Get Cooking!

Masih ingat sharing saya tentang manfaat memasak bersama si kecil? Ternyata memasak bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga. Dari sana anak-anak akan belajar banyak keterampilan.

Memasak bersama anak-anak tidak memerlukan resep-resep hidangan yang 'wah'. Lebih enak dimulai dari resep-resep sederhana yang tahapannya mudah diikuti seperti membuat cupcakes, pancake, nasi goreng, roti panggang, atau mengolah telur. Namun kadang kalau harus googling cari resepnya terlebih dahulu, kita tidak tahu apakah resepnya benar-benar foolproof. Selain itu, kebanyakan resep hasil googling membutuhkan bahan yang cukup banyak karena sudah dikreasikan bermacam-macan. Bukan resep dasar yang bahan-bahannya mudah disiapkan dan tahapan memasaknya mudah diikuti oleh anak.

Sewaktu menemukan buku Get Cooking! saya senang sekali. Kebetulan saat itu bukunya sedang didiskon di salah satu situs belanja buku favorit saya. Baca-baca beberapa ulasannya ternyata bagus, banyak yang bilang resep-resepnya adalah resep dasar yang mudah diikuti oleh anak-anak.

Dalam buku ini terdapat sekitar 50 resep masakan, disusun dari yang paling mudah dimasak sampai yang cukup menantang (bagi anak-anak). Seluruh halamannya dibuat full colour dengan foto-foto hidangan yang ditata sederhana namun tetap tampil menggugah selera. Setiap langkah-langkah cara memasaknya dilengkapi dengan foto anak yang sedang mengolah masakan tersebut. Alma suka sekali dengan buku ini, dan setelah melihat foto-fotonya malah jadi 'pede' hendak mencoba masak sendiri, from scratch, seperti waktu mencoba memasak hidangan Rice Balls. Semua Alma kerjakan sendiri dari mulai menyiapkan bahan sampai melapisi adonan dengan tepung panir. Papanya hanya membantu menggoreng karena adonannya harus digoreng deep fry.

Format buku ini cocok untuk anak yang sudah dapat membaca dan mengerti bahasa Inggris, tetapi Urban Mama dan Papa dapat menggunakan buku resep ini karena isinya mudah dipahami. Pada bagian awal buku dijelaskan peralatan masak apa saja yang harus disiapkan dan beberapa keterangan kode, salah satunya kode tanda seru dalam segitiga merah yang berarti langkah memasak tersebut sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan orang tua atau dikerjakan oleh orang tua. Ya, dalam buku ini dengan jelas disebutkan bahwa meskipun resep-resepnya mudah diikuti tetapi saat anak-anak memasak di dapur harus selalu berada di bawah pengawasan orang tua atau orang dewasa lainnya yang kompeten. Kode merah ini dicantumkan pada gambar langkah memasak yang menggunakan alat listrik, kompor, dan benda tajam seperti pisau.

 


Selain itu, ada kolom khusus dalam setiap resepnya yang menjelaskan beberapa dasar ilmu pangan kepada anak-anak, seperti mengapa adonan roti dan pancake mengembang saat dimasak, mengapa mata terasa pedih berair saat mengiris bawang, atau mengapa daging harus dimasak sebelum dapat dihidangkan. You'll be surprised, mama, ternyata banyak sekali fenomena sains yang dapat pelajari dari kegiatan memasak.

 


Tertarik dengan buku ini? Buku Get Cooking! dapat diperoleh di situs buku bookdepository.com, abebooks.com, atau versi elektroniknya dapat diunduh lewat iTunes.



Judul buku: Get Cooking!
Bahasa: Inggris
Penerbit: Dorling Kindersley Ltd (DK Children)
Jumlah halaman: 64 halaman
ISBN10: 1405391448
ISBN13: 9781405391443

7 Comments

  1. avatar
    May Sukmasari May 30, 2016 7:53 pm

    Lucu ya bukunya. Kayanya kalau di gramedia gak ada ya :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    tatat May 30, 2016 5:48 pm

    Wah..menarik bukunya ya. Kebetulan anak saya lagi semangat banget pengen ikut-ikutan masak. Thanks for sharing :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Honey Josep May 30, 2016 2:36 pm

    waaaah, keliatan seru bukunya! isinya pun warna warni, selain aku suka sepertinya Darren pun akan sukaaaa!

    tfs Ai! :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Gabriella F May 30, 2016 8:47 am

    Seru bukunya! Nanti pengen coba cari ah buat tambahan sumber aktivitas di rumah... tfs ya Ai...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania May 30, 2016 8:01 am

    Wih keren banget buku resepnya! Err tapi ga ada yg versi indonesia aja ya,hahaha.. Ini biar anaknya bisa baca sendiri :P

    Btw,thanks reviewnya teh aini,aku mau ceki2 book depository juga nih.

    1. avatar

      As .