Do You Know Series

sondang

Buku Do You Know Series ini terdiri dari 4 seri yaitu:

  1. Do you know The Most Fierce, Fast, Furry Mammal in the World?
  2. Do you know the Most Scary Hairy Creepy Insects and Spiders in The World?
  3. Do you know the Most Speedy, Greedy, Noisy Birds in the World?
  4. Do you know the Most Slimy Scaly Deadly Reptiles and Amphibians in the wolrd?

I fell in love from the very first time I laid my eyes on these books, di Gramedia Merdeka.  Scanning awal beberapa lembarnya, saya sudah bisa menebak kalau buku ini keren banget. Tiba-tiba saja saya jadi merasa mendapat pencerahan, bahwa saya punya banyak fakta-fakta tentang binatang  yang lucu dan menarik untuk dibagi kepada Ephraim.  Ternyata dunia binatang memang benar-benar beraneka ragam, dan saya yakin banyak hal-hal kecil yang juga tidak kita sebagai orang dewasa ketahui.

  • Bahwa hippo atau si kuda nil ternyata binatang paling pemarah di dunia. Harusnya pepatah seperti membangunkan singa tidur diganti dengan seperti membangunkan hippo tidur).
  • Bahwa flaminggo berwarna pink karena jenis makanannya yang didapat dari dasar danau karena itu jika flaminggo dibawa ke kebun binatang dan tidak mendapat makanan sesuai tempat asalnya, warnanya menjadi tidak terlalu pink.
  • Bahwa pembagian kerja di lebah pekerja tergantung usianya (kok birokrat sekali).
  • Bahwa kutu busuk bisa hidup setahun tanpa makanan. (hmm…. tipe diet sejati).

Karena setiap lembar punya satu cerita, jadi tidak terlalu panjang untuk dibacakan pada anak atau kita sendiri yang merangkumnya. Satu lembar untuk satu hari, meski dalam kasus anak saya Ephraim (2y9mos) senang perulangan di bagian-bagian tertentu, seperti gajah, kuda nil  dan paus.

Sekarang dia tau kalau lumba-lumba (dolphin) dan paus (whale) bukan ikan. Mereka mamalia. Suatu fakta yang baru diketahui mamaknya ini setelah di bangku kuliah! :)

27 Comments

  1. restya
    Neneng Restiana January 4, 2011 at 1:19 am

    buku yg menarik dgn fakta yg menarik pula.. Must have book nih :) tfs yah

  2. ninit
    ninit yunita January 4, 2011 at 5:34 am

    baca review ini jadi pengeeen banget beli bukunya. fakta2nya menarik banget. pantesan ephraim suka sama buku ini :)

    TFS!

  3. eka
    Eka Wulandari Gobel January 4, 2011 at 5:35 am

    bukunya bagus ya sondang, tfs ya.. Tar mau nyari ah, kayaknya enzo bakalan suka :)

  4. momlicious
    Junita January 4, 2011 at 6:17 am

    wow, pasha bakalan suka gambarnya, rania juga udah ngerti dikasih ilmu pengetahuan, momnya juga bisa nambah ilmu. Trus bisa buat tebak tebakan kalau lagi di perjalanan! Tfs, nunggu toko buka langsung ngeeeng deh:)

  5. trias.kelly
    trias kelly January 4, 2011 at 7:31 am

    wow bukunya menarik banget, pengen beliii….TFS ya

  6. izoel
    izoel January 4, 2011 at 8:05 am

    buku menarik buat anakku juga kayaknya…(atau setiap anak cowok suka ttg binatang yah?)..tfs ya sondang,…gak nyangka ketemu di TUM (alumni bdr 2)

  7. gabriella
    Gabriella Felicia January 4, 2011 at 8:15 am

    wah, keren nih bukunya… jadi pengen beli buat albert…

  8. dianfitriyani
    Dian Fitriyani January 4, 2011 at 8:20 am

    TFS ya Sondang… Keren bgt tuh kyknya… Tanya dong, gambar binatangnya beneran (foto) ato gambar animasi gitu ya?

  9. bundadiba
    Ann Sjamsu January 4, 2011 at 8:26 am

    Tfs ya Sondang….masuk ke list belanjaan next time ke Jakarta….btw, ini bukunya bahasa Inggris atau Indonesia?

  10. sondang
    Sondang January 4, 2011 at 8:45 am

    @Neneng : sama-sama, Neng.
    @Ninit : iya, Nit.Paling nggak pas baca buku ini aku ngerasa masih lebih berpengatahuan dari Ephraim (sampai nanti tiba saatnya dia yg jauh lebih berpengetahuan dariku :p)
    @Eka : Aku sih yakin Enzo (and Dante nanti) bakalan suka, Ka. FAkta-faktanya lucu-lucu banget, siy.
    @Junita : hahaha, iya, bener banget, di halaman belakang buku itu ditulis, ini cocok banget buat bikin quiz/tebak-tebakan sama anak-anak. Penyusun buku ini sepikiran banget deh sama kamu (eh kita deh, aku juga jadi pengen melakukannya)
    @Trias : Sama-sama…Happy hunting yah!
    @Izoel : wuaaaaa…bdr2 jg? sebutkan nama asliiii *mulai mengalami amnesia dadakan*
    @Gabriella : iya, happy hunting jg ya. Harganya @ 71.000 di Gramedia, sepadan deh dengan pengetahuan yg didapat. Tebel pula bukunya *emak-emak merki*
    @Dian : kebanyakan (hampir semua) gambar asli , Dian. Ada animasi buat tambahan aja, dalam satu halaman misalnya ada 3 gambar, biasanya semua asli atau satu gambar animasi. Makanya kebayang kan pas gambar ASLI si kecoak yang digedein *kok jd kayak ksatria baja hitam*
    @Ann : bahasa Inggris, Ann. Tapi bahasa inggris yang gampang, buat perbendaharaanku yang alakadarnya ini asik banget :)

