Green Smoothies

catluna

Karena membaca thread ini saya jadi semangat untuk juicing juga. Lebih tepatnya memblender soalnya saya pake blender bukan juicer.

Awalnya masih belum percaya diri bikin green smoothies seperti Nadya Hutagalung atau Sophie Navita, jadinya 100% pakai buah saja… Ini beberapa di antaranya:

Stroberi+pir+pepino+lemon (Enak, segar!)

Dragon fruit+jeruk... (Weird combination.. Taste quite funny...)

Semangka+pepino+kiwi gold (Enak dan manis karena pakai semangka dan kiwi gold yang benar-benar matang)

Nah setelah itu, saya mulai bereksperimen dengan oat, almond, kismis, dan bahan-bahan lain.

Banana grape oat smoothies (Super yummy! Kenyang!)

Almond, frozen grapes and banana, oat topped with almond sprinkle! Energy booster! Kenyang dan enak! One word, YUM!

Kadang pagi hari buru-buru berangkat kerja, smoothies saya bawa dalam tumbler karena minum smoothies ini harus pelan-pelan, dihayati saking enaknya.

Smoothies to go: Frozen banana&strawberry, oat, ricemilk, raisins, with almond sprinkle

Nah setelah itu baru saya beranikan diri untuk membuat green smoothies. Sebelumnya saya menganut paham Food Combining ala Erikar Lebang, di mana sayur dan buah tidak boleh dikonsumsi bersama-sama. Tapi setelah membaca kultwit dari Sophie Navita, saya Bismillah memulai ber-green smoothies ria. Saya sadar betul bahwa sehari-hari saya sangat kurang asupan sayuran segar. Cara mudahnya ya dibuat green smoothies. Prinsip utama dari green smoothies adalah menggabungkan buah dan sayur berdaun hijau, dengan pengecualian daun bayam merah ya. Jadi kalau menggabungkan buah dan sayur umbi (wortel, kentang, dll) atau sayur bunga (brokoli, kembang kol, dll), tidak sesuai dengan pakem green smoothies.

Ini beberapa green smoothies yang saya buat. Walaupun hampir semua berwarna hijau, tapi rasanya beda-beda loh!

Dill+pineapple+lemon+bokchoy. The dill gives a strong mint peppery taste, it's so refreshing!

bokchoy pineapple apple lemon dill

Pineapple+strawberry+freashly squeezed orange+bokchoy+celery

Green Smoothies disarankan diminum dalam kondisi perut kosong. Saya biasanya minum pagi hari sebelum sarapan. Karena penganut food combining (walaupun belum 100%), setelah minum green smoothies pun saya sarapan  buah potong segar, biasanya sih pepaya.

Start the day with something simple and refreshing! Green Smoothies (dill+kiwi+pineapple+spinach+caysim+lemon) and papaya

Banyak yang bertanya, memangnya tidak kembung dan sakit perut ya minum jus pagi-pagi? Alhamdulillah saya tidak mengalaminya. Dan Ayah saya yang punya gastritis lumayan parah juga ternyata oke-oke aja perutnya saat mencoba campuran buah sayur di atas.

Pertanyaan lain yang banyak muncul adalah soal rasa green smoothies. “Memangnya tidak langu ya minum sayuran dijus?” Ya kalau salah campuran sih biasanya memang akan aneh rasanya. Seperti smoothies ini yang rasanya agak aneh di mulut saya karena hanya pakai 1 jenis buah. Saya belum terbiasa minum smoothies yang lebih banyak sayurnya.

Not so Green Smoothies.. Red dragon fruit+dill+mint+horenso

Chinese kale+spinach+pineapple

Jadi siasat saya untuk mengatasi rasa langu adalah menggunakan buah-buahan yang rasanya segar seperti nanas, strawberry, kiwi hijau (bukan kiwi gold), plum, air jeruk (peras jeruk sendiri, bukan beli kemasan), menambahkan sayur daun herbs seperti dill dan mint (sejauh ini baru 2 itu yang saya gunakan. Lain kali mau coba pakai basil dan cilantro, hmm… pasti segar!) atau tambahkan perasan jeruk lemon dan jahe.

Horenso+dill+plum+kiwi golden. Sangat enak! Asam dari plum benar-benar segar!

