Cerita Ngidam

zaza_mfh

Waktu masih lajang dulu, saya sebenarnya agak-agak curiga sama ibu hamil yang ngidam. Itu beneran ngidam atau cari perhatian suami, keluarga terdekat, atau teman. Habis, kesannya seakan-akan mengada-ada. Dari yang mulai ngidam hanya bisa makan sambal, pecel, mangga muda, ga bisa nyium bau suami, sampe ingin makan mangga curian. Apalagi dengan adanya mitos kalau ibu hamil ngidam dan nggak diturutin, nanti bayinya jadi ileran. Nah, jadi makin semangat kan orang-orang terdekat mereka untuk mengikuti keinginan ibu hamil.

Ketika hamil anak pertama. Saya menyugesti diri sendiri kalau saya tidak percaya dengan ngidam. Selama saya merasa perhatian suami dan keluarga mencukupi, kenapa saya harus minta yang aneh-aneh? Dan ketika suami saya sempat sibuk bekerja dan sempat tidak memperhatikan saya selama beberapa hari. Saya juga menyugesti diri sendiri bahwa itu dilakukan suami saya untuk keluarganya sehingga tidak seharusnya saya menuntut hal-hal yang membuat suami dan keluarga saya pusing tujuh keliling untuk menuruti keinginan ngidam saya.

It works!

Selama 8 bulan saya hamil anak pertama. Saya tidak ngidam sama sekali, tidak mual, tidak muntah-muntah, diajak jalan kemana aja dan dengan kendaraan apa aja sanggup. Kalo kata orang, saya hamil kebo. Jadi kayak ngga berasa hamil. Dan, saya pun mulai merasa teori saya tanpa berdasarkan bukti ilmiah ini berhasil, bahwa ibu hamil bisa ngga ngidam, kuat, ngga mual-mual, ngga muntah-muntah. Asalkan bisa dan yakin dengan diri sendiri.

Ketika kehamilan kedua. Saya pun mulai menyugesti diri sendiri seperti kehamilan pertama. Dan… tidak berhasil. Meskipun beberapa kali saya menyugesti diri sendiri. Saya tetap merasakan mual-mual, muntah-muntah, pusing, ngga kuat, ingin tidur terus. Dan, saya mulai merasakan yang namanya ngidam.

Iya ngidam dan itu berlangsung sampai anak kedua saya lahir. Makanan yang bisa masuk ke perut saya itu hanya makanan yang pedas. Ngidam yang biasanya dirasakan selama trimester pertama, dirasakan oleh saya sepanjang kehamilah anak kedua. Yang biasanya hanya bisa makan 2 cabe dalam masakan itupun sambil kepedasan dan ditemani bergelas-gelas air putih. Sekarang saya bisa merasakan 10-15 cabe tanpa merasakan kepedasan. Bahkan, suami dan bapak saya yang biasanya jagonya makan pedes sampai terheran-heran melihat saya ludes menghabiskan sambal dan lauk-pauk pedas spesialnya mereka. Entah kenapa, perut rasanya berontak jika makan nasi tanpa cocolan sambal, ataupun makan nasi tanpa rasa pedas.

Akhirnya, saya pun mulai merasakan tersiksanya ibu hamil yang harus muntah dimana saja, kapan saja. segala macam makanan yang saya makan pasti saya keluarkan lagi, ga bisa cium bau kaldu, gorengan, dan segala macam. Bahkan minum air putih, jahe, permen, crackers, biskuit pun bisa saya keluarkan lagi. Makanan dan minuman favorit sebelum hamil tetap juga ngga bisa masuk, bahkan mencium baunya pun sudah membuat saya mual-mual ngga karuan. Morning sickness pun jadi all day sickness. Dan, muntah saya pun tergolong berlebihan sampai saya harus dirawat di rumah sakit selama satu hari untuk dinfus karena tidak ada makanan dan minuman yang bisa masuk perut.

Segala macam cara dan tips sudah saya coba untuk mengatasi mual, muntah, dan rasa suka berlebihan terhadap masakan pedas. Ternyata, ga ngaruh juga. Akhirnya, saya pun mulai menerima dan mulai menikmati kelebihan kehamilan kedua ini. Toh, namanya juga hamil. :)

Setelah anak kedua saya lahir. Tiba-tiba kemampuan saya untuk menahan rasa pedas hilang. Jangankan untuk makan 10-15 cabe. Makan 2 cabe yang dicampur dalam masakan, saya bisa kepedasan dan menghabiskan bergelas-gelas air minum.

Di kehamilan yang ketiga ini. saya mulai menyikapi dengan tenang. Alhamdulillah, morning sickness juga ada, tapi ga separah kehamilan kedua. Ngidam juga ada, tapi masih bisa masuk makanan yang lain.

