Hunting Sekolah Dasar

adisanita

Tahun ini, bulan Juli 2011, Alifa akan naik kelas ke TK B, dan biasanya akhir Desember 2011 sudah banyak sekolah-sekolah yang membuka pendaftaran, berarti tahun ini udah mulai hunting-hunting SD nih. Suami sih sepertinya setuju saja asal sekolahnya bagus dan biaya juga terjangkau. Salah satu faktor penting bagi kami yaitu harganya ramah. Di sebuah sekolah, untuk masuk SD bisa mencapai 20 juta. Wow… Siapa sih yang ngga ingin menyekolahkan anaknya di sekolah yang bermutu, tapi kalau memaksakan diri, malah jadi sengsara, kan?

Browsing di internet tentang pencarian sekolah, ternyata banyak banget orangtua yang punya masalah sama dengan saya, ingin sekolah yang baik tetapi juga terjangkau.

Saya contek nih tips-tips memilih sekolah yang menurut saya lumayan komplit, diantaranya:

Visi dan Misi Sekolah
Dari visi dan misi sekolah ini kita bisa melihat dengan konsep yang mereka berikan kepada anak didik. Konsep sekolah yang dibangunnya. Contoh saja salah satu visi sekolah yang ingin menjadikan anak didik menjadi insan yang ber-akhlak baik dan universal. Sementara misinya dengan konsep pendidikan yang bernafaskan agama dengan kurikulum nasional dan internasional dengan bahasa pengantar Indonesia dan Inggris.

Tes Masuk
Ada beberapa sekolah yang mewajibkan untuk tes masuk seperti
1. calistung: (membaca, menulis dan berhitung) dari sini kita bisa lihat dari metode/cara belajar yang diberikan oleh sekolah tersebut direct teaching maksudnya satu arah seperti jaman dulu kita sekolah. Guru mengajar, memberikan latihan, dan PR secara konvensional.
2. observasi: hanya interview antara anak dan orang tua. Sekolah menerima yang murid baru dengan tes observasi berarti konsep/metode belajarnya active learning.

Seharusnya anak yang ingin masuk ke sekolah SD itu tidak perlu tes masuk karena sejak TK sudah diajarkan calistung dan menerima murid apa adanya.

Lokasi dan sekitar Sekolah
Banyak sekali sekolah yang bagus dan baik menurut saya jauh dari tempat tinggal kami. Tapi hal–hal berikut bisa dijadikan pertimbangan ya.
1. Jarak yang dekat dengan rumah supaya anak tidak terlalu capek di jalan (macet), memudahkan untuk antar jemput, menghemat waktu dan biaya. Kalau jauh kan kasian anak kita dia harus berangkat lebih pagi dan pulang lebih siang.
2. Tidak di kawasan yang ramai lalu lintas: di pinggir jalan raya ataupun di lokasi pusat perbelanjaan.
3. Lingkungan yang kondusif (hiruk pikuk suara di luar sekolah bisa mengganggu kegiatan belajar anak – konsentrasi belajar terganggu).
4. Gedung sekolah yang bagus dan megah tidak menjamin bahwa sekolah tersebut baik.

Fasilitas Sekolah
Sekolah tingkat dasar pada umumnya memiliki fasilitas seperti lapangan olahraga, perpustakaan, lab komputer/multimedia, ruang musik, mushola (untuk sekolah islam), tempat bermain anak-anak, kamar mandi yang bersih, halaman bermain anak-anak. Ruang kelas yang nyaman dengan format kursi untuk berinteraksi/diskusi ataupun di lantai dengan karpet. Kalau kursi yang disusun menghadap ke depan semua pasti metode belajar direct teaching. Ruang kelas atau selasar sekolah dipenuhi/memajang dengan hasil karya siswa.

