Anak Sehat: 100 Solusi dr. Tiwi

eka

 

dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, SpA MARS

2011 Penerbit Erlangga

118 halaman

Twitter: @drtiwi

 

 

Saya termasuk salah satu follower @drtiwi di twitter. Tweet-nya yang menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kesehatan anak setiap pagi selalu informatif. Sayangnya,tidak setiap pagi saya bisa membuka twitter; untungnya, Teh Ninit merekomendasikan buku ini untuk saya jadikan pegangan.

Begitu membuka halaman pertama, saya langsung suka dengan kutipannya:

“Mencerdaskan seorang Ibu sama maknanya dengan mencerdaskan sebuah generasi.”

Buku setebal 118 halaman ini menjadi panduan bagi saya untuk mengetahui  hal-hal yang terjadi pada anak secara fisiologis—dalam masa emas—pada dua tahun pertama kehidupan mereka. Juga membantu saya untuk memahami berbagai kejadian yang umum terjadi pada anak-anak, sehingga dapat menjadi bekal bagi saya untuk membesarkan anak-anak. Buku ini menjelaskan secara terperinci mengenai reaksi normal yang terjadi pada bayi atau anak-anak dalam keadaan sakit, sehingga mereka tidak perlu mendapatkan penanganan yang berlebihan (seperti mengonsumsi obat-obatan yang tidak perlu sehingga hanya memperberat kerja ginjal anak).  Buku ini merangkum pertanyaan yang sering diajukan oleh para orang tua dan menjawab kebingungan para orang tua dalam menghadapi suatu keadaan yang dihadapi oleh anak-anak.  Isinya ringkas, padat, tidak memuat istilah-istilah kedokteran yang terlalu rumit (istilah rumit biasanya membuat saya malas meneruskan untuk membaca, hehe…) dan dilengkapi dengan foto-foto dan ilustrasi yang sesuai.

Buku ini sangat praktis untuk dibaca dan dipahami, berikut beberapa hal yang saya sukai dari buku ini:

  1. Tidak perlu membaca satu persatu dari awal hingga akhir; cukup cari tema yang diperlukan sehingga tidak membuang waktu.
  2. Mudah mencari tema yang diperlukan, karena bab pada buku ini dibagi berdasarkan organ; misalnya mata, telinga, perut, dsb.
  3. Pada awal bab, selalu ada penjelasan umum mengenai permasalahan yang umum dialami oleh si kecil pada organ tersebut.
  4. Dengan membaca buku ini, saya memiliki informasi yang cukup tentang kondisi anak-anak pada saat mereka sakit, dan memiliki “materi” untuk saya tanyakan atau diskusikan dengan dokter anak, bila perlu.
  5. Sebaliknya, bila penjelasan dokter anak tidak terlalu saya mengerti maka buku ini dapat menjawabnya.
  6. Buku ini juga memberikan tips untuk menghadapi anak yang sakit, cara mengatasinya, tanda bahaya, kapan harus membawa anak ke rumah sakit, sampai hal-hal praktis seperti cara mengukur suhu tubuh, menghitung berat badan, dsb.
  7. Tiap tema dilengkapi dengan foto atau ilustrasi yang sesuai dan dilengkapi dengan grafik sehingga saya lebih paham permasalahannya.

 

 

 

 

 

 

Buku ini sangat saya rekomendasikan bagi para urban mama/papa, karena selain sarat akan informasi  juga dapat menjembatani pemahaman dan cara pandang antara orang tua/pasien dengan dokter/tenaga kesehatan yang bertanggung jawab pada masalah kesehatan anak-anak.

25 Comments

  1. Risqa Prasista
    Risqa Prasista April 10, 2012 at 12:19 am

    saya juga termasuk follower dr.Tiwi. sabaaaar bgt kl jelasin pertanyaan2 dr followernya. jd penasaran sm bukunya juga nih :)

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel April 10, 2012 at 9:37 am

      must have book! :) iya, sabar banget jawabnya. di bukunya jg ada FAQnya koq :)

    2. dian.rindu
      dian.rindu October 24, 2012 at 12:15 pm

      jadi pengen beli bukunya…. thanks for the info :)

  2. farahbun
    rima ivalia April 10, 2012 at 12:35 am

    wah ini ya penampakan bukunya dr. tiwi. jadi pengen punya! samaa saya juga followernya! haha

