I Survived TUM’s Challenge Travel With Kids To Singapore

crey

Sampai sekarang saat nulis artikel ini, saya masih ngga menyangka kalau bisa menang quiz TUM’s Challenge Travel with Kids ini. Awal ikut hanya iseng dan bisa terpilih dari ratusan pengikut quiz. Wow, amazing! Thank you so much untuk The Urban Mama yang sudah mengadakan quiz ini dan Singapore Tourism Board (STB) sebagai sponsornya. You guys never know how grateful I am with this, akhirnya bisa keluar negeri untuk liburan juga setelah sekian lama yang selalu tertunda.

Senin pagi tanggal 29 November, saya agak sedikit bingung saat Teh Ninit menelepon saya dan bertanya apakah saya bisa cuti pada tanggal 9 Desember. Ternyata saya adalah yang beruntung menjadi pemenang TUM’s Challenge Travel With Kids ini. Praise the Lord! Rejeki El baru habis ulang bulan ke-9 nih!

Lalu saya mulai browsing tentang Singapore melalui yoursingapore.com dan ternyata situs resmi dari STB ini very informative and useful indeed! And guess what, we can plan and organize our itinerary directly to the site!

Mulai masuk ke sini dan akhirnya tersusun juga rencana perjalanan saya ke Singapore selama 3 hari. Oh iya, yang bikin semangat lagi, ternyata suami boleh ikut mendampingi tetapi atas tanggungan pribadi dan tentu merangkap sebagai tukang foto. Tapi karena Tofan confirm belakangan, kita ngga bisa satu pesawat dan inilah challenge utama saya, karena takut El cranky di pesawat dan lain-lain. Namun, thank God, selama perjalanan baik pergi dan pulang, El sama sekali ngga rewel, bahkan bisa dibilang enjoy di pesawat, main sama penumpang di sebelah kami dan menjamah-jamah penumpang yang lewat di aisle pesawat.

Berikut pengalaman kami menikmati hadiah jalan-jalan ini:

Hari Pertama:
Tiba di Hotel Ibis Bencoolen, kami melepas lelah sejenak dan memberi El makan lalu langsung buru-buru meluncur (maklum, cuaca yang dilihat dari lantai 15 hotel saat itu agak mendung) ke Sentosa untuk bermain-main di Universal Studios Singapore. Bagi saya, ini kali ketiga saya ke Universal Studios walau yang pertama kali ke Universal Studios yang di Singapore. Excited banget tentunya sampai agak lupa kalau saya dan Tofan belum sempet makan siang, jadi makan dulu di Din Tai Fung USS area (enak sih tapi sayang servisnya lambat).

Warning buat teman-teman TUMblers yang berencana ke USS walau saat workdays: it would be better if you can buy the ticket online few days in advance rather than buy it go show… Kenapa? Saat kami memasuki area USS, ada pemberitahuan bahwa tiket hari itu sold out! Untungnya, sebagai orang riset, I did my research baca-baca artikel mengenai USS di The Urban Mama dan langsung memutuskan membeli tiketnya online.

So, kami langsung melenggang masuk dan menukar tiket dengan meal dan shop voucher masing-masing seharga SGD 10. Baby’s room di USS ini hanya 1 dan terletak di sebelah Guest Service, jadi saya mampir sebentar untuk menyusui El hingga El tertidur (he was so tired). Kami pun berjalan (dan berfoto tentunya) searah jarum jam mulai dari Madagascar (sayang wahananya masih ditutup), Shrek 4D (nah, El sudah bangun dan karena aman untuk bayi kami pun masuk wahananya dan harus duduk di stationary seat), Water World, The Jurrasic Park, The Mummy Return, Battle of Galactica dan akhirnya masuk di wahana Light, Camera and Action! Sekali lagi, wahana ini aman untuk bayi, cuman disiapin aja ear muff atau ear plug karena sound effect yang agak loud. Memang sih kami tidak memasuki semua area/wahana karena ngga tau kenapa hari itu banyak yang tidak dioperasikan, padahal Tofan (err, saya juga sih) ingin naik roller coasternya. Overall, ternyata USS ini bisa dibilang ngga terlalu luas dibandingkan Universal Studios di Hollywood/Florida misalnya.