Akreditasi
Kalau kita lihat di papan nama sekolah, brosur, atau website selalu ada akreditasi A,B. Atau sekolah tersebut belum ada akreditasi-nya. Jika kita memilih sekolah untuk anak sementara sekolah tersebut belum terakreditasi, jangan panik. Karena akreditasi dari dinas itu mudah diproses. Perlu diketahui Instrumen Akreditasi yang baru mencakup 8 komponen Standar Nasional Pendidikan (standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian). Jika semua komponen terpenuhi maka akreditasi dapat dicapai dengan mudah.

Coba deh sedikitnya kita bedah sekolah negeri vs sekolah swasta.

Keunggulan sekolah negeri dibandingkan swasta:

  • Bebas SPP (ada SPP tapi relatif kecil).
  • Bebas uang bangunan (ada, tergantung kebutuhan sekolah).
  • Adanya Konsep Sekolah Unggulan yang ber dipandang sebagai salah satu alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus kualitas SDM.

Sementara ini alternatifnya adalah SD Islam Al-Ikhlas yang ada di Jl.Nakula, Jakasampurna, Bekasi. Lokasinya ngga begitu jauh dari rumah saya di Galaxi. Anak bisa diantar dengan sepeda atau motor. Karena sekarang Alifa sekolah di TK Harapan Mulia, sekolah swasta umum, jadi saya ngga ada rencana melanjutkan untuk SD di tempat yang sama.

Saya ingin agar Alifa dan adiknya Dammar bisa satu sekolah nantinya agar urusan penjemputan dan mengambil raport lebih praktis, ngga bolak balik kalau sekolahnya beda.

Apakah ada urban Mama Papa yang bisa memberikan input dalam mencari sekolah untuk si kecil?

16 Comments

  1. ninit
    ninit yunita May 2, 2011 at 9:29 am

    mama adis,
    wah ga kerasa ya udah mau masuk SD lagi. memang banyak pertimbangan kalo mau masuk SD. kalo saya, selain lokasi nyari yg ga terlalu jauh dari rumah, reputasi, dan biaya juga sesuai kemampuan.

    ga maksain harus di sekolah ternama dengan biaya yang di luar jangkauan. yg penting di rumah sebagai orangtua kita juga terus memberikan pendidikan.

    selamat hari pendidikan nasional! :)

    1. adisanita
      adisanita May 3, 2011 at 8:26 pm

      iya mbak Ninit, ga kerasa banget, rasanya baru kemarin melahirkan,.. hehehe.. lebay ya? tapi bener lho, rasanya cepat banget.
      Biar sekolahnya bagus, tapi tetap ya kita sbg orang tua adalah guru yang terbaik buat anak2 kita.. selamat hari pendidikan juga mbak.

  2. Ika_Ps
    Ika Ps May 2, 2011 at 9:57 am

    artikel menarik! Jgn lupa jg bhwa orgtua pny hak observasi sekolah trmasuk bgaimana pndekatan para pgajar pd muridnya. Kalo ank nyaman dgn gurunya kan motivasi blajar jg meningkat.

    1. adisanita
      adisanita May 3, 2011 at 8:27 pm

      Dear mbak Ika, semoga pemerintah kita bisa menyediakan sekolah yang bermutu ya, biar generasi masa depan kita bisa bersaing dengan orang luar untuk kualitas pendidikan

  3. eka
    Eka Wulandari Gobel May 2, 2011 at 10:30 am

    wah mama adis, time flies ya, udah mau masuk SD aja nih tau-tau :)
    sama nih mama adis, saya juga termasuk tipe konvensional. nyari sekolah yg deket dari rumah, bersih, biaya terjangkau dan reputasinya bagus.
    tfs ya ma, selamat hari pendidikan nasional!

    1. adisanita
      adisanita May 3, 2011 at 9:01 pm

      iya mbak Eka, time flies so fast.. Selamat hari pendidikan nasional juga

  4. siscalambe
    Fransisca Lambe May 2, 2011 at 2:15 pm

    Kalau saya reputasi, kualitas guru, terjangkau dari segi biaya dan jarak yang tidak terlalu jauh.

