My Journey of Galactogogue

catluna

Galactogogue atau lebih umum dikenal sebagai ASI booster merupakan substansi yang dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI. Sebagai ibu menyusui, saya akrab dengan berbagai jenis galactogogue mulai yang chemical sampai yang tradisional, dari yang rasanya yang yummy sampe yang eeewwwy

Apakah benar ada substansi yang bisa meningkatkan produksi ASI? Di salah satu seminar ASI yang pernah saya hadiri, dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC berkata bahwa peningkatan produksi ASI yang terjadi setelah seorang busui mengonsumsi galactogogue karena sugesti ibu saja. Karena yakin makanan yang dikonsumsi bisa meningkatkan produksi ASI, ibu jadi percaya diri dan rasa percaya diri itu yang membuat hormon yang memproduksi ASI bekerja.

Selama 8 bulan saya tidak pernah absen mengonsumsi berbagai macam jenis galactogogue karena tekad saya bisa terus menyusui sampai usia anak saya 2 tahun. Berikut ini adalah galactogogue yang pernah saya coba:

Domperidone

Fungsi utama Domperidone sebetulnya adalah obat antiemetik (antimual) yang biasa digunakan pada pasien GERD (refluks lambung). Ternyata obat ini juga berinteraksi dengan sistem Dopamine yang akan meningkatkan produksi Prolactin, hormon yang berfungsi menstimulasi produksi ASI. Obat ini tidak bisa asal beli dan minum, seperti obat-obat lainnya, sebaiknya diperoleh dari resep dokter karena perlu dipelajari dulu apa sebab penurunan produksi ASI-nya.

Saya mengkonsumsi Domperidone karena diresepkan oleh dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC setelah anak saya ditemukan memiliki kondisi tongue tie yang menyebabkan produksi ASI saya menurun. Setelah produksi ASI stabil, seharusnya pemakaian Domperidone dikurangi perlahan sampai akhirnya dihentikan. Domperidone juga bisa digunakan untuk Ibu yang mengadopsi anak tapi tetap ingin menyusui anak adopsinya.

Suplemen yang Mengadung Placenta+Vitamin B12

Beredar dalam merek berbeda. Mungkin Mama sudah akrab dengan Moloco atau Milmor. Saya konsumsi hanya 1 bulan saja karena diresepkan oleh DSOG. Saya hentikan karena yang saya rasakan tidak terlalu banyak pengaruhnya dan harganya pun tidak murah untuk kantong saya.

Daun Katuk

Ibu menyusui mana sih yang tidak mengkonsumsi daun katuk? Bahkan ada seorang teman saya yang sejak hamil sudah dipaksa makan daun katuk oleh ibunya. Setelah melahirkan, mungkin sehari tiga kali saya makan daun katuk. Karena di saat yang bersamaan, saya juga sedang mengonsumsi 2 galactogogue lain (Domperidone dan Milmor), khasiatnya tidak bisa saya nilai.

Selain makan katuk dalam bentuk sayur, saya pun minum berbagai kapsul isi ekstrak daun katuk dari berbagai merek tapi akhirnya tidak saya teruskan penggunaannya. Setelah berhenti mengonsumsi daun katuk maupun kapsul ekstraknya, saya tidak merasakan penurunan dari hasil pumping.

Daun Torbangun

This is my secret weapon! Bagi saya, namanya terdengar asing. Saya baru mengetahui keberadaan tanaman ini sebagai galactogogue saat anak saya, Remy, berusia 1 atau 2 minggu. Tanaman ini sudah digunakan oleh para ibu di Sumatera Utara sebagai ASI booster selama ratusan tahun. Biasa dikonsumsi dengan cara dibuat sayur santan pakai ayam kampung. Sounds yummy! Tapi saya pakai cara praktis saja yaitu saya buat jus dicampur dengan madu dan jeruk nipis untuk mengurangi rasa pahit. Rasanya… Hmmm… Boleh dicoba sendiri.. Banyak teman-teman sesama busui yang mencoba tapi tidak tahan dengan rasa pahitnya. Tapi karena ingat keampuhannya, saya tetap minum jus Bangun-bangun setiap hari selama 8 bulan! Pada akhirnya saya stop karena Ibu saya marah-marah melihat ASIP saya overload.

