Berkenalan dengan Vaginismus

koeliz

Gambar diambil dari www.vaginismus.hubpages.com

Disclaimer: Tulisan ini berdasarkan pengalaman, bukan bermaksud sebagai saran ahli dan/atau medis.

Vaginismus, apa itu?

Vaginismus is vaginal tightness causing discomfort, burning, pain, penetration problems, or complete inability to have intercourse (www.vaginismus.com).

Bisa diartikan, bahwa vaginismus adalah “kelainan” otot-otot vagina yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan kadang rasa sakit yang luar biasa saat berhubungan intim (intercourse).

Ada seksolog yang membedakan vaginismus menjadi dua: primer dan sekunder. Primer: sama sekali belum pernah berhubungan seksual. Sekunder: pernah melakukan intercourse secara normal, namun mengalami gangguan (terasa sakit) untuk sementara waktu. Biasanya yang sekunder ini karena penyakit tertentu.

Karena tidak mampu berhubungan seksual ini, biasanya wanita akan stres, depresi, komunikasi dengan suami memburuk, dan juga berbahaya bagi keharmonisan rumah tangga. Komunikasi yang buruk ini dapat melebar dengan konflik-konflik lain yang “mewarnai” kehidupan rumah tangga baru, seperti finansial, perilaku pasangan setelah menikah, mertua, tetangga, dll. Wanita biasanya ingin curhat, tapi malu dengan permasalahan ini, sehingga memilih diam, atau curhat online (seperti saya di thread ini). Suami yang biasanya ingin sekali bermesraan dengan istrinya setelah menikah pun dapat frustasi karena tidak dapat izin untuk intercourse, dan ini dapat membuatnya pun “pusing” karena tidak dapat menyalurkan hasrat biologisnya. Yah, kalau dua-duanya stres, marah-marah terus… hmmm semua jadi serba salah… bahkan ada yang sampai bercerai karena masalah ini.

Siapa saja penyandang vaginismus ini?

Semua wanita bisa terkena vaginismus. Meskipun banyak penyandang yang pernah merasa “trauma” dari perilaku seksual yang diterima di masa lampau, atau memandang negatif tentang hubungan seksual, tetapi orang yang berpikiran terbuka (open minded person), seperti saya pun, tidak luput dari serangan vaginismus ini.

Wanita yang menyandang vaginismus bukan berarti tidak dapat menikmati hubungan seksual dengan suami. Mereka dapat menikmati, bahkan mencapai orgasme dengan bentuk rangsangan lain. Kesulitan mereka hanya pada saat intercourse saja.

Hamil dan Melahirkan

Wanita penyandang vaginismus bisa hamil dan juga melahirkan, sama seperti wanita yang lainnya. Kok bisa?

  1. Tanpa intercourse sempurna (penis masuk seluruhnya dan ejakulasi di dalam), sebenernya saat bersentuhan (petting) atau mencoba intercourse meskipun baru sedikit bagian penis yang masuk, sudah ada sperma yang keluar bersama dengan cairan semen yang keluar saat pria merasa terangsang dan ereksi. Sperma ini pun dapat membuahi sel telur di rahim dan menyebabkan kehamilan (Catatan: Ini yang terjadi pada saya dan salah satu urban Mama yang lain, yang sudah hamil meskipun belum intercourse sempurna)
  2. Otot vaginismus memang kencang luar biasa saat intercourse (ada benda “asing” yang berusaha masuk ke vagina). Melahirkan merupakan proses yang sebaliknya. Yakni proses alami mengeluarkan “sesuatu yang alami” dari dalam rahim ke luar vagina. Pada proses ini otot vagina akan bekerja “otomatis” dan dapat “melar” sebanyak yang diperlukan untuk jalan keluar si buah hati”. (Catatan: Ini juga terjadi pada saya, yang tetap bisa melahirkan secara normal.)

