Yoona dan Mainan Favoritnya

Yoona (2 tahun 6 bulan) sangat mengidolakan kakaknya, Lana (6 tahun 10 bulan). Ke mana-mana selalu mengikuti kakaknya dan mau melakukan apa yang sama dengan kakaknya. Begitu juga dalam hal mainan, Yoona selalu mau main mainan yang sama dengan kakaknya. Tidak jarang mereka berdua akan berebutan mainan. Kadang saya merasa khawatir karena tidak semua mainan Lana sudah cocok untuk dimainkan oleh Yoona. Mainan seperti lego yang punya bagian-bagian kecil-kecil atau boneka dengan aksesori yang juga kecil-kecil bikin saya suka khawatir kalau-kalau Yoona mencoba untuk memakannya atau memasukkannya ke telinga atau hidung misalnya.

Untungnya Lana sudah mulai mengerti kalau mainan dengan bagian-bagian kecil harus dijauhkan dari Yoona. Lagi pula ia juga tidak mau kalau ada bagian mainannya yang hilang. Sementara itu saya berusaha mencari mainan yang cocok untuk Yoona. Anak seusia Yoona sedang senang-senangnya mengeksplorasi apa yang ada di lingkungan sekelilingnya atau meniru apa saja yang dilakukan orang yang lebih besar, entah orangtuanya atau kakaknya. Selain itu Yoona juga suka sekali mengoceh dan mengobrol serta membuat berbagai macam suara.

Melihat kebutuhan Yoona saya pun jadi menyempatkan diri untuk melihat-lihat mainan apa saja yang cocok untuk Yoona. Sekarang pilhan toko mainan sudah banyak di mal, tapi pilihan saya ke toko mainan ELC karena isinya banyak mainan edukatif yang cocok untuk anak seusia Yoona, incaran saya antara lain: whizz around garage, lights and sounds activity table, lights and sounds drop and pop giraffe, wooden activity cube,lights and sounds fire engine, dan musical adventure bus.

Setelah saya liat keterangan fungsi yang ada di produk mainannya menurut saya mainan yang cocok buat Yoona saat ini adalah wooden activity cube. Mainan ini bagus sekali untuk merangsang perkembangan motorik halus dan konsentrasi Yoona. Ada lima aktivitas berbeda pada mainan ini, yaitu memindahkan manik-manik kayu pada bagian atas, jam yang bisa digerakkan jarum panjang dan pendeknya, xilofon, papan tulis kecil, dan bagian untuk memperkenalkan angka dengan papan yang bisa diputar. Jadi sambil bermain Yoona bisa belajar tentang bentuk dan warna, angka dan berhitung, nama benda-benda dan mengenal waktu, serta mengenal musik. Memindahkan manik-manik kayu ternyata juga bagus untuk memperkuat jari-jarinya serta membantu meningkatkan koordinasi antara mata dan tangannya. Yoona bisa juga menggambar-gambar di papan tulisnya dengan kapur.

Ketika di rumah ternyata mainan ini bisa juga dimainkan oleh mereka bersama-sama, kalau favorit Yoona adalah bagian manik-manik kayu yang bisa dipindah-pindah sedangkan Lana suka bermain bagian jam, kebetulan memang di sekolah Lana sedang belajar mengenai jam. Rasanya senang sekali bisa menyediakan mainan yang disukai anak dan punya manfaat banyak untuk tumbuh kembangnya.

12 Comments

  1. avatar
    Honey Josep October 18, 2015 1:16 pm

    Yoonaaaa :*

    mainan edukasi seperti ini juga melatih konsentrasi ya :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini October 7, 2015 3:52 pm

    Haiii Yoona, asik bener mainnya :D Mainan ELC mmg juara deh, fungsinya sesuai tahapan umur anak & bahan-bahannya aman buat anak. sampai skrg pun mainan pretend play buat Alma masih suka cari dari ELC juga hihii...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Rasti Novitasari October 6, 2015 3:25 pm

    iyaa... kamarnya yoona seru bgt sih.
    ELC emang pas banget bt anak2, karena tiap mainan ada pengkategorian umur & bahan baku/ catnya aman buat anak2. Naksir wooden activity cubenya ELC dr dulu tp blm kesampaian beli nih. hehe

    Yoona lahir bulan apa sih peh? Kok umurnya sama kyk aina. :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    indah nildha October 2, 2015 8:26 pm

    Yonaaa....
    duh mainannya keren-keren... jadi pengen ikutan main...
    wooden activity cube ini emang inceran banget deh... all in one gitu... jadi pengen mampir ELC nih... :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    WiwiT October 1, 2015 7:11 pm

    Yoona, Kira & Karanya boleh ikut main gak? Mainannya kece banget sih. Kamarnya juga nyaman. Ikutaan yaaa.. Gemes sama Yoona.

    1. avatar

      As .