Yana, menarik banget yah :)

    Dan selalu deh Azani gayanya AKU SUKAAA banget :*

    1. avatar
      hanana fajar January 12, 2018 9:34 am

      samaaa2 woro...smga infonya bermanfaat ya:) awww tante woro maaci kecup jauh dari azani:*

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    dieta hadi January 8, 2018 7:08 pm

    seru banget kayaknya yaaa, dan lagi hitzz juga ya, banyak banget yang posting si Macan ini. Semoga ada waktu untuk kesana. Thanks hana

    1. avatar
      hanana fajar January 12, 2018 9:33 am

      iyaaa dietaa, kalau ada waktu yuk main kesana:) samii2 diet:)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    musdalifa anas January 8, 2018 8:07 am

    Yan, seru banget ya. Sering banget liat di IG tentang museum MACAN ini tapi sama kaya teh ninit, belum sempat berkunjung. Kalau weekend sepertinya bakalan ramai ya. Liat di IG teman yang antre masuk ke infinity mirrored room, katanya lumayan agak lama antri ya tapi pas masuk ke dalam worth it banget.

    Tfs ya Yan. Itu kece amat sih foto ibu dan Azani yg always keren stylenya.

    1. avatar
      hanana fajar January 8, 2018 10:17 am

      iya ipeh seru deh lana dan yoona pasti seneng kesana:) Yup peh weekend rame, cuma saingannya pas di infinity mirrored room aja, selain itu space lainnya cukup gede kok. Awww makasiii jugaa mama ipeh yang selalu kecehhh:*

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania January 8, 2018 7:23 am

    Bagus yaa museumnya. HTM nya juga gak mahal.
    Aku jadi ikut nyari di sosmed nih :D

    1. avatar
      hanana fajar January 8, 2018 10:18 am

      cindyy...iyaaa worth it sih kalau aku bilang untuk HTMnya, apalagi penikmat seni pasti dimanjain banget deh mata disana, hihi hayo mampir kesana cin pas ke JKT:)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita January 7, 2018 8:49 pm

    udah seriiing banget liat di IG banyak yang ke museum MACAN ini... dan bener2 deh pengin ke sana... tapi belum sempet2 aja :(

    thanks mama yana untuk infonya... jelas! dan makin semangat untuk ke museum MACAN.

    1. avatar
      hanana fajar January 8, 2018 10:19 am

      Teh Nit, semoga soon bisa main kesana yaa... Sami-sami teh nit, Alhamdulillah, Insya Allah infonya bikin yang baca jadi makin pengen kesana hehe, maaciii:)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.