Khasiat Daun Torbangun sudah pernah diteliti oleh  Dr. Rizal Damanik, Dosen Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor Berdasarkan penelitian beliau, selain meningkatkan kuantitas produksi ASI, kualitas ASI ibu yang mengonsumsi Dau Torbangun juga ikut meningkat.

Fenugreek

Awalnya teman saya yang pertama kali menyarankan dan menurut dia, hasil pumping meningkat jadi 50 ml. Setelah saya mencoba kapsul Fenugreek sebanyak 1 botol (isi 100 kapsul), saya tidak merasakan ada peningkatan signifikan sehingga tidak saya konsumsi lagi.

Jika Mama mau coba cari Fenugreek dengan harga terjangkau, ternyata bisa dicari di bagian bumbu rempah-rempah di pasar tradisional. Biasa dikenal dengan sebutan Klabat/Klabet, yang umumnya digunakan untuk bumbu kari atau masakan Timur Tengah.

Nursing Tea

Saya beli nursing tea ini karena iseng saja sih.. Karena saat itu saya mulai bosan minum jus Bangun-bangun. Ternyata rasanya lebih tidak enak daripada jus Bangun-bangun! Padahal khasiatnya oke lho! Tanpa meminum galactogogue andalan, jus Bangun-bangun, hasil pumping saya tetep stabil saat meminum nursing tea.

Oatmeal

Galactogogue paling yummy! Saya tahu oat juga berfungsi sebagai galactogogue dari Wikipedia. Iseng-iseng saya makan untuk sarapan tiap pagi: 2 sendok makan oat dicampur cereal instan, seduh air panas, diminum hangat-hangat. Enak sekali! Setelah stop minum jus Bangun-bangun, saya rutin sarapan oat. Selain menjaga produksi ASI, juga baik untuk kesehatan jantung.

Setelah coba-coba berbagai macam galactogogue selama 8 bulan, saya memutuskan buat stop segala jenis galactogogue (kecuali oat yang kadang-kadang masih saya konsumsi untuk sarapan). Apa produksi ASI saya jadi turun? Ternyata tidak. Jadi apakah ada pengaruh penggunaan galactogogue itu? Kembali lagi ke konsep produksi asi, yaitu supply and demand. Walaupun Mama makan sayur katuk 1 panci, jus bangun-bangun 10 liter, fenugreek berbotol-botol, nursing tea bercangkir-cangkir tapi AS-Inya tidak rutin disusui dan diperah, niscaya semua galactogogue yang Mama konsumsi tidak ada berkhasiat. Mungkin ada Urban mama yang juga punya galactogogue andalan?

image credit: fitokimiaumi, andiangah, gettyimages.com

37 Comments

  1. Jackline
    Jackline Dunggio May 1, 2013 at 7:45 am

    good article,,saya juga sempat mencoba beberapa galactogogue seperti domperidone, daun katuk,dan fenugreek. Tapi oatmeal saya baru tau. thanks for sharing :)

  2. hestia
    Hestia Amriyani May 1, 2013 at 9:20 am

    Saya pernah mencoba berbagai macam ASI booster. Beberapa minggu pertama, mencoba makan bayam. Tapi pada dasarnya saya memang nggak suka bayam, jadi eneg sendiri. Dicobalah dijus. Nggak ngaruh juga. Terus sempat coba Milmor, ASIFIT, Fenugreek, nursing tea, pokoknya banyak deh :D Tapi sepertinya hasilnya tidak signifikan. Penghasilan pumping saya “marjinal” alias pas-pasan aja. Kadang-kadang beruntung, tau-tau banyak. Padahal tidak makan sesuatu yang istimewa.

