Mandiri Daycare

Shinta_daniel

Sejak tahun lalu, kantor tempat saya bekerja menyediakan fasilitas daycare sementara yang buka seminggu sebelum libur lebaran dan berlangsung sampai tanggal 15 Agustus 2014. Semua karyawan bisa menitipkan anak-anak mereka (usia 2 – 5 tahun) saat pengasuh atau ART pulang kampung sementara orangtua tetap harus masuk kerja. Fasilitas ini disediakan gratis oleh kantor kami.

Mandiri Daycare diselengarakan bekerjasama dengan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang menyediakan sarana dan prasarana di daycare sekaligus bertugas sebagai caretaker. Daycare ini dibangun secara temporer di salah satu ruang kerja di gedung Plaza Mandiri. Dihias dengan balon-balon, stiker, signage berwarna-warni sehingga suasananya meriah dan menarik bagi anak-anak seperti layaknya di daycare. 

Sebelumnya, para karyawan yang hendak menitipkan anak mereka harus mendaftar terlebih dahulu. Mereka harus mengisi formulir pendaftaran berikut pertanyaan-pertanyaan seputar tumbuh kembang dan kegiatan sehari-hari anaknya yang akan dititipkan di daycare, misalnya nama, usia, jenis kelamin, anak ke berapa, informasi tentang makanan/minuman/susu yang biasa dikonsumsi, punya penyakit atau alergi tertentu, dan lain-lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan anak dan mengantisipasi jumlah caretaker yang disediakan supaya cukup memadai untuk menjaga anak-anak yang ada di daycare.

Fasilitas yang disediakan antara lain loker penyimpanan sepatu dan tas, meja kursi untuk berkegiatan, playground, aktivitas belajar sambil bermain berikut dengan jadwal kegiatan harian. Disediakan pula ruang tidur anak yang menggunakan sebagian dari ruang laktasi.

Selama di daycare, anak juga diajari untuk mandiri. Karyawan yang menitipkan anaknya tidak diperkenankan bertemu atau menelepon selama anak dititipkan di daycare kecuali dalam kondisi khusus atau urgent. Hal ini untuk mengantisipasi supaya anak tidak selalu mencari-cari atau sampai mengganggu orangtuanya yang sedang bekerja. Jadi kalau ada yang kangen ingin melihat kondisi anaknya di jam istirahat, biasanya secara sembunyi-sembunyi mengamati dari balik sekat agar tidak kelihatan anaknya. Suatu kali saya pernah lihat salah satu anak sedang diantar caretaker ke toilet dan si anak menangis mencari ibunya. Caretaker pun dengan sabar dan telaten mengajak si anak mengobrol dan mengalihkan perhatian ke kegiatan lain sehingga anak lupa kalau tadi mencari ibunya. 

Tahun ini saya tidak memanfaatkan fasilitas daycare gratis ini karena kebetulan saya mengambil cuti dan ada Eyang yang ikut membantu menjaga Baron. Namun teman-teman saya yang memanfaatkannya merasa sangat senang dan terbantu dengan keberadaan daycare sementara ini, sehingga tidak perlu bingung dan repot saat ART mudik lebaran. Saya berharap agar ke depannya fasilitas ini tidak hanya ada sementara, melainkan terus ada sepanjang tahun, sehingga para karyawan yang punya anak bisa lebih konsentrasi saat bekerja dan tidak repot dengan urusan ART atau pengasuh anak. Semoga ini juga bisa menginspirasi kantor-kantor lain ya urban mama!

