Nursing Strike

Pamz

Sejak umur 1.5 bulan, selama saya tinggal kerja, Al diberi ASIP lewat botol. Awalnya sempat cemas Al akan bingung puting dan sempat dilatih pakai cup feeder tapi kakek dan neneknya agak kerepotan dengan cup karena Al tipikal bayi yang lasak. Ternyata setelah seminggu switch botol dan menyusu langsung tampak tidak ada masalah, latch-on ok! It seems ok to use bottles. Semua berjalan sempurna sampai suatu hari menjelang Al 6 bulan.

Mungkin karena akhir-akhir ini saya tidak tuntas mompa saat subuh, saya terkena breast engorgement di PD kanan, tepatnya clogged duct. Saat di kantor sadar bengkak dan susah dipompa, saya masih santai. Toh sampai rumah disusukan. Ternyata Al tidak mau menyusui dari PD kanan karena dia harus ekstra usaha dan dia tidak suka. Mulailah PD kanan saya dilepeh-lepeh, bahkan Al memalingkan muka. Akhirnya kasih PD kiri. PD kanan semakin keras dan bengkak. Saya mencari artikel tentang clogged duct dan cara menghilangkannya, well teori dan kenyataan kadang tidak sejalan.

Contoh:

  1. Untuk menghilangkan clogged duct sering-sering disusuin ke bayi > Al tidak mau menyusu dari PD yang terkena clogged duct. 
  2. Susui dengan PD yang tidak terkena masalah baru pindah ke PD yang bermasalah > Al langsung cranky.
  3. Pompa dulu sebelum dikasih > Tetap dilepeh.

Pokoknya Al jadi rewel setiap nyusu dan tiba-tiba dia menolak PD kiri juga. Disinilah mulai The Nursing Strike Drama. Tidak mau nyusu padahal haus, kadang dua kepalan tangannya sampai masuk ke mulut, tidur gelisah, tapi disodori PD malah dilepeh bahkan buang muka, selanjutnya nangis kejer. Penyebabnya saya tidak tahu pasti, apa karena engorgement itu atau dia teething atau kombinasi. Pernah dari siang sampe malam Al menolak disusui. Akhirnya dikasih ASIP dengan botol dan dia mau minum. Lega tapi sedih.

Breast Engorgement + Nursing Strike = Stress!

What to do?

Saya start dari diri sendiri dulu dengan memikirkan ‘untungnya’. Kejadian ini untungnya menjelang Al 6 bulan, jadi nutrisinya nanti bisa terbantu dengan solid food atau juice. Untungnya, stok ASIP masih banyak dan saya masih bisa mompa, dia masih bisa ASI. Saya izin sakit selama seminggu (ga tanggung-tanggung ya ;)). Lalu saya rutin massage dan kompres, Alhamdulillah bengkaknya berkurang, PD kanan kembali bisa dipompa. Pokoknya hati si Ibu dibuat senang dulu supaya oksitosin tetap jalan.

Browsing tentang Nursing Strike terutama di sini:)

Untuk kasus Nursing Strike saya dan Al, inilah cara yang kami lakukan:

  1. Rajin menyodorkan PD setiap Al terlihat mau nyusu, tapi kalo ditolak, tidak apa-apa. Main-main dulu, gendong-gendong dulu, cek popok, nanti coba lagi. Intinya jangan dipaksa.
  2. Lupakan dulu teori sering susui PD yang terkena engorgement. Berikan posisi menyusui yang paling nyaman dan PD yang bayi mau. Kami biasa posisi cradle dan lying down, kalau Al tidak mau posisi cradle, alihkan perhatiannya sejenak. Saya lalu mencoba posisi lying down dan sebaliknya.
  3. Jika lebih dari 4 jam masih belum mau menyusui juga, saya berikan ASIP, tapi kali ini tidak memakai botol. Dia belajar lagi minum lewat sendok atau cup feeder.
  4. Susui di tempat yang tenang, bahkan suami saya kalau di kamar pas Al lagi nyusu tidak berani bersuara. Soalnya AL bisa langsung nengok dan gagal lagi nyusunya.
  5. Kalau jago dan sempat pancing LDR, lakukan sebelum nyusu. Saya kadang bisa kadang tidak, tapi jangan sampai kelamaan pancing LDR nanti Al keburu cranky.
  6. Do something fun together. Tempo hari saya ke mall bertiga (tetap sedia ASIP in case dia haus tapi tidak mau nyusu) ajaibnya Al menyusui dua kali selama di sana. Anak mall juga nih :)
  7. Tetap cek frekuensi pipisnya. Selama masih normal dan Al ceria berarti dia tidak kekurangan cairan.

