Cukur Rambut

mulyssa

Saat Fatih lahir, rambutnya tebal dan bergelombang. Setelah akikah dan potong rambut, kami memutuskan untuk menggunduli rambutnya. Bagi kami berdua, alasan bayi perlu digunduli supaya kulit kepalanya bersih.

Pertanyaan selajutnya, bagaimana cara menggunduli bayi? Karena kami berdua terus terang belum pernah melakukannya (Fatih anak pertama). Tetapi karena karena suami saya berniat untuk mencukur sendiri, akhirnya kami berdua melakukannya.

    Ini yang kami lakukan:

    1. Siapkan cukuran jenggot, pastikan tajam ya karena jika sedikit saja tumpul maka akan mempersulit proses pencukuran yang lumayan bikin deg-degan.
    2. Untuk jaga-jaga siapkan juga gunting rambut yang tajam.
    3. Sabun bayi.
    4. Beberapa washlap.
    5. Air hangat.
    Langkah selanjutnya:

    1. Karena potongan rambut itu mudah sekali menempel dan susah dibersihkan walau sudah dicuci berkali-kali, maka semua alat berbahan kain yang akan digunakan (baju, washlap) sebaiknya direlakan agar “sementara kotor”—jangan pakai baju yang bagus-bagus ya.
    2. Pegang /gendong bayi  dengan posisi yang nyaman bagi ibu dan bayi.  Pastikan kepalanya dalam posisi yang memudahkan saat ayah mencukur.
    3. Basahi kepala dengan washlap yang sudah dicelup kedalam air hangat.
    4. Cukur rambut.
    5. Bersihkan dengan washlap.
    6. Ulangi tahap 3-5 untuk semua bagian kepala, sampai rambut mulai menipis
    7. Di rambut yang tipis usap dengan sabun supaya permukaan lebih licin. Lalu kembali bersihkan dengan washlap.
    8. Lakukan pada semua bagian kepala.
    9. Khusus untuk bagian ubun-ubun, karena biasanya masih “empuk”, lakukan di bagian yang terakhir. Supaya ayah bisa fokus di bagian itu saja.
    10. Lap semua bagian kepala dengan air untuk memastikan rambut sudah semuanya tercukur.

Setelah beberapa bulan, rambut akan tumbuh kembali. Biasanya rambut di beberapa bagian akan tumbuh lebih dulu dibanding bagian yang lain. Walaupun begitu, kadangkala kita sudah merasa risih dan ingin segera memangkasnya agar rata dengan rambut bagian yang lain sekaligus lebih rapi dan gaya.

Nah, karena kecanduan dengan asyiknya mencukur sendiri, saya dan suami memilih untuk mencukur rambut Fatih dibanding membawanya ke salon. Selain cukup mahal (lebih mahal dibanding barber shop ayahnya) kami juga ingin merasakan serunya bermain-main dengan gaya rambut. Dan inilah pengalaman kami:

    1. Beli cukuran rambut (clipper) saya beli di salah satu toko yang menyediakan tools do-it-yourself.
    2. Baca-baca majalah/browsing model rambut anak yang diinginkan. Ide ini didapat gara-gara melihat kerennya gaya rambut anaknya Beckham ;)
    3. Dudukkan anak dalam posisi yang nyaman. Lebih baik, jika ada kursi plastik kecil sehingga anak bisa nyaman duduk sendiri, ayah lebih leluasa saat mencukur dan kursi mudah dibersihkan.
    4. Jika perlu ajak anak menyanyi, menonton tivi atau membaca buku, supaya mood-nya senang.
    5. Biasanya kami mencukur Fatih di sore hari, sebelum mandi dalam keadaan telanjang dada supaya setelah proses mencukur selesai, Fatih bisa langsung dimandikan dan dibersihkan.
    6. Acara potong rambut dimulai.
    7. Selesai.

Skill memotong rambut pastinya tidak mudah maka saat ayah membuat kesalahan kecil dengan misalnya ada bagian kepala yang tidak rata tidak perlu dianggap serius, itulah serunya memotong rambut di rumah. Terkadang bahkan kami membuat session potong rambut menjadi beberapa sesi , misalnya jika hari ini tidak selesai (karena Fatih rewel) bisa dilanjutkan besok. Malah sekarang, ayah semakin piawai sehingga sudah bisa mencukur rambutnya sendiri.

So no more cost for barber shop! :)

26 Comments

  1. myallayna
    Yuli Quinity March 14, 2011 at 1:08 am

    aih hebat banget berani potong rambut sendiri, dulu ngeliat rambut allayna dicukur sama bidan aja merem-melek karena ngeri sendiri, hehe..

