Sarapan: Perlu atau Tidak?

The Urban Mama

Pagi hari sebelum berangkat sekolah adalah saat-saat yang sangat sibuk dan merupakan tantangan terbesar ibu di pagi hari adalah membangunkan anak-anak dari tidur, menyuruh mereka mandi dan bersiap-siap, serta meminta mereka untuk menghabiskan sarapannya, ditambah lagi dengan anak yang suka pilih-pilih makanan dan makan dengan lambat. Rasanya waktu selalu kurang di pagi hari dan sering membuat kita terburu-buru. Apalagi kalau harus mengantar anak sekolah menembus kemacetan. Di tengah ketergesaan ini, sarapan sering dinomorduakan. Yang penting anak sudah bangun tidur, mandi, dan siap berangkat. Sarapan bisa dilakukan di mobil atau malah dilewatkan begitu saja. Sebenarnya sarapan itu perlu atau tidak?

Berikut beberapa cerita dari member the urban mama tentang kebiasaan sarapan anak-anak mereka.

Ica:

Abi (8) sudah merasa butuh sarapan karena ia selalu minta untuk sarapan. Biasanya sarapan pagi makan nasi dengan lauk atau mi goreng. Kadang-kadang juga makan sereal atau oatmeal pakai keju. Abi selalu sarapan di rumah sebelum berangkat sekolah.

Yardian:

Saya selalu masak sendiri untuk sarapan Ywa (8) dan suami. Karena harus berangkat sekolah sekitar pukul 05.30, jadi Ywa sudah duduk di meja makan pukul 05.15. Biasanya menu sarapan berganti-ganti antara nasi, sup, roti, telur, atau kentang. Karena pagi-pagi sekali harus sudah berangkat dan baru ada istirahat pukul 09.00 di sekolah, Ywa sadar harus sarapan di pagi hari agar tidak kelaparan sampai saat istirahat.

Zata:

Ken (12) dan Caca (10) selalu sarapan pagi di rumah. Kalau sudah kesiangan ya terpaksa sarapan di mobil. Menunya berganti-ganti, bisa nasi goreng, roti, nasi pakai nugget, smoothies, atau sereal. Anak-anak sendiri sudah sadar kalau tidak sarapan mereka jadi cepat lapar dan tidak bertenaga saat harus beraktivitas.

Mitha:

Sebulan terakhir ini Aiko (9) dan Kiarra (7) mengikuti kebiasaan saya dan suami sarapan green smoothie. Biasanya setelah minum green smoothie anak-anak baru sarapan makanan lain, seperti roti atau pisang.

Ipeh:

Lana (6) biasanya hanya minum susu sebelum berangkat ke sekolah. Lana tidak suka makan berat di pagi hari. Biasanya saya bawakan bekal untuk dimakan bersama di sekolah pada pukul 09.00. Saat libur atau weekend, Lana justru semangat sarapan. Ia biasa minta nasi goreng, roti, atau sereal. Mungkin karena suasananya santai, ia jadi semangat makannya.

***

Berdasarkan penuturan para urban mama di atas, rata-rata menganggap bahwa sarapan itu perlu sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, tapi apakah semua sudah tahu fakta tentang sarapan? Kami berikan beberapa fakta tentang sarapan yang perlu kita ketahui bersama:

  1. Sarapan menyediakan energi dan gizi penting untuk otak dan tubuh di pagi hari.
  2. Sarapan membantu agar anak-anak bisa lebih fokus dan lebih berstamina dalam menjalani aktivitasnya sepanjang hari.
  3. Setelah perut kosong selama 8-10 jam, sarapan mengisi perut kita yang berfungsi untuk meningkatkan gula darah sehingga kita menjadi lebih bersemangat.
  4. Sarapan membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak tergoda untuk makan berlebihan saat makan siang, jadi berat badan pun lebih stabil.

***

Dengan fakta-fakta tentang sarapan itu, bagaimana dengan kebiasaan sarapan di rumah urban mama? Apakah selalu menyempatkan diri untuk sarapan atau tidak? Dan apa yang biasa dimakan saat sarapan?

17 Comments

  1. cindy
    cindy vania February 2, 2015 at 12:31 am

    Karena tidak biasa makan berat di pagi hari,sarapan Wilson (5.5) sebelum berangkat sekolah biasanya roti atau pisang. Sedangkan untuk adiknya,Herbie dan Maghma terbiasa sarapan roti dilanjutkan dengan nasi dan telur atau nasi goreng.

    Biasanya memang sarapan yg simple karena memang waktunya terbatas :)

  2. ninit
    ninit yunita February 2, 2015 at 5:38 am

    sarapan? wajib banget kalo di rumah. soalnya kerasa kalo sarapan itu penting terlebih lagi buat anak2 sebelum sekolah… dan jadi kebiasaan anak2 juga meski libur, setelah mandi pasti udah otomatis sarapan.

  3. eka
    Eka Wulandari Gobel February 2, 2015 at 6:51 am

    sarapan perlu banget kalo di Rumah. sudah kebiasaan bangun tidur, Mandi lalu sarapan bersama di ruang makan. rasanya kalo pagi Sudah memulai hari dengan Mandi dan sarapan tuh seluruh kegiatan di hari itu jadi lancar Jaya! :)

  4. tetehasti
    tetehasti February 2, 2015 at 7:12 am

    sejak kecil saya dibiasakan oleh mama untuk sarapan sebelum beraktifitas. Kebiasaan ini saya tularkan ke suami semenjak menikah, sebelumnya ia tidak terbiasa sarapan pagi. Ternyata suami merasa lebih bertenaga dan semangat kerja dengan kebiasaan baru ini. Sekarang kami jg membiasakan anak kami untuk sarapan pagi hari semenjak MPASI.