Semua langkah di atas membutuhkan tingkat kesabaran super duper tinggi dan partner yang solid. Alhamdulillah saya didukung penuh oleh suami yang dengan sabar memberikan ASIP lewat cup feeder, menaikkan mood dengan membolehkan saya membeli bedak MAC :D. Suami dan orang tua saya ikut sibuk menenangkan kalau Al sedang cranky.

Ada yang bertanya kenapa saya berusaha seperti itu toh Al sudah ASI eksklusif. Alasannya sederhana, saya working mama dan saat pulang kantor bertemu Al lalu menyusui dia rasanya menyenangkaaan sekali jadi sedihnya jangan ditanya saat momen yang menyenangkan itu berubah sehingga membuat stress.

Sampai hari ini Al masih moody kalau menyusu tapi at least lebih baik daripada menolak sama sekali. Mudah-mudahan nursing strike ini segera hilang dan tidak kembali lagi!

 

27 Comments

  1. restya
    Neneng Restiana January 3, 2011 at 3:07 am

    salut utk usahanya mama..dan dukungan suami jg kereen dgn bedak MAC-nya :p Smg lancar terus yah menyusui baby Al :) tfs

    1. January 3, 2011 at 4:25 pm

      Hihi…tadinya pgn tambah blush-on,lipstik,foundation,etc tp nanti malah suami yg stress

  2. Ceniza Hakim
    Ceniza January 3, 2011 at 3:50 am

    Wah! Thanks Pamz untuk sharing tipsnya! Semoga gue gakan pernah mengalami nursing strike (secara SAHM juga siihh, hehe) dan semoga sekarang Al udah mau mimi yaa! Gak kebayang deh gue sakitnya engogerment…inget2x pas baru melahirkan aja udah urut2x dada ;)

    1. January 3, 2011 at 4:31 pm

      Iya udah ok lagi cha. waa brarti anak kedua ga dlm waktu dekat ya? Tunggu lupa rasanya lahiran:)

  3. Ikram
    Susy Yulia January 3, 2011 at 5:42 am

    Wowww.. Thanks ya sharingnya!. Saya sempat jg mengalami PD bengkak yg sakitnya bukan main. اَلْحَمْدُلِلّهِ Ikram tetap mau mimik walopun hrs menahan sakit yg amat sangat. And betul banget.. Hal yg utama adalah bikin si ibu senang dulu.. And pulang kerja nyampe rumah and menyusui adalah syurga dunia.. Xixix

  4. momlicious
    Junita January 3, 2011 at 6:29 am

    ooh baru tau baby bisa menolak menyusui. Anak saya udah hampir
    2,5tahun masih menyusui. Dulu saya 40hari dipijet salah satunya untuk melancarkan saluran ASI. Tfs yah!

  5. Qk
    Rizka Rahmalia January 3, 2011 at 7:57 am

    waaa..salute utk perjuangannya;)
    bener banged…menyusui utk working mama hal yg paling mahal dan meyenangkan:)

    TFS…kiss utk baby Al:)

