Anak Sehat: 100 Solusi dr. Tiwi

 

dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, SpA MARS

2011 Penerbit Erlangga

118 halaman

Twitter: @drtiwi

 

 

Saya termasuk salah satu follower @drtiwi di twitter. Tweet-nya yang menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kesehatan anak setiap pagi selalu informatif. Sayangnya,tidak setiap pagi saya bisa membuka twitter; untungnya, Teh Ninit merekomendasikan buku ini untuk saya jadikan pegangan.

Begitu membuka halaman pertama, saya langsung suka dengan kutipannya:

“Mencerdaskan seorang Ibu sama maknanya dengan mencerdaskan sebuah generasi.”

Buku setebal 118 halaman ini menjadi panduan bagi saya untuk mengetahui  hal-hal yang terjadi pada anak secara fisiologis—dalam masa emas—pada dua tahun pertama kehidupan mereka. Juga membantu saya untuk memahami berbagai kejadian yang umum terjadi pada anak-anak, sehingga dapat menjadi bekal bagi saya untuk membesarkan anak-anak. Buku ini menjelaskan secara terperinci mengenai reaksi normal yang terjadi pada bayi atau anak-anak dalam keadaan sakit, sehingga mereka tidak perlu mendapatkan penanganan yang berlebihan (seperti mengonsumsi obat-obatan yang tidak perlu sehingga hanya memperberat kerja ginjal anak).  Buku ini merangkum pertanyaan yang sering diajukan oleh para orang tua dan menjawab kebingungan para orang tua dalam menghadapi suatu keadaan yang dihadapi oleh anak-anak.  Isinya ringkas, padat, tidak memuat istilah-istilah kedokteran yang terlalu rumit (istilah rumit biasanya membuat saya malas meneruskan untuk membaca, hehe...) dan dilengkapi dengan foto-foto dan ilustrasi yang sesuai.

Buku ini sangat praktis untuk dibaca dan dipahami, berikut beberapa hal yang saya sukai dari buku ini:


  1. Tidak perlu membaca satu persatu dari awal hingga akhir; cukup cari tema yang diperlukan sehingga tidak membuang waktu.

  2. Mudah mencari tema yang diperlukan, karena bab pada buku ini dibagi berdasarkan organ; misalnya mata, telinga, perut, dsb.

  3. Pada awal bab, selalu ada penjelasan umum mengenai permasalahan yang umum dialami oleh si kecil pada organ tersebut.

  4. Dengan membaca buku ini, saya memiliki informasi yang cukup tentang kondisi anak-anak pada saat mereka sakit, dan memiliki "materi" untuk saya tanyakan atau diskusikan dengan dokter anak, bila perlu.

  5. Sebaliknya, bila penjelasan dokter anak tidak terlalu saya mengerti maka buku ini dapat menjawabnya.

  6. Buku ini juga memberikan tips untuk menghadapi anak yang sakit, cara mengatasinya, tanda bahaya, kapan harus membawa anak ke rumah sakit, sampai hal-hal praktis seperti cara mengukur suhu tubuh, menghitung berat badan, dsb.

  7. Tiap tema dilengkapi dengan foto atau ilustrasi yang sesuai dan dilengkapi dengan grafik sehingga saya lebih paham permasalahannya.


 

 

 

 

 

 

Buku ini sangat saya rekomendasikan bagi para urban mama/papa, karena selain sarat akan informasi  juga dapat menjembatani pemahaman dan cara pandang antara orang tua/pasien dengan dokter/tenaga kesehatan yang bertanggung jawab pada masalah kesehatan anak-anak.

25 Comments

  1. avatar
    WiwiT April 24, 2012 3:59 pm

    wah.. sepertinya wajib dibeli untuk kado temen yang mau lahiran nih.. TFS.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    marlin April 20, 2012 1:32 pm

    aku juga punya buku ini... lumayan menjelaskan ketika Raf campak

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    garrysury April 19, 2012 5:01 pm

    pas nih buat dibaca sama bareng istri, thanks untuk referensinya :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Honey Josep April 18, 2012 1:37 pm

    tfs mama Eka :)

    buku ini masuk daftar belanja bulan depan :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    lukluk April 14, 2012 6:48 pm

    tfs mom, langsung masukin ke daftar belanjaan..

    1. avatar

      As .