Childhood Memories

superpippo

Pilihan buku anak di zaman sekarang terbilang sangat banyak bila dibandingkan dengan saat saya tumbuh besar dulu. Tapi mungkin saking banyaknya, justru membuat bingung orang tua atau anak yang ingin memilih buku-buku bermutu, mengasyikkan, dan berkesan untuk dibaca sebelum tidur atau di waktu senggang.

Dan saya sungguh sangat bahagia ketika melihat beberapa buku yang menjadi teman baik saya saat kecil dulu, kini diterbitkan ulang dan dijual kembali di toko-toko buku. Sebagian dengan tampilan cover baru, tapi sebagian lagi masih sama seperti dulu. Saya berhasil membeli beberapa untuk mulai melengkapi koleksi seperti masa kecil dulu. Dan mudah-mudahan, Yofel juga akan menyukainya saat ia sudah bisa mengerti nanti.

Kumpulan Dongeng Binatang 1 & 2 (A.M.Dalmais)

    

Ini adalah dua jilid buku menyenangkan yang isinya menceritakan kisah-kisah pendek dengan tokoh segala jenis binatang. Binatang-binatang ini melakukan kegiatan sehari-hari layaknya manusia. Cerita yang ditampilkan sederhana, tetapi mengandung pesan tertentu yang mudah dicerna anak-anak, misalnya: Mia si kucing senang menunda, termasuk membeli buku pelajaran sekolah sampai satu hari sebelum sekolah mulai, padahal rumahnya di sebelah toko buku. Akhirnya ia menyesal sendiri, karena justru di hari terakhir libur itu, toko buku penuhnya minta ampun, sehingga ia harus mengantri berjam-jam.

Kisah-kisah ini dilengkapi ilustrasi yang sangat menarik dan berwarna-warni. Yang juga menyenangkan, terjemahannya sangat bagus, sampai-sampai ada beberapa cerita berbentuk sajak pendek, yang setelah diterjemahkan masih memiliki rima, tapi isinya tidak melenceng. A really nice companion.

Kisah-Kisah di Hutan (Tony Wolf)

Serial ini terdiri dari enam buah buku tipis yang berukuran lumayan besar seperti majalah. Sesuai judulnya, tokoh utama kisah-kisah di sini adalah para warga hutan. Namun, bukan hanya binatang seperti landak, kodok, atau tikus saja yang menjadi sentral cerita, tetapi juga para pendatang seperti kaum peri, kurcaci, bahkan raksasa. Semuanya bercerita tentang kehidupan warga hutan yang gemar bergotong-royong dan saling membantu. Ilustrasinya sangat menarik dan lebih cerah bila dibandingkan dengan edisi lamanya.

Beberapa ceritanya memang agak terlalu sedih untuk anak-anak kecil, tapi secara keseluruhan masih bisa dinikmati. Kisah-Kisah di Hutan terdiri dari: Hutan, Liliput, Kurcaci, Raksasa, Peri, dan Naga.

Seri Kumbang (Enid Blyton)

Ini adalah salah satu serial favorit saya yang tidak pernah bosan untuk dibaca, bahkan setelah dewasa dan menjadi mama seperti sekarang ini. Box ini terdiri dari delapan buah buku saku berukuran mungil, dengan judul-judul: Si Babi Ungu, Si Gadis Penakut, Tiga Permintaan, Cermin Ajaib, Tommy si Pengadu, Monyet Mike, Gadis Kaya Yang Sombong, dan Anak Dalam Cermin.

Tidak seperti buku-buku anak di atas, serial ini terdiri dari tokoh bukan binatang, alias anak-anak kecil yang dekat dengan kehidupan anak-anak kita sehari-hari. Isi ceritanya benar-benar khas Enid Blyton, penuh pesan moral tapi tidak bersifat menggurui. Misalnya saja tentang pentingnya menabung, tapi lebih penting lagi berbagi dengan orang lain. Atau mengapa kita tidak perlu iri dengan kehidupan orang lain yang selalu tampak lebih baik. Ilustrasinya, meskipun tidak berwarna, tetap menarik.

