Menjaga Kualitas Udara dalam Rumah

siska.knoch

Sejak Migu kecil saya berusaha menerapkan RUM pada keluarga kami. Artinya kalau tiba-tiba ada yang sakit, akan saya pantau dulu kondisinya dan akan dibawa ke dokter untuk berkonsultasi perawatan apa yang harus dilakukan. Hal yang sama juga saya terapkan saat Vino lahir. Salah satu dokter pernah menyarankan agar saya menjaga kualitas udara di dalam rumah dan khususnya di dalam kamar. Polusi udara dalam ruangan ini biasanya disebabkan oleh bahan kimia yang ada pada furnitur, bau masakan, atau bahkan dari tubuh manusia sendiri. Sayangnya karena kami tinggal di Jakarta yang kualitas udaranya kurang baik, jadi membuka jendela lebar-lebar agar udara di dalam rumah berganti dan sirkulasi udara justru malah mengotori rumah dengan kuman dan polusi udara dari luar.

Kami lalu memutuskan untuk memasang alat penyaring udara (air purifier) dan pelembap udara (air humidifier) dari DuuxKedua alat ini memiliki kegunaan dan cara kerja masing-masing, sehingga keberadaannya di rumah akan saling melengkapi untuk meningkatkan kualitas udara dalam rumah. Pelembap udara atau air humidifier adalah alat untuk menyemprotkan uap air ke udara agar bisa mengikat bakteri dan virus serta menyeimbangkan kelembapan pada ruangan yang udaranya kering atau ruangan ber-AC. Saya memasang air humidifier di kamar tidur yang ber-AC. Karena air humidifier bisa digunakan dengan fungsi aromaterapi juga, saya pakaikan aromaterapi dengan wangi mentol yang segar. Ternyata selain mencegah risiko kulit kering, air humidifier ini sangat membantu melegakan pernapasan saat Vino flu.

Sementara itu saya juga memasang penyaring udara (air purifier) yang bekerja dengan cara mengisap udara sekitar dan menyalurkan kembali udara yang lebih bersih dan aman. Di dalam air purifier ini terdapat filter yang bisa menangkap virus, bakteri, dan partikel buruk di udara. Selain air humidifiernya, air purifier duux juga bisa menggunakan aromaterapi. Bedanya kalau air humidifier diteteskan ke wadah air, kalau yang ini diteteskan ke sponge. Saya memasang satu air humidifier di setiap kamar dan dua air purifier di ruang keluarga tempat anak-anak bermain dan beraktivitas bersama, karena memang pada dasarnya kapasitas Duux diperuntukkan untuk ruangan sebesar kamar tidur (kira-kira 25 m2). Dengan begitu, saya juga dapat menggunakan aromaterapi yang wanginya berbeda-beda sesuai dengan selera.

Ternyata memang terlihat bedanya setelah pemasangan air purifier dan air humidifier ini. Saya jadi jarang bersin-bersin yang selama ini saya kira karena alergi. Udara di dalam rumah jadi lebih segar, dan yang paling penting, anak-anak jadi jarang terserang flu. Urban mama tertarik dengan produk Duux? Produk Duux bisa didapatkan di sini, ataupun di toko-toko bayi terdekat.

20 Comments

  1. ipeh
    Musdalifa Anas October 9, 2014 at 6:01 am

    Lucu banget bentuknya jamur. Mmm boleh juga nih, soalnya Yoona sering banget kena batuk pilek :(
    tfs ya chik

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit October 9, 2014 at 9:29 am

    aaaahhh… ini sepertinya cocok nih.. Kita sekeluarga sama-sama alergi dan sensi sama debu. Mungkin juga bisa membantu mengurangi bersin-bersin di pagi hari… TFS mommyluv!

  3. eka
    Eka Wulandari Gobel October 9, 2014 at 10:11 am

    aih lucu banget bentuknya :) selama ini pake yang modelnya standar aja, blm tau ada duux yg modelnya lucu ini.
    tfs ya chika, mau cari juga ah untuk di kamar anak-anak.

  4. ninit
    ninit yunita October 9, 2014 at 10:25 am

    wah baru tau air purifier bisa sekaligus buat aromaterapi! asik bangettt! pas banget lagi nyari nih. thanks yaa chika atas rekomendasinya.

  5. mitsa
    mitsa October 9, 2014 at 12:33 pm

    Hmmm cucok buat bapake nih n anak2… tq infonya mom…

  6. sLesTa
    shinta lestari October 9, 2014 at 1:44 pm

    di singapur pentiiingg banget nih pake air purifier, apalagi kalo haze datang… soalnya kalo gak mulai deh pada batuk2 semua huhuhu.. seru ya kalo bisa dipake aromaterapi juga. jadi sekalian untuk purify udara, juga bikin wangiii..