Oh iya, yang menarik dari USS ini, banyak terdapat area parkir untuk stroller dan ada penyewaan untuk stroller atau kereta mobil untuk anak-anak, seru yaa! Dan banyak sekali karakter yang berjalan-jalan, ada Po, Betty Boop, Pussy Cat, Mickey, Charlie Chaplin, dan lain-lain bahkan ada Kenny G juga! Saran saya, ngga usah malu-malu untuk berfoto, karena biasanya mereka diberi waktu yang ngga begitu lama, contohnya saya ngga sempet foto sama sang Kung Fu Panda Po padahal antrenya sudah di depan.

Setelah selesai mengitari USS dan area Sentosa, kami memutuskan untuk ke Vivo City menggunakan monorail dan di Vivo City sempat berjalan-jalan sedikit dan melihat beautiful-giant Christmas Tree di sky parknya. Sebenarnya ada ajakan dari teman untuk menonton Songs of the Sea namun karena jam berikutnya jam 9 malem dan El sudah tertidur, kami memutuskan untuk kembali ke hotel saja.

Hari Kedua:
Bangun dengan excited (dan pegal-pegal yang seketika juga lenyap) saat menyuapi El sarapan dan dia makan sangat lahap dan menghabiskannya, sodara-sodara! :D Excited kenapa, karena hari ini mau ber-Hippo Tour dengan Thalia. Hippo tour ini kita naik double decker bus (bus dua tingkat yang atapnya terbuka di tingkat duanya) dan keliling Singapore dengan rute macam-macam. Ada yang Original, Heritage, dan CitySightseeing dan enaknya kita bisa hop on hop off sesukanya dan it’s for 24 hours! Meeting point dengan Thalia di Singapore Visitor Tourism di Orchard dan yak, kita pun naik hippo di bawah cuaca mendung yang turned out ga jadi hujan walau windy sekaliii (thank you, SG weather!) Bus kami mengelilingi Orchard, area CBDnya SG (Gosh, I want to work there!), Marina Bay Sands, Singapore Flyer, Singapore Botanical Garden, Esplanade, Merlion, Chinatown, Little India dan Bugis.

Seru dan fun banget ber-Hippo dengan Thalia and family karena mereka benar-benar jadi tourist guide selama di bus menjelaskan ini itu dan mereka menyenangkaaan sekali (ehm, awalnya jujur saya agak grogi mau ketemu dengan salah satu founder TUM ini)… Thank you, Thalia, Ari dan Aina udah mau berbaik hati menemani kami jalan-jalan.

Malamnya, jalan-jalan (kami jalan kaki aja dari hotel ke Orchard) mau menikmati suasana Natal di Orchard dan woww, speechless! Keren bangettt lampu-lampunya yang warna warni, pohon Natal dan hiasan-hiasannya… AMAZING! Dan agenda malam itu tentu saja ingin bertemu dengan salah satu founder TUM yang lain, Shinta (mmh, tetep ada grogi juga meski sudah dua kali ketemu di kopdar PIM dan PI) dan dengan member TUM yang lain, Dea. Thalia ngga jadi ikut karena Aina kecapean. Meeting point kita di lobby Takashimaya. Ngobrol-ngobrol dengan Shinta asli seru (dan ga nyangka juga bisa ketemu soalnya dari dulu saya pembaca setia blognya) dan juga ternyata nyambung banget dengan Tofan karena sesama bankers.

Dan ternyata dunia sempit juga buat Dea dan saya. Segedung sekolah pas SMA di Bandung, pernah kenalan juga pas kuliah, saya kenal beberapa temannya dan adiknya dulu sekantor dengan saya! Seru juga ya, De… Seneng bisa ketemu dirimu, Dillan dan papanya.