Masih ada beberapa serial lainnya yang sangat berkesan selama masa kecil saya, seperti serial Tini yang sekarang diterbitkan ulang oleh Gramedia dengan nama Tina, juga seri petualangan Noddy yang super seru, tetapi sayangnya belum pernah diterbitkan ulang. Mudah-mudahan saja suatu hari nanti saya sempat melengkapi kembali koleksi masa kecil, dan membaginya dengan Yofel.  

I think good books don’t get old.

 

33 Comments

  1. liactk
    Lia Rosliany September 21, 2010 at 6:27 am

    Yeay Enid Blyton is one of my fave too..
    Keren bukunya masih bagus bagus yaa. Apik sekali.

    Dulu aku suka sekali dongeng cerita rakyat karena jadi mengenal daerah daerah laen di Indonesia.

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel September 21, 2010 at 6:53 am

    iya astrid, good books don’t get old!
    Sayang banget ya noddy-nya enid blyton belum diterbitkan ulang..
    Sukaa banget sama petualangan noddy ini.
    Buku2 noddy gw udah pada dikasih2in ke sodara2, dulu gak kepikiran buat keep that books buat enzo-dante ;)
    tfs, astrid..

  3. gabriella
    Gabriella Felicia September 21, 2010 at 7:45 am

    Wow, suka banget sama buku2 di atas… jadi pengen beli buat Albert! Suka banget sama Enid Blyton…
    Wah, banyak yang suka Noddy ya? Nanti mau coba cari tahu ah, siapa tahu bisa diterbitkan ulang ya…

  4. IntanDian
    Dian Sarwono September 21, 2010 at 7:46 am

    Aaah mama Yo.. Thanks for the info, mau langsung cari weekend ini!

  5. mamamika
    Ferina Permatasari September 21, 2010 at 8:06 am

    Aku suka banget sama buku-bukunya Tony Wolf, gambarnya cerah dan lucu-lucu

  6. Mirza Resita
    September 21, 2010 at 8:13 am

    wuaaah, beneran Serial Kumbang still my fave too, dan pesan moralnya beragam banget (inget banget deh sama cerita anak yg ngerasa nggak punya kelebihan dibanding temennya, ternyata mamanya menemukan kelebihan dia yang lain : Rapi dan bersih, dan itu yg bikin dia dipilih memberikan bunga buat Ratu yg datang berkunjung). Every story is so simple yet practical. Oh iya…sekalian yang serial-serial Malory Towers, St Claire, si Badung, sebulan sekali dibeli. Lama-lama lengkap kap deh. Kayaknya seneng ngebayangin Ephraim dan Gaoqi nanti men-sharingkan buku-buku yang dibacanya ini ke aku dan aku bisa ikutan (kebayang pas dulu suka buku-buku ini, mau cerita ke mamak tercinta , eh dia nggak ngerti :) )

  7. lei
    Lady Fitriana September 21, 2010 at 8:23 am

    Enid Blyton!! favorit sepanjang masa :D bahkan jaman abg pun gw masi ngrasa cerita2nya seru! ah sayang bgt kmrn melewatkan diskonan di Gramedia huhu..

  8. Mirza Resita
    September 21, 2010 at 8:57 am

    Enid Blyton…buku2nya favoritku banget. Sebagian buku2nya masih bisa diselamatkan, yg lain dimakanin binatang. Ah mau hunting lagi ah, biar lengkap edisinya. TFS, kayanya yg Tony Wolf aku blm pernah baca deh, jd penasaran mau beli juga hehehe

  9. September 21, 2010 at 9:13 am

    aaw, astrid! kumpulan dongeng binatang tuh kocak bgt, sayang aku gak punya buku 1-nya.. padahal ada Bis Kentang. Gambarnya bagus ya, pantunnya lucu. Apalagi tuh Pak Dokanak Doyan-Makan-Enak..
    kalo Tony Wolf aku suka keenam serinya.. walopun masih ngeri2 gt klo mo nyodorin ke bocah, takut kucel hihi..