  7. mamadino
    Angie Renata October 9, 2014 at 4:43 pm

    Di Bandung juga sama Chikaa, udaranya udah ngga sebersih dulu. Apalagi di rumah juga banyak yang alergi, penting niiih pasang air purifier! tfs yaa :)

  8. gabriella
    Gabriella Felicia October 9, 2014 at 9:55 pm

    Wah jadi tertarik pasang air purifier nih… soalnya di rumah pada sering bersin2 tanpa sebab yang jelas…

  9. ZataLigouw
    Zata Ligouw October 10, 2014 at 10:41 am

    sama nih La, jadi tertarik juga punya air purifier di rumah karena si kaka dan ayahnya sering bersin2..

    thanks infonya ya Chikaaa..

  10. cindy
    cindy vania October 10, 2014 at 1:59 pm

    lucu ya bentuknya..
    gue jadi tertarik buat punya nih,soalnya gue dan anak #1 alergi debu dan rajin banget bersin2 *huhu*
    ceki2 aahh..

    tfs mommyluv :*

  11. udhien
    Mohammad Syafiuddin October 10, 2014 at 4:01 pm

    manfaatnya berasa, design-nya keren

  12. siska.knoch
    Siska Knoch October 11, 2014 at 10:15 am

    Makasi buat semua komennya urban mama, dan satu urban papa hehehe
    iya gue happy but dengan hasilnya! recommended!!
    Semoga semua awet sehat yaaa :))

  13. iprytz
    Pryta Aditama October 13, 2014 at 10:02 pm

    aaahh..aku sempet ngeceng Duux yang bulet putih ituu.. ♥
    semoga Migu n Vino sehat terus yaaa.. mama papanya jugaa.. hehee..

  14. Vivien
    Vivien October 14, 2014 at 12:22 pm

    Saya tinggal di Palembang nih, dan lagi kabut asap parah sampai masuk rumah juga. Menurut mamas, efektif kah penggunaan air purifier tuk minimalisir kejahatan asap? Thank u…

  15. yardian
    yardian October 15, 2014 at 9:03 am

    waa lucu bentuknyaaa dan fungsinya toopp, bikin naksir deh iniii!
    Gue sekeluarga juga bener2 berasa sekarang jarang batpil dan kalopun batpil, kelarnya lebih cepet dengan pake purifier dan humidifier ini dicampur essential oils .

  16. elzahra
    elzahra October 15, 2014 at 11:06 am

    lucu ya bentuknya…..gaya hidup baru ya pakai penyaring dan pelembab udara, perlu dicoba….

  17. mama_Nara
    mama Nara October 15, 2014 at 2:22 pm

    mbak siska, apakah alat ini pakai remote atau ada system mati otomatis jika air habis (air humidifier) ? trus lampunya pakai bohlam atau apa yah ? jadi mungkin ada sparepart lampu yang bisa beli terpisah, seperti sparepart filter di air purifier ? maaf kebayakan nanya :)

  18. offira
    Offira Tampubolon October 15, 2014 at 8:19 pm

    Aku udah pake.. Si jamur merah sama yg putih, buat kamar n ruang tengah, udara emang jadi segar banget, dan udara ac jadi ga kering lagi. Hidung aku suka sakit kalo pakai ac terlalu lama, karna udaranya jadi kering, semenjak pake si duux humidifier ini jadi enak banget..
    Duux pake sistem shutdown otomatis, kalau air abis otomatis mati, kalau yg putih dia ada timernya, bisa 1, 2 atau 3 jam.. Kalau masalah lampunya mungkin harus langsung di tanyakan ke duux nya langsung kali ya..

  19. Mama Taruli
    Mama Taruli December 8, 2014 at 12:18 am

    baby ku sering bersin2 mom, dan suka tiba2 garuk2 hidungnya pas lagi bobok. apa karna udara yaa?

    awalnya aku kirain karna detergen baby nya, sudah beralih tapi tetep suka garuk2 hidung gak nyaman githu. hhmmm, berarti udara kali ya mom?

    thanks a lot for sharing ya mom. :)

  20. everly
    everly April 5, 2015 at 8:14 am

    aku udah beli, yg bikin bingung takaran utk aromaterapi nya brp tetes ya? udah dksh 30 tetes itu jg awal2 doang wangi,, ga lama wanginya uda ilang.. nah klo gitu misal diisi menthol, mana bs buat legain pernafasan secara aromanya udah ga kecium…

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.