Mengapa Daycare?

dieta hadi

Bagi sebagian orang mungkin tidak terbiasa dengan istilah daycare apalagi mempercayakan anak ke daycare. Di Indonesia, konsep daycare bisa dibilang baru, orangtua pada umumnya lebih memilih menitipkan anak mereka ke nenek-kakek, saudara lain atau asisten rumah tangga dibandingkan menitipkan di daycare. Sekarang daycare mulai banyak muncul, terutama di kota-kota besar Indonesia. Ada daycare yang dibarengi dengan playgroup atau TK, tetapi tidak sedikit juga yang hanya menawarkan konsep daycare saja.

Sebenernya tidak ada yang salah dengan menitipkan anak ke nenek-kakeknya selama memang orangtua kita bisa dan masih mampu, tetapi bagaimana jika orangtua kita jauh dan tidak memungkinkan kita untuk menitipkan anak? Kebanyakan orangtua biasanya mencari asisten rumah tangga untuk membantu mereka mengawasi anak selama mereka bekerja. Sayangnya tidak semua asisten rumah tangga sesuai dengan harapan. Bisa jadi ada saja hal yang membuat tidak nyaman atau mereka sendiri yang tidak nyaman sehingga kita terpaksa mencari asisten rumah tangga lain. Proses yang menyita waktu dan perhatian ya, Urbanmama. Kalau sudah begini, pilihan terakhir jatuh ke daycare. Memang, jangka waktu anak selama berada di daycare kurang fleksibel dibandingkan anak di rumah bersama asisten rumah tangga.

Saat perayaan ulang tahun Mika di daycare

Saya pribadi cenderung memilih daycare dibandingkan dua alternatif  lain di atas. Menitipkan anak ke nenek-kakeknya bagi saya memang tidak bisa karena orang tua masih bekerja sedangkan mertua sudah sepuh. Opsi menitipkan anak ke asisten rumah tangga juga sudah dicoret karena tidak semua asisten rumah tangga mampu mengawasi sekaligus mengasuh anak kecil. Mungkin bisa dipercaya penuh untuk membantu urusan merawat rumah, tetapi bagaimana dengan mengawasi anak kecil?

Daycare lebih mengerti kebutuhan orangtua, bukan hanya sebagai tempat penitipan anak saja tetapi juga mengajak anak bermain dan belajar. Daycare juga dijalankan oleh staf-staf yang berpengalaman menangani anak. Tentunya sebelum menitipkan anak di daycare, sudah pasti sebagai orang tua harus pintar memilih daycare yang cocok dengan kebutuhan anak dan kita sendiri sebagai orangtua. Dari segi biaya yang dibutuhkan, daycare memang relatif lebih mahal dibanding menggaji asisten rumah tangga, tetapi ini wajar mengingat daycare sendiri dijalankan oleh staf-staf yang punya pengalaman dalam pendidikan anak usia dini. Meski daycare tidak se-fleksibel menitipkan anak pada asisten rumah tangga di rumah, tidak sedikit daycare yang memberikan tambahan waktu bagi orangtua yang telat menjemput anaknya dan ini sebenarnya sudah cukup membantu bagi orangtua.

Jika ingin menitipkan anak di daycare, bisa dimulai dengan survei daycare. Mencari tahu konsep yang ditawarkan apakah sesuai dengan yang kebutuhan kita sebagai orang tua & memahami konsep yang ditawarkan oleh daycare agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya uji-coba atau trial terlebih, biasanya 1-3 hari di daycare anak sudah akan terbiasa dengan tempat baru. Ini perlu karena setiap anak punya pendekatan yang berbeda-beda. Selama trial dilakukan, lebih baik orang tua mengamati anak di kelasnya dari luar.  Saya yakin, apapun yang kita pilih dan lakukan adalah yang terbaik untuk anak kita. Jadi, silahkan memilih.

14 Comments

  1. hananafajar
    hanana fajar April 10, 2014 at 8:32 am

    nice info mba buat yang anak-anaknya ga bisa dititipin ke ortu atau belum dapet ART yang bisa dipercaya..

  2. LianaMaruthi
    LianaMaruthi April 10, 2014 at 4:41 pm

    Hal2 penting apa sih yang harus di tanyakan ke Day care sebelum kita menitipkan anak kita?

  3. dikavally
    andika fitria putra huza April 10, 2014 at 8:33 pm

    Wah..mama mika anakku jg di daycare ‘Q’ ini lohh..

