Pepes Kentang Wedges Ikan Teri

ninit

Minggu lalu, saya dan keluarga datang ke @atamerica untuk melihat cooking demo Chef Tatang. Acaranya seru sekali! Apalagi saat Chef Tatang memasak, wangi makanannya sangat harum! Jadi ngga sabar untuk mencicipinya. Hari itu Chef Tatang menyajikan 2 menu, salah satunya adalah Pepes Kentang Wedges Ikan Teri.

Bahan:

  • 300gr kentang beku US wedges.
  • 200gr ikan teri.
  • 3-5 batang sereh.
  • 1 ruas jari kunyit.
  • 3lbr daun salam.
  • 3 buah cabe merah.
  • 1-2 cabe rawit.
  • 100gr daun kemangi.
  • 200gr kelapa parut.
  • 3 butir telur asin (bisa diganti dengan telur biasa).
  • 1sdt garam.
  • 1sdm gula.
  • daun pisang secukupnya.

Cara membuat:

    1. Potong kentang memanjang menjadi 2, iris tipis semua bahan, dan tempatkan semua dalam mangkuk.
    2. Tambahkan ikan teri dan kelapa parut ke dalamnya, aduk hingga merata.
    3. Pecahkan telur asin, tambahkan gula garam, kocok hingga tercampur, kemudian tuangkan ke dalam mangkuk campuran tadi.
    4. Siapkan daun pisang dan pengukus dan pemanggang.
    5. Bakar sebentar daun pisang lalu isi dengan bahan pepes.
    6. Lipat daun pisang menyerupai lontong dan sematkan lidi di kedua ujungnya.
    7. Kukus selama 20 menit setelah itu angkat dan panggang sampai daun pembungkus terbakar dan mengeluarkan aroma.
    8. Angkat dan sajikan di atas piring.

Saya mencicipi pepes kentang ini dan… yummy! Enak sekali rasanya! Kreatif sekali ya Chef Tatang ini. Dari kentang bisa terpikir untuk dijadikan pepes. Yuk! Kita coba membuatnya.

11 Comments

  1. Indah Prabandono
    Indah Prabandono February 3, 2012 at 4:37 am

    terinya teri nasi ato teri medan gitu ya teh nit? lama bgt niy ga makan pepes…yummmo! kreatif sekali chef tatang :)

    1. ninit
      ninit yunita February 3, 2012 at 6:13 am

      iyaaa bener banget, ndah. teri medan.
      enaaak banget deh. :)

  2. fmila24
    fmila24 February 3, 2012 at 5:00 am

    Teh, kentang biasa, bisa? Maklum cuma ada pasar tradisional di daerah saya…

    1. ninit
      ninit yunita February 3, 2012 at 6:14 am

      bisaaa :) yuk! dicoba. enak deh :)

  3. eka
    Eka Wulandari Gobel February 3, 2012 at 7:09 am

    pagi2 udah bikin kabitaaa…! :D
    Sepertinya mudah yaa bikinnya :) nyoba bikin ah..tfs, teteh :)

  4. Dinniw
    Dinniw February 3, 2012 at 9:03 am

    kreatif dan gampang yak.ga kepikiran kalo kentang,teri & daun pisang bisa temenan :D ini buat lauk nasi apa cemilan kaya lontong isi gitu sih. ah tapi apapun lah kalo enak mah hayu ajaaa..:)

  5. sLesTa
    shinta lestari February 3, 2012 at 11:26 am

    ih looks yummy! btw, ini bisa di modifikasi lagi untuk jadi makanan bayi (mpasi/mpasu), dipake ikan teri basah, trus gak pake cabe rawit, kelapa, dan gulgar, pasti tetep enak deh.

    penasaran pengen nyobain.. yang versi lengkap tapinya :)

  6. signomeklabu
    signomeklabu February 3, 2012 at 12:39 pm

    jadi pengen nyoba walaupun suami dan anak saya enggak doyan ikan teri dan sebangsanya. *langsung berdoa semoga ada yang jual daun pisang*

  7. fanny
    Fanny Hartanti February 3, 2012 at 6:06 pm

    wiiihhh.. tampak enyaaak.
    beli teri di mana yah gue.. haha

  8. namila
    namila February 3, 2012 at 8:15 pm

    Ninit, itu telor asin maksudnya telor bebek bukan ya? soalnya bukannya telor asin susah dipecah ya?
    besok mau dicoba, kebetulan anak anak suka teri. Tfs

  9. Nella22
    Nella Silaen Salzgeber February 9, 2012 at 7:02 am

    Jadi kangen teri medan :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.