Setelah selesai makan malam, kita pun kembali menyusuri Orchard dan foto-foto suasana Natal-nya. We missed to take a picture in front of giant Christmas tree in front of ION karena berlawanan dengan arah pulang dan sekali lagi, kita pulang dengan jalan kaki

Hari Ketiga:

Saking capeknya, walau tidak janjian kami bertiga kompakan bangun agak siang hari itu (pukul 9!) dan mulai panik karena harus check out hotel jam 12 sedangkan jadwal hari itu kami harus ke Singapore Zoo. Akhirnya dengan mempertimbangkan agar kami tidak buru-buru di Singapore Zoo, El tidak kecapean dan flight untuk kembali ke Jakarta jam 8 malam, kami pun memperpanjang setengah hari lagi di hotel. Setelah beres, langsung berangkat ke Zoo naik taxi (kami tidak sempat naik shuttle bus jam 10.30) dan sesampai disana kami pun langsung melenggang masuk (kami sudah booking online) dan kesan pertama, Singapore Zoo ini bagus dan terawat banget… El seneng banget liat burung, jerapah, kanguru, pygmi hippo, monyet, kuda poni, angsa, penguin kecil, dan lain-lain. Sayang karena El agak susah dikasih makan siang sehingga menyita cukup banyak waktu, kami pun tidak sempat berputar lagi ke Butterfly Park. Padahal El pasti seneng banget, tapi next time deh. Oh iya, di Zoo ada fasilitas Tram bisa hop on hop off sesuka hati hanya dengan tambahan SGD 5 saja. Di Zoo juga ada kids world dan di dalamnya ada mini water park.

Sepulang di hotel, kami sempet pergi sebentar ke Bugis Village dengan jalan kaki untuk sedikit membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman.

Sedikit tambahan untuk pengalaman bawa baby di pesawat, Urban Mama dan Papa minta duduk di row depan dan jangan lupa saat pesawat mau take-off dan landing, baby-nya disusuin atau diberi makanan atau disiapkan pacifier/teether agar rongga mulutnya bergerak sehingga tekanan udara tidak terlalu menganggu mulut dan kupingnya. Semua itu ternyata ngga dipakai karena El mau disusuin dan sangat menikmati perjalanannya. Hanya pas landing di Jakarta karena dia sukses tertidur jadi ya saya biarkan saja.

Oh ya, sedikit review untuk Hotel Ibis ini, hotelnya kecil sih namun bersih dan lokasinya strategis (cukup dekat dari Orchard, dekat ke Bugis Junction, dan dekat MRT), jadi saya merekomendasikan hotel ini buat urban Mama Papa yang mau berlibur ke Singapore. Untuk pumping mama, kulkas di kamar tidak dingin, jadi seperti saya, saya menitipkan ASIP di freezer kitchen hotel. Dan jika mau membawa bayi, bisa meminta fasilitas baby cot (bersih banget).

Akhir kata, liburan selama 3 hari di Singapore sangat seru dan menyenangkan banget! Awalnya deg-deg-an namun sedikit demi sedikit tergerus dan berganti menjadi excited setelah membaca thread mengenai vacation & getaway dan travelling with baby di TUM. Dan terbukti, El enjoy dan happy banget selama liburan ini. Thank you, baby El… I’m really really proud of you! *cium tak henti*.

Last but not least, once again thank you buat TUM dan STB atas kesempatan ini, kalau tidak ada prize ini, ngga terbayang kapan kami bertiga akan traveling pertama kali ke luar negeri. Thank you buat Teh Ninit dari TUM dan dan Mbak Siska dari STB yang udah sangat membantu persiapan perjalanan kami. Mohon maaf kalau banyak nanya dan merepotkan.
Dan thank you buat teman-teman TUMblers atas segala supportnya via Twitter, Fb maupun di TUM. Maaf saya ngga bisa membalas twitnya satu per satu. *peluk satu-satu*

So, untuk Urban mama dan papa yang udah punya rencana untuk jalan-jalan dengan baby/toddler, jangan ragu-ragu lagi dan jangan membayangkan keribetannya dulu karena saya sudah membuktikannya dan ternyata bisa! Bahkan, kami sudah merencanakan untuk our next holiday trip. :)
Benar kata orang kalau kuncinya hanya satu, just enjoy your trip and your baby will enjoy it too.

More photos are here.