17 Comments

  1. ipeh
    Musdalifa Anas August 26, 2014 at 7:58 am

    ini seperti sekoh Lana, nama & logo-nya juga sama Labschool, sekolah dan daycare berbasis pendidikan karakter. Asik banget ya fasilitasnya, ikut mengamini doa mama Shinta, semoga next Mandiri Daycare ini ada lagi :)

  2. rere gemini
    rere gemini August 26, 2014 at 9:40 am

    Keren ih kantornya mama shinta, bisa ngadain daycare sementara seperti ini. Semoga bisa ditiru oleh kantor-kantor yang lain ya, amiiin :)

  3. siska.knoch
    Siska Knoch August 26, 2014 at 11:20 am

    cuma satu kata komennya! JUARA!!
    keren banget programnya :))

  4. febriandina
    febriandina August 26, 2014 at 11:41 am

    wahhh salut banget deh sama mandiri.. udah punya ruang laktasi yang bagus banget, ada fasilitas daycare pula selama seminggu sebelum lebaran-setelah lebaran.. SALUT!

    Semoga kantor lain juga tergerak bikin hal-hal kayak gini ya.. *batuk2 ke kantor*

  5. Kira Kara
    Bunda Wiwit August 26, 2014 at 12:49 pm

    KEREN!! Seneng ya kalau kantor tempat bekerja support banget sama ibu. Konsen kerjanya, karyawannya juga bisa lebih produktif. Amin… Semoga bisa menular ke kantor-kantor yang lain…

  6. hananafajar
    hanana fajar August 26, 2014 at 2:23 pm

    keren banget Mandiri bisa ada daycarenya…berharap nanti di kantor/gedung kantor disini bisa ada kaya gitu juga:)

  7. Mrs. Kiki
    Etta Novretta August 26, 2014 at 3:08 pm

    Setiap baca ada fasilitas begini, terus ruang laktasi kantor, kok gw terharu ya….seneng bgt bacanya. Mudah-mudahan kantor gw terinspirasi bikin hal serupa, walaupun pasti masih kerenan yang ini…hihi…

  8. cindy
    cindy vania August 26, 2014 at 8:45 pm

    keren bangeet ini.. jelas banget yaa programnya apa aja..

    Tempat tidurnya warna warni dan keliatan nyaman..Kereenn *kasih dua jempol*

  9. thalia
    thalia kamarga August 26, 2014 at 11:40 pm

    wah, keren banget ini… sangat support keluarga ya…

  10. riscamomlifa
    riscamomlifa August 27, 2014 at 12:00 pm

    kereeeeennnnn.. asik bgt kantor memfasilitasi kya gni,, ga kaya kantorku hiks,, jempol deh kantormu mb,,

  11. ranieindri
    ranieindri August 27, 2014 at 12:59 pm

    Salut banget untuk kantor Mandiri! semoga makin banyak kantor yang lebih care sama ruang laktasi dan daycare seperti ini yaa

  12. lia_hari
    liah lestari August 27, 2014 at 3:50 pm

    mungkin bisa sebagai alternatif..soalnya pengalaman saya pernah menjadi waiting list di labschool…

  13. bunda_rizma
    bunda_rizma August 28, 2014 at 8:06 am

    Wah keren nih ada fasilitas daycare sementara di kantor. Tau aja kebutuhan pra&pasca lebaran…

  14. rainiw
    Aini Hanafiah August 28, 2014 at 5:11 pm

    Serius, keren banget kantor sampai memfasilitasi temporary daycare ini, sangat mendukung keluarga ya :D

  15. yennisant
    yennisant August 29, 2014 at 7:52 am

    kantornya oke banget mba…peduli sama keperluan karyawannya
    berharap suatu hari kantorku juga punya inisiatif keren spt ini

  16. eka
    Eka Wulandari Gobel August 31, 2014 at 10:03 pm

    seneng yaa shin, sekarang makin banyak kantor yang mendukung keluarga seperti ini. bekerja juga jadi lebih tenang karena anak-anak bisa diawasi. keren deh, programnya! semoga bisa dicontoh oleh kantor2 yang lain juga!

  17. astrida
    astrida September 4, 2015 at 2:48 pm

    Seandainya..di kantorku juga ada daycare..pasti kerja jadi lebih tenang..semoga gedung2 perkantoran lainnya punya fasilitas yang sama

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.