FIFO atau LIFO?

feni

image credit: gettyimages.com

Manajemen ASI Perah atau biasa disebut ASIP bukan hal yang aneh saat ini. Apalagi jika Mama adalah seorang ibu bekerja. Saya semenjak hamil sudah banyak membaca forum mengenai manajemen ASIP, seperti di sini. Ya, alasannya tak lain adalah keinginan untuk memberikan ASI bagi bayi saya kelak. Beberapa hari setelah melahirkan, saya memerah ASIP, botol demi botol mulai terkumpul untuk bekal jika saya sudah harus masuk kerja lagi.

Saat sudah kembali bekerja saya dihadapkan oleh dua pilihan tentang manajemen ASIP. Ada dua metode dari beberapa sumber yang pernah saya baca: FIFO (First In First Out) ataukan LIFO (Last In First Out). Jalan tengahnya adalah kombinasi dari keduanya. Seperti yang Mama ketahui, gizi ASIP yang telah dibekukan dan sudah disimpan (dalam waktu yang cukup lama) di freezer tentu akan berkurang dan ASIP fresh atau hanya disimpan di kulkas bawah (chiller) akan memliki kandungan qizi lebih baik.

FIFO (First In First Out)
Sesuai namanya, metode FIFO seperti metode mengantre. Yang pertama kali masuk akan keluar pertama kali, yang berarti, hasil perah ASIP Mama lebih dahulu akan lebih awal dikonsumsi bayi. Misalkan Mama memerah rutin sebelum mulai kembali bekerja; Mama memerah pertama kali pada 3 Januari dan akan masuk kerja pada 3 Maret, maka pada tanggal 4 Maret, bayi akan diberikan ASIP tertanggal 3 Januari lalu dan berurut dimulai dari tanggal tersebut.
+ Kemungkinan ASIP basi/kedaluwarsa akan sedikit karena rotasi ASIP di freezer terus dilakukan
- Gizi ASIP beku tentunya tidak sebaik gizi ASIP fresh
Note: Cocok diterapkan untuk hasil perah ‘kejar tayang’

LIFO (Last In First Out)
Nah, metode yang ini kebalikan dari metode sebelumnya. Jadi hasil perah ASIP yang terakhir (atau yang fresh) akan diberikan ke bayi lebih dahulu. Menggunakan contoh sebelumnya, maka bayi akan diberikan ASIP tertanggal 3 Maret, atau bahkan 4 Maret pada dini atau pagi hari. Lalu bagaimana ASIP per tanggal 3 Januari tersebut? ASIP tersebut akan menjadi cadangan stok ASIP Mama sekalian.
+ ASI segar/fresh lebih baik drpd ASI dari chiller atau freezer, makin fresh maka akan semakin baik kandungannya.
+ ASI adalah cairan hidup yang berbeda komposisinya setiap hari karena disesuaikan dengan kebutuhan bayi, ASIP yang diperah mendekati usia bayi lebih baik karena hampir sesuai dengan kebutuhan bayi.
- Kemungkinan ASIP basi menjadi besar, jika ASIP yang pertama kali diperah tidak kunjung dikonsumsi bayi.
Note: Cocok diterapkan untuk hasil perah ‘meluber’

Yang banyak dipergunakan Mama mungkin kombinasi metode di atas ya? Metode kombinasi FIFO dan LIFO. Metode ini win-win solution dari dua metode di atas. Masih menggunakan contoh di atas, maka pada waktu Mama kembali bekerja, bayi akan diberikan ASIP pertanggal 3 Januari dan 3 Maret. Kombinasi tersebut dapat diatur sesuai kebutuhan Mama dan si kecil.
+ Bayi akan mendapatkan ASIP fresh dengan kandungan yang lebih baik
+ Kemungkinan ASIP basi lebih kecil dibandingkan metode LIFO
- Diperlukan ketelitian lebih untuk mengombinasikan ASIP (fresh dan beku)

Semoga tips ini berguna. Happy Pumping Mama!

28 Comments

  1. ninit
    ninit yunita June 24, 2013 at 6:30 am

    wah bener banget ya, ASIP itu ada metode FIFO LIFO juga :) apa pun pilihannya semoga urban mama dapat yang cocok dengan kondisi mama sendiri.

    happy pumping :)

  2. ipeh
    Musdalifa Anas June 24, 2013 at 8:26 am

    Saya menggunakan metode FIFO selama ini, dan asip disimpan di chiller. Ya setuju sama teh Ninit, apapun pilihannya yg penting cocok dgn kondisi mama masing-masing :)

    Tfs mama Husna :)

  3. feni
    feni June 24, 2013 at 8:30 am

    Cocok! Setuju, sesuai kebutuhan tiap Mama (dan si kecil) pastinya yaaa :)

  4. ZataLigouw
    Zata Ligouw June 24, 2013 at 8:51 am

    coba pas nyususin Sabil kmaren udah ada artikel ini…

    makasih ya tipsnya Husna..pasti guna bgt buat para busui..