77 Comments

1. ninit
    ninit yunita December 15, 2010 at 6:05 am

creeey! seru banget deh jalan2 di spore-nya. christmas di orchard bagus banget yaaa… bener! itu lampu2nya amazing! kebayang pasti baby el seneng banget deh :)

keren crey! risetnya mantap. baby el sampe bawa ear muff juga :) dulu pas ke sana asli deh ga kepikiran bawa buat arza.
    baca artikel ini bener2 menyenangkan ya travel with kids. kebayangnya tuh ribet tapi ternyata ngga yaa…

asiknya ketemu thalia & shinta :) glad to know that you enjoyed the trip.

1. December 15, 2010 at 10:31 am

Iya menyenangkan sekali, teh ninit :))
      dan bersyukur banget selama disana cuacanya mendukung (ujan cuman malem) dan serunya SG tuh baby dan stroller friendly bgt yaaa… :D

2. liefka
    Liefka Kairupan December 15, 2010 at 7:22 am

Seru bgt baca ceritanya…its inspired me to making holiday trip next year…

1. December 15, 2010 at 11:55 am

makasih, liefka… ayo2 mulai direncanain holiday tripnya *kompor* :)

3. Ginapriadini
    Gina Priadini December 15, 2010 at 7:25 am

Wooww!! Seru sekali… *conteeek itinerary

1. December 15, 2010 at 12:22 pm

makasih, gin… *ngasih fotokopian contekan*

4. d1andra7
    diandra December 15, 2010 at 7:51 am

Crey!!! Baby El pnter bgt yaaa,..kado ulangbulannya dan early-xmas-gift ya..duh bkin aq mkin mupeng bt ke singapura d,apalagi ud tau hotel yg bagus n ada STB yg bkal mudahin smuanya..yuk ah,.tengok celengan ayam dl yaaaa hehe

1. December 15, 2010 at 12:30 pm

iyaaa, di… el pinter banget :) dan bener banget early xmas gift for us… ayooo celengan ayam dipecahin bawa ben jalan2, kan masih ada celengan keliinci, dll heuehueh…

5. Lilik
    Lilik December 15, 2010 at 7:52 am

wah seru bgt liburannya ya …
    tfs ya Crey, bs buat contekan klo mau liburan ke spore nih ;)

1. December 15, 2010 at 12:36 pm

iya seru banget, lik… makasih ya :)

6. superpippo
    Astrid Lim December 15, 2010 at 8:12 am

Crey!! keren banget foto”nyaa =) and it seemed so much fun yah..moga” someday kesampean juga bawa yofel jalan” ke sana…cihuy! =)

1. December 15, 2010 at 12:46 pm

tiiid, yes we really had sooo much fun :D smogaa secepatnya ngajak yo yaah :) amiiinnn, bilang2 ya kali2 bs barengan ahahaha…

7. sandira
    sandira December 15, 2010 at 8:12 am

wah seru banget ya mama crey and baby el liburannya..pengen juga nih ntar bawa keluarga liburan ke sana..aminnnn :)
    sambil berdoa mudah2an ntar pas baby aku udah lahir TUM bikin kuis begini lagi hehehe

1. December 15, 2010 at 12:55 pm

makasih, ra… wow, lg expecting baby ya? kapan lahirnya? iyaa nanti diajak yaa soalnya spore asli baby friendly abiss :)

8. bun2.mila
    Mila Nur Millah December 15, 2010 at 8:44 am

Congrats y Crey dpt hadiah liburannya :)
    Seru banget deh baca pengalamannya! Jd ide bwt liburan bareng anak jg n ternyata g ribet y
    TFS y!!

1. December 15, 2010 at 1:05 pm

tengkyu, mil :) smoga artikelnya berguna ya… dan iya, ngga ribet kok…

9. dadidedo
    Anggraini Karimuddin December 15, 2010 at 8:56 am

Baby El Ganteeeeng… *tantengefans*
    Congrats ya say.. Foto2nya keren2.. And I saw bebibobu tee :D Yaaay..
    Thanks for sharing, tips-tipsnya berguna kalo mau holiday sama Aghnan.. :-*

1. December 15, 2010 at 1:08 pm

Hi nggi, smoga berguna ya tips2nya…
      Hihihihi makasiiihhh tante anggi :D kaosnya sengaja dipilih sesuai tema: animal lover jadi dipake pas ke zoo :D

10. nyanya
    almaviva landjanun December 15, 2010 at 8:58 am

Creeeyyy! Seru bangeeet! Pasti El seneng bgt deh. Sebel,pas gue ke sana ujan. Huhuhu. Mudah2an lain waktu bisa ke USS nih. Pengen! TFS ya,Crey!

