Dehidrasi Mengganggu Kehamilan

Saya selalu membawa air putih setiap bepergian ke mana-mana. Kebiasaan ini berawal saat saya sering merasa sakit kepala ketika hamil Yoona. Rasanya sangat tidak enak, lagi hamil, banyak aktivitas, tapi hampir setiap hari saya sakit kepala. Selain mengganggu, saya juga merasa takut dan bertanya-tanya, ada apa ini dengan tubuh saya. Akhirnya saya menceritakan hal ini saat berkonsultasi dengan dokter.

Dokter saat itu langsung bertanya, apakah saya cukup minum setiap hari. Jujur saja saya merasa sudah minum cukup banyak, kok. Dokter lalu menyarankan agar saya menyediakan air di botol ukuran satu atau dua liter di botol, dan mengambil minum dari situ. Hal ini dilakukan agar saya bisa mengukur sudah berapa banyak saya minum setiap harinya. Ternyata setelah melakukan saran dokter ini, memang benar saya kurang minum dan sakit kepala saya merupakan akibat tubuh mengalami dehidrasi. Sakit kepala yang saya alami pun hilang saat saya sudah lebih sering minum.

Menurut dokter, dehidrasi itu bisa membahayakan kehamilan. Sebenarnya kebutuhan air saat hamil meningkat untuk mendukung sirkulasi janin, produksi cairan ketuban dan volume darah juga meningkat. Air tidak hanya diserap oleh ibu, tapi juga oleh janin yang masih sangat tergantung pada ibunya. Wah pantas saja saya mengalami dehidrasi, saat hamil Yoona saya memang sempat merasa mual dan sering muntah pada trimester pertama. Mungkin rasa mual juga akhirnya membuat saya malas minum, padahal saat itu saya sering berkeringat karena merasa kepanasan.

Dokter mengharuskan saya minum sekitar 2,3 liter per hari, angka ini berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), malah The Institute of Medicine, National Academies of Science merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi 3 liter air per hari. Agar praktis biasanya saya menyediakan dua botol Aqua 1.500 ml di meja makan sehingga asupan cairan saya terjaga. Ke mana-mana saya selalu membawa Aqua botol 600 ml dan kebiasaan itu masih terus saya lakukan sampai sekarang.

Sebagai informasi untuk urban mama yang sedang hamil, dehidrasi pada ibu hamil akan mengakibatkan beberapa gejala seperti:


  • Kehausan. Sebaiknya urban mama jangan minum hanya saat merasa haus, tapi harus minum secara teratur.

  • Sakit kepala. Ini seperti yang saya alami saat hamil.

  • Warna urine jadi kuning gelap.

  • Mulut terasa kering dan bibir pecah-pecah.


Jika urban mama mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya langsung minum air putih secukupnya dan mungkin mulai mengukur sudah berapa banyak minum dalam sehari. Segera hubungi dokter jika dehidrasi terus berlanjut karena komplikasi bisa terjadi saat ibu hamil mengalami dehidrasi:

  • Hipovolemia ringan akut. Seperti Oligohidramnion (kekurangan air ketuban), persalinan lama, gangguan pada janin.

  • Hipovolemia ringan kronik. Hal ini bisa menyebabkan Ibu mengalami hipertensi, konstipasi, kencing batu, infeksi saluran kemih, dan tromboembolisme.


Sampai sekarang saya tidak pernah lupa membawa air putih dalam tas kalau bepergian, apalagi sekarang saya juga masih menyusui Yoona. Semoga berguna, urban mama!

Sumber:

Buku Konsensus Nasional, Kebutuhan Asupan Air Bagi Ibu Hamil, Melahirkan dan Menyusui, 2013
Buku Air Bagi Kesehatan, Edisi Kedua, 2012
http://www.pregmed.org/dehydration-during-pregnancy.htm
http://www.babymed.com/blogs/jaclyn-stewart/dehydration-during-pregnancy
http://www.tummywear.org/dehydration-during-pregnancy.php

10 Comments

  1. avatar
    airin rahimi April 16, 2014 10:10 pm

    Wah makasih banget pencerahannya Mama Yoona.. diingatkan kembali, lagi susah tidur hamil 29w, tenggorokan kering, sadarlah kalau saya kehausan... emang belakangan males banget minum, padahal musti inget kalau ada nyawa yang lagi bergantung sama kita. Ya Allah maafin.. semoga dede janin baik baik ajaa.. maafin umi ya dek...

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini March 23, 2014 10:53 pm

    tfs Ipeh... gw di udara dingin begini sering nggak awas kalo ternyata kurang minum. Jadinya suka pusing, dan bahkan ngaruh ke mood :)) kadang biar minumnya banyak, ke airnya suka gw tambahin irisan buah

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Gabriella F March 23, 2014 3:02 pm

    Ternyata memang dehidrasi bahaya ya... gw kalo udah sibuk seharian suka merasa sakit kepala, trus inget-inget biasanya itu karena kurang minum...

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita March 22, 2014 7:51 pm

    lagi ngga hamil aja, dehidrasi itu bahaya sekali... kalau sedang hamil apalagi, harus lebih ekstra hati-hati.
    bener banget peh, kita harus minum secara teratur karena kita merasa haus aja itu udah tanda2 dehidrasi loh.

    serem yah kalo ibu hamil dehidrasi :(
    semoga para mama di sini yang sedang hamil, sehat2 selalu dan rajin minum supaya ngga dehidrasi.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    hanana fajar March 20, 2014 11:32 am

    tfs ipeh... penting banget info ini buat para bumil terutama..

    1. avatar

      As .