  4. ZataLigouw
    Zata Ligouw April 11, 2014 at 6:25 am

    makasihh ulasannya dieta. Gw blm pernah nitipin anak2 di daycare, tapi ulasan di atas bener2 masukan yang berharga buat gw dan pasti mama2 lainnya..

  5. DeviZ
    Devi Zulkarnain April 11, 2014 at 8:32 am

    Karena emang jauh dari ortu-mertua, opsi daycare menjadi pilihan terbaik untukku kelak. Lahiran masih agustus, tp nanya2 daycare udh dari sekarang dan postingan ini bikin tambah sreg pake daycare. TFS mama:)

  6. dieta hadi
    agwina dieta April 11, 2014 at 9:47 am

    terimkasih juga semuanya, semoga bisa menjadi pilihan alternatif yang memadai bagi urban mama semua

  7. joane3005
    joane3005 April 13, 2014 at 5:52 am

    pengen daycare .. tapi suami ragu … takut banyak penyakit beredar katanya…

  8. ini_chika
    siska soenarjo April 16, 2014 at 11:07 am

    aq juga rencana masukin anakku ke daycare. ada info daycare daerah kebun jeruk, jakarta barat ^^

  9. mama carlo
    mama carlo April 17, 2014 at 8:51 am

    tepat setelah carlo 1 tahun. sy titipkan carlo ke daycare namas di tebet. dan hasilnya..carlo happy. banyak teman baru. bisa bersosialisasi dengan teman2 sebayanya. bermain bersama. dan sy pun ga sedih ninggalin dia di daycare. menu makanannya bervariasi. daycare ny sendiri juga sudah mencakup preschool. so no need to worry. jd while carlo di daycare..mama ny bisa kerja dengan tenang. jd ga usa khawatir titip anak di daycare. pesan sy, carilah daycare yg hommy . kenapa hommy, krn daycare itu adalah 2nd home for our children.

  10. crayola
    zakia nurdini April 17, 2014 at 9:27 am

    saya jg sudah kurang lebih 1 thn menitipkan anak di daycare. anak happy bahkan sedih kalo harus izin karena sakit. disana juga diajarkan banyak hal, dan anak cenderung lebih mandiri. kekurangan di daycare hanya virus yang pingpong saja, jadi anak batuk pilek sering sekali. Ya selalu ada resiko di setiap pilihan.

  11. bububaim
    bububaim April 17, 2014 at 3:12 pm

    makasih artikelnya mommy agwina dieta..

    saat ini Baim (20bln)dah hampir 3 bulan di daycare.. so far hasilnya baik bgtss.. mudah bersosialisai, bertambah byk kosa kata barunya, mandiri (makan sendiri, simpan sepatu di rak sendiri), banyak dehh.. kegiatannya jg ada belajar di preschool.. untuk tau kegiatannya sehari-hari di daycare jg bisa liat lgsg di cctv yg terhubung lgsg dg smartphone.. lbh tenang rasanya nitip baim disini.. setuju dengan mama carlo: no need to worry n pilih daycare yang hommy :)

    mommy siska soenarjo.. anaknya umur brp ya? kalau di atas 8 bulan, bisa dicoba di cadenza anima: Jl.Madrasah I No, 6
    Sukabumi Utara, Jakarta Barat (dekat pemadam kebakaran kebayoran lama). Baim dulu sempet dc disini sebulan tp krn sy pindah ktr, jd pindah ke dc lain. Cadenza Anima ini di rumah n pk bhs pengantarnya bhs inggris. semoga membantu ya.. :)

  12. fifie
    fifie April 22, 2014 at 10:35 pm

    Ada daycare di Surabaya Selatan , namanya Dian’s Daycare di kendangsari lebar no :11A, bagus, bersih dan ada pembelajarannya…snack dan makan siang.

  13. miwa
    miwa April 24, 2014 at 8:47 am

    anak q baru umur 8bln,sy tinggal daerah cilandak.ada yg tau daycare yg dekat dgn daerah cilandak??

  14. dini_darwin
    dini_darwin January 15, 2015 at 7:09 pm

    Ada daycare di daerah tangerang yaitu HANIFA DAYCARE webnya http://www.hanifa.org
    Daycare ini bersebelahan juga dengan TK HANIFA, di hari-hari tertentu anak-anak daycarenya punya jadwal untuk masuk ke sentra pembelajaran seperti di TK, di daycare ini juga banyak aktivitas yang mengembangkan potensi anak.. memang ada plus minus ketika memasukkan anak ke daycare, tapi so far buatku daycare emang jadi alternatif terbaik dibanding yang lain..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.