1. December 15, 2010 at 2:31 pm

iyaaa nyaaa, seruuu bgt! dan cuacanya mendukung (ujannya pas jalan2 dah kelar :D) smoga asap ya bs ajak melon ke USS :)

11. otty
    Pangastuti Sri Handayani December 15, 2010 at 8:59 am

Ah seru banget!! Dan El tuh ganteeeeeng ya, duh nge-fans deh sama El! Banyak banget foto2 selama liburan, dan semua (termasuk elo tentunya) berwajah happy, jadi ikutan happy liatnya :)

1. December 15, 2010 at 4:40 pm

heheheh, makasihhh tante otty :D ssst, kliatan happy berat ya? iyaaa dongs kan liburaaann dan dibayarin pulak gwnya hahahaha :D oiaa, dirimu jg bukannya abis liburaaan juga? :D

12. oilalaa
    Lala Amiroeddin December 15, 2010 at 9:02 am

Congrats yaa.. seru sekali kayanya.
    Kita juga pernah liburan bertiga aja ke Singapore dan Eropa. Papa-Mama dan si baby yg kalau beli tiket pesawat masih dapet harga infant alias dibawah 2 tahun. Anakku skrg baru umur 15 bulan.

Setuju banget kalau liburan dengan anak ngga ribet kok asal sudah tau trik2 nya. Malah pernah suami pergi berdua aja dengan anakku, itu baru lucu karena agack tricky ketika Kris harus mengganti diaper Raissa. Kan kebanyakan nursery room ada di wc perempuan. Jadi sekali waktu di lobby Changi, Kris harus pindah dari departure hall ke arrival hall demi mencari nursery room yang “independent” alias di luar sendiri dan bukan di dalam wc perempuan.

1. December 15, 2010 at 5:04 pm

waaahh lala hebatttt!!! eropa lbh jauuh lagi *salut* tp bener kali ya di artikel shinta dl pernah blg kalo mo travelling justru dg makin muda umur anak, it would be easier karna anaknya mgkn tdr mulu…
      hahaha lucu tuh yg raissa ama bapaknya doang, hebat juga suamimu, teladan! :) tfs juga ya, la…

13. niens
    Nina Setyawati December 15, 2010 at 9:04 am

waaww….. serunya… jadi makin semangat nabung biar bisa jalan2 sekeluarga..

1. December 15, 2010 at 5:31 pm

ayooo smangatttt, seru lo jalan2 bertiga :))

14. dinda permata
    dinda permata sumantri December 15, 2010 at 9:23 am

Inspired!

Artikel ini sangat bermanfaat agar kita juga ibu2 ibu ibu yang lain bahwa menyusui bukan rintangan untuk ngeliat “Indahnya dunia”. TFS buat TUM and crey yang udah reportase…. suukaaaa sekaliii…………

1. December 15, 2010 at 5:51 pm

glad to know if u found this article is informative, din :) betulll, menyusui bisa dimana aja kapan aja kok, kalo mau tertutup tinggal nyari nursing room atau gw biasa ke fitting room jg, kalo mo koboy, ya tinggal bawa nursing apron, shawl, anything deh hehehe :)

15. BunDit
    BunDit December 15, 2010 at 9:36 am

Waw…asyiknya. Thanks storynya mom Crey, membuat semangat dan sangat mencerahkan ortu yang mau jalan2 mengajak anak, utamanya yang masih bayi/kecil. Kiss buat El :-)

1. December 15, 2010 at 5:59 pm

sama2, bun… kiss back dari el :*

16. gabriella
    Gabriella Felicia December 15, 2010 at 9:37 am

Argh seru banget!!!! Baby El tampangnya juga happy banget!!! Memang pas pertama kali mo liburan sama anak bawaannya deg2an, ribet, dll… tapi kalo udah sekali liburan bareng, jadi ketagihan… Jadi terinspirasi buat ajak Albert lihat suasana Natal di sana tahun depan…

1. December 15, 2010 at 8:12 pm

iya el happyyyy skaliiii, la :D benerr banget, jd nagih nih.. udah planning jg mo liburan thn depan :D iyaa ajak albert ke orchard nanti krn suasana xmasnya amazing!

