Dehidrasi Mengganggu Kehamilan

ipeh

Saya selalu membawa air putih setiap bepergian ke mana-mana. Kebiasaan ini berawal saat saya sering merasa sakit kepala ketika hamil Yoona. Rasanya sangat tidak enak, lagi hamil, banyak aktivitas, tapi hampir setiap hari saya sakit kepala. Selain mengganggu, saya juga merasa takut dan bertanya-tanya, ada apa ini dengan tubuh saya. Akhirnya saya menceritakan hal ini saat berkonsultasi dengan dokter.

Dokter saat itu langsung bertanya, apakah saya cukup minum setiap hari. Jujur saja saya merasa sudah minum cukup banyak, kok. Dokter lalu menyarankan agar saya menyediakan air di botol ukuran satu atau dua liter di botol, dan mengambil minum dari situ. Hal ini dilakukan agar saya bisa mengukur sudah berapa banyak saya minum setiap harinya. Ternyata setelah melakukan saran dokter ini, memang benar saya kurang minum dan sakit kepala saya merupakan akibat tubuh mengalami dehidrasi. Sakit kepala yang saya alami pun hilang saat saya sudah lebih sering minum.

Menurut dokter, dehidrasi itu bisa membahayakan kehamilan. Sebenarnya kebutuhan air saat hamil meningkat untuk mendukung sirkulasi janin, produksi cairan ketuban dan volume darah juga meningkat. Air tidak hanya diserap oleh ibu, tapi juga oleh janin yang masih sangat tergantung pada ibunya. Wah pantas saja saya mengalami dehidrasi, saat hamil Yoona saya memang sempat merasa mual dan sering muntah pada trimester pertama. Mungkin rasa mual juga akhirnya membuat saya malas minum, padahal saat itu saya sering berkeringat karena merasa kepanasan.

Dokter mengharuskan saya minum sekitar 2,3 liter per hari, angka ini berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), malah The Institute of Medicine, National Academies of Science merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi 3 liter air per hari. Agar praktis biasanya saya menyediakan dua botol Aqua 1.500 ml di meja makan sehingga asupan cairan saya terjaga. Ke mana-mana saya selalu membawa Aqua botol 600 ml dan kebiasaan itu masih terus saya lakukan sampai sekarang.

Sebagai informasi untuk urban mama yang sedang hamil, dehidrasi pada ibu hamil akan mengakibatkan beberapa gejala seperti:

  • Kehausan. Sebaiknya urban mama jangan minum hanya saat merasa haus, tapi harus minum secara teratur.
  • Sakit kepala. Ini seperti yang saya alami saat hamil.
  • Warna urine jadi kuning gelap.
  • Mulut terasa kering dan bibir pecah-pecah.

Jika urban mama mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya langsung minum air putih secukupnya dan mungkin mulai mengukur sudah berapa banyak minum dalam sehari. Segera hubungi dokter jika dehidrasi terus berlanjut karena komplikasi bisa terjadi saat ibu hamil mengalami dehidrasi:

  • Hipovolemia ringan akut. Seperti Oligohidramnion (kekurangan air ketuban), persalinan lama, gangguan pada janin.
  • Hipovolemia ringan kronik. Hal ini bisa menyebabkan Ibu mengalami hipertensi, konstipasi, kencing batu, infeksi saluran kemih, dan tromboembolisme.

Sampai sekarang saya tidak pernah lupa membawa air putih dalam tas kalau bepergian, apalagi sekarang saya juga masih menyusui Yoona. Semoga berguna, urban mama!