  10. September 21, 2010 at 9:38 am

    well noted, tid :)

  11. Dinniw
    Dinniw September 21, 2010 at 9:55 am

    huaa gue juga suka banget seri enid blyton itu, favorit gue si gadis kaya yang sombong sama anak dalam cermin. slain itu sama kaya Lia gue sukaa bgt baca cerita rakyat sama legenda2. Mo ubek2 gudang ah kali aja masih ada biar Fayra juga ga cuma kenal cerita2 luar

  12. Mirza Resita
    September 21, 2010 at 9:55 am

    Waaa seru jadi inget masa kecil,harus beli buat si kecil nih asik.

  13. Medy
    medy September 21, 2010 at 10:55 am

    Kumpulan dongeng binatang itu bgs loh…kalo ga salah ada crita ttg menyiapkan baju sblm tidur. Hi..hi…gw praktekkin tuh..bkn org2an baju! Tfs..

  14. fira andrianta
    Fira Andrianta September 21, 2010 at 1:11 pm

    Ya ampuun… iya, ak pun inget… SERI KUMBANG yang MONYET MIKE adalah buku pertama yang dibeliin pappa dulu waktu ak kecil. Buku pertama yang ku anggap buku ‘anak besar’ karena agak tebal n tulisannya banyak. Hihihihi…. Senangnya, sekarang dibudidayakan lagi n banyak kita temukan d toko2 buku setelah lamaaaaa banget ga ada… *lap air mata terharu

  15. Mirza Resita
    September 21, 2010 at 1:14 pm

    waktu kecil juga suka banget baca buku-nya tony wolf…
    sampe2 seri lengkap tony wolf itu masih ada dirumah..and still in a good condition (thanks to my mom)

  16. superpippo
    Astrid Lim September 21, 2010 at 1:26 pm

    Yeyyy senangnya reviewku dimuatt =)

    @Lia: Ah iya, aku pun suka cerita rakyat, kayaknya sekarang mulai banyak diterbitin lagi yah.dulu sampe hafal yang sangkuriang. haha..

    @Eka: heu euh euy, pingin punya lagi si Noddy, gambarnya lucu, ceritanya juga seru yahh..

    @Ella: hayuuu…kita minta Gramed terbitin ulang,hehe..skrg lagi banyak Enid Blyton cetakan baru nihh..

    @Tantan: hihihi, iya nih mengenang masa lalu.ayo cari buat kai =)

    @Ferina: ketemu lagi disiniii =) iya fer, tony wolf emang keren banget ilustrasinya. warnanya cerah banget.

    @Sondang: aku juga penggemar Mallory Towers n St.Claire!!! hahaha, skrg dicetak ulang pula, pgn beli lagi semua =p

    @Lady: hihi iya sesama Enid fans ya…tenaaang, gramed pasti ada diskon lagi kokksss =)

    @Trias:iya, buku” lamaku juga udah pada banyak yg nggak berbentuk, makanya sekarang beli lagi yg cetakan barunya haha..

    @Sisca: hahaha, iya ada Pak Dokanak sama Bu Gemar Belanja.Bener” ceritanya berkesan sampe keinget terus ya =)

    @Crey: thank you mama el =)

    @Dinni: iyaaa…ayo ubek” gudang, nanti direview di TUM juga yaahh =)

    @Margarita: tul,kadang buku jadul malah lebih berkesan dibanding yg baru”, makanya kita pengen bisa share sama si kecil yak, hehe..