A little of this and that. Mint, ginger, strawberry, pineapple, chinese kale, kiwi golden

Saran saya untuk mama yang mau mencoba green smoothies:

  1. Awali dengan campuran buah 60% dan sayur 40%. Nanti setelah terbiasa, komposisi bisa jadi 50%-50%.
  2. Minum green smoothies pelan-pelan sambil dikunyah agar enzim pencernaan yang ada di mulut juga ikut keluar jadi tidak terlalu berat dicerna di perut.
  3. Jangan lupa cuci bersih dulu sayur buah mentah yang akan kita buah smoothies. Bisa pakai cuka apel atau sabun cuci yang food grade.
  4. Lebih baik menggunakan buah-buah yang rasanya segar untuk menutupi rasa langu sayuran dari pada menggunakan buah manis.
  5. Tidak perlu memaksakan diri untuk pakai buah dan sayur import yang mahal. Kalau tidak ada kale, kan ada chinese kale alias kailan. Harga cilantro atau basil mahal? Mungkin bisa coba pakai sayur berdaun wangi khas Indonesia, seperti kemangi, kenikir, atau daun poh-pohan.
  6. Minum green smoothies saat perut kosong dan baru bisa makan makanan yang dimasak 30 menit setelah minum green smoothies.
  7. Kalau sudah terlanjur makanan masakan matang, tunggu 3 jam dulu sebelum minum green smoothies.
  8. Mentang-mentang sudah minum green smoothies, jadi ga perlu makan sayur lagi? Jangan ya mama… Dalam menu harian, tetap sertakan sayur buah segar.

Yuk biasakan keluarga kita makan (atau dalam hal ini, minum) sayur dan buah segar, Urban mama… Niscaya, badan lebih segar dan terhindar dari berbagai penyakit.

9 Comments

  1. Vibe
    Vibe October 15, 2013 at 11:00 pm

    Awalnya juga kupikir aneh minum jus sayur+buah, kirain bohong aja tuh yg bilang enak.. ternyata setelah coba sendiri (terinspirasi thread TUM juga) eehh beneran enaaakkk.. skarang ketagihan deh ngejus sayur hijau+buah tiap hari hehe

    Aku usahain beli sayur organik, supaya yakin utk diblender mentah, kalo ga ada organik ya dicucinya lebih lama atau direbus bentar. Buah favoritku utk dijus nanas, kayaknya sayur apapun jadi enak pake nanas :)

  2. ninit
    ninit yunita October 16, 2013 at 6:05 am

    wiii… annisa rajiiin! kereeen!
    iya bener. juicing ini enak dan segeeer. ke badan rasanya jadi enak yaa… bener2 bikin beda deh.

    semoga bisa serajin annisa juga nih :)
    thanks nis, for sharing. semoga makin banyak mama2 yang terinspirasi juga ya.

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw October 16, 2013 at 7:47 am

    duh udah lama gak ngejus, jadi giler lagi liat gambar2 di artikel ini.

    Makasih ya Annisa.., mudah2an gw juga bisa serajin kamu ;p

  4. mrs.harmen
    mrs.harmen October 16, 2013 at 1:01 pm

    Pengin nyoba ah… Dari dulu liat orang minum jus sayur kok bawaannya enek… Mudah2an berhasil..

  5. diana mamachica
    diana mamachica October 17, 2013 at 3:34 pm

    selama ini selalu gagal klo ngejus sayuran…*pas minumnya berasa mo minum jamu,hehe…ternyata kl pinter mix n max jd menggoda lidah=)makasih artikelnya mba…mo dipraktekin ntar^^

  6. RAI_Rilly_Dita
    RAI_Rilly_Dita November 7, 2013 at 11:15 pm

    pepino tuh apa ya mbak?…

  7. catluna
    Annisa Satriana November 20, 2013 at 9:14 am

    @RAI_Rilly_Dita: Pepino itu buah yang agak mirip terong, warnanya ungu ada garis-garis ungu tua

  8. Deenar Rahmayani
    Deenar Rahmayani February 6, 2014 at 10:47 am

    Mba … kalau mau membeli kale di jakarta bisa didapat dimana ya mba?

    Thanks

  9. hananafajar
    hanana fajar February 11, 2014 at 4:37 pm

    mba @deenar kale aku pernah beli d foodhall pim, trus di ranch market jg kayanya ada, tp cepet bgt abisnya dan ga selalu ada hiks…

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.