  6. anggiasulfitri
    Anggia Sulfitri January 3, 2011 at 8:07 am

    4 jempol untuk usaha nya Pamz.
    saya sendiri, merasakan sekali nursing strike semenjak kenzie 4 bulan.sampai sekarang kenzie 8 bulan, minum asi nya pakai botol. sama sekali tidak menyusui langsung, karena langsung menolak dan nangis kejer. sudah di coba beberapa cara sampai minta konselor asi dtg, tetap ga mau. apalagi waktu kenzie dititip di mertua di Bandung dari umur 4 sampai 7 bulan, karena pembantu pulang, kenzie tidak ada yg jaga karena saya dan suami bekerja, otomatis jarang sekali kesempatan untuk langsung coba menyusui. sedih banget rasanya, karena tidak pernah ada lagi kontak lsg dengan anak. alhamdulillah, asi masih lancar jaya. mudah2an seterusnya sampe 2 tahun, asi masih lancar.
    mungkin kalau TUM sedang ada event pertemuan, bisa disisipkan pembahasan seperti ini, karena pasti banyak working mom ataupun full time mom yang mempunyai situasi seperti Pamz dan saya, sekedar usul ;)

  7. trias.kelly
    trias kelly January 3, 2011 at 8:22 am

    2 jempol buat perjuangannya, btw setuju bgt kalo bagi working mama bisa menyusui langsung pas pulang kerja adalah kebahagiaan tersendiri. Kmrn aja pas naldi kena HFMD selama 5 hari ga bs nenen, mamanya yg mewek2, pdhal anaknya udh hampir 26m hehehehe…Semoga nursing strikenya hilang dan tak kan kembali ya, amiiin

  8. January 3, 2011 at 10:00 am

    Tfs ya pamz dan semoga Al ngga ngalamin nursing strike lagi :) suka dengan statement lo yang ini: “Ada yang bertanya kenapa saya berusaha seperti itu toh Al sudah ASI eksklusif. Alasannya sederhana, saya working mama dan saat pulang kantor bertemu Al lalu menyusui dia rasanya menyenangkaaan sekali”

  9. cyndewi
    cynthia dewi January 3, 2011 at 10:03 am

    persis. sy juga ngalamin ini sama matteo, sampe salah tingkah sendiri ni anak kenapa kalo disusuin kenapa kejer ya, dan tau banget mana puting dot mana puting maknya. udah konsul ke klinik laktasi juga trus pake tipuan jejelin puting dot trus tarik lagi ganti puting mama-cuma berhasil 5 harian. end up nya sy cuma mengandalkan ASIP *sigh*

    salut buat mama Al yg telaten, smangattt :D

  10. mama senna
    gegesaurus January 3, 2011 at 10:30 am

    Hebat mama Pamz!! babyku jg sempet nolak nenen klo dirumah tapi pas waktunya jalan2 trus nemu nursing room atau didalam mobil pasti langsung minta nenen =p

  11. January 3, 2011 at 11:50 am

    waaah, tipsnya keren! bener banget, ga semua tip berlaku di setiap bayi & ortunya. cocok2an gitu deh. hebat pamz & suami, ga gampang menyerah… tapi emang nyusuin langsung dari PD itu priceless ya… bikin happyyyy banget dan berasa bonding sekali!

  12. maminya_naufal
    maminya_naufal January 3, 2011 at 11:57 am

    top deh buat mama pamz, naufal juga sedang mengalami nursing strike dan sekarang berangsur membaik…dimulai dr minggu lalu, setelah masuk umur 3 bulan, biasanya disusuin sambil duduk ga pernah ada masalah dalam suasana gerah sekalipun, tp kok tiba2 disusuin teriak dan ga mau nyusu saya sempet panik, anak saya termasuk anak anteng..sampe 3 bln kemarin cuaca panas nyusu sambil duduk/tidur ga ada masalah..akhirnya saya teringat di forum tentang nursing strike, tapi herannya hampir semua yg mengalami anaknya pernah disusui pake ASIP, naufal hampir tidak pernah, karena saya FTM, yg saya lakukan akhirnya :
    1. menyusui sambil berdiri kemudian duduk sambil digoyang2 berhasil kemudian saya kembali menyusui seperti biasa sambil duduk, 3 hari kemudian nursing strike lagi
    2. menyusui sambil tiduran, berhasil
    3, menyusui sambil tiduran dan dikipas2
    yang terakhir berhasil smp sekarang, ternyata dengan badannya yg semakin besar, maka semakin terasa gerah, walaupun sudah pakai pendingin ruangan (saya ga berani pasang suhu terlalu rendah), yg dicarinya angin sepoi2 dr kipas…

    ya…karena masih bayi, belum bisa ngomong kl keadaan membuatnya tidak nyaman, jadi deh mogok nyusu…jd dibikin senyaman mungkin supaya bayi mau menyusu…

