Chawanmushi

rainiw

Salah satu hidangan favorit kami sekeluarga saat cuaca dingin adalah Chawanmushi. Sup puding telur gurih ini bertekstur lembut dan mudah dikunyah, bisa dijadikan makanan pendamping untuk mengenalkan masakan telur kepada balita. Untuk chawanmushi berikut, saya menggunakan kombinasi kaldu ebi-ikan-sayuran dan sari kedelai menggantikan mirin dan kaldu dashi. Hasilnya lebih ekonomis namun tetap sama enaknya. Pilih sari kedelai plain tanpa tambahan pemanis.

Tantangan dalam membuat chawanmushi ini adalah saat mengaduk telur bersama kaldu. Telur cukup diaduk sangat pelan menggunakan sumpit, asal kuningnya pecah. Tidak perlu lama-lama dikocok; sedikit saja dikocok akan terbentuk gelembung-gelembung udara yang membuat chawanmushi kasar berlubang-lubang. Percayalah, untuk orang yang tangannya panas seperti saya, mengocok telur sangat pelan dengan sumpit terasa sangat menantang.

Bahan-bahan:

  • 3 butir telur
  • 200 ml sari kedelai plain
  • 1 sdm kecap shoyu (boleh diganti kecap asin)
  • 8 ekor udang, cuci-kupas & bersihkan punggungnya
  • 4 buah jamur kancing, iris tipis
  • 100 gram fillet dory, salmon atau tuna
  • daun kucai, iris halus untuk hiasan

Untuk kaldu:

  • 450 ml air matang
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang seledri
  • 1/2 butir bawang bombay
  • 1 siung bawang putih, geprek
  • 2 sdt bubuk ebi
  • 1-2 lembar nori
  • 2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Siapkan panci kukusan, panaskan dengan api sedang.
  2. Panaskan air. Rebus daun bawang, seledri, bawang bombay, bawang putih & nori sampai air kaldu mulai mendidih.
  3. Masukkan bubuk ebi, aduk & masak sampai mendidih.
  4. Saat kaldu sudah mendidih, blansir udang & fillet daging ikan selama 30 detik. Segara angkat, sisihkan & fillet ikan dipotong dadu.
  5. Kecilkan api, rebus air kaldu sekitar lima menit lagi. Matikan api & sisihkan.
  6. Dalam wadah terpisah, kocok telur perlahan menggunakan sumpit asal kuningnya pecah.
  7. Saring kaldu yang sudah dingin, campur dengan sari kedelai. Beri kecap shoyu, aduk.
  8. Tuang perlahan kocokan telur ke campuran kaldu lalu saring semuanya. Buang bagian yang tertahan pada saringan.
  9. Siapkan mangkuk atau wadah ramekin, isi dengan potongan daging ikan, udang, jamur & kucai.
  10. Susun mangkuk dalam kukusan, tuangi campuran kaldu telur ke tiap mangkuk ramekin lalu tutup dengan alumunium foil
  11. Kukus chawanmushi dengan api kecil selama 20-30 menit. Setelah matang sajikan hangat atau makan bersama mie udon.

Selamat mencoba, urban mama!

5 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw April 11, 2014 at 6:29 am

    ahh seperti biasa resep2nya Aini spesial banget, enak dan mudah dicoba..

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel April 11, 2014 at 11:52 pm

    yummie! ah salah banget ini malem2 baca resep ini..jadi laper deh hehehe..
    tfs, ai! besok pagi mau coba bikin buat sarapan.

  3. mama Pie
    mama Pie April 13, 2014 at 5:19 am

    Aku dan anakku suka banget Chawanmushi..resep ini wajib aku coba. Tq ya mama Aini :)

  4. BundaNyaAthaya
    BundaNyaAthaya April 14, 2014 at 9:18 am

    menu itu boleh untuk anak usia 11 bulan ga sih mom? soalnya kan itu ud pake garem dan kecap asin gitu ya…

  5. rainiw
    Aini Hanafiah June 30, 2014 at 2:27 am

    @bundanyaAthaya boleh aja… palingan kecap asin dan garamnya dikurangi aja. atau kalau sudah pakai kecap asin, nggak usah pakai garam lagi :D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.