  11. bundadiba
    Ann Sjamsu January 4, 2011 at 8:52 am

    wah bahasa Inggris? asyik dong….di semua gramedia ada ga ya? soalnya biasanya ke PIM doang nih hehhehe
    soalnya Diba tuh tergila2 binatang, jadi pasti dia suka nih

  12. Anggie
    Anggie January 4, 2011 at 9:00 am

    Asiiikk… ada review buku baguss ney… Weekend harus hunting buku ney… Tfs..

  13. BunDit
    BunDit January 4, 2011 at 9:04 am

    Wow..buku menarik nih. Dunia binatang memang tidak pernah membosankan bagi anak-anak, apalgi ternyata ada fakta2 seru dan lucu dibalik ceritanya. Tfs mom Sondang :-)

  14. January 4, 2011 at 9:30 am

    tfs sondang… tampak must have books nih dan semakin menguatkan untuk ke gramed wiken ini :D
    hihihi hippo tuh binatang paling pemarah ya? hihihi mukanya menipu berarti :D

  15. gabriella
    Gabriella Felicia January 4, 2011 at 10:26 am

    Sondang, penerbitnya siapa?

  16. d1andra7
    diandra January 4, 2011 at 10:28 am

    Seru bgt ya bukunya,kayanya bakal byk fakta baru bt mamanya Ben, mdgn baca dr skrg d biar kliatan “pinter” pas dtanya Ben ☺Hë•⌣•hë•⌣•Hë•⌣•hë☺. TFS

  17. sondang
    Sondang January 4, 2011 at 10:31 am

    @Ann : kalo di Bandung aku dapetnya itu di Gramedia Merdeka, itu emang gramedia yg paling gede. Di bagian buku anak impor, gitu. Kayaknya PIM kan Gramedianya gede banget tuh ya, di-amin-kan ada deh :)
    @Anggie: sama-sama Nggie
    @BundDit : Iya, takjub banget deh,senengnya kan karena dibagi jadi 4 bagian besar ya.Yang geli sama kecoak & other insects aja bakal masih bisa nemuin fun fact dari binatang-binatang hiiiy itu :)
    @Chrisye : hahaha iya, aku juga nggak ngira pas baca fun fact soal Hippo ini.Ntah kenapa dulunya aku ngebayangin hippo termasuk binatang yg asik diajak berteman :p

  18. sondang
    Sondang January 4, 2011 at 10:36 am

    @Gabriella : errr…aku lupa, bukunya di rumah :) tapi kalo termasuk buku impor penerbitnya bukan penerbit indo dong ya? Lihat di bagian buku impor aja deh. Mudah-mudahan ada , ya. Menurutku untuk ukuran buku impor harganya reasonable banget ya.
    @Diandra : hahaha, iyaaa, jangankan sama anak, aku aja suka ngasih tau suamiku, dan pas dia terheran-heran mendengar faktanya, aih tumben lebih tau dari suami :p

  19. Eva Bayu
    Eva Bayu January 4, 2011 at 11:26 am

    good refference..
    beli aaah.. ;-)

  20. PuanDinar
    Puan Dinar Aifa January 4, 2011 at 11:46 am

    Aduh paling gak tahan kalo soal buku. Cari aah.. :D

  21. bheboth
    dian January 4, 2011 at 1:55 pm

    wah..menarik banget niy..ada ga ya versi Indonesianya? thx for sharing ya..

  22. sondang
    Sondang January 4, 2011 at 3:05 pm

    @Eva : iyaaa..itung-itung investasi pengetahuan, hope will pay its dividend in the best time :p
    @Puan : sama niy denganku, kalo soal buku suka lapar mata :)
    @Dian : aku kurang tau ya versi indo-nya, Dian. Mungkin kalo ada berarti terbitan gramed, ya.

  23. gumzkiew
    gamma sinta rini January 4, 2011 at 8:33 pm

    aaahh,mau mau mauu *slalu kalap dg buku* pasti farzan suka kalo ttg satwa bgini.wah,pdhl baruu aja gramed diskon2an yah *emakirit* :D tfs yaaa

  24. sondang
    Sondang January 5, 2011 at 7:27 am

    @ Dian : aku dah liat penerbitnya http://www.octopusbooks.co.uk (penerbitnya aja octopus ye)
    @gamma : hahaha. sama, emak pengen segala tapi merki, that’s me banget :p. Happy hunting!

  25. titiestiti
    titi esti January 6, 2011 at 8:34 am

    Mak ephraim… pinjaaaaaaammmmmmmmmmmm…

  26. rini3pujiastuti
    Rini Pujiastuti January 6, 2011 at 12:58 pm

    wahhhh kyanya menarik banget nih! thank you review-nya yaa!
    *ada alesan buat jalan2 ke gramedia di depan BIP weekend ini deh! :D*

  27. aya
    aya January 17, 2011 at 6:39 am

    aaaaa….jadi pengen punya…tfs ya :D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.