Penyembuhan Vaginismus

Saat ini sudah mulai banyak ahli dan klinik seksologi, dan juga website yang membahas mengenai penyembuhan-penyembuhan kelainan seks. Kalau Anda punya budget untuk itu, silakan. Tapi menurut pengalaman saya, untuk datang atau telepon ke sana saja membutuhkan persiapan mental yang luar biasa. Baru disapa lewat telepon: Keluhannya apa, Bu? “Klek” saya langsung tutup telepon. Nah, untuk menyembuhkan vaginismus saya, ini beberapa hal yang saya lakukan:

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Ya, cari info soal vaginismus, soal vagina, soal hubungan seksual, dan apa pun yang Anda khawatirkan. Lawan kekhawatiran  dengan senjata pengetahuan. Ini website yang menjadi acuan saya dan juga saya bagi bersama suami dan sahabat tempat curhat saya:

http://www.vaginismus-awareness-network.org/

Website ini punya panduan lengkap untuk memahami dan menyembuhkan sendiri vaginismus. Versi bahasa Indonesianya? Sejauh ini saya belum menemukan  yang sekomplit website tersebut. Paling banyak cuma artikel-artikel pendek saja, tanpa ada pengalaman empirisnya.

2. Latihan Dillating

Dillating adalah latihan melenturkan otot-otot vagina yang dilakukan secara bertahap, dengan alat bantu dillator, atau menggunakan jari tangan sendiri. Sudah bisa kegel? Lakukan saja gerakan kegel sesering mungkin, bahkan saat intercourse. Sangat membantu untuk fleksibilitas otot vagina, lho.

3. Sharing

Ya. Sharing penting banget untuk “menyembuhkan” luka batin dan membangun kepercayaan diri. Yang pertama, sharing dengan suami. Jelaskan kondisi vaginismus Anda. Kalau perlu baca bersama artikel ini dan website yang saya referensikan di atas. Suami yang sudah memahami kondisi Anda, dapat lebih “legowo” dan malah membantu proses penyembuhan lewat teknik dillating. Sharing kedua, adalah sharing bersama sahabat, atau orang yang sudah pernah terkena vaginismus.  Nah kalau mau sharing bareng saya dan member TUM yang lain, bisa di forum vaginismus.

Semoga bermanfaat. Semoga semua wanita Indonesia dapat menikmati hubungan intim yang indah bersama suami masing-masing.

 

62 Comments

  1. fanny
    Fanny Hartanti May 30, 2012 at 12:24 am

    wah, artikelnya keren,
    semoga bisa membantu teman-teman yang punya pengalaman serupa.

    TFS Koeliz!

    1. koeliz
      Tasya Karissa May 31, 2012 at 2:49 pm

      Thx for reading & nice comment Fanny!. Glad To Help :)

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel May 30, 2012 at 6:31 am

    ternyata vaginismus cukup serius ya, baru tau. Thank u, koeliz, sharingnya!

    1. koeliz
      Tasya Karissa May 31, 2012 at 2:49 pm

      Sama-sama eka..

  3. sultrayani
    Sultra Yani May 30, 2012 at 8:15 am

    tengkiuu..luar biasa deh koeliz mau share pengalamannya, emang butuh kekuatan mental. sy baru tahu ini istilahnya, padahal ada temen yg sempat curhat keluhannya persis yg dijelasin di artikel ini :)

    1. koeliz
      Tasya Karissa May 31, 2012 at 4:04 pm

      YW. temennya diinfo link website yg dirujuk aja .. HTH

  4. sLesTa
    shinta lestari May 30, 2012 at 9:12 am

    gue baru tau ttg vaginismus ini setelah koeliz share di thread forum. kaget dan ternyata ini banyak terjadi di kalangan wanita. salut sama pengalaman koeliz, apalagi sampai akhirnya bisa punya anak! thanks for sharing ya..

    1. koeliz
      Tasya Karissa May 31, 2012 at 4:05 pm

      YW, Shinta. I guess the Almighty give the experience since He know I will share it with others.. Feel free to share it with others :)

  5. Kira Kara
    Bunda Wiwit May 30, 2012 at 12:13 pm

    great article.. TFS, koeliz.. ^_^

    1. koeliz
      Tasya Karissa May 31, 2012 at 4:06 pm

      Thx Kira-Kara.. ayo dibantu testimoni artikelnya juga.. hihihii..