  13. Indah Prabandono
    Indah Prabandono January 3, 2011 at 12:23 pm

    Hohoho!merinding. Jadi keingetan jaman anak pertama dulu juga ngalemin percis kek begini gara-gara kena cacar (bintilnya ampe ke aerola segala). Moga-moga lewat ya masa nursing strike nya. Semangat teruss!

  14. BunDit
    BunDit January 3, 2011 at 1:29 pm

    Salut mom Pamz atas perjuangannya. Dulu saya pikir semua ibu itu menyusui segampang pengalaman saya dulu. Memang bukan tanpa kendala, tapi misal ada kendala pun kendala ringan seperti PD lecet krn anak belum pinter menyusu. Ternyata banyak yang mengalami Nursing Strike. Salut sekali dengan ibu2 yang mengalaminya tapi tetap berjuang sekuat tenaga buat bisa menyusui langsung buah hati tercinta. Krn menyusui langsung adalah moment membahagiakan, apalagi sbg working mom. Thanks sharingnya ya mom. Semoga tetap semangat menyusui Al dan segera terbebas dari Nursing Strike :-)

  15. dinda permata
    dinda permata sumantri January 3, 2011 at 8:43 pm

    @Pamz, makasih dah berbagi tips.. sama kaya @maminya_naufal, Full Time Mother pun bisa ngalamin Nursing strike. Babyku tidak pernah ASIP, selalu menyusui langsung anytime. Aku dua kali ngalamin nursing strike.

    Pertama ketika Hazel (ketika itu 8 bulan) tiba tiba susah untuk menyusui. Selama seminggu itu on-off Hazel tidak mau menyusui terutama ketika perjalanan atau sedang di luar rumah. Dan saya menemukan jawabannya, ketika itu sedang bulan Ramadhan dan saya berpuasa. Mungkin ASI yang dihasilkan menurun dan anak malas menyusui.

    Kedua ketika Hazel (ketika itu 10 bulan), selama 12 jam tidak mau menyusui. Kemungkinan karena baby pilek dan batuk sehingga tidak nyaman.

    Selain diatas juga beberapa kali nursing strike kecil lainnya saya alamin, pakai baju yang baunya terlalu wangi (karena ganti parfum), ibu stress/banyak pikiran, baby jauh dari orang tercinta (sedang berjauhan dengan ayahnya).

    Intinya, betul kata Pamz, sebagai Ibu kita harus selalu senang..menjaga mood dan selalu punya seribu satu cara untuk kembali menyusui.

  16. January 4, 2011 at 7:12 am

    Thank u yaa urbanmamas!! Senang bs berbagi tips. Smoga cara2 di atas ada yg cocok diterapin tp kalopun nggak tetep sabaaarrr ya mama. Gw sndiri seandainya gagal, ada kepuasan sndiri kalo usahanya udah maksimal.
    FYI, abis engorgement yg ditulis pas ini gw kena lagi minggu depannya. Total dlm sebulan 3x. Tp yg berikutnya ud lbh santai, selidik demi selidik taunya ada bakteri. Sembuh dgn kombinasi kasih salep n mnm vit c dosis tinggi n probiotik. Sekarang Al / Yasser (7m) nyusunya udah normal lg..alhamdulillah senangnyaaa:))

  17. chocofloat
    chocofloat January 4, 2011 at 8:57 am

    sepertinya saya juga segera say hello.. 2 hari ini Oryno memalingkan muka kalo disusuin..
    melepeh lepeh…
    huft, dan kemaren 5 botol ASIP yang saya tinggalkan selama kerja hanya 3 yang habis,,
    sedihnyaaaaa