    @Medy: iya betulll…ada tuh cerita yg nyiapin baju, gw juga inget terus sampe skrg.kayaknya seru ya kalo dipraktekin, nti ah kalo yofel dah ngerti..thx idenya, hehehe

    @Fira: aaaawww…jadi nostalgia yaaa…hebat banget masih inget buku pertama yg dibeliin papa =)

    @Wening: Wow, punyaku yg lama malah udah ngilang, hix. padahal hard cover yg jaman dulu yah…makanya skrg beli yg baru lagi =)

  17. bundadiba
    Ann Sjamsu September 21, 2010 at 3:34 pm

    Tfs ya Astrid…dulu jaman SD si buku Kumpulan Dongeng Binatang jadi favorit, berikut serial si Badungnya Enid Blyton.
    Hmmmmm…next trip to Jakarta kayaknya bakal ngendon di toko buku lagi nih hhehehe

  18. Mirza Resita
    September 21, 2010 at 4:21 pm

    jadi inget masa kecil dulu…ortu selalu membudgetkan anak2nya beli buku cerita dan salah satu koleksi favoritku adalah Enid Blyton :), dan sekarang setelah punya anak saya pun ingin menerapkan cara ortuku dulu.

  19. fanny
    Fanny Hartanti September 21, 2010 at 5:40 pm

    Inget serial Tiny juga gak?
    Ini juga favorit aku waktu kecil. sekarang aku bacain ke si neng al… in dutch! haha nostalgia yah..

  20. Liz
    Liz September 21, 2010 at 8:32 pm

    Kalo gue inget Enid blyton inget….. lima sekawan.
    *pingin belanja bukuuuu*

  21. cittacitta
    citta September 22, 2010 at 3:54 am

    wah favorit gw tuh enid blyton,,apalagi yah dulu,,banyak sebenernya buku jadul yg udh di cetak ulang,,learn a lot from enid blyton ,,, tfs mom

  22. Mirza Resita
    September 22, 2010 at 11:37 am

    Aaw buku kumpulan dongeng binatangku kemana yaa? Baca ini jadi ingat masa kecil.. Sebagian buku lima sekawanku masih ada lho.. Jadi ga sabar nunggu Ray agak gedean trus mau kuwarisin buku2 lamaku..

  23. superpippo
    Astrid Lim September 23, 2010 at 11:46 am

    @Ann: samaaa aku juga suka si badung, lucu dan nakal banget tapi seru!

    @Angginih: iya aku juga pengen banget nerapin budget buat buku ke yofel, semoga nanti bisa kesampean =)

    @Fanny: gw penggemar berat Tini! sekarang diterbitin ulang pake nama Tina. eh aslinya emang dari belanda yah?

    @Liz: Lima sekawan ada yg bahasa prancis juga kan? yg ada komiknya…eh masih ada ga ya skrg?

    @Citta: iya Enid Blyton emang the best buat buku yg seru tapi banyak lessonnya =)

    @Rini: ayoo dicari lagi di gudang,haha..sama, buku aku yg masa kecil sekarang di rumah mama di bandung. nti someday mau diwarisin buat yofel deh =)

  24. Mirza Resita
    September 23, 2010 at 1:27 pm

    seneng deh lihat banyak moms yang menularkan cinta buku ke si kecilnya … sama kayak aku. Suka gatel sendiri kalo ke toko buku liat buku anak-anak yang bagus2..

    makanya trus aku jadi kepikiran bikin toko buku khusus buku anak-anak … baru aja launching … mampir ya moms di facebooknya, namanya Buku Buahatiqu. Masih baru banget, masih banyak kekurangan, buku-bukunya juga masih sedikit, tapi mudah2an ini jadi ajang belajar dagang … hehe … :-)

  25. Mirza Resita
    September 24, 2010 at 8:15 am

    aku juga suka banget buku-buku Enid Blyton…kayaknya pengen stock buat baby ku deh ..walaupun dia baru mau 1 tahun ..tp ga papa kan persiapan hehehehehe

