Nasi Tim Ayam Tahu

luhayu

Ini resep nasi tim ayam tahu ala saya. Banyak sekali resep nasi tim ayam di internet, jadi resep ini juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang sudah ada, hanya saya buat lebih sederhana dari segi bahan dan proses pembuatannya. Kalaupun kelihatan panjang resepnya, tapi cara membuatnya tidak seribet yang dibayangkan kok. Saya pun sebelumnya malas mencoba nasi tim karena kalau melihat resep kok rasanya banyak sekali prosesnya. Tapi setelah dicoba ternyata mudah saja.

Kaldu Ayam

Bahan:

100 gr tulang dari dada ayam
500 ml air matang

Cara membuat:

Rebus sebentar tulang ayam untuk membersihkan kotoran dari ayam (biasanya keluar coklat-coklat, mungkin dari darah dll). Lalu buang air rebusan pertama itu. Selanjutnya barulah tulang dimasak lagi, sampai mendidih. Biarkan beberapa saat, sampai keluar minyak-minyak dari ayam, baru matikan api kompor.

Nasi tim

Bahan:

2 centong nasi putih (Penghematan waktunya menurut saya ada di proses ini. Jadi bukan dari mengaron beras, karena saya pakai nasi bukan beras.)
200 ml kaldu ayam
1 sdm minyak goreng untuk menumis
1 sdm minyak wijen untuk menumis
1 siung bawang putih, dicincang
1 cm jahe, memarkan atau iris halus
1 sdt kecap asin (saya pakai yang non MSG)
garam secukupnya

Cara membuat:

Panaskan minyak goreng dan minyak wijen, lalu tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan nasi, tambahkan kecap asin, garam dan diaduk sebentar sampai tercampur rata. Tambahkan kaldu ayam, masak hingga air kaldu meresap ke nasi. Karena pakai nasi dan bukan beras, jadi tidak memakan waktu lama.

Ayam Tumis

Bahan:

150 gr daging dari dada ayam, potong dadu
1 buah tahu putih
1 sdm minyak goreng untuk menumis
1 sdm minyak wijen untuk menumis
1 siung bawang putih cincang halus
1 sdm bawang bombay, cincang kasar
1 cm jahe, memarkan
1 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
sedikit garam
100ml kaldu ayam
1 sdm tepung maizena, diencerkan dengan air dingin

Cara membuat:

Panaskan minyak goreng dan minyak wijen, tumis bawang putih, bawang bombay, dan jahe sampai wangi. Lalu masukkan daging ayam, tumis sampai berubah warna. Tambahkan tahu, garam, kecap asin, kecap manis, aduk rata. Lalu tuang larutan maizena. Aduk hingga mengental dan ayam sudah matang.

Penyelesaian:

Siapkan wadah tahan panas. Masukkan tumisan ayam di dasar wadah, lalu tambahkan nasi tim sampai wadah penuh. Lalu kukus sampai nasi menjadi empuk dan aroma wangi menyebar. Setelah matang, keluarkan nasi tim dari wadah. Sajikan dengan tambahan irisan daun bawang (bisa juga ditaburi bawang goreng), ditambah dengan kuah kaldu.

Untuk kuahnya, saya pakai kaldu yang tersisa, saya saring lalu panaskan bersama seiris tipis jahe. Kalau mau tambah garam lagi, silakan. Tambahkan juga irisan daun bawang di kaldu. Sebagai bekal sekolah, saya tambahkan juga telur puyuh.

10 Comments

  1. Sidta
    Dian Arsita Kurniawati May 18, 2012 at 12:31 pm

    ih ini asa pasti doyan :D , nyobain ah ..
    buat mamanya irisan daun bawangnya se-truk!

  2. sLesTa
    shinta lestari May 18, 2012 at 1:35 pm

    tampak enak & gampang buatnyaa.. jadi ngiler!! mau bikin ahh.. makasih ya buat resepnya :)

  3. mbokne naura
    mbokne naura May 19, 2012 at 5:37 pm

    nyam…..kalo ini bunda nya juga doyan hehehehehe…thanks resepnya…coba buat sarapan besok ah…

  4. bundagenza
    sherLy May 20, 2012 at 10:42 pm

    yeay, jadi ada ide menu lain untuk mengolah nasi semalam yang tersimpan di rice cooker. Hehe, selama ini cuma diolah jadi nasi goreng atau bubur aja. Thanks ya resepnya ;)

  5. shannon kimiko
    kimi hosana May 20, 2012 at 11:25 pm

    Maaf bunda u kecap asinnya pake merk apa ya trimakasih

  6. luhayu
    luh ayu kusuma sari May 21, 2012 at 1:14 pm

    Hi, saya pakai merk Kikk***n, krn sepengetahuan saya itu non msg. Tapi untuk y muslim mungkin masih ragu make nya krn blm sertifikasi halal (cmiiw), jd sy gak sebut merknya di resep :)

  7. Honey Josep
    Honey Josep May 21, 2012 at 6:28 pm

    nyam… nyam… nyam…

    tfs the recipe :)

  8. fanny
    Fanny Hartanti May 22, 2012 at 3:58 am

    wahhh pengennn nyoba ahhh

  9. mabhy24
    sarikembang May 22, 2012 at 1:57 pm

    Udah nyobaaa….enyakkk rasanyaaa,very recommend dehhhh!!!!!

    1. luhayu
      luh ayu kusuma sari May 22, 2012 at 2:00 pm

      duuuh terima kasih sudah langsung mencoba dan review hasilnya :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.