Memilih Car Seat yang Tepat

ipeh

Salah satu perlengkapan bayi yang menjadi prioritas saya saat hamil anak kedua ini adalah car seat. Menurut saya, car seat itu penting agar anak terbiasa duduk tenang di dalam mobil, tidak mengganggu konsentrasi pengemudi, dan keamanannya terjaga. Saya ingin anak kedua kami terbiasa duduk di car seat, agar ia tahu bahwa di mobil itu harus duduk tenang. Sebelumnya saat Lana masih bayi, kami menyewa car seat, karena dulu kami belum paham benar betapa pentingnya car seat. Ternyata lama-kelamaan Lana terbiasa duduk di car seat dan akhirnya kami membeli juga. Jadi saya dan suami sudah memutuskan untuk membeli car seat yang tepat dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama bagi bayi kedua kami.

Dulu saya tidak banyak browsing sebelum menyewa car seat dan saya menuruti saja saran orang yang menyewakannya. Sekarang saya sudah membaca-baca review car seat di sini dan di sini. Dengan mempertimbangkan keamanan, kenyamanan, serta budget, kami memutuskan untuk membeli car seat yang termasuk kelompok 0-1, yang merupakan tipe kombinasi. Bisa dipakai dari bayi baru lahir sampai berat badannya mencapai 18 kg atau sekitar umur 4 tahun.

Saat iseng sedang berjalan-jalan, saya sempat mampir ke Mothercare dan melihat-lihat car seat kelompok 0-1 yang ada di sana. Salah satu car seat incaran saya adalah Mothercare Madrid. Menurut saya, keunggulan Mothercare Madrid adalah:

  • Bisa digunakan hadap belakang untuk bayi baru lahir sampai BB 9 kg dan hadap depan untuk setelah BB mencapai 9 kg sampai 18 kg.
  • Kira-kira bisa digunakan sampai anak berusia 18 kg atau sekitar umur 4 tahun.
  • Ada 5 posisi recline, dengan 5-point harness.
  • Ada sayap samping yang lebar dan bantalan body support untuk bayi, dengan bantalan kepala, serta pads pada dada dan buckle untuk kenyamanan.
  • Covernya juga bisa dilepas dan dicuci dengan mudah.
  • Dijamin dengan dua tahun garansi.

Mothercare Madrid, tampak nyaman dan empuk, semoga bayi saya juga akan nyaman duduk di car seat ini.

Berikut ini ada panduan membeli car seat yang saya dapatkan dari Mothercare:

Beberapa tip untuk memilih car seat yang tepat:

  • Ikuti panduan pembelian car seat, pemakaian car seat tergantung pada berat dan tinggi badan anak, jadi tidak hanya berdasarkan umurnya saja. Timbanglah anak sebelum pergi membeli car seat.
  • Ajak anak saat membeli car seat, mintalah agar anak mencoba duduk dan pasang seat belt seperti di mobil. Biasanya di Mothercare tersedia fasilitas untuk mencoba car seat. Mothercare ternyata juga memiliki beberapa staf ahli yang dapat membantu memilih car seat.
  • Cobalah beberapa macam car seat, pilih yang paling nyaman dan sesuai budget.
  • Jangan lupa mencoba memasang car seat di mobil, karena bentuk dan model mobil bisa mempengaruhi kenyamanan dan keamanan.

Semoga tip-tip ini bisa berguna bagi Urban Mama Papa yang ingin mencari car seat bagi si kecil.

15 Comments

  1. ninit
    ninit yunita November 20, 2012 at 6:06 am

    bener banget peh. car seat penting. waktu sebelum alde lahir juga gw udah beli car seat di mothercare dan terus dibiasakan supaya anak2 pake car seat.

    gw suka banget kalo beli car seat di mothercare soalnya shop assistant-nya ngerti banget dan sabar.

    selamat cari2 car seat ya peh :) semoga jadi beli mothercare madrid.