Mungkin saya jangan terlalu takabur ya. Meremehkan hal-hal yang biasa terjadi dan membuat tersiksa pada ibu hamil. Akhirnya terjadi juga ke saya dan malah lebih parah lagi.

Jadi, saya mengalami pengalaman yang berbeda-beda di tiap kehamilan. Seperti tagline The Urban Mama tapi dengan sedikit modifikasi. There is always a different story in every pregnancy.

*image from http://www.sxc.hu/photo/517549

22 Comments

  1. indriani budi utami
    indriani budi utami August 1, 2011 at 5:46 am

    iya..setuju, memang tiap-tiap kehamilan beda-beda rasa dan pengalamannya. Aku jg baru kelar nulis ttg ini (beda2 pengalaman di tiap2 kehamilan) di blogku. Baca tulisan ini jadi berasa dejavu :).

  2. trias.kelly
    trias kelly August 1, 2011 at 7:20 am

    Wah sama bgt, dulu kalo liat ibu hamil yg suka minta aneh2 nganggepnya krn manja aja. Tapii kejadian pas hamil trimester pertama ga bisa makan nasi dan ayam, kaya eneg aja, ga sampe muntah2 parah emang, muntahnya cuman pas malem doang. Ternyata pengaruh hormonal selama hamil emang bisa menghasilkan sesuatu yg dianggap “aneh” oleh orang sekitar hehehehe

  3. b3akins
    Bea Nabilla August 1, 2011 at 7:56 am

    waah sama nih! pas hamil anak pertama dulu aku ga mual, muntah ataupun ngidam… malah ngerasa kasian sama ibu hamil yg kaya gitu, rasanya berat banget pasti *kecuali bagian ngidam yg diturutin hehe* ternyata setiap kehamilan berbeda yah, berarti nanti pas hamil lagi kudu waspada niiih…

  4. nikstri
    niken mahestri August 1, 2011 at 8:39 am

    Apa yang dialamin melania lagi kejadian nih di aku. Dulu hamil anak pertama, kebo banget. Kerja lembur gak lemes, makan apa aja hayok (termasuk doyan kambing dan sushi :p)
    Tapi hamil anak kedua ini…wuaduh, mual, makan pengennya yg kering2 dan gak banyak bumbu. Dan lemesnya itu loh, gak nahan…kirain dulu bumil yg banyak tidur itu pemalas taunya emang kalo gak kuat bangun mah…gak kuat aja. Gak bisa dipaksa juga. Thanks for sharing ya melania. It’s good to know banyak bumil di luar sana yang punya pengalaman serupa

  5. yuris afrizal
    yuristia madika afrizal August 1, 2011 at 9:08 am

    Sama deh,aku jg mikirnya bumil itu lebay.ehh,taunya pas aku hamil,mual muntah trus.paling ga bs perut kosong hrs di isi trus,parah bgt deh.biar nasi msk,aku akalin smbl makan semangka.
    Klo dblng ngidam,aku yg duluny g suka cocacola krs bersoda bgt,ehhh malah ngidam ini mulu,mati gue!pikirku.dan lucunya sodanya ga brasa,kyk melania,makan cabe 10 biji pun ok.
    Hrs ngerujak tiap abis maghrib,ehh demi apa coba aku ngidam gni bgt?makanya suka sebel klo ada yg komentar,plis dehh hamil aja blom udah bnyk komen,hehehe..tunggu tgl mainnya!

  6. otty
    Pangastuti Sri Handayani August 1, 2011 at 9:46 am

    Haha iya ngidam itu memang misterius ya, kayaknya kok ga mungkin eh begitu ngalamin sendiri baru percaya. Ada juga suaminya yang ngidam, temen kantor saya manjat pohon metik mangga tengah malem karena katanya kepengeeen banget :D

  7. ninit
    ninit yunita August 1, 2011 at 10:00 am

    iya nih bener, there’s always a different story in every pregnancy :)
    tapi pas hamil pertama & kedua ga ada yg beneran pengen banget sesuatu sih. cuma pengen aja tapi ga harus.

    tapi bener banget ya emang ngidam itu ada & suka seru kalo baca2 ceritanya pengen ngidam apa aja.