17. rizkaramses
    Rizka Anandita Ramses December 15, 2010 at 10:37 am

El…kamu ganteng amat siiihhhh…mau gendong lagi dong..pelukpelukpeluuukkkk yg kenceng!
    seru bgt Crey..TFS yah..jadi terinspirasi nodong suami buat liburan..hehehe

1. December 15, 2010 at 8:45 pm

ayoo ayooo todong papanya ayres :) seruuu bgt, riz, nagih *kompor* hehehe… yukkss ktemuan, pgn gendong ayres jg…

18. cyndewi
    cynthia dewi December 15, 2010 at 11:29 am

wow lega ya Crey, mission accomplished! :D
    itu foto yang tepar di kasur lucu banget hihihi

1. December 15, 2010 at 9:34 pm

iyaa, cyn… legaaaa dan hepi banget :D thanks ya… itu tofan dapet aja foto teparr hehehe…

19. sefa
    Sefa Firdaus December 15, 2010 at 11:31 am

wohoooo… seru banget crey ceritanya :)
    itu dikolase foto terakhir, baby el pake t-shirt kuning, ganteng banget *cium gemes*

1. December 15, 2010 at 10:26 pm

tengkyuu, sef :) iyaa seru bgt, pengen lagi ahaha… hihihi makasih anti, itu foto aku lagi naik patung sapi :p

20. icut
    Cut Fika Lutfi December 15, 2010 at 11:37 am

waaahhh seru banget sih Crey…jadi pengen cepet-cepet jalan-jalan sama Lil’ B (kalau bisa gratisan juga hehe). tapi masih lama tampaknya, dia aja baru lahir 2 bulan lagi huhuhu…

1. December 16, 2010 at 9:50 am

msh ada waktu 2 bln lg buat nabung klo gitu, cut :p smogaa lancarrr yah.. hrs pkoknya jln2 ma lil b :)

21. uciii
    lucia galih December 15, 2010 at 12:03 pm

ahhhh senangnyaaaa el…..senangnya survived jalan2 bawa baby….terlihat dari wajah mama papa ya el….juga el…alias ga senewen…hiks…biasanya sy senewenan bawa toddler saya…hehehe….

el cooperative sekali ya….seneng dong ketemu kk aina dan naia yang cantiks…:D

congrats mommy for d trip….

salam kenal dari sasi dan mama nya ya… :)

22. suskia
    Suskia Ranjani December 15, 2010 at 12:16 pm

crey,,seru bgt ceritanya,, jadi pengen kesana juga,,,,menginspirasi buat liburan nih,,persiapan,,persiapan,,hihihihi,,!!

tfs yah crey,, :)

1. December 16, 2010 at 11:08 am

ayo ayo dipersiapkan, dipersiapkan, hihihihi :p

23. tephdoetz
    Claudia Harvienda December 15, 2010 at 2:28 pm

Crey … Seru sekali kalian bertiga. Ijin mencontek itinerarynya utk jln2 taon dpn yaaa

Baby EL lucu skali dgn senyuman yg sgt menikmati pelesirnya *kisses*

1. December 16, 2010 at 4:42 pm

aww, tengkyuu mama van cj, sok atuh dicontek dg senang hatii :))

24. siska.knoch
    Siska Knoch December 15, 2010 at 2:53 pm

Baby EL dan mama Crey hebaddd *pake-d* Seru banget baca ceritanya, itu muka baby EL juga exciting banget yaaa! ahh bener banget tuh soal tiket USS beli online, soalnya pas gue kesana hari senin, di ticketingnya jg ada tulisan sold out for today. Sekali lagi, congratzz ya darling.. *tium baby EL*

1. December 16, 2010 at 4:56 pm

tengkyuu mama el :) chikaa juga hebaddd abis liburan ber3 juga kan?? :) benerrr bgt, emang enakan beli online tiket2nya ya… *tium kakak el*