Sumber:

Buku Konsensus Nasional, Kebutuhan Asupan Air Bagi Ibu Hamil, Melahirkan dan Menyusui, 2013
Buku Air Bagi Kesehatan, Edisi Kedua, 2012
http://www.pregmed.org/dehydration-during-pregnancy.htm
http://www.babymed.com/blogs/jaclyn-stewart/dehydration-during-pregnancy
http://www.tummywear.org/dehydration-during-pregnancy.php

10 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw March 20, 2014 at 6:45 am

    iya ya Peh..kadang saat sedang hamil kita nggak sadar kalau kita kekurangan cairan dan hanya minum saat haus. Sampe sekarang gw masih membiasakan diri tuh menyediakan botol air ukuran besar untuk minum dan pasang target minimal harus menghabiskan dua botol besar itu setiap hari..

  2. drost
    drost March 20, 2014 at 8:06 am

    Baru tau hamil jg bisa dehidrasi tanpa kita sadari, makasih pencerahannya ya mama! Sekarang saya busui. dua mingguan lalu kepala pening…katanya darahnya kental kurang cairan! jd banyakin minum deh perasaan udah 3lt air dingin di kulkas sll habis tp katanya lg setiap org kebutuhan cairan berbeda, iya juga secara saya kan gampang banget berkeringat GREMOBYOS kata orang jawa he he….thanks mama Yoona

  3. eka
    Eka Wulandari Gobel March 20, 2014 at 8:59 am

    setuju deh..ibu hamil memang perlu banyak asupan cairan. nggak hamil aja, berasa pusing dan lemes loh kalo kurang minum, apalagi utk ibu hamil atau menyusui ya, pasti perlu tambahan.
    sama nih, saya juga selalu bawa air putih dalam botol kalau bepergian, apalagi kalau bawa anak-anak, air putih wajib bawa!
    tfs, mama ipeh!

  4. udhien
    Mohammad Syafiuddin March 20, 2014 at 9:02 am

    Thanks info-nya. Sekarang jadi lebih aware lagi sama dehidrasi, apalagi sampai mengganggu kehamilan.

    So far sudah mulain memperhatikan banyaknya air putih yang dikonsumsi tubuh tiap hari, dan tentu saja termasuk kualitas air yang diminum itu sendiri heheh

  5. sLesTa
    shinta lestari March 20, 2014 at 10:07 am

    setuju iya bener ibu hamil itu perlu banyak asupan cairan, dan mesti banyak minum. tapi kalo bumilnya alergi sama minum air putih gimana ya? ada loh temen gue yang begitu.. kasian dia malah eneg kalo minum air putih.

  6. hananafajar
    hanana fajar March 20, 2014 at 11:32 am

    tfs ipeh… penting banget info ini buat para bumil terutama..

  7. ninit
    ninit yunita March 22, 2014 at 7:51 pm

    lagi ngga hamil aja, dehidrasi itu bahaya sekali… kalau sedang hamil apalagi, harus lebih ekstra hati-hati.
    bener banget peh, kita harus minum secara teratur karena kita merasa haus aja itu udah tanda2 dehidrasi loh.

    serem yah kalo ibu hamil dehidrasi :(
    semoga para mama di sini yang sedang hamil, sehat2 selalu dan rajin minum supaya ngga dehidrasi.

  8. gabriella
    Gabriella Felicia March 23, 2014 at 3:02 pm

    Ternyata memang dehidrasi bahaya ya… gw kalo udah sibuk seharian suka merasa sakit kepala, trus inget-inget biasanya itu karena kurang minum…

  9. rainiw
    Aini Hanafiah March 23, 2014 at 10:53 pm

    tfs Ipeh… gw di udara dingin begini sering nggak awas kalo ternyata kurang minum. Jadinya suka pusing, dan bahkan ngaruh ke mood :)) kadang biar minumnya banyak, ke airnya suka gw tambahin irisan buah

  10. air
    air April 16, 2014 at 10:10 pm

    Wah makasih banget pencerahannya Mama Yoona.. diingatkan kembali, lagi susah tidur hamil 29w, tenggorokan kering, sadarlah kalau saya kehausan… emang belakangan males banget minum, padahal musti inget kalau ada nyawa yang lagi bergantung sama kita. Ya Allah maafin.. semoga dede janin baik baik ajaa.. maafin umi ya dek…

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.