  8. vony_82
    Vony Koestanti August 1, 2011 at 11:25 am

    hihi seru ya cerita ngidamnya beda2 di 3 kehamilan.. kalau aku dulu malah pengen ngerasain yg namanya ngidam (tapi bagian yg enaknya aja: semua keinginan dituruti LOL). Eehh ternyata pas hamil malah suami yg ngidam, dia yg mual, dia yg muntah, dia yg pengen makanan ini itu (kadang tengah malam pula). untungnya suami seneng2 aja, bagi2 tugas katanya haha.. oh well, just my luck i guess

  9. anindita
    Anindita K August 1, 2011 at 1:11 pm

    Ngidam itu logis lagi.. Pas badan gak karuan rasanya karena mual muntah, lemes sepanjang hari, kita jadi ngebayangin pengen makan sesuatu yg kayanya enak di bayangan. Tapi celakanya kalau fantasi berubah terlalu cepat. Pagi pengen ini, siang pengen it. Dan lebih celaka lagi kalo tinggal di negeri antah berantah kayak saya. Pengen apapun kudu bikin sendiri. Mending kalau bahannya bisa dicari dan ada yg bantuin nyari dan masak. Jadi ya ngidam tinggallah ngidam.. =))

  10. Honey Josep
    Honey Josep August 2, 2011 at 5:43 pm

    hihihihi,setiap kehamilan itu “ajaib” :)

    tfs mama melania, jadi kepingin hamil lagi :)

  11. uracute
    masyhurah August 3, 2011 at 2:56 pm

    jadi kangen masa hamil baca ini hihihii, walopun ‘tersiksa’ dengan mual muntah yang berlangsung sepanang kehamilan alias 9 bulan SAJA, tapi kalo dikenang2 ternyata indah juga, lucu kalo lewatin suatu jalan trus bilang eh gw pernah muntah disini, eh gw pernah muntah depan rumah ini hahaha…

    Anyway, soal ngidam suamiku dr awal hamil udah wanti2, jangan minta yg aneh2 dan macem2 ya, ga gw turutin, jahad ya hehehe tapi ya mungkin jd smacam sugesti juga gw jadinya emang ga pengen yg aneh2 :D

  12. tatabayu
    Pritta Edison August 5, 2011 at 9:31 am

    heheheeh,aku dulu sblm nikah suka merasa “ihh ibu hamil nih beneran apa ngga sih, kok minta yg aneh2, udh minta yg aneh2 itu jg ntar blm tentu dimakan…” trus aku liat temen kantorku hari ini dia blm tau kl dia hamil, masih seger aja, kuat deh kl diajak jalan kmana aja, begitu bsknya tau hamil, eh lgsg deh lemes, pusing.. aku pikir temenku itu lebay.. tp skrg aku ngerasain sendiri, alhamdulillah skrg aku lg hamil anak pertama, udh 13 week, aku merasakan jg tuh begitu tau hamil, kok kondisi badan ini lgsg berubah mendadak, sm ky temenku *menelan ludah sendiri deh*, hehehe.. aku ky mba melania,sering menyugesti pikiranku utk ga boleh terlalu merasakan pusing,mual,dan malas2an yg pgnnya dikasur aja dan alhamdulillah itu lmyn berhasil loh… :)

  13. deemom
    deemom August 5, 2011 at 11:03 am

    Hai salam kenal, ak juga lagi hamil skrg 27 weeks, mau sharing juga ngidamnya mual muntah parah, smp sekarang kadang masih muntah juga. Btw, bisa minta ym? Mau sharing pengalaman…… Makasih

  14. August 15, 2011 at 1:19 pm

    Wahh.. Baru tau yaaa ternyata ngidam itu bisa sampe sepanjang hamil. Aku lg hamil anak pertama nih. Untungnya cuma sampe w18 ngidamnya. Ngga bisa cium nasi panas. Jadi kalo nasinya blm dingin, mkn kentang aja deh mendingan. Hehehe… Untung skrg udah mulai bisa masuk apa aja.. Kecuali minuman favorit sblm hamil: teh. Sampe skrg masih musuhan berat sm teh… :D

  15. devi ulinuha
    devi ulinuha August 16, 2011 at 9:33 am

    iya, aku dulu juga selalu berfikir klo org ngidam itu bisa2nya si ibu aja, biar diperhatiin. tp ternyata setelah sy ngalamin sendiri.. wah… memang gt ya rasanaya.. apalagi skrg usia kehamilan sy masuk minggu ke 6 (lg mual2ny klo bau nasi panas n masakan apalagi yg bersantan) tp anehnya makanan yg dulu saya gak suka selama hamil, koq sekarang jd suka bgt ya.. :D

  16. bless
    Faridah Habiburrachman September 8, 2011 at 12:12 pm

    hai melania salam kenal ya :) aku lagi hamil juga nih 29week..kalo pengalaman aku justru ngidamnya ga pengen apa-apa, khususnya makanan. suami sampe bingung kalo pas udah waktu makan hihihi, ditawarin ini itu gak mau. trus pas dari sebelum tau bahwa aku hamil, benciii banget liat dapur dan isinya, langsung mual dan muntah..ini bertahan sampe 16week. padahal sebelumnya aku hobi banget ngedapur hehehe…setelah ngalamin sendiri, baru percaya bahwa setiap kehamilan itu unik :)

  17. nidafauzi
    nida fauzia October 9, 2011 at 7:55 pm

    Salam kenal mbak Melania, alhamdulillah saya hamil anak pertama (15weeks) ini juga nggak ngidam yang aneh, muntah juga nggak. Babynya mau diajak bundanya susah, secara abinya jauh :) dan saya juga masih kerja sambil ngekost. Thanks for sharing yaa..