    Akhirnya saya putuskan untuk “menyerah” berharap pada ASI booster. Bismillah aja. Dan memang, walaupun hasilnya juga tetap segitu-segitu aja, tapi karena konsisten dan pantang menyerah (dengan celetukan “Emang cukup ya segitu?”) plus doa, saya berhasil menyusui Safina sampai 2 tahun :)

    Jadi, masukan lainnya, booster itu ada di pikiran kita :))

  3. ajengsekar
    Ajeng Sekar Tanjung May 1, 2013 at 9:29 am

    asi booster saya “bahagia”
    kelihatan aneh tapi beneran deh. kalo saya lagi gak bahagia atau lagi sebel-sebelan, lagi stress di kantor. pasti hasil pumping menurun drastis :D

  4. catluna
    Annisa Satriana May 1, 2013 at 9:41 am

    Bener bangeeet! Kalo pumping itu pikiran musti tenang.. Haram hukumnya sebelum pumping kita udah mikir, “Duh.. Nanti dapet berapa cc yaaa?” Saya juga berasa banget kalo pumping di tempat kerja sama pumping di rumah sambil nonton DVD, ngemil, mandangin anak tidur.. Hasilnya jauuuuuh..

  5. rulychic
    nurul islamirisya May 1, 2013 at 9:53 am

    harapan kosong kalo konsumsi galactagogue tanpa rajin menyusui/pumping. Tapi saya punya andalan, ASI Booster Tea, apalagi untuk persiapan puasa nanti, alhamdulillah ^_^
    asal tetap susui si bayi

  6. sapta
    sapta ningsih May 1, 2013 at 1:09 pm

    saya setuju kalau produksi ASI boosternya hanya positive mind dan PD ( percaya diri )..dulu sempat banyak yang meragukan saya bisa ASIX karena kejar tayang stok ASIP..tapi buktinya sampai anak saya 14 bulan, saya masih bisa menyetok ASIP..
    semangat ibu-ibu menyusui.. :)

  7. viavia
    viavia May 1, 2013 at 7:25 pm

    Terharu sm perjuangan Mama2 tuk ASI..
    ASI pas pas an.. Perah hari ini, diminum besok.
    Waktu ngantor Ģ㪪ќ bisa sering2 merah plus waktu merah pun Ģ㪪ќ lama n terburu2..

    Tolong doanya ya Mama2, semoga anakku bisa ASI sampai 2 tahun.. Aamiin

  8. LuchiaChendana
    Luchia Chendana May 2, 2013 at 7:49 am

    Saya..saya…saya…juga minum/makan segala ASI booster tapi gak mempan karena ternyata anak saya TT alias Tongue Tie :)
    Kemudian bertemu dokter Asti Praborini dan diresepkan domperidone yang prinsip kerjanya menekan dopamin sehingga memicu produksi prolaktin yang mana merupakan bahan baku pembuatan ASI :)
    Hasilnya? sebagai working mom 07.00 to 05.00 saya berhasil memberikan ASI untuk anak saya sampai hari ini (10m12d) dengan stock melimpah ruah :) (domp.diminum cuman sekitar sebulan dengan pengawasan dr.Asti di usia bayi 1,5m-2,5m) :)

  9. eksinads
    Eksi Nadiasti May 2, 2013 at 9:14 am

    Toss! Saya pernah coba semuanyaaaaa :-D hahahaha

    Menurut saya sih golden period ASI itu kalau gak salah di 10 hari pertama sejak bayi lahir. Saya kelewatan moment itu, jadi pake booster apapun, ASI saya tetep marginal :) Booster ini membantu hanya 20-50ml, tapi tetep gak sebanyak temen2 saya yang ASI-nya “banjir” Hehehehe

    However, thank god bisa kasih ASI Exclusive sampe 1 tahun :)

  10. catluna
    Annisa Satriana May 2, 2013 at 10:18 am

    @Mbak Nurul: bener banget Mbak.. Ada temen di tempat kerja saya yang udah makan segala jenis ASI booster tapi karena kerjaannya buanyaaaak dan cuma sempet 1x pumping pas kerja, lama-lama prosuksi ASInya turun.. :(

    @Mbak Sapta dan Via: temenku juga ada 2 orang yang kejar tayang..Bener2 hasil pumping hari ini buat minum besok tapi lolos juga tuh sampe anaknya umur setaun.. Yang penting ibunya ngotot, hehehe.. Mbak Via pasti bisa kooo.. Semangat yaaa..