  18. gumzkiew
    gamma sinta rini January 4, 2011 at 9:21 pm

    wah,saluutt bgt dg perjuangannya..tfs ya,pamz

  19. Rizkagilang
    Rizka Gilang January 16, 2011 at 11:14 am

    Waduh, andai saja saya membaca ini waktu aMY UMUR 2 BULAN ;)

  20. almostabum
    citra kusumaninghati January 17, 2011 at 9:55 pm

    waaaah, mama Al H.E.B.A.T!! bukan cuman tlatennya nyari solusi tp juga menenangkan diri sendiri. saya sepertinya jg terkena nursing strike wiken kmrn, gara2 saya lg demam dan sakit sepertinya. tyt yg plg penting itu sugesti dan semangat pd diri sendiri klo anak pasti akan berakhir nenen ke bundanya, dan saya pede-in diri sendiri.
    alhamdulillah, syddra dah rutin nenen ke PD saya lagi.
    bismillah,smua ibu pasti bisa melewatinnya, amin.

  21. sinaroima
    sinaroima January 18, 2012 at 3:18 pm

    wah kalo ga punya tim yang solid gimana mom? tim nya aja ngga punya , apanya yg mau disolidkan he,..he,..ini pengalaman saya mom, kerja di perantauan tanpa ortu tanpa mertua, berdua tok sama suami dan anak pertama yg masih butuh perhatian. Nanny juga moody kerjanya. Engorgment sering. nursing strike juga pernah,..listrik sering banget matinya. Yach,…aku bisanya berdoa aja sama Tuhan…semoga babyku sehat dengan full ASI maupun sufor,…amin

  22. Fonda
    Fonda May 27, 2013 at 2:26 pm

    Aaaa….anakku juga kayaknya lg Nursing Strike nih. Gak mau nenen, tiap puting masuk gk mau disedot. :’( Udah 3 harian kayak gini.
    Blm tau penyebab pastinya juga nih. Yg jelas tiap saya tinggal kerja dia minum dari dot. Kalo malem biasanya mau nenen. Sediiiih….Hatiku hancur berkeping2 (oke, yg ini lebay). Kira2 saya musti gmn ya?

  23. Tenryita_vivie
    Tenry Ita Isviyana June 11, 2013 at 4:08 pm

    Oh lala baru atau ada istilah nursing strike
    Hhhhmmm apakah si hamka lg ngalamin yg bgini yaks?
    Soale sempat kemaren beberapa hari lalu ga mw pas disodorin PD
    kirain kolik
    Karena dia keliatan haus tp ga mau mik en nangis kuenceng
    Gak mungkin bingung puting karena pake cup feeder mik asip selama aku gawe

    Kemaren klo dia lg bgitu jadi kugendong, nyanyi nyanyi dl trus dicoba lg en mau (pernah juga enggak si)

    En cucok bgt tuh kata si mommy tuk poin 4
    Hamka juga bgitu tuh, harus ditempat tenang
    dengar swara dikit ajiah (misal pintu kmr dibuka krn papanya masuk) nah lgs deh melepas mimik

    Daaannn samas jugah kejadian mau masuk hamka 6 bulan
    (jelang 10 hari MPASI)
    kadang pengen dipercepat MPASI nya karena dia suka bgt gigit2 jari tanda ga kenyang tp karena pipis msh >6x so asip en asi ajiah trusss
    En juga sebagai WM, menyusui sepulang kntr adalah hal terindah
    mknya klo anak gak mau tuh rasanya sesuatu buangeetsss
    (sesuai bahasan mommy diatas juga)

    Senang nemu bahasan ini
    Tenkyu mommy ^_^

    *btw hamka tdnya mau dipanggil al juga tp papanya ga setuju hehehheee

  24. bundakuhamil
    bundakuhamil June 26, 2013 at 9:36 am

    wah terharu baca ceritanya :’) terimakasih sudah berbagi tips, semoga bunda dan baby Al tetep sehat. ditunggu cerita dan tips bermanfaat lainnya :)

  25. golda
    golda September 3, 2013 at 8:50 am

    aku malah ketawa. demi hormon oksitosin, dipancing pakai bedak MAC!

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.