  2. ninit
    ninit yunita March 14, 2011 at 5:46 am

    iya yaaa salon anak2 biasanya lebih mahal daripada salon orang dewasa. soalnya susah kali ya cukur rambut anak2…

    sama sis, gw juga kalo potong rambut sendiri tapi belum sekeren fatih nih hasilnya :) keren banget sampe bisa mirip potongan rambut anaknya beckham. ;)

  3. trias.kelly
    trias kelly March 14, 2011 at 7:08 am

    Sama dong skrg juga suka motong rambut anak sendiri, kebetulan suami jg lbh seneng nyukur rambutnya sendiri. Jadi skrg tiap bulan pasti agenda wajibnya nyukur rambut naldi, walaupun modelnya masih blm variatif…hehehehe. Tapi waktu pertama kali cukur rambut pas naldi 40 hari yg cukur eyang kakungnya, mama sama papanya masih belum berani.

  4. BunDit
    BunDit March 14, 2011 at 8:06 am

    Wah, berani ya nyukur rambut anak sendiri waktu masih bayi begitu. Dulu waktu Dita 3 atau 4 bulan gitu, cari yang nyukur susah banget. Eh, tahu2 pas saya pulang kantor, Dita udah gundul!, ternyata tetehnya ART saya yang nyukur hihi, gak bilang2 pulak. Sampai Dita 2y8m ini, belum pernah sekalipun ke salon anak nih. Selama ini yang motong rambut, ya ART saya, paling juga ngerapiin poni krn emang rambut Dita mau dipanjangin. Soalnya kalau saya atau suami yang motong, haduuh Dita gak bisa diem :D. Ituu Fatih hebat banget bisa anteng saat dicukur ayahnya :-)

  5. Sidta
    Dian Arsita Kurniawati March 14, 2011 at 9:50 am

    wah keren … nyukurnya sambil anaknya bangun. rapii pula hasilny
    asa selalu harus nunggu tidur dl baru potong2 .. klo kebangun ditengah ya pitak deh … :D

  6. mamashofi
    mamashofi March 14, 2011 at 9:59 am

    Hebat… Terutama nyukur baby anak pertama lagi…padahal aq dengan 3 anak belum berani..akibatnya baby shofiyya..belum dicukur juga padahal almost 6m…

  7. ernanrea
    ernanrea March 14, 2011 at 10:11 am

    berani bgt nyukur rambut masih bayi, Leia & Ryu aku bawa ke salon deket rumah yg memang piawai mencukur bayi & anak2, biayanya gag semahal ke salon anak2, cm 10 rb saja :)

  8. Indah Prabandono
    Indah Prabandono March 14, 2011 at 10:30 am

    hai!!sama deh kita gag pernah nengok salon anak-anak. semenjak bayi anak-anakku juga selalu cukuran di rumah. kadang nyukurnya juga to be continued gituh aliyas gag sekali session selesai gara2 udah ga betah jadinya disambung beberapa jam kemudian hehe

  9. March 14, 2011 at 11:16 am

    Keren banget… Berani ya nyukur rambut anak pertama sendiri, masih 40 hr pula. Sebenernya aku dah gatel banget pengen nyukur rambut Aidan tp kita mpe sekarang masih blm berani, pdhl udah hampir 4mo. Ngeri mbayangin klo terjadi kenapa2 pas dicukur, soalnya kan kepala tuh.

  10. thelilsoldier
    inga March 14, 2011 at 11:19 am

    pas banget nih tipsnya, kebetulan berencana mau menggundul bayi di sini :)
    thanks ya!

  11. shanteevhathra
    shanteevhathra March 14, 2011 at 11:26 am

    iya mbak,aku dan suami jg nyukur sendiri rambut si baby. and that was really fun..:)

  12. mamaRaihan
    ayu March 14, 2011 at 12:29 pm

    aiihhh fatih pinter ihh cukurannya

    gw jg sama dr raihn 4m cukur sendiri tp y gugling2 dl sblm brani cukur apa aja yg mesti disiapin :)
    tp ampe skr mesti nuggu dl raihanny tidur belum bisa diem nih klo bangun dicukurin

  13. yufinats
    yuni yuliawan March 14, 2011 at 1:24 pm

    hemat nih gak perlu ke salon :)
    kalo papabon belum berani mencukurnya,masih dicukurin sama kakeknya

  14. crey
    Chrisye Wenas March 14, 2011 at 2:13 pm

    salah satu tips oke buat frugal living nih :)
    tfs ya, mba sis :)
    fatih ga kalah ganteng deh ama anaknya becks :D