  6. Honey Josep
    Honey Josep May 30, 2012 at 12:55 pm

    tfs Koeliz.

    baru tau ada kelainan seperti ini.

    tapi memang Tuhan itu tahu yang terbaik ya.

    ternyata tanpa intercourse pun kalau Tuhan sudah berkehendak maka terjadilah!

    jadi buat yg masih menantikan buah hati, ehm.. seperti saya juga menantikan yg kedua, ga usah berkecil hati :)

    1. koeliz
      Tasya Karissa May 31, 2012 at 4:07 pm

      Waaw.. semoga kesabarannya segera berbuah manis yaaa.. Semangat!

  7. wully
    wully June 1, 2012 at 12:29 pm

    pernah denger istilah vaginismus tp ga berusaha cari tau, baca artikel ini jadi tertarik untuk tau apa sih vaginismus itu. butuh komunikasi yg baik dengan pasangan ya untuk bisa menghadapi semuanya, salut bgt! thanks for sharing ya

  8. Selyta
    selita anggraeni July 6, 2012 at 4:29 pm

    aku baru tahu kalau aku juga seperti itu, gara-gara vaginismus, rumah tanggaku terancam. but thanks ya, bermanfaat bngt buatku

  9. chiindri
    cicik indriati December 6, 2012 at 2:45 pm

    just recovered, had a very rough 2 weeks of IC.. skr sdh bisa penetrasi :D

  10. guilty_w
    Fitri December 22, 2012 at 4:00 pm

    hai all.. aku langsung aja, mau minta tolong.. aku menderita vaginismus juga…
    aku udh 3 th lebih merried dan belum juga bisa melakukan hub dg suami.. perasaannya selalu takut dan gemetar.. bayangan akan kesakitan dan berdarah2 masih menghantui sd saat ini, dan kaki ku selalu merapat..
    setelah baca baca ini, aku mau minta tolong, bagaimana caranya membeli dilator utk vaginismus? ak udh coba yg di google, tapi tetap aja kok ga bisa ya pas masukkin kartu kredit metode payment? mohon bantuannya… trimakasih

  11. keyza
    keyza May 1, 2013 at 8:58 pm

    hallo all….ingin tau cerita nya juga…..

  12. leonidztar
    leonidztar July 21, 2013 at 10:55 pm

    saya dah 4thn menikah, belum pernah sekalipun IC tetapi saya bisa punya anak. baru 3 minggu yg lalu sy membeli dilator kit sampai sekarang baru menggunakan yg ukuran no.3. itupun tegangnya minta ampun,, saya menggunakannya tanpa buku panduan,, adakah yg sudah menggunakan dilator dan bagaimana cara penggunaannya yg benar? brapa menit harus dibiarkan berada didalam miss v kita?

  13. Lilymo
    Lilymo September 3, 2013 at 10:26 am

    Saya juga termasuk nih…udah 3 bulan belum bisa berhubungan suami istri, paling mentok cuma masuk sampai kepala Mr.P aja..ga bisa masuk ke dalam lagi, kalo boleh saya minta alamat YM dan no.Hp dunk mbak koeliz untuk sharing krn saya bingung masalah ini, saya ingin tempat berbagi dan curhat masalah yang saya alami ini,saya stres kalo inget masalah ini..hiks..hiks..

  14. guilty_w
    Fitri September 3, 2013 at 1:40 pm

    hai Leonodztar, saya ingin tahu gimana caranya bisa hamil? kan belum bisa IC?
    saya juga penderita vagisnismus, sy sdh 4 th, dan sy sdh beli paket dilator, tp sejauh ini msh belum bisa IC dg suami, saya msh pake ukuran no 2, masuk siih tapi masih susah..
    setiapkali dg suami masih saja ketakutan dan tegang,
    ada saran lain ga ya?
    oh ya, kalau inseminasi langsung bisa ga ya? biar pnya anak langsung dan mgk dg punya anak akan lebar dg sendirinya, dan bisa IC kah?

  15. veean
    veean September 20, 2013 at 10:35 am

    Mba Koeliz dan mba leonidztar bisa minta no hp, pin bb, or YM atau apalah mba yg bisa sy hubungi. Sy slh 1 penderita tsb. Sudah 1thn 3 bln menikah sampai sekarang belum berhasil juga. Stress banget mikirin masalah ini.