  2. ifa
    ifa November 20, 2012 at 6:26 am

    wah ipeh congrats y buat kehamilan keduanya :) iya bnr bgt kerasa klo carseat penting, aku jg agak telat waktu irsyad mulai pake tp kerasa bgt manfaatnya.. Tfs

  3. otty
    Pangastuti Sri Handayani November 20, 2012 at 9:36 am

    Waa dulu gue ga ngeh ada car seat buying guide jadi harus browsing2 sendiri, padahal dengan chart itu ngebantu banget.

    Setuju kalo car seat itu penting dan harus dibiasain make sejak kecil.

  4. sondang
    Sondang November 20, 2012 at 10:01 am

    sama Peh, dulu pas anak pertama nyadar carseat tapi nggak ngeh kalau buat cari yg aman. Setelah anak ke-2 dan ke-3 baru tercerahkan.Ngaruh banget apalagi kalo pergi sendiri sama anak, mereka jauh lebih aman dan nyaman, kitanya juga tenang

  5. gabriella
    Gabriella Felicia November 20, 2012 at 10:13 am

    wah bener banget nih… pilih2 car seat mesti yg tepat sesuai umur. Senang deh beli car seat d mothercare… stafnya helpful bgt dan product knowledgenya oke.

  6. ninit
    ninit yunita November 20, 2012 at 10:32 am

    ifa jg lagi nyari2 car seat yaaa buat adiknya irsyad :)

  7. Tickzie
    Mustika Kusumaningtyas November 20, 2012 at 1:30 pm

    nnaahh.. carseat lagi jadi pembahasan sama suami ni. Raka alhamdulillah pake carseat dari lahir, semua carseat pinjeman..hehhe.. jadi ada 2 carseat ( buat baby dan toddler ) yang muter di temen2. Jadi dipake gantian.
    Agak pengen beli sendiri buat calon adeknya Raka ini, yang bisa dari bayi sampe agak gedean.
    Yang masih jadi diskusi adalah.. jadi kalo pergi naik mobil.. akan ada 2 carseat ya di kursi tengah? bapak ibu duduk dimana? si ncus? hehheh..
    wajib ke mothercare ni kayaknya

  8. ipeh
    Musdalifa Anas November 20, 2012 at 1:39 pm

    iyanih teh naksir dengan carseat madrid ini, semoga jodoh ya nanti :)

  9. eka
    Eka Wulandari Gobel November 21, 2012 at 7:24 am

    carseat dari mothercare emang bagus2 ya modelnya, suka :) sama kayak otty, dulu gak ngeh kalau ada buying guidenya. TFS ya, bunda ipeh :)

  10. bundaliffa
    liana kirana November 21, 2012 at 12:22 pm

    pas banget nih.. dulu beli carsear karena suami yang pengen ;p sekarang lg cari carsear juga berhubung udah ga betah di infant carseat, jadi mau cari yg duduk tegak he,,

    tfs bunda ipeh hi ada buying guide nya

  11. ipeh
    Musdalifa Anas November 21, 2012 at 2:35 pm

    Semoga bermanfaat ya mamas tips dan buying guide-nya :)

  12. ilzie
    ica iLzie November 21, 2012 at 10:17 pm

    kaya carseat alandra, warna pink ^_^

  13. sLesTa
    shinta lestari November 22, 2012 at 10:53 am

    wah chart nya berguna banget nih peh! gue baru aja beli car seat baru, tapi untuk naia sih, karena dia udah transfer pake booster seat. car seat yang lama udah bisa dipake nei. tapi car seat mothercare madrid ini tampak nyaman dan enak banget yaa bentuknyaa!!

  14. ipeh
    Musdalifa Anas November 22, 2012 at 12:48 pm

    naksir banget Madrid yang ini Mama Shinta, mana lagi diskon 20%. *nabung-nabung* ;D

  15. lily fcmdw
    lily fcmdw November 26, 2012 at 9:12 pm

    salam kenal moms, lagi pilih2 carseat yang adjustable ama stroller nih moms,mudah2ah bisa beli karna budgetnya juga jadi double yah…. :-P

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.