25. sukie
    Sukma Pertiwi December 15, 2010 at 3:18 pm

creeyyyy! seru banget ih! gue beneran bisa nyontek itinerary nya nih…:)
    TFS yaaa..next trip kemana ni jeng ? :)

1. December 17, 2010 at 10:24 am

sipp, sila dicontekkk jeng sukieee :)
      next trip tergantung mana yg promonya plg murmer ahahaha ;p

26. giemuth
    giemuth December 15, 2010 at 4:39 pm

creyyy…baru sempet tengok TUM lg,eh taunya lo menang undian ya crey,seruu bgt *jd ingin ^o^
    nanti nyontek tips2nya ya crey…hehe

1. December 17, 2010 at 10:26 am

haiii muth, iyaa hihihi… how lucky i am :)
      smoga berguna yaaa :)

27. MamaAlula
    Rina Aulia December 15, 2010 at 7:44 pm

baca timeline crey dan TUM di twitter waktu live broadcast pas jalan2 ajah seru banget…apalagi ada ulasan lengkap gini…uuughhhh… harus segera diwujudkan nih rencana jalan2nya!!!
    and El looks enjoying his trip very much! yayy!!

1. December 17, 2010 at 10:26 am

hii rin… iya makasih yaa :) yaayy!! ayooo segera diwujudkan *kompor* :D

28. sLesTa
    shinta lestari December 15, 2010 at 10:02 pm

yaaah ini baru bisa komen malem2.. udah banyak aja komennya! congrats again yah, crey.. and it was really nice to see you & family. baby El ganteeeenng banget! fotonya keren2 deh, el looked sooo happy..

sayang ketemuannya ga bisa lama2 yaa.. mana naia sakit, untung bisa ngobrol2 walopun bentar, tapi seruuuu!!

1. December 17, 2010 at 10:29 am

no, thank you… udah mau dateng padahal naia lagi sakit… iyaa, it was really nice to see and talk with you & family, tofan betah tuh ngobrol ama tante dan om ahahah…

29. December 15, 2010 at 10:40 pm

halah, tadinya mo komen subuh2 malah telat banget baru bisa komen jam begini (tos dulu, shin, huhuhu).

thank you ya crey udah mo jalan bareng. seruuuuu deh! aina seneng banget waktu itu. el bener2 bayi tauladan, hihihi. pinter, anteng, ga ngerepotin, senyum mulu, ganteng pulak. duh jadi kangen.

kapan2 hangout lagi ama elo, el & tofan yaaa!

1. December 17, 2010 at 10:31 am

no, thank youu, thall… seneng bgt bisa ketemuan ama founder2 TUM :D
      hihihi makasiihh tante binggi, yayy glad to know aina seneng juga :)
      iyaaa mauuu hangout bareng lagi :))

30. mulyssa
    mulyssa December 16, 2010 at 10:02 am

hi Crey..
    duh saya disebut2…jadi malu ni *blushing*..
    semoga kapan2 bisa ke Singapore lagi ya,TFS Crey :)

1. December 20, 2010 at 10:26 am

hi mbak siskaa…
      ahahaha, tengkyu banget ya mbak udah banyak bantu…
      amiinn… :D

31. December 16, 2010 at 10:44 am

makasiihhhh tante luciaaa, el seneng bangettt disana :) salam kenal balik dari el dan mamanya buat sasi dan tante lucia :)

32. lei
    Lady Fitriana December 17, 2010 at 12:54 am

ih telat deeeh gw baru sempet baca! seruuu..seneng uy baca ceritanya crey :D baby El juga keliatan hepi dan excitednya..senyumnya itu loh ceria banget!