    @Mbak Luchia: Tooooss dulu dong sesama emak bayi mantan tongue tie.. Hehehe.. Semangat yaaa. Udah mau setaun kaaan?

    Mbak Eksi: goldenm period itu sampe 14 hari, yaitu saat lactogenesis ke-3.. Jadi selama 2 minggu pertama, ibu usahain buat memacu produksi ASInya dengan cara selalu perah PD setelah nyusuin.. Niscaya banjir-banjir deh.. ;)

  11. catluna
    Annisa Satriana May 2, 2013 at 10:23 am

    @Mbak Nurul: bener banget Mbak.. Ada temen di tempat kerja saya yang udah makan segala jenis ASI booster tapi karena kerjaannya buanyaaaak dan cuma sempet 1x pumping pas kerja, lama-lama prosuksi ASInya turun.. :(

    @Mbak Sapta dan Via: temenku juga ada 2 orang yang kejar tayang..Bener2 hasil pumping hari ini buat minum besok tapi lolos juga tuh sampe anaknya umur setaun.. Yang penting ibunya ngotot, hehehe.. Mbak Via pasti bisa kooo.. Semangat yaaa..

    @Mbak Luchia: Tooooss dulu dong sesama emak bayi mantan tongue tie.. Hehehe.. Semangat yaaa. Udah mau setaun kaaan?

    Mbak Eksi: golden period itu sampe 14 hari, yaitu saat lactogenesis ke-3.. Jadi selama 2 minggu pertama, ibu usahain buat memacu produksi ASInya dengan cara selalu perah PD setelah nyusuin.. Niscaya banjir-banjir deh.. ;)

  12. LuchiaChendana
    Luchia Chendana May 2, 2013 at 10:26 am

    Iya mba Annisa Satriana, sudah mau setahun dan akan terus dilanjutkan sampai dua tahun sesuai hak dia :)
    Yep,jadi ibu dengan bayi TT itu perjuangannya LUAR BIASA yah…hihihihi

  13. dewiamel
    dewiamel May 2, 2013 at 5:29 pm

    Mba, daun torbangun/bangun2 cari dimana y? Nyari2 dipasar gada yg tau.

    Dl pas hafidz gada yg ngaruh satupun

    Pas Kalam, br ngerti happiness n ritme menyusui n pumping itu yg paling penting. Tp krn br ngertinya setelah Kalam minum botol jd keterusan. Kalam gamau nete, lbh seneng pake botol

    Pertanyaannya….gmana memperbanyak asi di awal? Gw br banyak setelah 1-2bulanan. Bingung jg.

  14. iparamitasari
    indah paramitasari May 6, 2013 at 9:49 am

    saya termasuk golongan ibu yang hasil asipnya marjinal…asi booster saya hentikan ketika bulan pertama menyusui karena pengaruhnya tidak signifikan…betul sekali mba annisa,asip akan lebih banyak ketika sering diperah..alhasil sampai sekarang kaizar 11m kejar tayang..pumping teruss sampe puting lecet tapi alhamdulillah tetap asi….semangat buat para pejuang asi!! :)

  15. catluna
    Annisa Satriana May 6, 2013 at 3:04 pm

    @Mbak Dewiamel: Saya beli Torbangun di Pasar Senen. Beli 15 ribu dapet 1 kantong plastik guedeeee.. Setelah disiangin daunnya, batangnya jangan dibuang tapi bisa kita tanam jadi ga usah jauh-jauh beli ke Pasar Senen lagi..
    @Mbak Indah: Semangat yaaaa.. Kali artis kejar tayang biasanya honornya lebih gede.. Loh..? Hehehe..