  5. Kira Kara
    Bunda Wiwit February 2, 2015 at 8:39 am

    Sejak baru lahir Kira & Kara punya masalah slow growth. Dan sudah terbiasa diet kalori tinggi. Jadi sarapan pun menunya juga berat dan padat.

  6. gabriella
    Gabriella Felicia February 2, 2015 at 9:33 am

    Selalu sarapan, lagian biasanya justru pas sarapan bisa makan bareng sekeluarga. Albert biasa makan nasi atau roti, tapi akhir-akhir ini dia lebih memilih sarapan buah spt apel, pepaya atau buah naga.

  7. siska.knoch
    Siska Knoch February 2, 2015 at 9:44 am

    Sarapan sangat penting… buat semua anggota keluarga!
    Intinya makan sehat apa saja (tidak harus selalu nasi), yang penting perut harus di isi agar ada energy di pagi hari dan tidak masuk angin hihi
    menu sarapan favorit di rumah gue selain nasi, roti, cereal dan cupcake tanpa frosting. :)
    miguel skr sukanya sarapan omlet telor keju.

  8. bunda_rizma
    bunda_rizma February 2, 2015 at 3:49 pm

    sarapan? selalu…
    pagi sll siapin sarapan buat rizma (22mo) dan suami. menunya beda2, suami bs menu pedes, rizma non pedes, saya? sarapan buah sejak FC. ribet sih memang, tp tanpa sarapan aktivitas jd kurang semangat.

  9. Ikram
    Susy Yulia February 3, 2015 at 3:00 pm

    Baru on lg nih, lgs baca ini. Dari kecil terbiasa makan nasi, dan ini ditularkan keanak2. Tp sjk kenal FC, scara bertahap mengurangi makan berat dan skrg sarapan jus buah + buah potong. Pagi2 nyiapin jus buat ayah and anak2 Ikram 5th, akhtar 3th, lanjut macam2 buah potong.. Ayahnya abis ngejus, buah potongnya jd bekal diktr. Ikram Bekalnya boleh deh terserah anaknya.. Spaghetti, nugget, pisang bakar dll dimkn pas istirahat sklh jam 10-11…
    Alhamdulillah.. Ngga pd protes makan buah sarapan..

  10. rainiw
    Aini Hanafiah February 3, 2015 at 6:45 pm

    Sarapan: perlu banget! Kalau di sekolah anak2, sampai sekolah suka ada sarapan pagi bersama, makanannya disediakan oleh sekolah, biasanya roti & susu saja. Kalau Alma minta sarapan nasi, biasanya dari semalam sebelumnya sudah kusiapkan lauknya, tinggal paginya dipanaskan sama nasi. Seringnya sih pada ngoles roti & tuang susu aja buat sarapan. Tapi lagi pada suka melewatkan sarapan nih, huhu…

  11. sLesTa
    shinta lestari February 4, 2015 at 10:27 am

    sarapan? buat anak2 gue perlu banget!! mereka bangun tidur langsung minta makan soalnya. kalo gue justru bukan yang bisa langsung makan kalo bangun tidur, even mau olahraga pun gak sarapan dulu (yang katanya emang mendingan jangan sarapan dulu sih), tapi waktu sarapan tetap jadi waktu favorit gue. dulu biasanya makan roti2an (anak2 masih sampe sekarang), sekarang lebih prefer yang sehat kayak yoghurt, oatmeal dan buah2an.

  12. ZataLigouw
    Zata Ligouw February 4, 2015 at 12:52 pm

    Spt yg ditulis di atas, sarapan itu wajib hukumnya di rumah ;p malah anak2 yg protes kalau nggak ada sarapan atau sarapan yg kurang sesuai atau kurang mengenyangkan. Yg hampir selalu ada sih roti dan oatmeal, tp kalau lg sempat dan mereka punya waktu lbh banyak utk sarapan, saya atau si mbak akan membuatkan mereka nasi goreng, sandwich dng isi2an yg lebih lengkap, dll

  13. kriww
    Wulan Hermawati February 5, 2015 at 8:54 am

    sama seperti mom slesta, anakku begitu bangun tidur langsung minta sarapan :D jadi kakak Galuna sarapannya malahan sebelum mandi, hihihi. dan dia gak mau sarapan roti/oatmeal, sarapannya harus nasi sayur lauk atau minimal nasi goreng :D

  14. hananafajar
    hanana fajar February 5, 2015 at 9:17 am

    sarapan penting bangettt! tfi soal sarapan TUM:)

  15. enjimagetsari
    Enji Magetsari February 5, 2015 at 9:55 pm

    Sarapan wajib banget, supaya bertenaga dan otaknya nggak ngadat di tengah jalan :)
    paling gampang roti-rotian plus buah n susu kotak mini..Maha selalu nggak nolak kalo dikasi roti ukuran bite size yang ditaburin meses warna warni :)

  16. aniwul
    Anita Wulandari February 12, 2015 at 2:10 pm

    Saya selalu usahakan si kaka untuk sarapan, menunya bervariasi, kadang nasi, telur, buah, roti, disesuaikan dengan persediaan dan permintaan si kaka =)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.