  15. mulyssa
    mulyssa March 14, 2011 at 3:45 pm

    terimakasih ya comment-nya :)
    @ninit & Chrisye hahaha… lupa ngasih foto “after” cukur yg terinspirasi dari Beck’s son look-alike.
    iya Fatihnya si tadinya sempet berontak dikit, mungkin krn geli sama alat cukurnya, sehingga aku mesti jadi badut supaya dia bisa teralihkan. Tetapi mungkin karena dia “familiar” sama si tukang cukur (ayahnya) jadi dia cuek aja hehehe…

  16. novi
    Novi Nur Asih March 14, 2011 at 3:50 pm

    nyukur rambut anak sendiri memang menyenangkan ya? err lebih tepatnya hemat :P
    kalo saya awalnya dibawa ke barber shop langganan ayahnya etapi selalu harus dipegangin dan pake acara nangis kemudian suatu sore saat hujan ayahnya inisiatif mencukur rambut Vito di teras sambil memandangi hujan turun ndilalah anaknya anteng dan akhirnya acara cukur rambut berikutnya selalu dikerjakan oleh ayahnya walaupun cuma bisa satu model yaitu botak tumbuh :)

  17. sLesTa
    shinta lestari March 14, 2011 at 5:15 pm

    hebat ih bisa nyukur rambut Fatih sendiri. duluuu gue juga yakin, bisa lah nyukur rambut naia sendiri aja, gak usah pake ke salon. tapiii ternyata, papanya yang gak brani heheh.. jadi akhirnya ke salon aja. untung cukup sekali aja, krn abis itu rambut naia tumbuh panjang sampe sekarang (kan anak cewek heheh)

  18. dinimaya
    dinimaya March 14, 2011 at 7:02 pm

    hebat euy..aku pernah nyukur rambut Fadhil pas dia mandi..yg ada dia gerak2,berontak..alhasil pitak dimana2 kyk korban tsunami..jd aku serahkan k tukang cukur cowok (barbershop) dkt rumah..lmyn cepet n rapihan..hbs rp 6k..he3

  19. PudS
    Pudyo Hastuti March 14, 2011 at 8:25 pm

    klo gw mah ga berani nyukur rambut anak sendiri, waktu rakha 40 hari yg nyukur nyokap. Skrg jg klo mw ngebotakin rakha mesti nunggu nyokap maen k rmh dulu :p
    klo sama nyokap, malah ditaburin bedak biar ga licin, jd lbh gampang ngegundulin rambutnya

  20. bunda aqila pawpaw
    Rika Cahya Oktaviana March 14, 2011 at 9:16 pm

    duh mba dikau pemberani sekali, aq aja smp ketar ketir ga tega ngeliat bentuk kepala bayi yg msh lunak..salut bwt mba dan swami…

  21. dweetha
    Dwita Miranti March 15, 2011 at 1:20 pm

    untung dideket rumah ada barber shop trus d bisa nyukurin rambut bayi… kerjanya cepet hasilnya rapi cuma dengan 6000 rupiah saja…

  22. nanad
    swastikha nadia March 15, 2011 at 10:08 pm

    salut ni ma bundanya fatih…kalo aku dulu mah dipasrahkan sama dukun bayi-nya….kita ma eyang2nya cuma ngeliatin aja n tau beresnya,hehehe…..:D

    iya bener mb PudS,kmren pas anakku cukur dukun bayinya juga naburin bedak dulu…

  23. eka
    Eka Wulandari Gobel March 16, 2011 at 2:49 am

    Huhuhu… Gw & suami belum berani nih nyukur rambut enzo & dante. Pada ga bisa diem kepalanya pasti goyang2.. Jdnya hrs ke salon..
    udah niat sih mau nyukur rambut anak sendiri, tfs ya..sis..

  24. purplefenty
    Fenty March 17, 2011 at 8:44 am

    top banget deh bisa nyukur rambut sendiri, dulu pas Tisya lahir, kita rada2 takut buat nyukur sendiri abis kepalanya empuk banget. Akhirnya dilarikan ke salon terdekat :D Tapi kayaknya patut dicoba ya buat anak kedua ini, biar punya pengalaman …

  25. mommyrein
    mommyrein April 1, 2011 at 11:08 am

    salut ke bunda dan ayah fatih.. Rein sekarang hampir 2 bulan dan belum dicukur.. memangnya bayi itu rambutnya harus dicukur ya? dampaknya apa kalo enggak dicukur? tolong sharenya yaa.. trims..

  26. shindo
    shindo May 30, 2013 at 1:14 am

    pake babyoil lebih aman dr pd pk sabun

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.