  16. fitribisatonji
    fitri nurwiyati May 6, 2013 at 4:45 pm

    Wah mbak, saya baru tau tentang golden period (lactogenesis ke-3). Anak saya dulu terlanjur kena botol waktu di bidan, akhirnya gak mau nyusu dan sejak usianya 3 bulan hingga sekarang 10 bulan saya jadi mama e-ping. Waktu 2 minggu pertama itu saya sangat kesulitan menyusui karena bayi nolak2 nyusu. Pantesan aja ya ASI saya gak pernah bisa banyak sampe sekarang, hanya 60 ml per 3 jam.
    Btw agak OOT nih, yang saya pengen tanyain, gimana ya caranya nyusuin kalo melahirkannya secara c-section? Kebetulan saya dulu lahiran normal..tq

  17. catluna
    Annisa Satriana May 6, 2013 at 5:21 pm

    @Mba Fitri: Waaaah.. Keren banget bisa e-ping.. Saya juga ada pasien yang e-ping sejak anaknya usia 5 bulan karena bingung puting.. Sampe akhirnya anaknya usia setahun, masih lanjut e-ping juga.. Salut loh sama Ibu-ibu yang tetep berusaha memberikan ASI ke anak-anaknya..
    Kalo nanti c-section, tetep bisa nyusui ko.. Jangan khawatir.. Kan bisa sambil posisi tidur miring.. 24 jam paska operasi kan Ibu sudah boleh duduk dan mobilisasi.. Nanti deh saya submit artikel lagi soal posisi dan perlekatan saat menyusui.. Eh udah pernah ada yang bikin belom ya? Hehehe..

  18. catluna
    Annisa Satriana May 6, 2013 at 5:25 pm

    Eh udah pernah dibahas ko tentang posisi dan perlekatan sama Mbak Monik.. Ini link-nya: http://theurbanmama.com/articles/posisi-dan-pelekatan-latch-on-menyusui.html

  19. fitribisatonji
    fitri nurwiyati May 7, 2013 at 12:39 pm

    Saya e-ping tiap hari mompa kurleb 7 kali mbak. tp ini lama2 menurun produksinya. Kalo udah gini jadi browsing asi booster mulu deh. Soalnya untuk nambah frekuensi pumping kondisinya saat ini udah sangat susah…
    Btw kalimat ini menggiurkan deh :”Domperidone juga bisa digunakan untuk Ibu yang mengadopsi anak tapi tetap ingin menyusui anak adopsinya” Kayaknya dompe lumayan sakti…hihihi. Jadi pengen nyoba…tp harus dengan resep dokter ya mbak?
    Wah itu perjuangan busui yg abis c-section lebih susah drpd normal ya…saluuut..

  20. middutt
    mia utami May 8, 2013 at 1:31 pm

    buat saya resep asi booster yg paling mujarab adalah
    eng..ing..eng
    es duren dan pijat oksitosin eksklusif sama suami :D

    bener mom, balik lagi ke sugesti positif masing2 busui dan juga hilangkan kekhawatiran kalo asi kita ga cukup. pasti cukup ko…harus yakin!!

  21. thisisjude
    jude May 16, 2013 at 1:40 pm

    aa.. berguna sekali artikelnya.. tfs ya mom.. :)
    mau tanyaa, kalo daun torbangun itu bisa dapet dimanaa ya??
    pengen asi nya banyak.. ehehe, gapapa pait juga.. yang penting asi lancaar hehe

  22. catluna
    Annisa Satriana May 20, 2013 at 5:47 pm

    @Mba Fitri: Iya, harus dengan resep dokter terutama yang punya sertifikat Konselor Menyusui atau IBCLC (International Board Certified Lactation Consultant) karena emang ga bisa asal minum aja..

