River Safari

Woro Pradono Was a blogger, now sharing her fun family life through instragram pictures (@wortje). Currently live in Singapore with her dearest Husband, Andri Pradono and their dearest Son, Zlatan A. Pradono. Loves running, and always in search for a great coffee.


Beberapa waktu lalu kami sempat mengunjungi tempat rekreasi baru di Singapura dari Wildlife Reserve Singapore yang membawahi Jurong Bird Park, Singapore Zoo, dan Night Safari. River Safari (masih satu lokasi dengan Zoo & Night Safari) dibuka awal Desember 2013 dan antusiasme warga Singapura/wisatawan sangat besar. Terbukti pada hari kami datang, di ticketing booth sudah tertulis bahwa tidak ada lagi slot untuk Amazon River Quest Boat Ride, padahal belum juga tengah hari. Berhubung lokasinya yang cukup jauh dari rumah kami, kami memutuskan untuk tetap beli tiket dan masuk ke River Safari. Sayang kalau harus pulang lagi dan mengulang lain hari.



Boat ride-nya sendiri ternyata hanyalah sebagian kecil dari River Safari. Karena River safari ini 85% ditempuh dengan berjalan kaki. Sejak awal masuk, kami langsung disuguhi oleh akuarium-akuarium raksasa yang berisi ikan-ikan dari seluruh penjuru dunia lengkap dengan penjelasannya. Jangan khawatir apabila memakai pram/stroller, jalanannya bisa diakses dengan mudah.


Tidak hanya berisi ikan, tapi ada juga Squirrel Monkey Forest di mana kita berjalan masuk ke dalam kandang monyet kecil yang dengan bebas berjalan-jalan pada tali yang digantung di atas kepala kita. Zee senang sekali di tempat ini, walau tetap harus berhati-hati dengan tidak melakukan gerakan yang memancing para monyet kecil ini bereaksi, tapi jangan khawatir, ada pawangnya kok yang terus berjaga di dalam kandang.



Dan tentu saja yang menjadi perhatian yaitu atraksi utama Giant Panda, si Jia Jia dan Kai Kai. Kita diajak melihat keseharian panda-panda ini dengan tingkah polahnya yang sangat lucu apalagi pada saat waktu makan. Atraksi ini menjadi populer karena Giant Panda ini sangat jarang ditemui diluar habitat aslinya di Cina. Pada saat kedatangannya di Singapura tahun 2012, disambut penuh antusias oleh warga Singapura sejak dari bandara!



Kemudian ada Amazon Flooded Forest (indoor), ini adalah tempat favorit kami! Di sini kita bisa melihat ikan semacam Dugong yang bernama Manatee di dalam akuarium raksasa. Manatee ini sangat besar, dan berenang sangat lambat. Melihat Manatee berenang seperti melihat screen saver pada layar komputer raksasa! Sangat menenangkan. Tidak heran banyak sekali orang yang duduk beristirahat sambil memandangi akuarium besar ini. Di dalam Amazon Flooded Forest ini juga ada Giant River Otter yang sangat aktif, kita bisa melihatnya dari atas, atau pun bawah air melalui terowongan yang disediakan. Di setiap sudut terdapat fakta-fakta mengenai binatang-binatang yang dipertunjukkan, menyenangkan sekali dapat pengetahuan baru sesederhana apa pun itu.


Kami tidak sempat menikmati boat trip, tapi dari informasi yang kami lihat, ini adalah merupakan perjalanan 15 menit yang membuat kita bisa melihat binatang-binatang yang juga hidup di sekitar sungai seperti tapir, jaguar, dan anteater. Saat ini sampai waktu yang akan ditentukan kemudian, Amazon River Quest Boat Ride masih gratis! Sekedar tips, datang awal/pagi akan lebih menguntungkan karena kemungkinan besar slot untuk naik boat ride masih ada.


Di dalam River Safari ada dua restoran, River Safari Tea House dan Mama Panda House (bisa diakses dari luar), sayangnya kedua restaurant ini belum (atau tidak) bersertifikat halal. Jadi untuk pilihan makanan halal, urban mama bisa mencoba ke Ah Meng di dekat ticketing booths, nasi lemak-nya enak sekali. Untuk pilihan makanan halal lainnya, ada fast food KFC.


Jangan khawatir untuk mama yang masih menyusui, saya melihat paling tidak ada dua nursing room di dalam River safari ini. Salah satunya berada di dekat Amazon River Quest, dan lainnya di dekat Giant Panda Forest, sebelah toko suvenir. Walaupun menjadi satu dengan tempat ganti popok tapi tempatnya bersih dan stroller juga bisa masuk ke dalam ruangan.



River Safari:

Jam buka : 09.00 – 18.00

80 Mandai Lake Road ?Singapore 729826

Tel: (65) 6269 3411


Transportasi:

MRT terdekat Ang Mo Kio, kemudian melanjutkan dengan bus no 138.


9 Comments

  1. avatar
    Christina Ma November 6, 2016 11:57 pm

    Hi, Saya menyediakan jasa homestay untuk yg berminat untuk sekolah di Singapura. Tempat tgl saya di daerah Clementi.
    Saya professional working lady tinggal dengan Mama saya. Saat ini, ada 1 murid Queensway Sec School (direct bus available) tinggal dengan kami. Kami ingin mencari 3 murid lagi, 1 kamar akan di share 2 anak.
    Kami menyediakan guardianship (untuk anak di bawah umur 17 tahun diwajibkan memiliki legal guardian), makan, laundry, dan room cleaning.
    Saya berpengalaman sebagai guru les privat di Jakarta, murid2 saya dari sekolah Bina Bangsa School, IPEKA IICS, St Laurentia, and Springfields.Saya bs membantu anak anda bila mengalami kesulitan dalam pelajarannya.
    Lokasi 2 stops dr Clementi MRT, 2 stops dr Kent Ridge MRT, and 5 dr from Buona Vista MRT.Hanya 5 menit jalan kaki ke West Coast Plaza (Cold Storage Supermarket, Starbucks, Toko Buku Popular, Guardian,Watson,ATM)
    Internet, Aircon, Hot shower.
    Lapangan basket, lapangan badminton, dan lapangan futsal di bawah flat kami.


    Hubungi: Christina (+65 9387 0375) whatsapp atau email : [email protected]

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    widhi January 17, 2014 5:32 pm

    Seeruuuu yah acara jln2nya woro dan kluarga ke River Safari. Jd kepengen ajk Lionell kesana jg deh.. Oiya..tiket masuknya hrg brp y?

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita January 11, 2014 10:07 am

    wih seru juga yaaa ada river safari sekarang di singapore. kalo ke singapore, definitely harus ajak anak2 ke sini.

    thanks infonya woro... lengkap! :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Gabriella F January 11, 2014 9:01 am

    Wow... informasinya lengkap dan tempatnya menarik nih... kalau ke singapura harus ke sini deh kayaknya. Tfs ya Woro...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw January 11, 2014 7:32 am

    Makasih info lengkapnya Woro. Akan masuk daftar kunjungan deh kalo lagi liburan ke singapur..

    1. avatar

      As .