Nasi Kebuli



Nasi kebuli merupakan salah satu kuliner perakan dari Arab/Timur Tengah. Cita rasanya benar-benar nendang, apalagi bagi penggemar kuliner yang berempah.


Biasanya menu ini bisa disajikan dengan lauk ayam goreng, ayam opor/gulai, kambing oven, dan gulai kambing (tapi tidak terlalu berkuah).


Bahan:


  • 3 cup beras

  • 2 sdm minyak samin atau margarin

  • 1 pak santan kemasan kecil

  • 1 serai, memarkan bagian putihnya

  • 2 lembar daun jeruk

  • 1 lembar daun salam

  • 4 sdm anggeh-anggeh (bumbu gulai bubuk, biasanya beli di kawasan Sunan Ampel)

  • ¬†air secukupnya (batas air 1 ruas jari telunjuk kita, bisa dikurangi sedikit agar tidak terlalu lembek)


Bumbu halus :


  • 6 butir bawang merah

  • 3 siung bawang putih

  • 1 ruas jahe

  • 1/2 ruas kunir

  • 3 sdt garam

  • sedikit gula dan merica


Pelengkap :


  • acar (mentimun, wortel dan nanas)

  • sambal kecap

  • jeruk nipis (kalau suka)

  • bawang goreng


Cara Membuat :


  1. Cuci beras, lalu tiriskan.

  2. Tumis bumbu halus bersama minyak samin, serai, salam, daun jeruk sampai harum.

  3. Lalu tuang beras beserta airnya dan santan, serta anggeh-anggeh.

  4. Aroni sampai air habis, setelah itu tutup dan biarkan agak kesat.

  5. Siapkan kukusan atau dandang, panaskan air secukupnya.

  6. Kukus nasi yang sudah diaron sampai matang, kira-kira 30 menit.

  7. Sajikan panas-panas dengan taburan bawang goreng serta pelengkapnya.


Untuk anggeh-anggeh (bumbu gulai bubuk) bisa diganti dengan:


  • 1/4 biji pala

  • 3 butir kapulaga

  • 3 butir cengkih

  • 5 cm kayu manis

  • 1 sdm ketumbar, sangrai (haluskan bersama bumbu)

  • 1/2 sdt jintan, sangrai (haluskan bersama bumbu)

  • 1 sdt merica, sangrai (haluskan bersama bumbu)


Selamat mencoba!

11 Comments

  1. avatar
    Nahdhiyah September 3, 2013 10:56 am

    mbak nadira,, waaaah enak juga ya tiap minggu ada jadwal menu nasi kebuli :)

    mbak dina,, iya kah...waaaah boleh juga tuch dicoba kalo q pas kehabisan stock anggeh" nya :p

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    nengdina August 22, 2013 4:42 pm

    Dah nyoba resepmya, anggeh-anggehnya diganti pake bumbu instan tp ditambahin kayu manis, pala n cengkeh lagi, hasilnya maknyuuusss

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    NadiraMalik July 4, 2013 10:59 am

    Klw dirumah ku, setiap hari jumat pasti masak nasi kebuli ayam dan daging kambing itu menu wajib dikeluarga ku mommy

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Nahdhiyah February 25, 2013 3:56 pm

    waaaah btl2 mantap tu klo +kambing
    oh gtu ya,,bikin anggeh-anggeh sendiri.. TOP :)
    iya juga sih, kalo masak d magic com kurang mantap coz ada nasinya yg agak sedikit kering coz airnya gak rata kali ya :p
    hehehe...yup beras basmati nya mahal,,mahal nya pake banget lagi :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    cenil October 28, 2012 1:15 pm

    kemarin sempat bikin kebuli ngabisin jatah daging kurban. masih sisa juga untuk hari ini. makin gurih dan nendang rasanya. resepnya mirip nih. angeh-angehnya bikin sendiri, minus kapulaga gara2 gak nemu :( terus resepnya gak pake daun jeruk. mgkn kudu dicoba biar wangi yaa...
    Bikinnya juga pake magic com, tapi kudu rajin diaduk. cuman ternyata lebih enak kalo diangetinnya pake kukusan. kalo pake magiccom ada yang keras.
    sebenarnya lebih siip, kalo pake beras basmati. tapi mahal booo...

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.