    @Mba Mia: Siiiip Mbaaa.. Paling oke emang suami yang dukung kita menyusui

    @ Mba Jude: Kalo saya sih beli Torbangun di Pasar Senen, hehehe.. Kalo di sekitar rumahnya ada pasar tradisional, cari deh yang penjualnya orang Batak.. Biasanya mereka mau dititipin beli ke Pasar Senen.

  23. isniistiqomah
    isniistiqomah September 20, 2013 at 8:42 am

    Jadi mau coba Jus Bangun Bangun.. Bisa dapet daunnya dimana ya Bunda…?

  24. catluna
    Annisa Satriana September 23, 2013 at 1:28 pm

    @Mba Isni: saya udah jawab di atas, bisa dibeli di Pasar Senen

  25. elzahra
    elzahra September 27, 2013 at 11:22 am

    Bener mba annisa supply and demand

  26. aURia
    Auria Zuhriyah October 12, 2013 at 8:50 pm

    Bunda, saya mau tanya, untuk buat jus daun torbangun itu bagaimana? airnya sebanyak apa? daunnya jg berapa banyak?
    habis baca ini langsung minta cariin mama daun torbangun di medan, kebetulan lg disana.. mudah2an bisa nambahin asi.. :)

  27. catluna
    Annisa Satriana October 14, 2013 at 3:01 pm

    @Mbak Auria: Saya bikin jusnya sih ga pake perkiraan soalnya bikin sekaligus banyak, stok dibekuin buat 2 minggu. Kalo emang ada yang bantu-bantu di rumah, dimasak sayur santan aja pake ayam kampung, katanya bakal enak banget.. Soalnya kalo dijus kaya saya, iiiih rasanya ga enak banget! Udah ditambah madu dan jeruk nipis tetep aja ga enak.. Tapi kalo mau dibuat kaya greensmoothies yang dicampur buah-buah lain sih mungkin jadi enak ya..

  28. mimiduo
    mimiduo October 30, 2013 at 3:07 pm

    Waaah…tfs ya mom…kebetulan lg butuh artikel utk booster asi..abis lahiran kmrn seminggu stl itu lgs pumping dan hasil melimpah, tetapi abis keluar dr rs krn diinfus abis skt thypus, seminggu ga nenenin,pumping g terjadwal, hasilnya produksi asi turun drastis. Sediiihh..2mnggu lg udh masuk kerja, baby ku baru 2bln. Skg lg mengatur mindset ASI ku pasti banyak, sambil minum domperidone (baru nyoba hari ini dan bs beli bebas di apotik dkt rmh), daun bngun bangun jg lg mo nyoba dimsk santan+ayam goreng dicampur gtu, enak deh..pernh dimasakin mertuaku. Kebetulan suami lg dinas di medan jd mo nitip.. Semoga perjuangan kita berhasil yah mommy2 semua…memberikan ASI demi buah hati..Amiiiinn

  29. ari wiyanti
    ari wiyanti December 17, 2013 at 4:40 pm

    saya sudah 2 bln berhenti menjadi busui, karena saya bekerja dan faktor kelelahan juga produksi asi makin tipis dan akhirnya tdk keluar klo di pompa pdhal anak saya baru beumur 6m3w .. :’( jujur saya ingin kembali menyusui..mohon sharingnya bunda-bunda dunk agar saya bisa menyusui lg dan anak saya mau menyusu lagi..thx atas sharingnya .. :)

  30. mewahyud December 17, 2013 at 5:08 pm

    edamame!! Kalau habis makan edamame (dan atau kedelai), biasanya besoknya ASI bisa lebih banyak, paling ga 50 mL lebih banyak atau lebih. Tapi ya sebisa mungkin di kantor pumpingnya 3 jam sekali bunda, biar produksi terus.. Karena sekarang masih nyusuin anakku yang kedua (baru 3 bulan 3 minggu), jadi masih usaha terus buat ASI eksklusif dulu.. Tfs galactogogue yang lain ya… Baru tau kalau Oat bikin banyak juga… padahal suka makan, tapi pas weekend, jadi gak ngeh produksinya meningkat atau nggak… Nanti coba lagi deh hari biasa… cheers!