1. December 17, 2010 at 10:32 am

hihihi, makasiiih leiii :D
      iya el super happy, semua orang disenyumin ama dia :))

33. gumzkiew
    gamma sinta rini December 17, 2010 at 8:39 am

eh,gw blm komen ya tnyt *prasaan udah* wuaa,foto2nya banyaakk.tampak seruuu skali,crey!gw sneng bgt liat tampang el, sumringah bgt,apalagi foto close up nyengir yg d stroller..*nowel2gemesss* :D

1. December 17, 2010 at 10:33 am

gaammm, iya seruuww sekalii :D aww, tengkyuuu tantee *el ketawa cekikikan ditowel2*

34. Dea
    Dea Ishak December 17, 2010 at 5:28 pm

seru ya crey! kalian bertiga beruntung bgt deh. Sg weather lg amat sangat bersahabat pas kalian ksana. Duh jd kangen si baby el. Senyumnya mauuut.

1. December 20, 2010 at 10:21 am

iyaaaa seru de :D dan iya thank God bgt weathernya bersahabat :D
      hihihii, makasiihhh anti de, ntar kalo ke jkt bilang2 yah…

35. Bonita
    bonita December 17, 2010 at 9:50 pm

seru banget crey dan baby el .. di ajak jalan jalan sama team tum lagi .. aku mau donk hehehe …. thanks for sharing foto foto liburan nya ..:)

1. December 20, 2010 at 10:43 am

hihihi iya seru banget :D sama2…

36. shinod
    Shinto Husnul Khotimah December 17, 2010 at 10:33 pm

Satu kata utk Mommy El, ENVY! *sambil memicingkan mata*
    Hihihi…seru sekaliii tripnya!
    Oya mau tanya, Taufan itu siapa? @_@

1. December 20, 2010 at 10:44 am

hahahha… tenang, shin, mari kita berdoa bersama biar ke depannya banyak acara kaya gini :D
      Tofan tuh suamiku dan merangkap tukang poto :)

37. Kavi
    Kavita Rezi December 19, 2010 at 5:44 am

Duh kangen banget jalan2 di Singapore, been a long long time ago. Sejak punya anak belum pernah travelling lagi! Hiks..
    Ahh wait for our family next year! hohoho..
    Thanks for sharing ya Mommy El! :)

1. December 20, 2010 at 10:45 am

sama2 mom..
      ayooo ayoo semoga next year terealisasi yaa family tripnya :)

38. mother_of_two_angels
    Navita Kristi Astuti December 19, 2010 at 11:17 pm

Duuh asyiknya jalan-jalan, mommy, daddy dan baby El.
    *belum kebayang kalo bawa dua anakku travelling*

1. December 20, 2010 at 10:53 am

asyiikk bangett bangettt lhoo *manasin* hihihi…
      ayoo jangan dibayangin makanya, langsung hajar tp ya dengan survey dan plan yg ok ya :)

39. bunda zikra
    Evy Safitri December 20, 2010 at 5:17 pm

halo mama crey, salam kenal ya:) informative sekali tulisannya. enak dibaca dan dilihat karna foto2nya keren2 banget:)
    baca ini jadi pengen liburan keluarga juga. tapi pengen tau nih, ribet gak nyiapin makanannya el? seneng ya kalo anak tetep lahap waktu lagi jalan2. semoga nanti ada kesempatan jalan2 kaya baby el dan mamanya:)

1. December 20, 2010 at 6:33 pm

halo mama evy, salam kenal juga yaa :)
      makasihh, vy… soal makanan, malem sebelum brangkat, gw siapin makanan el buat hari pertama kita disana… hari kedua dan ketiga pake makanan instan :p
      iya seneng pas hari kedua el lahap, rada surprise jg soalnya makanan instan kan…
      smoga yaaa bisa secepatnya jalan2 ama keluarga :)

40. hna
    Hana Hutabarat January 29, 2011 at 10:08 pm

hi,Crey…adiknya Yano,yaaa….wow, seru banget kisahnya…selamat ya jadi pemenang TUM’s challenge…ceritanya seru, cuma yg bikin saya pay attention ini : barusan saya,si kecil (16 bln) n suami jg liburan tahun baruan selama 4 hari dr tgl.29 des 2010 – 2 jan 2011, nginep di IBIS Bencoolen jg (sepakat ama Crey soal bersih n nyamannya), cuma nanti setelah baca notenya Crey baru tau klo ada fasilitas baby cot dihotel itu…hiks…..
    but anyway, thanx for info, dear, salam buat Yano n keluarga, serta papa-mamamu