  16. koeliz
    Tasya Karissa September 23, 2013 at 10:25 am

    Hi all.. untuk contact sementara bisa via twitter ke @tasyakarissa dulu ya.. nanti DM-an aja.. kebetulan masih masa transisi di lokasi baru, jadi nomor HP dan BB masih temporary semua.

    regards

    tasya

  17. hamiko
    titania September 14, 2014 at 6:50 am

    dear mba2 yg udh berhasil overcome vaginismus, boleh bagi email/bbm/apapun dong, saya hampir 3 th msh blm berhasil jg, butuh sharing

  18. oktora
    oktora September 18, 2014 at 6:42 pm

    @ titania kamu ada pin bb ,we have the same problem

  19. natni
    natni October 9, 2014 at 10:16 am

    dear para wanita hebat.. aku jg mengalami hal yg sama & uda 3 thn lebih menikah.. aku stress berat, berdampak keputihan,jd lebih sensitif, & mudah marah.. Mau papsmir jg g berani krn merasa blum berhasil kbuka. Jd merasa beban smakin berat :’(

  20. melati
    melati October 23, 2014 at 4:31 pm

    Untuk para wanita hebat yg sudah sembuh dr vaginismus sy mohon minta no hp atau pin BB nya. Sy mohon sekali krn sy sdh merasa putus asa. Sy sdh 7 thn 6 bln menikah dan blm berhasil. Sy sdh pernah di hypnoterapi di RS tp tdk berhasil. Dan skrg sy merasa putus asa krn tdk ada tempat sharing. Sy pernah mencoba menyakiti diri sy krn sy kecewa. Sy stress sy bingung. Tolong sy.

  21. Lorettha
    Lorettha October 24, 2014 at 3:55 pm

    Saya juga sudah mau 4 tahun menikah belum berhasil intercourse sampai kesel, kecewa dan marah sama diri sendiri.

  22. melati
    melati November 3, 2014 at 3:51 pm

    Mba… koq website vaginismus awareness nya gak bisa y? Mohon info nya lagi Mba…..

  23. verawaty January 7, 2015 at 4:44 pm

    ya allah.. sama.. aq nulis ini sambil nangis hiks hiks hiks… aq udh 5 bulan nikah blm bs IC.. aq tersiksa dg smw ni.. suami udh aq ksh tw kl aq kyanya kena vgnismus, tp dy gk mw tw.. dia maunya aq “pasrah” aja pas HB.. pdhal aq gbsa “pasrah” krena miss V ku “menolak” IC dri suami.. hiks aq gtw hrs gmn lgi.. sampe2 aku udh ptus asa.. mw pke jari msh takut..

    wktu awal ceh pernah itu nya suami masuk tp cuma setengah.. tp udh skit skali n kaya mau robek dibelek- belek,, hiks.. akhirnya kami mmtuskan utk tidak mneruskn HB.. suami ksel, marah, dll. sdgkan aqu, nangis, gk berguna, gk berdaya. dunia sekan runtuhhhhhh..

    skrg hubungn RT kami sedang dngin, suami bilang yg enggak2 spt kata pisah, ya allah aq sgt mencintai suamiku.. tp aq tdk bs melayaninya dg baik.. aq gtw hrs gmn lg.. aq malu crta k syppun.. :((((((

  24. Indah Veka
    Indah Veka January 7, 2015 at 4:52 pm

    ya allah RT ku terancam gara2 vgnismus.. aq udah buntuuu banget :( udah hampir 6 bulan nikah blm ada perkembangan sdkitpun. suamiku cuek. RT ku terancam. astghfrllh.. :(((((

  25. oktora
    oktora January 25, 2015 at 7:40 pm

    @koelis ,kalo misalkan hamil tanpa penetrasi,terus pas hamil juga masih belum bisa penetrasi,ngelahirinnya gimana dong, istilahnya masih perawan gimana caranya melahirkan normal,kan mesti diperiksa bukaan 1 sampai bukaan 9,

  26. dwi lesmana
    dwi lesmana January 26, 2015 at 4:17 pm

    Emang beli dilator dimana ya ? Ada yg tau ?

  27. dwi lesmana
    dwi lesmana January 26, 2015 at 4:41 pm

    Teman-teman ada yg bisa bantu ga ?