  5. tiwimanis
    Herlia Pratiwi June 24, 2013 at 8:54 am

    Aku masi FIFO sampai anak ke dua..
    Baru tahu kalau ada metode LIFO *ketahuan baget belajar setengah2 ni*

    Tapi bener juga si kebutuhan anak dan kenyamanan ibu yang terpenting intinya ASI terbaik untuk anak…

    Mari semangat memberikan ASI maupun ASIP ke bayi kita *semangat untuk diri sendiri sebenarnya maklum makin kesini makin malas perah abis bayi nya kaya kangguru ga perna di tinggal*

  6. tiwimanis
    Herlia Pratiwi June 24, 2013 at 8:55 am

    Sampai lupa makasi mama artikel nya keren

  7. baiq_intan
    baiq_intan June 24, 2013 at 9:13 am

    kalau saya jujur perpaduan keduanya,kadang2 lupa buat nurunin asip di freezer ke bawah,alhasil hasil pumping pas malam dan subuh diminum dulu sama adhim.tp jujur baru ngeh kalo itu LIFO barusan aja,hehehe thanks mom husna :)

  8. azitafebriani
    azitafebriani June 24, 2013 at 11:07 am

    saya baru masuk kerja lagi ni,seminggu pertama masih pake ASIP dari chiller, tapi hari ini mulai nurunin ASIP bulan April soalnya takut keburu basi ya. Mudah-mudahan bayi kita selalu sehat ya :)

  9. mamakevin
    mamakevin June 24, 2013 at 4:28 pm

    saya pakai metode lifo karena baby kurang suka asi hasil yang sudah dibekukan. Cuman problemnya saya ada 3 kulkas penuh asi beku, bingung mau diapain. Apalagi baby nya sudah mulai mpasi. Ada yang bisa share management ASI nya? atau sharing tips menggunakan ASI dalam resep makanan supaya bisa dikonsumsi anakku yang todler? karena dia sudah ‘tercemar’ susu UHT, gak mau lagi dikasih ASI. Tapi setauku ASI tidak bisa dicampur sembarangan dalam makanan karena kandungan gizinya bisa hilang kalau dipanaskan. Please info nya … *cari di thread forum tentang ini gak ketemu hehehe..

  10. mamayoyo
    Yolanda Septiana June 25, 2013 at 9:37 am

    kalo sistem kejar tayang, namanya apa ya mom? hehe *edisi ASI seret.. T_T

  11. kanahayaku
    kanahayaku June 25, 2013 at 9:59 am

    aku sendiri termasuk yang pake sistem kombinasi tapi baru liat juga baik buruk nya setelah baca ini hehe
    makasi mama husna udah dijabarkan positif negatif tiap metode jadi untuk mamas yang masih bingung mau pake sistem apa lebih tau yang terbaik dan paling cocok untuk bayi dan mama nya jg pastinyaa :)

  12. baiq_intan
    baiq_intan June 25, 2013 at 10:22 am

    mamakevin,emang berapa stoknya mom,apa g lebih bagus didonorkan saja?

  13. mimarura
    mimarura June 25, 2013 at 11:03 am

    saya gabungan ke2nya. asi yang hasil memerah pagi dan hasil perahan yang tersimpan di chiller diberikan pada anak ketika siang hari saya kerja. hasil saya memerah di kantor saya simpan di chiller. alhamdulillah stocknya banyak bgt sampai harus beli kulkas baru untuk menyimpan asi sampai akhirnya sempat mendonorkan asi. tapi masa-masa menyusui itu sudah berakhir T.T

  14. mamakevin
    mamakevin June 25, 2013 at 3:46 pm

    @baiq_intan: ada 3 kulkas mom ^^ lagi pertimbangin untuk donor, tapi masih lagi cari info. Takutnya ada ketentuan tertentu dan donornya kemana ^^ maklum gak gaul hehehe…punya info nya gak mom?

  15. mamakevin
    mamakevin June 25, 2013 at 4:12 pm

    @mimarura: mom, didonorkan nya kemana ya? :) lagi cari info mengenai donor juga….

  16. caesi
    caesi June 26, 2013 at 7:31 am

    mamakevin, bisa melalui donation thread untuk menawarkan jadi donor asi. Biasanya menyebutkan agama, jenis kelamin bayi dan tanggal asi tersebut

  17. ditaONNI
    Anindita Maharani June 26, 2013 at 11:39 am

    Saya pake kombinasi moms..
    Mis, anak saya biasa minum 4 botol ASIP di waktu saya kerja. Saya kombinasikan 2 botol asip beku + 2 botol hasil perah terbaru. Tapi yg diminumin yg beku duluan. Jadi kl msh ada sisa asip di saat saya udah sampai rumah, masih bisa dibekuin.
    Ini utk mencegah asip mubazir. Krn asip yg beku lalu cair kan ga bisa dibekuin lagi kan? CMIIW :)

