Bintang Ramadhan untuk Gaza

simplyndah

Dengan waktu persiapan yang singkat, saya dan suami berusaha mencari kegiatan sepanjang Ramadhan untuk Gaza. Karena tahun ini Gaza sudah berusia 3,5 tahun, jadi kami membuatkan sesuatu yang ada unsur reward & punishment. Hal ini lalu dipadukan dengan kesukaan Gaza pada luar angkasa.
Alat dan bahan:

  • Kalender gantung bekas sebagai dasar atau bisa juga kertas karton. Saya memilih kalender bekas karena ukurannya sudah pas, tidak perlu memotong dan sudah bisa langsung digantung.
  • Amplop cokelat bekas, dipotong untuk amplop kecil-kecil sebanyak 30 buah.
  • Kertas karton warna kuning, dipotong berbentuk bintang.
  • Kertas kado silver, sebagai pelapis bulan, styrofoam, dan aksesoris langit lainnya
  • Map bekas warna biru, sebagai dasar langit
  • Dua gambar astronot, print satu kecil (Gibral) satu besar (Gaza)
  • Styrofoam bekas sebagai papan bantalan
  • Jarum pentul
  • Kertas origami warna-warni
  • Lem, staples, selotip

Cara membuat:

  1. Siapkan kalender bekas sebagai dasar, lalu buat amplop cokelat menjadi amplop kecil-kecil. Buat 30 buah amplop kecil, lalu susun di atas kalender bekas.
  2. Potong kertas origami aneka warna, lalu tempelkan di atas amplop cokelat sebagai label tanggal, dan diberi nomor 1-30. Ini nantinya juga untuk mencatat jumlah bintang yang didapat Gaza per hari.
  3. Tempelkan map atau karton biru pada bagian atas kalender (ceritanya langit warna biru).
  4. Buatlah bentuk bulan dari potongan kalender atau karton, lapisi dengan kertas kado silver, buat juga bintang-bintang dengan potongan kertas kado silver tadi. Tempel bulan dan bintang di atas kalender yang sudah dilapisi map biru. Tempel gambar astronot di dalamnya, astronot di rumah saya ada dua, Captain Gaza dan Captain Gibral.
  5. Potong styrofoam memanjang, lebar kira-kira 2 cm, bungkus dengan kertas kado silver, sterofom ini berfungsi untuk menempelkan bintang-bintang per hari.
  6. Buatlah bentuk bintang dari karton kuning, persiapkan cukup banyak bintang.
  7. Hias langitnya agar jadi menarik.
null

Mulai 1 Ramadhan, semua perilaku Gaza akan diukur. Kalau Gaza berbuat kebaikan dia akan mendapat bintang, jumlah bintang yang didapat bisa bervariasi, yang pasti lebih dari satu. Kalau tingkah laku Gaza kurang baik, bintangnya akan diambil satu. Kebaikan ini ukuranya apa? Contohnya shalat, membantu Ummi & Abi mengambil sesuatu, membantu beres-beres, membantu jaga adik, atau bahkan sekadar mencium adiknya. Tidur siang juga sepertinya akan kami kasih bintang, mengingat Gaza susah sekali disuruh tidur siang. Ramadhan kali ini kami mau obral bintang buat Gaza.

Bintang yang didapatkan per hari akan ditempel di papan tempel/styrofoam yang di tengah, sesudahnya bintang itu akan dikumpulkan di dalam amplop masing-masing (berdasarkan hari). Jika sudah terkumpul 10 bintang Gaza boleh menukarkan dengan hadiah.

Saat selesai dibuat, Gaza sudah sangat bersemangat, katanya nanti minta bintang 12. Kami sudah menjelaskan aturan mainnya, Gaza sepertinya sudah paham dengan aturan berbuat kebaikan, mendapat bintang, dan menukar bintang dengan hadiah. Gaza bilang mau hadiah kue ulang tahun dan kostum macan tutul.

Karna kami berdua kerja di luar rumah, kita minta bantuan “Ibu” ART di rumah untuk ikut memantau Gaza, jadi kalo banyak mengerjakan kebaikan saat saya dan ayahnya kerja, bintang akan diberikan saat kami pulang kantor.

Kami ingin Gaza ikut merasakan suasana Ramadhan, agar tahu bahwa Ramadhan itu identik dengan kebahagian dan limpahan nikmat dari Allah.

Selamat mencoba!

 

5 Comments

  1. silvia pridana
    silvia pridana August 11, 2012 at 6:53 am

    Subhanalloh salut buat ummi gaza yang kratif banget. TOP ^^. Moga gaza tambah soleh ya..

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit August 11, 2012 at 11:13 am

    subhanallah… Kereeenn… TFS bunda Gaza.. :)

  3. ninit
    ninit yunita August 11, 2012 at 2:17 pm

    toss!
    sama bikin reward chart juga buat alde :)

    tapi yg gaza jauuuh lebih keren!

  4. unanusa
    unanusa August 12, 2012 at 8:52 pm

    makasih idenya umii.. insyaALLOH mau coba juga buat qonita, mudah2an berhasil…

  5. Honey Josep
    Honey Josep August 24, 2012 at 1:39 pm

    idenya bagus sekali :)

    tfs mama Gaza :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.