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel April 10, 2012 at 9:45 am

      harus punya! :)

  3. ninit
    ninit yunita April 10, 2012 at 6:36 am

    wah buku ini must have bangeeet!
    tks eka untuk reviewnya :)

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel April 10, 2012 at 9:48 am

      glad to have it, teh :) terima kasih teh, rekomendasinya :)

  4. yustin
    yustin April 10, 2012 at 9:23 am

    I heart dr. Tiwi, dulu anak2 dsa-nya dr. Tiwi. Enak banget diajak ngobrol dan selain memperhatikan kesehatan anak, beliau jg memperhatikan soal tumbuh kembang anak.

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel April 10, 2012 at 9:49 am

      *toss* i heart her too! :)

  5. mamateta
    mamateta April 10, 2012 at 10:20 am

    Yes, Must have item nih. Saya juga punya bukunya. Untuk orang tua yang baru pertama punya anak, seperti saya dan suami, buku ini membantu banget. Kita jadi orang tua juga gak panikan. Seperti nanya sama dr. Tiwi langsung, cuma ini dr. Tiwi-nya bisa dibawa kemana-mana. hehhehe. Luv it, luv it, luv it!

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel April 10, 2012 at 10:31 am

      dr. Tiwi-nya bisa dibawa kemana2 hihi..kocak! Tapi bener juga ya, spt nanya sama dr.Tiwi-nya langsung :)

  6. annys
    annys April 10, 2012 at 11:05 am

    Ohh.. ini toh penampakan bukunya dr. Tiwi. Rame banget yg ngebahas di twitter. dan pingin banget punya sampe skr. habis baca review ini, makin pingin beli!! Suka bgt sama dr. Tiwi, sangat care sama kesehatan anak. thanks ya eka reviewnya :)

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel April 10, 2012 at 12:58 pm

      sama2 :) ayo beli!

  7. oci
    Oci Rajagukguk Dewono April 11, 2012 at 11:01 am

    Sukaa ma dr. Tiwi! Udh punya bukunya jg :)

  8. nadiapuspa
    nadia pusparini April 11, 2012 at 9:47 pm

    sama followernya dr.tiwi juga,lagi nyari bukunya.must have item :D

  9. adesita
    Sita April 11, 2012 at 11:24 pm

    Halo Mbak Eka, baca reviewnya ini jadi tambah penasaran dan pingin baca bukunya :) makasih banyak ya!

  10. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly April 13, 2012 at 5:52 am

    Waaahhh keren yah.. Harus punya nih! Aku juga termasuk yg tiba2 jadi males nerusin baca kalo terlalu banyak istilah2 “ajaib” :p
    Langsung follow dulu @drtiwi ahh :D

  11. Mommy Anya
    Deasy Sanggala April 13, 2012 at 10:48 am

    eka..thanks review nya..dari dulu dah pgn beli buku ini, tp masih ragu2, takutnya ga sesuai ma yg dibayangin..
    langsung meluncur nih ke toko buku..
    tararengkyu ya…

  12. iyu
    yuliana karang April 13, 2012 at 11:18 am

    makasih infonya mbak eka, item mush have ya :)

  13. aufa
    bunda aufa April 14, 2012 at 3:18 am

    eka,,baca reviewnya jd pgn beli bukunya..wajib beli buat aku yg gampang panikan liat anak sakit, membantu bgt :)

  14. lukluk
    cilock April 14, 2012 at 6:48 pm

    tfs mom, langsung masukin ke daftar belanjaan..

  15. Honey Josep
    Honey Josep April 18, 2012 at 1:37 pm

    tfs mama Eka :)

    buku ini masuk daftar belanja bulan depan :D

  16. garrysury
    Garry Suryaatmaja April 19, 2012 at 5:01 pm

    pas nih buat dibaca sama bareng istri, thanks untuk referensinya :)

  17. Mir
    Marlin April 20, 2012 at 1:32 pm

    aku juga punya buku ini… lumayan menjelaskan ketika Raf campak

  18. Kira Kara
    Bunda Wiwit April 24, 2012 at 3:59 pm

    wah.. sepertinya wajib dibeli untuk kado temen yang mau lahiran nih.. TFS.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.