  26. Joan
    joan September 24, 2010 at 9:35 am

    Aku suka tuh kumpulan binatang. Kebetulan waktu kecil, aku demen banget baca dan mama ku beliin buku banyak banget. Dan sampe skrg masih tersimpan rapi di library rumah nyokap. Jadi kalo mika udah gede nanti (skrg 4bln) bisa deh tinggal ngambil buku bekas mama nya dulu… hihihihih

  27. Mirza Resita
    September 24, 2010 at 12:16 pm

    wahh joan..asyik banget dong kalo gitu..ga usah beli lagi bukunya

  28. abidcute
    Arvita September 24, 2010 at 10:30 pm

    sy pecinta buku.. walo waktu kecil sy gak gtu banyak punya buku slain Enid Blyton, pas punya anak..baru deh laper mata tiap liat buku anak..sering2 bacain dongeng & brharap abid (20bln) nantiny juga menyukai buku.. ^_^
    @sisca kpn ketemuan yuk..

  29. superpippo
    Astrid Lim September 27, 2010 at 8:42 am

    @umarasw: aku udah ngintip tuh toko bukunya, hihi, keren, nti kapan” mau belanja disana ah =)

    @indri:iya yofel juga baru mau setaun, tapi gw udah nyetok, gapapalah bisa dibaca” dulu sama mamanya…=p

    @joan: waaa…asik banget bukunya masih pada rapih” gitu…nggak usah beli lagi..

    @arvita: iya sama, kalo kita suka baca pasti berharap anak kita juga suka ya…biar bisa jalan” bareng ke toko buku =)

  30. Mirza Resita
    October 6, 2010 at 10:13 am

    waaw.. itu kesukaanku semua ! dongeng binatang 1 & 2, tony wolf, sama seri kumbang :D

    Kalo boleh nambahin sekarang tambah banyak kok buku cerita masa kecil dulu.. serial Tini, dan juga komik Yakari diterbitkan lagi :)

    Anakku (cowo, 4th) sejak masih umur 1 sampai sekarang suka buku flap Tony Wolf yg terbuat dr cardboard, ada 6 seri kalo ga salah (The Sea, The City, The Farm dst). Krn dari karton lebih kuat dan tahan lama, tapi flapnya kena robek juga kadang siih..

    Sekarang dia barusan aku kenalkan dng Yakari, dan dia suka sekali, bisa tertawa2 kalo dibacain.. sampe mamanya berbusa2 nyeritainnya ^0^
    Imho Yakari ini ceritanya cukup bagus utk mengenalkan cerita2 petualangan, ya tapi kadang ada konsep2 yg masih agak abstrak bagi anak balita..

    Btw, saya baru register urban mama, jadi, salam kenal semuanya :)

  31. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly December 11, 2010 at 12:01 am

    Waaa!!! itu buku2ku waktu kecil duluu.. Duuh kangeeen.. Sekarang buku2nya udah ga ada :( mamaku ngasiin ke anak temennya waktu aku SMP :’( hiks
    Aku langsung nyari ke OS nih, ALhamdulillah nemu!! :D
    Aku mau Lian juga baca buku2 ini..
    masih 2 bulan gapapa deh, disimpen buat ntar aja, ehh lagian udah bisa mulai dibacain juga kan umur 2 bulan :D

  32. akupetta
    akupetta June 1, 2011 at 4:15 pm

    kumpulan dongeng binatang saya baca!
    :D juga buku dongeng perrault, & dongeng2 lainnya.
    (mungkin ini kenapa saya suka berasa bagai hidup di negeri dongeng)
    cerita-cerita lokal gak kalah menarik kok, cuma aja belum ada kemasan yg eksklusif

  33. sari barliana
    sari barliana May 7, 2014 at 11:16 am

    salam ibu. ap masih menyimpan buku serial kumbang enid blyton? kalau ada boleh minta tlg di share ya? sy perlu sekali buku itu untuk sekolah saya. terima kasih untuk responnya

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.