  28. anzha
    anzha February 11, 2015 at 1:47 pm

    Mba2 ak mau coba pake dilator atau jari takut ga tega keperawanan hilang ga sama punya suami hiks hiks

  29. Tree
    Tree March 11, 2015 at 2:58 pm

    Hi All,
    Saya adalah salah satu living proof bahwa saat masih vaginismus bisa hamil dan melahirkan normal. Dan Alhamdulillah sejak melahirkan normal malahan bisa jauh lebih menikmati intercourse dan sembuh total dari vaginismus. Buat temen2 yang butuh support, tips dll bisa PM saya nomor HP nya. Karena saat ini Koeliz membuat whatsapp support group untuk Vaginismus. Alhamdulillah satu per satu banyak yang mulai sembuh. Kuncinya adalah merubah mindset bahwa sex itu menakutkan dan yang paling penting konsisten latihan dilating.

    Tetep optimis ya semuanya :*

  30. Navaqila
    Navaqila March 13, 2015 at 9:57 am

    Slmat y tree
    Pgn bgt bisa kyk km
    Ak dh 1 th nikah tp lum bs ic
    Ssh bgt mo ic

  31. Navaqila
    Navaqila March 13, 2015 at 9:58 am

    Pgn bgt bs ic sempurna,,pgn bgt cpt hmil…

  32. darkvelvet
    darkvelvet March 19, 2015 at 11:32 am

    Hi all, ada yang tahu website untuk beli dilator. Aku sudah 8 tahun menikah dan belum bisa IC. Aku stress banget dengan keadaanku. Pls tolong ya.

  33. silvi_maikhati
    silvi_maikhati April 25, 2015 at 1:05 pm

    mbak tree, apa sy bisa dimasukin ke group wa…?

  34. mothertobe
    mothertobe July 14, 2015 at 10:10 am

    Mbak tree, bisa minta no hp nya?
    Pernah baca kalo dilator bisa pake sayur2 an ec wortel, timun, itu apa harus dilapisin kondom dulu ya sebelum coba dilating? Makasih

  35. mothertobe
    mothertobe July 14, 2015 at 10:12 am

    Bisa minta no whatsapp support groupnya? Makasih

  36. h1ld4
    h1ld4 July 15, 2015 at 11:14 pm

    Mbak Koeliz dan Mbak Tree, saya jg mau ya dimasukkin ke grup support wa..saya ingin sembuh dari vaginismus jg..thank you..

  37. sisqie
    sisqie July 23, 2015 at 12:35 am

    Aku mau dong ikut WA support grup nya jg gmn caranya?

  38. bimbim
    bimbim September 5, 2015 at 4:36 pm

    Mba koeliz makasih banyak sharing nya, 1 bln nikah aku blm bisa ic pas googling nemuin vaginismus yg ciri2nya persis apa yg aku alamin tp info yg aku baca rata2 bikin makin down sampe akhirnya dapet pencerahan dr artikel & thread yg mba bikin, aku ikutan saran mba koeliz utk dilating & berfikir positif pasti bisa IC.
    Alhamdulillah 2 minggu latihan dibantu suami akhirnya bisa IC (padahal latihannya ga tiap hari).
    Ayo yg lain semangat pasti bisa!. Berpikir positif & jgn lupa banyak berdoa ya :-)

  39. willyanti
    willyanti September 7, 2015 at 9:04 am

    Mbak Tree dan mb Koeliz, minta CP-nya dong. Sy pingin masuk di group wa

  40. melati
    melati September 24, 2015 at 11:22 pm

    Mba tree dan mba koeliz tolong saya… minta cp nya. Sy bnr2 butuh tempat sharing. Sy sdh 8 thn menikah dan sampai saat ini sy blm bisa IC… tolong sy mba. Trims.

  41. lisapaulina1
    lisapaulina1 October 23, 2015 at 12:50 pm

    Alo ada yg udh pernah coba pke topical anaesthetic gel blum untuk atasi vaginismus ?

