Bali Safari and Marine Park

Sehubungan dengan rencana TUM untuk gathering di Bali tahun depan (yang semoga terlaksana dan ngga ada halangan buat ikutan, amin), saya jadi ingin share pengalaman kami saat liburan ke Bali awal tahun ini ke Bali Safari and Marine Park (BSMP) karena kalau ngga salah BSMP ini salah satu tempat wisata yang rencananya akan disambangi pada saat gathering nanti.


Pada saat kami mengunjungi BSMP awal Januari 2010, Nara berumur 2 tahun 9 bulan. Dia belum pernah ke kebun binatang atau taman safari yang paling dekat dengan rumah kami yaitu Taman Safari yang di Puncak, padahal Nara (seperti umumnya anak kecil) suka sekali dengan binatang dan ‘baru’ dikenalkan dengan berbagai jenis binatang melalui boneka atau cerita (film maupun buku). Jadi kami berharap Nara akan senang sekali jika diajak ke BSMP.


BSMP ini berlokasi di:


Jl. Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Km. 19,8
(Golden Line of Bali)
Gianyar 80551
Bali – Indonesia


Tel. +62 361 950 000
Fax. +62 361 950 555


E-mail: [email protected]
Website: www.balisafarimarinepark.com


Websitenya informatif banget loh. Bangga deh, gini dong kalau kita mau wisata kita tambah dikenal sama turis asing. Oya, semua informasi dan pengumuman disampaikan dalam 3 bahasa, Indonesia, Inggris, dan Jepang. Saking banyaknya turis dari Jepang, ya?


Lokasinya lumayan jauh dari hotel kami, sekitar 30km. Tapi untungnya petunjuknya jelas banget. Dalam beberapa kilometer ada petunjuknya, jadi kami bisa sampai tanpa nyasar walaupun tanpa menggunakan supir sewaan, hanya mengandalkan GPS di hp dan petunjuk jalan.


Harga tiket masuknya bermacam-macam, kami membeli yang paling murah yaitu IDR 110k per orang, Nara masih gratis karena belum 3 tahun. Harga tiket itu termasuk tiket untuk masuk BSMP dan safari tour selama sekitar 45 menit. Ada juga harga tiket yang sudah termasuk foto bersama singa, atau termasuk makan di restoran Tsavo Lion (will tell you about Tsavo later).  Untuk rate lengkapnya bisa dilihat di sini.


Begitu masuk, kami langsung disambut oleh toko souvenir dan belanja! Haha parah, masuk aja belum sudah belanja :P, untung masih dekat pintu masuk jadi belanjaan dimasukkan ke bagasi dulu baru kami masuk ke BSMP.  Harga di toko souvenirnya ngga terlalu ‘aneh’. Untuk kaos-kaos mulai dari IDR 50k.


Oke lanjut, peta BSMP kaya gini nih.



Di websitenya peta-nya lebih jelas karena petanya interaktif.


Pertama kita naik bis menuju Lobby Barong. Begitu masuk, di bagian depan ada bagian ikan-ikan, dan Leopard.


Setelah melihat Leopard, kami melihat burung, kuda poni, gajah, harimau putih. Adik saya dari awal minta difoto sama anak harimau. Walaupun ngantre, dia tetap berhati baja. Ratenya IDR80k udah termasuk frame. Kalau menggunakan kamera sendiri bayarnya IDR 30k. Setelah setengah jam ngantre, akhirnya Adek jadi berfoto dengan sang harimau. Hurray!



Dari sana kami mulai tur safari naik bis. Tour guidenya pas banget, seru, dan suka ngelucu. Semua orang tertawa, isinya bule semua kecuali kami! Heboh. It was so fun! Ngga cuma saya yang seneng, Nara was beyond ecstatic! Heboh banget tiap liat binatang yang selama ini cuma didengar dari cerita ayah bundanya, atau liat di tv. His excitement was so contagious. Tur ini dibagi 3 wilayah, pertama Indonesia, lanjut Asia, lalu Afrika.


Among all animals, this one is my favourite… Oryx



And this one is hubby’s favourite… Wilderbeast, dan Wilderbeast ini adalah makanan favoritnya buaya atau singa! :)



Sementara Nara? Favoritnya ngga jelas karena tiap liat binatang dia heboh kegirangan. Salah satunya badak, namanya adalah Mr. Nelson (or Wilson?). Saya coba ingat apa aja yang kami lihat ya…hmm mulai dari burung hantu, babirusa, cheetah, orang utan, beruang madu, singa, gajah sumatera, zebra, zebra coklat, rusa, kijang, hippo, monyet, buaya, kambing gunung, antelope, onta, burung unta, asoasf…



Yang ngga ada? Jerapah! Nara agak kecewa karena dari luar dia udah berharap bisa liat jerapah. :)


Btw, di dalam BSMP ada restoran bernama Tsavo Lion, ceritanya makan ditemani singa. Penasaran banget, kami ingin makan disana.



Tour-guide yang kocak itu menambahkan, “Now is the mating season for lion, so if you’re lucky, you could have your lunch and enjoy a movie.” Eww! Oh dan dia menambahkan informasi kalau singa itu bisa copulate sebanyak 23 kali sehari.


All in all, it was fun, educating and refreshing. The highlight of our holiday :)


 

22 Comments

  1. avatar
    Honey Josep October 22, 2010 3:34 pm

    wah keren ya BSMP!!

    terakhir ke bali gak sampe kesini, mudah- mudahan tahun depan bisa :)

    eh, gue pernah ngliat singa capulate tapi di Taman Safari, Puncak.. asli kocak :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    metariza October 19, 2010 12:18 pm

    Thalia & Inga,
    gw sama adek gw emang mirip, but she's a better version of me...lebih putih dan lebih kurus, huehehe

    Riska,
    yaahh tau aja dia, Nara smangat banget ikut komentar tiap kali guide-nya cerita,hihi

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    riska nurmarlia October 18, 2010 10:35 pm

    wiii.. seru!! jadi pengen kesana..

    eh eh met, gue sekarang lagi ngebeyangin nara kegirangan liat binatang sambil komentar2 sotoy, hihi.. :p

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    thelilsoldier October 18, 2010 3:34 pm

    meta... gue kan belum pernah ngeliat elu ngga hamil :p
    tapi mirip banget.

    yah jadi ikutan OOT kayak Thalia, gue kayaknya ga bisa ikutan ke bali nih. waktunya kurang pas aja.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    thalia kamarga October 18, 2010 1:49 pm

    oalah, itu adik lo toh met... serupa tapi tak sama ya? hihihi... eh, ini OOT ya?

    pokoknya kalo ke bali mesti kesini. semoga bisa ikutan kopdar balinya TUM... *crossing fingers*

    1. avatar

      As .