Minum Susu yang Banyak Ya, Kambing!

Begitu komentar Bradhna (3 tahun) saat memberikan botol susu pada kambing-kambing di Kuntum Farm Field, Tajur, Bogor pada Minggu, 24 November lalu. Wajahnya terlihat sangat excited saat melihat binatang-binatang di sana.

Beberapa waktu lalu kami membaca kalau ada beberapa tempat wisata berupa peternakan yang letaknya tidak jauh dari rumah. Kelelahan kerja karena setiap Senin sampai Jumat harus pulang pergi Jakarta - Depok serta bosan menghabiskan waktu akhir pekan di mal, membuat kami segera saja memutuskan langsung menuju ke Kuntum Farm Field untuk menghabiskan akhir pekan. Hanya butuh waktu 45 menit saja dari rumah, kami pun sampai. Kami membeli 4 tiket seharga Rp20.000,- untuk Bradhna, Papa, Mama, dan Oma. Kami cukup beruntung bisa bertemu Ibu Pengelola Kuntum Farm Field yang sangat ramah, bahkan Bradhna langsung bersedia untuk foto bersama. Karena sudah kami sounding, Bradhna langsung bertanya ke Ibu Pengelola, "Mana kambing? Aku mau kasih susu untuk kambing".

Di bagian pemeriksaan tiket, kami dipinjami topi petani agar tidak kepanasan saat mengelilingi peternakan. Tempat pertama yang kami temui di peternakan adalah kandang kambing. Tempatnya bersih dan terawat. Ada kandang anak kambing juga. Kita bisa membeli sebotol susu untuk diberikan kepada kambing seharga Rp5.000,- per botol. Wajah Bradhna berseri-seri bisa memberikan susu kepada kambing, sambil berlari ke setiap kandang dan menyapa "Hai, Kambing!" karena terlalu senang dapat berada sedekat itu dengan kambing.

Kandang selanjutnya adalah kandang kelinci. Kandangnya bersih dan kita juga bisa memberikan makanan untuk kelinci. Harga makanan sebakul Rp5.000,- berisi sayur-sayuran seperti kangkung dan wortel. Kami masuk ke kandang dan memberikan makanan langsung serta menyuapi kelinci. Kelinci-kelinci ini pun tampak sangat terbiasa dikunjungi sehingga mudah didekati.

Puas bermain bersama kelinci, kami mengunjungi kandang sapi. Kita pun bisa memberikan makanan untuk sapi. Sekali lagi kami sangat terkesan dengan kandang-kandang dan lingkungan yang bersih. Hewan-hewan juga bersih dan terawat sehingga kami tidak khawatir ketika Bradhna tidak sengaja dicium sapi.

Kami lanjutkan perjalanan dan melihat angsa yang berbaris kemudian turun ke kolam untuk berenang bersama. Pemandangan yang susah sekali untuk kita temukan di Jakarta kan. Kita juga bisa melihat ayam, burung, tupai, kolam ikan, dan kolam pancing. Beberapa anak bahkan terlihat memancing di kolam pancing tersebut. Di sana juga terdapat kebun dengan berbagai tanaman organik yang dapat kita petik sendiri dan hasilnya bisa dibawa pulang. Kalau lelah, ada beberapa tempat beratap permanen untuk beristirahat. Dan sepanjang peternakan, banyak pohon-pohon rimbun, sehingga terasa sejuk meskipun hari itu panas. Bradhna pun senang bisa berlari-lari di sekeliling peternakan.

Capek berkeliling, kami menikmati susu sapi segar dingin yang dijual di sana sambil memberi makan ikan di kolam. Oh ya, senangnya lagi, hewan-hewan di peternakan ini boleh kita pegang, bahkan kelinci bisa kita gendong. Kunjungan ini menjadi pengalaman pertama dan sangat menyenangkan untuk Bradhna yang bisa memegang langsung berbagai jenis di peternakan. Berkali-kali Bradhna menyampaikan bahwa Bradhna senang diajak ke peternakan dan bisa memberi makan binatang. Semoga jalan-jalan kita ini bermanfaat ya, Nak!

Bradhna at Kuntum

Related Tags : ,

9 Comments

  1. avatar
    Gabriella F January 11, 2014 9:29 am

    Ini beneran seru! Kemarin baru ajak Albert ke sana dan superseru. Kapan2 pengen ke sana lagi karena belum sempat tangkap ikan nih...

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Shanti Nata Artha December 10, 2013 10:48 pm

    Yup Mba Niquen benar, meskipun di dalam area ada minuman yang dijual, perlu juga bawa minum banyak, karena tempatnya cukup menggoda buat anak-anak berlarian ya Mba :D pasti gampang haus

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Niquen H. Hardjo December 10, 2013 10:31 pm

    Baru ke sana kamis minggu lalu.. tempatnya bagus, luas, bersiiiih, sepi (krn ke sana pas hari kerja). Anakku 3thn suka banget kasih makan kambing kelinci sapi marmut burung ayam kalkun bebek ikan.. paling seru di kandang unggas, begitu lempar makanannya, langsung burung ayam bebek datang menghampiri. Ada burung yg hinggap di tangan anakku. Cocok utk anak2 yg suka dan ngga takut sama binatang.

    Abis bermain sama binatang, kami minta bakul dan petik tomat cherry, sayur2an, dan singkong, ditimbang dan dihargai per kilo sekian rupiah. Di sana ada galeri nya juga, jual furniture dan pernik2 rumah.. Si Oma beli rak majalah.

    Bisa nyebur ke kali juga utk tangkap ikan with bare hands.
    Saranku, bawa minum yg banyak. Soalnya outdoor n panas jadi haus.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Shanti Nata Artha December 10, 2013 3:20 pm

    Sama-sama @Mba Inayati :D

    Iyaa Mba Eka, selama disana Bradhna senang sekalii, dan kata Bradhna masih mau lagi kesana, mau gendong kelinci lagi, karena kemarin cuma sebentar gendongnya :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Inayati December 10, 2013 2:58 pm

    waah serunyaaa...kapan kapan ke sana ahh..makasih atas sharing ceritanya ya :)

    1. avatar

      As .