  42. zahirta
    zahirta October 23, 2015 at 3:21 pm

    Mba koeliz & mb tree saya mau gabung Grup WA vaginismus gimana caranya?? Please help me

  43. zahirta
    zahirta October 23, 2015 at 3:22 pm

    Mba koeliz & mb tree saya mau gabung Grup WA vaginismus gimana caranya?? Please help me

  44. San
    San November 19, 2015 at 5:58 pm

    Mb koeliz dan mb tree sy mau gabung di grup Wa vaginismus gmn caranya?thxs a lot ..galau berat nih mbk..

  45. San
    San November 19, 2015 at 6:32 pm

    Mbak zahirta boleh minta no wa/pin bb ga?pls thxs

  46. aia
    aia December 4, 2015 at 4:47 pm

    Mba bimbim mhn bimbingannya bgmn bs smpe berhasil Ic nya?? Atau tmn2 yg lain mhn sharingnya y..Aq jg sdh 3thn mnikah blm berhasil ic, sedih bgt..pgn bgt punya momongan, stiap hari aq berharap ini cm mimpi yg segera berakhir, dan aq bs mnjadi wanita normal yg bs melayani suami tercinta sprti wanita2 lain hiks

  47. Fanny_88
    Fanny_88 January 26, 2016 at 9:18 pm

    Alhamdulillah ketemu forum ini juga, mba koeliz dan mba trie sy mau gabung di gorup WA, thks
    sy udah 3th lebih jg belum bisa ic, rasanya udah mulai pesimis.mohon bantuannya untuk tempat sharing. karena sy pernah coba untuk ke psikolog tetapi belum berhasil jg. dan 3 bln lalu sempat operasi kista juga agar bisa lebih PD melakukan ic, tetapi sampai sekarang belum bisa jg. sedih, marah n kesal n menyalahkan diri sendiri.hiks…hiks…hiks…

  48. saprilian
    saprilian March 1, 2016 at 1:43 pm

    Mbaa..sya juga ingin gabung kalau boleh.. smalem baca2, br nemu jg istilah vagininismus ini..dan saaammaa kyk yg sya rasain Mba,, sya menikah Okt 2015 lalu dan blm berhasil IC sampe skrang. smpe2 sya ngrasa mngkn ad yg ga bres dg anatomi vagina sya ato knapa2, Naudzubillah deh.. mohon bmbingan dan supportnya mbaa..

  49. neysha
    neysha March 13, 2016 at 10:32 am

    mba2 semua saya penderita vaginimus udh 1,5 tahun menikah dan belum bisa IC, untuk mba2 semua yg sudah berhasil IC saya minta pin bb ato no hp nya untuk sharing… soalnya saya bingung mau sharing kemana…

  50. yunia_krisnasari
    yunia_krisnasari March 20, 2016 at 1:52 pm

    Saya jg menderita vaginismus… namun alhamdulillah krn bertekad pengen sembuh, saya hanya mencoba latihan dgn jari telunjuk. Hanya sekedar adaptasi n merasakan bgmn jika ada benda asing yv masuk vagina. Alhamdulillah 2 hr lngsg bisa IC. Dan syukur alhamdulillah skali lg krn stlh 2 bln brhasil IC saya bs lngsg hamil, walaupun memakai lubrikan. Krn tanpa bantuan lubrikan rasanya sangat mustahil untuk IC. semangat untuk mbak2 yg lainnya, smoga bs bebas dr vaginismus. Saya sndiri smpe anak umur 3,5 taun, kadang2 vaginismus ini sering muncul.

  51. bubuzio
    bubuzio March 23, 2016 at 1:06 pm

    Mbak2 semua, saya juga menderita vaginismus. Saya menikah oktober 2013. Selama 5 bulan ga bisa IC dan akhirnya konsul ke obgyn takutnya ada yang salah dengan vajayjay saya selain karena saya suka keputihan. Pas usg transvaginal saya jerit2 sampe rasanya nyaris pingsan. Ternyata menurut si dokter mungkin ada jamur yang bikin suka keputihan. Akhirnya diobatin dan disarankan buat libur IC dulu selama 2 minggu. Setelah beres diobatin eh kok malah bisa IC dan sukses hamil. Tapiii..