  18. feni
    feni June 26, 2013 at 1:55 pm

    Nah, mungkin sarannya Mama Anindita bisa diterapkan buat metode kombinasi :D Tfs Mama! :)

  19. mamakevin
    mamakevin June 27, 2013 at 4:53 pm

    wah…senangnya berbagi dengan mommy2…ternyata managemen ASI sama susahnya dengan managemen kerjaan di kantor ya…hahha…

  20. Astiew
    Astiew June 27, 2013 at 4:58 pm

    Minggu lalu pas kontrol ke DSA, dijelasin tentang managemen ASIP kombinasi (ASIP beku + ASIP fresh). Tapi sekarang lebih jelas lagi setelah baca tips ini, malah baru tau kalo namanya FIFO dan LIFO hehehe.. Very helpful. Karena sebelumnya Renjiro (3m5d)hanya konsumsi ASIP yg dari deep freezer aja selama aku kerja dan bb nya dalam 3 minggu hanya naik 700gr jd diomelin DSA huhuhu. Seminggu ini langsung pake metode kombinasi, dan ngebanyakin hasil pumping hari ini (fresh), yg dari freezer hanya diturunin satu botol aja untuk tambahan kalau kurang. Mudah2an bb nya Renji jadi cepet naek setelah ganti metode (amiin). Tapi kembali lagi, tiap baby kan beda2 ya, ada yang cocok2 aja pake metode FIFO atau LIFO tanpa dikombinasiin. Makasih tips nya mama Feni :)

  21. siulien
    How June 27, 2013 at 5:54 pm

    Sama kaya mamakevin, aku jg pake LIFO, soalnya baby ga gt suka ASI yg stok lama. Krn penasaran aku cobain sendiri, kirain basi atau apa gitu dan trnyata emg rada beda rasa ASI nya. Yg stok lama agak tengik tapi ga asam sih, jd hrsnya ga basi haha.. klo ASI baru rasanya tawar, sedikit manis. Jadinya stok lama ga kepake, mau di donate juga nih, drpd dibuang kan. Oya ada yg tau ga, kalo donate di rs carolus, pendonor di tes lab kesehatan dulu apa ga?

  22. bunda ichi
    bunda ichi June 28, 2013 at 8:32 am

    Thank you Mom Feni ilmunya, *newmom-wannabe*

  23. feni
    feni June 28, 2013 at 8:58 am

    Hahaha MamaKevin. Emang ya “ternyata managemen ASI sama susahnya dengan managemen kerjaan di kantor ya”

    Setujuuu.. :D
    Semoga bayi-bayi kita sehat selalu yaa.. *group hugs*

  24. verina
    verina July 9, 2013 at 2:34 pm

    waah… baru tau niyhh ada LIFo juga yaa.. hehehe.. thx ya moms infonya :)

  25. nitachrestella
    nitachrestella September 25, 2013 at 12:16 pm

    Hmmm, menejemen FIFO, LIFO atau kombinasi semuanya memang tergantung dari Ibu dan Anak serta memiliki positif dan negatifnya masing-masing.
    Kalau saya menejemen LIFO, karena produksi yang berlebihan, jadi saya tetap usahakan agar anak saya dapat yang paling fresh setiap harinya.

  26. elzahra
    elzahra September 26, 2013 at 9:08 am

    Kalau saya kombinasi FIFO dan LIFO, tapi lebih banyak LIFO saat ini, pernah 2 hari FIFO 100%, Razan rewel, mungkin belum kenyang, sekarang usia Razan 2,5mo, ASIP awal bulan Agustus (Perahan ketika usia 1 mo) masih ada.
    Mungkin Gizi anak umur 1 mo beda dengan umur 2 mo ya….

  27. neezfiltania
    neezfiltania May 19, 2014 at 2:09 pm

    noted :)

  28. LeniLova
    LeniLova June 5, 2016 at 12:32 am

    Wah akhirnya dpt jwban dr pertanyaanku yg slama ini bikin galau heheheheh…
    Anaku usia 2m, masuk kerja 1bln lgi. Lgi rajin2nya baca2 ttg pmberian ASI.
    Saat ini baru ada 10 botol @100cc d freezer, sbnernya lebih tp udah d pake saat aq keluar rmh dan baby ga d ajak. Dan pumping jg jarang, paling 1hari sekali klo mlm.
    Klo aq kluar, aq kasih ASIP dg metode FIFO, tp babyku rada kurang suka, pas aq icip jg emng iya rasanya udah beda, lebih berlemak. Kasian sih liat expresi babyku bgtu wlopun akhirnya dia mau jg. Kpikiran pngen ngasih metode LIFo tp tar asip yg lama kandungannya lebih menurun lagi, pake fifo tp kasian jg dpt asip dg kandungan gizi yg kurang pdhal ada asi segar.
    Galaunya dsitu moms…
    Tp bgaimanapun jg, asip beku lebih bgus dr susu formula y,
    Smangaatttt…

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.