    SD Negeri konon SPPnya gratis tp pada kenyataannya banyak sekali biaya terselubung yang total-totalnya nyaris sama deh kalo ada SPP :)
    Selain itu mungkin ada baiknya pada saat browsing sekolahan ditanyakan apakah guru dibolehkan memberi kursus privat pada anak muridnya, kalau jawabnya iya saya lebih baik nyari yg sebaliknya, takutnya kalau nga ikutan kursus di guru nilai anak dibedakan hehehe

    1. adisanita
      adisanita May 3, 2011 at 8:34 pm

      mama Belle, sepertinya belum tentu ga ada SPP,ga keluar duit, tp biaya yg harus dikeluarkan malah banyak, harus les ini les itu, jadi jatohnya mahal2 juga, ya ga?

  5. otty
    Pangastuti Sri Handayani May 2, 2011 at 2:40 pm

    Wih iya udah mulai sibuk2 juga nih nyari sekolah. Emang sih banyak sekolah yang ngasih tambahan fasilitas macem2, tapi biasanya mahaaalll… Dan harus dipikir lagi, betul2 perlu dan cocok buat kita ga sih?

    1. adisanita
      adisanita May 3, 2011 at 8:36 pm

      mbak Tuti, kayaknya untuk biaya, saya harus pikir2 dulu, bayar mahal untuk SD, gimana kuliahnya ya? hehe.. mending kuliah yg bagus, dr pada bela2in bayar SD yang mahal banget. Itu kalo menurut saya lho..

  6. thearizkia
    thea rizkia May 2, 2011 at 3:57 pm

    Berhubung belum punya anak yang mau dimasukin SD, jadi ga bisa kasi input nih. Tapi kmrn aku baru aja masukin Cena ke play group setelah melakukan trial tentu saja. Kalo SD ada trialnya gak ya? Kalo ada bagus banget. Karena kita bisa tau suasana belajar dan gambaran umum tentang guru di SD tersebut. Kalo cocok, bisa lanjut. Kalo tidak, bisa cari sekolah lain.

    1. adisanita
      adisanita May 3, 2011 at 9:02 pm

      mama Thea, ga tau jg deh, sekolah SD bisa ga ya trial gitu? musti aku tanya kapan2…

  7. amie kumala
    Hutami Kumala May 5, 2011 at 2:31 pm

    tfs mama adis…
    emang sekarang rama nya masih jauh dari masa-masa sekolah, tapi info kayak gini penting buat mamas yang masih baru hihihi :p

  8. adisanita
    adisanita June 28, 2011 at 4:31 pm

    Mama Amie, iya nih, apalagi kalo udah deket2 mau sekolah, makin gencar cari2 infonya

  9. biruhati
    biruhati May 3, 2013 at 10:53 am

    Sekolah Alam (SA) Jingga Life School mengundang Ayahbunda orangtua/wali murid & calon murid utk hadir pada :

    Sarasehan Parenting “OPEN MIND Sekolah Alam” & Penutupan Pendaftaran Siswa SA Jingga Life School pada :

    Ahad, 5 Mei 2013
    Jam 09.00 – 11.00
    di SA Jingga Life School, Bekasi Utara
    Agenda :
    1. Sarasehan Parenting “Open Mind Sekolah Alam bersama Praktisi Sekolah Alam “SCHOOL OF UNIVERSE” Parung-Bogor since 2004
    2. Pengukuran pakaian
    3. Pengumpulan kelengkapan administrasi (FC KTP orangtua/wali, akte kelahiran, pas photo 3×4 sebanyak 2 lbr)

    Ayah Bunda yang mau lihat lihat dan sekedar membandingkan metode belajar SA di Jingga Life School juga boleh. . . .

    Ditunggu ya. . . . Info : 085719936515 / pin BB 3292277E

  10. nkhresna
    nkhresna June 3, 2013 at 2:53 pm

    sbg ibu dari satu anak yang mau SD. Masih bingung memilih sd yg bagus bermutu dengan harga terjangkau karena saya awam di daerah jakarta selatan. Apa ada rekomendasi SD negeri yg dekat di wilayah jakarta selatan? makasih

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.