    Entah kenapa setelah melahirkan kok malah susah ditembus lagi. Bukannya ga nyoba, dulu sempat nyoba lagi setelah masa nifas. Bisa masuk sih, tapi sambil nahan perih. Tapi entah kenapa akhir-akhir ini kok jadi susah lagi. Sekarang saya lagi berusaha nyembuhin biar bisa IC lg. Saya pengen tau rasanya yang kata orang-orang itu nikmatnya sampe ke ubun-ubun, secara saya sukses IC cuma dalam hitungan jari. Mohon bimbingan dan supportnya yaa.

    Hoyah, bolehkah saya gabung di grup WA?

  52. yunia_krisnasari
    yunia_krisnasari March 24, 2016 at 5:34 pm

    Sama mbak bubuzio… sy skrg jg lg program anak kdua, tp koq susah ic lg, kdng berhasil kdng gagal.. mungkin krn kita jarang ic, jd miss v kita jd kyk tegang lg.
    Btw, klo mau gabung grup dmana ya??

  53. koncek
    koncek April 8, 2016 at 12:11 pm

    Kasus saya beragam, antara vaginismus dan kelainan bentuk selaput dara(
    Cibriform hymen)sehingga susah di tembus untuk melakukan IC dan itu berlangsung selama 9 tahun pernikahan. Jadi selama 9 tahun menikah” status” saya masih perawan karena selaput dara saya sama sekali tidak robek saat hubungan intim dengan suami.Tahun ini tahun kesembilan pernikahan saya bertekad untuk memberanikan diri untuk melakukan IC karena beberapa alasan yang mendesak. Pertama karena saya ingin mempunyai keturunan dan kedua, keadaan rumah tangga saya mulai goyah dan suami mulai merasa tidak nyaman dengan saya. Jujur saya tidak ingin rumah tangga saya berakhir dan kehilangan suami saya. Dengan tekad yang kuat dan doa yang tiada putus2nya saya panjatkan kepada Allah. saya akhirnya bisa melakukan IC walau tidak 100% sukses. MR P suami hanya masuk kira2 1/4 dan itu melalui perjuangan yang berat. Setelah 3 kali melakukan IC yang tidak sempurna itu, karena lagi2 hanya masuk ujungnya saja, saya dinyatakan positif hamil. Rasa syukur yang tidak terhingga saya panjatkan kepada Allah atas karuniaNya ini. Tapi kemudian ada ketakutan dalam diri saya yaitu,”mungkinkah dengan lubang vagina yang tidak terbuka dengan normal( karena hanya berhasil melakukan IC 1/4 persen saja saya bisa melahirkan secara normal? Alhamdulillah saya menemukan situs urban mama ini dan mulai membaca2 pengalaman2 dari rekan2 yang senasib dengan saya. Bagi rekan 2 yang punya kasus sama seperti saya yang berhasil melahirkan secara normal sudilah kiranya membagi pengalaman2nya bagi saya dan bagi rekan2 yang lainnya.

  54. ferinamarta
    ferinamarta August 7, 2016 at 7:12 pm

    forum ini masih aktif kah? mba koeliz gmn caranya untk ikut ke grup wa nya? saya juga vaginismus sudah 3,5th mnikah blm bs ic. helpp meee

  55. andreska
    andreska August 11, 2016 at 8:12 pm

    Sya ingin brgbung d grup wa :(

  56. rafaela
    rafaela September 7, 2016 at 1:48 pm

    saya mungkin yg paling lama vaginismus, sampai skrg sdh 13th menikah tp belum bisa IC yg sempurna, dan sudah 2th juga beli alat dilator, tp sampai sekarang masih alat yg ketiga saja itupun hanya 2/3 baru masuk setelah 1.5jam mencoba. Saya juga sedih dan merasa bersalah, apakah rumah tangga kita harus berakhir. Saya sudah mencoba ke beberapa Dr kandungan, tp mrk smua blg baik2 saja, memang agak kesulitan pas mau di USG dalam. Mrk jg mereferensikan ke pskiater, sudah saya jalankan juga. Jadi selalu kesulitan apabila ada vagina mau dimasukkan sesuatu karena langsung tegang otot2 disekitarnya. Saya juga ingin bergabung kalau ada grup WA supaya bisa sharing2 apa yg kita rasakan.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.