  18. divizarra
    Divi Zarra Jamil October 24, 2011 at 9:06 pm

    salam kenal mbak meliana dan semuanya aku baru gabung namun kehamilan ku sudah menginjak 38week 4days …
    awal kehamilan saya tidak ketahuan setelah 1bulan setengah baru ketahuan hamil dan menginjak bulan kedua saya mual dan muntah tidak hanya pagi saja tp malam juga parahnya lagi tidak makan nasi selama hamil sampai menginjak kehamilan di usia 4 bulan hihihi tp alhamdulillah si baby di perut sehat dan terus berkembang :)
    selama hamil trimester pertama juga saya gak bisa masuk kedapur karna melihatnya saja sudah bikin muntah2 hihihi aneh ya tapi saya menikmati kehamilan saya hingga saat ini :)
    setiap kehamilan itu memiliki cerita masing-masing ya :)

  19. na_tina
    Tina Trihandayani November 1, 2011 at 2:56 pm

    new comer nih.., mo ikutan nimbrung ya…
    skrg aq lg hamil 19 mggu, dan Alhamdulillah ga ngalamin yg namanya ngidam or mabok gt deh.. kbetulan ada barengan temen sekantorku dia mah tiap pagi nyampe kantor langsung muntah2 gt. Ampe aq mikir dia koq lebay deh.. pernah sih skali muntah itu pun malem, karna pusing d kereta dari waktu pulang kerja. trus aq jg ga pernah minta or ngidam macem2.. pernah pengen bubur ayam, 3hari berturut2 makan itu terus. udah gitu ya udah. ampe skrg so far do good lah.. :) aq jg mensugestikan ke diri sendiri klo hamil itu menyenangkan.. :) pokoke jangan ampe nyusahin diri sendiri n orang lain. tapi manja2 sama suami mah teuteup.. hehehe.. :p

  20. ntanchan
    ntanchan February 7, 2012 at 2:55 pm

    Saya juga sama, kayanya hamil kebo juga deh. Hehehe…
    Sampe sekarang hamil 16mgu, Alhamdulillah belom pernah muntah mual yang gimana gitu. Sampe kuatir, ko saya ga kaya ibu hamil lainnya ya. Kata dokter, justru perlu disyukuri kalo kaya gini, jadi baby-nya dapet nutrisi yang cukup.
    Masalah ngidam juga, ga terlalu diikutin sih. Biasanya cuma sesaat aja, kalo ada ya dimakan, ngga ada juga ya makan yang ada aja. Hehehe… Alhamdulillah :D

  21. agathaastrid
    agathaastrid December 26, 2012 at 1:31 pm

    Hay..

    Saya lg hamil 10 minggu nih. Dan dr 6 minggu hamil, udh mulai berasa mual2 dan muntah2. Rasanya kesiksaaaaa banget. Ga bs minum air putih, ga bs nyium minyak kayu putih dan balsem (padahal sblm hamil suka banget), dan yang paling ga enak itu nyium bau suami :( rasanya bau suami tu ga enaaaaak banget, sebel kalo deket2 dia :(
    Tp klo makanan sih ak ga terlalu kepengen apa2, cmn kmaren sempet pengen siomay yg ad dicipete (makanan dr wkt kecil pas tinggal dicipete) tp pas sampe sana udh pindah, tp yaudh gpp..
    Emang pengalaman ibu hamil beda2 bgt ya, temen kantorku enak2 bgt hamilnya. Semuanya bisa dimakan, ga mual dan g muntah2.
    Tp aku menikmati aja deh semuanya, tp ttp berharap setelah 3 bln mual dan muntahnya ilang hehe..

  22. Lusiane SN
    Lusiane SN October 5, 2013 at 12:01 pm

    Waktu hamil Lio, sy tergolong yg mulus2 aja. Ga ngidam, ga mual-muntah, ga bengkak, masi bs ke mana2, ga aneh2 lah, masi bs ditolerir. Cuma sy suka eneg klo liat nasi, kyk males gitu liat nasi, pdhl sy tergolong orang yg ga bs kenyang klo blm makan nasi. Trus mendadak klo waktunya makan malam, sy maunya cuma makan bubur kacang ijo+susu kental manis yg dijual d deket rumah *ini ngidam ato doyan yah hahahaha….
    Semoga nanti klo hamil lg jg mulus2 aja ;))

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.