Dongeng Mini Nusantara

eka

Semenjak masuk TK dan mulai bisa membaca, Enzo dan Dante semakin menyukai ritual membaca cerita sebelum tidur di malam hari. Saya senang sekali ketika mendapatkan buku “Dongeng Mini Nusantara” edisi koleksi ini, karena saya memang ingin Enzo dan Dante “kenal” dengan dongeng-dongeng nusantara, sedangkan saya sendiri sudah mulai lupa dengan kisah-kisahnya. Buku Dongeng Mini Nusantara ini diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia), cerita oleh Anton Tri dan ilustrasi oleh Sherly G.

Awalnya, saya takut kecewa dengan isinya, karena dongeng nusantara yang saya tahu biasanya isinya selalu negatif dan suram; seperti “kebencian, kejahatan, atau kutukan”. Terus terang saya agak kesulitan bila harus menjelaskan hal-hal seperti itu kepada Enzo dan Dante. Tapi ternyata saya senang sekali dengan isi buku dongeng mini ini.

Beberapa hal yang saya suka dari buku dongeng mini ini adalah:

  1. Sesuai temanya, ukurannya mini, 12 cm x 12 cm, dengan tebal 0,5 cm, dan satu buku berjumlah 10-12 halaman; hanya perlu sedikit tempat di lemari buku.
  2. Satu paket berisi lima buku dongeng, jadi tidak berceceran.
  3. Setiap halaman hard cover, tidak mudah robek.
  4. Ilustrasi dan warnanya menarik, saya bisa mengembangkan cerita dengan menjelaskan tentang pakaian dan rumah adat, dan nama-nama hewan.
  5. Kalimatnya sederhana dan pendek-pendek, font yang digunakan juga disesuaikan dengan anak-anak sehingga mudah dibaca dan mudah dipahami oleh anak-anak.
  6. Pemilihan katanya bagus, bahasa yang digunakan enak dibaca dan didengar, tidak ada unsur “negatif”. Misalnya pada cerita Malin Kundang tidak disebutkan bahwa ia “dikutuk” menjadi batu, tapi “berubah” menjadi batu.
  7. Setiap cerita memiliki nilai moral yang dapat ditanamkan kepada anak-anak; seperti persahabatan, kepercayaan, kebaikan, dan lain-lain.

 Ringkasan ceritanya seperti ini:

  1. Danau Toba: Legenda asal-usul Danau Toba yang mengisahkan tentang pelanggaran janji yang menimbulkan petaka.
  2. Malin Kundang: Legenda Malin Kundang mengisahkan seorang anak durhaka yang tidak mau mengakui ibunya, dan harus menerima akibatnya.
  3. Lutung Kasarung: Putri Purbasari yang diusir dari istana, berteman dengan seekor lutung ajaib yang kemudian mengubah hidupnya.
  4. Cindelaras: Cindelaras mengisahkan persahabatan antara manusia dan seekor ayam jago ajaib, dan mengisahkan tentang kebaikan yang selalu menang atas kejahatan.
  5. Keong Mas: Seorang putri raja terkena sihir dan berubah wujud menjadi keong mas. Kebaikan hati dan cintanya dapat mengubahnya kembali menjadi manusia.

Buku ini saya rekomendasikan kepada Urban Mama Papa yang ingin melestarikan budaya Indonesia dengan mengenalkan dongeng nusantara kepada putra-putrinya.

9 Comments

  1. cindy
    cindy vania December 14, 2013 at 10:55 am

    Bukunya keren banget yaaa.. Udah naksir dari pertama liat di IG nya eka.

    Jadi dongeng fave Enzo-Dante dong :))

  2. zulfi zumala
    zulfi zumala December 14, 2013 at 11:28 am

    TFS mbak Eka, sy mencari buku2 dongeng nusantara semacam si kancil ataupun cerita2 wayang. biar anak tidak hanya kenal thomas dan cars. #langsung meluncur ke toko buku :-)

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 14, 2013 at 1:22 pm

    wow.. keren… ini nih yang aku cari. Bener, biasanya dongeng nusantara selalu banyak kata negatifnya.

  4. marce febriyanto
    marce febriyanto December 14, 2013 at 3:35 pm

    Sharing yg bagus mom,sempetin k toko buku liburan nanti :)

  5. kanahayaku
    kanahayaku December 15, 2013 at 11:49 am

    waaa bs nih buat siap2 :D hunting ah nanti pas ke toko buku :D

  6. eka
    Eka Wulandari Gobel December 15, 2013 at 4:05 pm

    cindy – iyaa..biasanya Thomas dkk dongengnya, skrg mulai suka sama cerita nusantara. lumayan lah jadi tau.

    zulfi – sama nih, anak2 juga hafal banget kalo cerita disney. seneng ada buku dongeng ini, jadi bisa ngenalin ke anak2.

    wiwit – iya wit, keren bukunya. lucu pula gambarnya.

    marce & kanahayaku – yuuk.. siapa tahu nemu buku keren lainnya :)

  7. Mama Kinarian
    Mama Kinarian December 16, 2013 at 11:15 am

    Bukunya menarik sekaliiii… pengen beli juga ah buat Kinarian… bener mb, cari buku dongeng yg kata2nya positif memang susah ya, dulu pernah dongengin keponakan Malin Kundang, bukannya senang dia malah nangis, mgkn krn kata2nya negatif ya, hehehe… tfs mb :)

  8. anggiabonyta
    Anggi December 16, 2013 at 7:44 pm

    waaah baru tau ada buku bagus gini..besok mampir toko buku ahh, gambarnya juga lucu yaa..kilau pasti hepi deh..tengkyu Ka infonya :)

  9. starlastar
    starlastar December 18, 2013 at 2:55 pm

    ok mau cari juga ah :D terimakasih sudah berbagi info

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.