Tips Melindungi Keluarga dari Kuman yang Makin Kuat

Mandi pakai si Silver? Maksudnya apa? Penasaran, kan?

Pada hari Kamis tanggal 30 Maret 2017 lalu, saya mendapat kesempatan dari The Urban Mama untuk menghadiri Lifebuoy ActivSilver Formula Launch Event yang berlangsung di Rumah Sehat Lifebuoy. Pada acara tersebut, Lifebuoy, sabun kesehatan keluarga dari PT Unilever Indonesia Tbk. memperkenalkan inovasi terbaru Lifebuoy ActivSilver Formula yang mampu memberikan perlindungan tubuh dari kuman yang berevolusi menjadi semakin kuat.

Begitu sampai di lokasi, saya langsung mencuci tangan di wastafel yang telah disediakan dengan sabun Lifebuoy ActivSilver Formula-nya.

IMG_20170330_174456

Setelah acara dibuka oleh MC, Senior Brand Manager Lifebuoy PT Unilever Indonesia Tbk., Evan Rickyanto menyampaikan bahwa sesuai dengan survei yang dilakukan Lifebuoy, tujuh dari sepuluh ibu setuju bahwa kuman yang kian beragam dan pertahanan tubuh yang lemah adalah penyebab anak lebih sering sakit daripada ketika mereka kecil dulu.Oleh karena itu, untuk melindungi anak dari kuman penyakit, 92% ibu menerapkan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat yaitu mandi teratur dan cuci tangan pakai sabun (CTPS).2

"Untuk lebih mendukung ibu menerapkan kebiasaan hidup sehat di keluarga, Lifebuoy terus berinovasi. Terobosan terbaru yang dihadirkan Lifebuoy adalah ActivSilver Formula yang mampu memberikan perlindungan terhadap infeksi kuman penyebab penyakit yang berevolusi semakin kuat", tambah Evan.

Silver memang sudah lama dikenal sebagai antibakteri. Oleh karena itu banyak digunakan pada alat kesehatan, dan terbukti dapat mencegah bakteri menempel sampai 99%.Demikian pula penggunaan pada salep luka dan perban yang dapat membantu mengurangi berkembangnya bakteri pada luka.4

Selanjutnya Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) menjelaskan tentang evolusi kuman, yang menjadikan kuman zaman sekarang jauh lebih kuat daripada zaman dulu. Mengapa? Kuman menjadi lebih resisten dan kebal akibat penggunaan obat-obatan (khususnya antibiotik) yang tidak pada tempatnya. Selain itu, tubuh manusia menjadi lebih rentan terserang penyakit karena polusi dan gaya hidup yang tidak sehat. Lebih lanjut dijelaskan bahwa kuman penyakit lebih mudah menyebar karena tingkat populasi dan migrasi manusia yang tinggi.

Lalu, bagaimana upaya pencegahannya?

Dokter Ariani menyarankan beberapa langkah pencegahan sebagai berikut:

  1. Lakukan aktivitas fisik agar tubuh lebih fit dan bugar.
  2. Lakukan kebiasaan sehat Cuci Tangan Pakai Sabun (setelah dari toilet, sebelum dan sesudah makan, sehabis aktivitas di luar, dan sebelum tidur), serta mandi dua kali sehari.
  3. Konsumsi makanan bergizi dengan memperbanyak sayuran dan buah-buahan.

 

Selain kedua narasumber, hadir pula dua orang Ibu muda Sissy Presscillia dan Sabai Dieter yang turut berbagi pengalaman mereka dalam menjaga kesehatan anak. Mama Sissy sudah sejak dulu terbiasa, bahkan agak terobsesi dengan cuci tangan. Buktinya, sengaja dipasang wastafel di bagian depan rumah, untuk memudahkan anggota keluarga mencuci tangan saat masuk rumah. Hal ini agak berbeda dengan suaminya yang agak cuek dalam masalah kebersihan. Sementara itu, Mama Sabai beruntung karena Papa Ringgo Agus Rahman sigap diajak bekerja sama melatih Bjorka, putra mereka untuk rajin cuci tangan.

Lifebuoy berharap para ibu bisa mendapatkan produk terbaik untuk membantu mereka melindungi kesehatan keluarga sehingga mereka dapat merasa lebih tenang dalam menghadapi kondisi kuman yang berevolusi menjadi semakin kuat.

Berikut ini beberapa fakta menarik seputar silver/perak:

  • Hipocrates, bapak ilmu kesehatan, meyakini bahwa perak dapat menyembuhkan luka dan berbagai penyakit. Pada tahun 69 sebelum Masehi, perak nitrat tercantum dalam farmakope kontemporer sebagai anti-micobial.
  • ActivSilver Formula berperan sebagai pasukan pembasmi kuman dengan cara menyerang stabilitas membran sel, menghentikan respirasi, menghambat nutrisi, dan mengganggu proses reproduksi kuman.
  • Peralatan kedokteran kini dilapisi perak, untuk meminimalkan ruang hidup bakteri. Pisau bedah, pinset, kateter atau logam implant yang dilapisi perak disebutkan mampu membunuh bakteri hingga 99% menurut jurnal Richard Hasting dari Infection Prevention.
  • ActivSilver Formula telah terbukti dapat bekerja 2 kali lipat lebih cepat dalam melindungi tubuh dari kuman. Dengan kekuatan dan kecepatan tersebut, ActivSilver Formula menjadi hal yang paling mendekati pemusnahan kuman secara instan.

Wah seru sekali ya urban mama acara bersama Lifebuoy ini. Semoga pengetahuan yang saya bagikan di sini bisa berguna bagi kita semua.

______________________________

1 Berdasarkan survey Lifebuoy kepada 300 orang ibu di seluruh Indonesia.
2 Sejalan dengan data Riskesdas 2013.
3 http://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/1757177408099083
4 Julia L. Clement dan Penelope S. Jarret, Antibacterial Silver, School of Chemistry and Applied Chemistry, University of Wales College of Cardiff, P.O. Box 912, Cardiff CF1 3TB, U.K.  

9 Comments

  1. avatar
    Woro Indriyani April 11, 2017 3:31 pm

    Seneng banget dateng ke acara Lifebouy kemarin, banyak dapat info baru, thanks yah Urban Mama :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    otie April 11, 2017 2:59 pm

    @ teh ninit, dieta, eka, cindy: iya sama-sama Mama... sharing is caring hehe...
    @zata : akhirnya kita ketemuan setelah sekian lama ya...hehe

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania April 10, 2017 1:45 pm

    Hai mama Otie, thanks buat sharingnya yaa..
    aku dan anak-anak juga suka banget sama lifebuoy, wanginya enak dan segar gt.. Beruntung sih anak2 gampang banget diajarin cuci tangan :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel April 10, 2017 10:09 am

    Lifebuoy memang jaminan mutu yaa.. thanks otie tipsnya!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw April 7, 2017 6:26 pm

    toss Otie, aku dan keluarga juga cinta banget sama lifcebuoy dari dulu. Seneng banget makanya pas datang di launching acara kemarin, banyak ilmu dan pengetahuan barunya...

    1. avatar

      As .