  31. dhita_ayu
    dhita_ayu December 19, 2013 at 12:25 pm

    Lagi galau cari2 link booster ASI eh nemu artikel ini, sangat membantu. ASI ku makin menurun di usia anakku 7bln, ditambah kemarin sempet kena diare & muntah2, makin sedikitlah produksi ASI :(

  32. Herna_Mitzi_Mosses
    Herna_Mitzi_Mosses February 6, 2014 at 4:08 pm

    baby saya 5 bln 9 hari, saya working mom yang lagi galau dan hampir nyerah karena stock asipnya diujung tanduk alias kejar tayang, minum booster asi semacam jamu ekstrak daun katuk, bukannya produksi meningkat malah turun…:(
    pingin coba domperidone, apakah ada efek samping?
    teman sarankan akupuntur or suntik hormon, apakah ada yang pernah mencoba?

    Ditunggu advise dan sharingnya,
    Thanks

  33. mewahyud February 7, 2014 at 12:11 pm

    Hi mom Herna… bayi kita seumur sepertinya.. :) aku juga working mom, dan believe it or not, pikiran kita itu berpengaruh banget dalam produksi asi. aku biasa pumping 2x, jadi setelah makan siang dan sebelum pulang kantor. awal2 pumping siang bisa dapat banyak, tapi perlahan menurun, sampe kadang cuma dapat less than 100 ml. sedih banget… tapi… aku belajar pasrah dan positive thinking aja, kalau emang cuma dapatnya segitu mau dipompa sampe lecet juga kan gak ngaruh ya… lucunya.. dengan pasrah gitu, hasil pompa sore malah bisa lebih banyak hasilnya, malah bisa dobel dari yang siang. padahal kan udah gak makan apa apa lagi…
    Kalau mau coba domperidone.. coba baca2 ya.. ini linknya:
    http://www.breastfeedinginc.ca/content.php?pagename=doc-DGS
    hope it helps ya mom…

    Semangaaaat!!!!

  34. newbride
    bunda aisyah April 3, 2014 at 3:20 pm

    ak lagi galau nih mom, cita2 asi ekslusif bwt aisyah (2mo), tp ntah knapa, hasil pumpingku g banyak, sekali pumping dptnya 100 ml rata2, kadang2 less than that,d kantor pumping 4 kali padahal sehari aisyah bisa mimik sampe 500 ml, uda d kejer pas mlm, tapi rasanya stok d kulkas segitu2 aja, tinggal 9 botol skrg, pgn d booster, uda minum jamu, daun katuk, sari kurma dll, tp hasil ny sgitu2 jg, hrs gmn ya biar hasil pumpingny banyak,,? need help donk,,,

  35. Dyah Arnawati
    Dyah Arnawati July 16, 2014 at 9:23 am

    Pengalaman myusuui anak pertama lahir caesar, ASI tdk keluar smape 4 hari stelah operasi, diperah hnya keluar 2 sendok teh, akhirya ada yang menyarankan minum air nira kelapa segar, langsung dech ASI nya jdi deras keluarnya, waktu itu minum 1 gelas 1 hari, tpi air nira yg fresh fan sekali minum, klo disimpan dikulkas, rasanya sdh berubah kayak trjdi fermentasi..

  36. maiandra
    maiandra August 27, 2014 at 8:55 pm

    sempet makan daun bangun2, karena ga tau konsumsinya gimana jadi di samain aja kyk makan daun katuk. alhasil emang paiit.. sampe mual makannya, tapi demi produksi asi meningkat, jadi hajar ajah.

    hasil asip emang meningkat, tapi sayangnya setelah asipnya diminumin ke baby, si baby jadi susah tidur. (ini laporan dari mama ku yaa krn akunya kerja, and tiap aku pulang si baby udah tidur, jadi yg ngerasain si baby susah tdr yaa mama ku). Akhirnya berenti total konsumsi daun bangun2.

    Tapi bener ga siy jadi susah tdr? ada yang punya pengalaman sama?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.