Sarapan Praktis dengan Sereal

The Urban Mama

Rata-rata urban mama di sini sudah menyadari tentang pentingnya sarapan, seperti yang bisa kita baca di sini. Namun bagaimana dengan kebiasaan sarapan anak-anak Indonesia pada umumnya? Apakah mereka semua juga secara teratur selalu bisa sarapan dengan nutrisi yang cukup sebelum berangkat ke sekolah? Mari kita simak video berikut:

Singkatnya waktu yang dimiliki pada pagi hari sering menjadi alasan untuk melewatkan sarapan atau sarapan seadanya saja. Padahal sarapan sebaiknya menyediakan 15-25% kebutuhan gizi sehari. Jika rata-rata kecukupan energi pada anak sekolah sekitar 2.000 kalori dan 40 g protein sehari, jadi sarapan diharapkan terdiri dari 300–500 kalori dan 16 g protein. Sarapan yang baik adalah sarapan yang seimbang, dan mencakup beberapa kelompok makanan. Misalnya, buah-buahan, produk susu dan roti dan/atau sereal. Bagaimana kalau kita sedang terburu-buru? Apakah ada jenis makanan praktis yang bisa mencukupi kebutuhan energi saat sarapan?

Salah satu pilihannya adalah sereal sarapan. Dengan penyajiannya sangat praktis, tinggal taruh di mangkuk dan dicampur dengan susu, anak bisa langsung mengonsumsinya. Sereal sarapan pada umumnya terdiri dari beberapa pilihan rasa sebagai variasi, dan merupakan sumber vitamin dan mineral. Selain baik untuk anak-anak, sereal sarapan juga cocok untuk dikonsumsi oleh orang dewasa. Beberapa sereal sarapan rendah lemak dan membuat kita mengonsumsi gandum di pagi hari yang baik untuk pencernaan dan mampu memberikan tenaga yang dibutuhkan di pagi hari. Namun apakah semua sereal sarapan itu sama? Apa yang harus diperhatikan saat memilih sereal sarapan?

 

Saat memilih sereal sarapan, sebaiknya kita memilih sereal yang mengandung gandum utuh. Gandum utuh adalah sumber dari serat pangan, yang diperlukan untuk kesehatan dan saluran pencernaan. Selain itu gandum utuh bisa juga menjaga berat badan yang sehat, menjaga kesehatan jantung, dan membantu mencegah diabetes. Konsumsi gandum utuh dapat meningkatkan asupan serat harian dan salah satu sumber dari gandum utuh adalah sereal sarapan. Apa yang dimaksud dengan gandum utuh?

Gandum dianggap ‘utuh’ jika mengandung tiga bagian gandum yang bergizi dan dapat dikonsumsi. Ketika diproses untuk menghasilkan produk “putih” seperti tepung putih dan beras putih, yang digunakan hanya bagian tengah dari gandum tersebut. Bagian luar dan dalamnya dibuang, bersamaan dengan sebagian besar gizi gandum tersebut. Oleh karena itu, gandum utuh mengandung lebih banyak gizi dibandingkan gandum olahan, contoh gandum olahan adalah roti putih. Ini adalah salah satu alasan mengapa para ahli lebih merekomendasikan gandum utuh dibandingkan gandum olahan dalam makanan.

Nestlé KOKO KRUNCH adalah salah satu sereal sarapan yang dikeluarkan oleh Sereal Sarapan Nestle yang berkomitmen penuh untuk membantu para ibu agar bisa lebih mudah menyediakan sarapan bergizi yang berkualitas tinggi. Sarapan dengan sereal Nestlé KOKO KRUNCH yang mengandung gandum utuh merupakan salah satu cara praktis dan lezat untuk memenuhi kebutuhan gizi dan energi di pagi hari. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi untuk melewatkan sarapan, kan?

7 Comments

  1. ninit
    ninit yunita February 9, 2015 at 10:02 am

    sarapan? wajib!
    koko krunch ini salah satu favorit anak2 buat sarapan loh. praktis banget menyajikannya. seru juga kadang suka ada mainannya :D

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit February 9, 2015 at 11:40 am

    waaa… sarapan sereal??! ini favorite bangeettt.. Favorite bunda juga si bocah. Bundanya happy karena less ribet. Anaknya juga super happy karena enaak bangeeettt… Kesiangan? Gak sempat masak? buru-buru berangkat kantor & sekolah? Problem solved!

  3. sLesTa
    shinta lestari February 9, 2015 at 12:46 pm

    koko krunch ini juga jadi sarapan favorit di rumah!! terutama buat anak gue yang gede, krn biar cepet makannya soalnya dia cuma punya 10 menit buat sarapan sebelom dijemput ama bus sekolah. jadi kalo dikasih ini pasti makannya cepet, abis dan mamanya hepi krn cukup untuk memberikan naia energi sampe waktu istirahat di sekolah.

  4. ipeh
    Musdalifa Anas February 9, 2015 at 1:26 pm

    videonya bagus, ternyata masih banyak ya anak2 yang belum terbiasa sarapan.
    Kalau Lana lebih suka yang honey star, kalau yg koko krunch gak terlalu. Sereal ini paling andalan buat sarapan anak, cepat dan bergizi dan anak-anak pasti suka.

  5. gabriella
    Gabriella Felicia February 10, 2015 at 8:15 am

    Wah ini favorit Albert dan mamanya, ketolong banget kalau pas bangun kesiangan, atau lagi buru2, tetep punya makanan andalan buat sarapan!

  6. eka
    Eka Wulandari Gobel February 10, 2015 at 10:01 am

    enzo & dante suka banget sama koko krunch & honey star. apalagi yang berupa kemasan dalam mangkuk tertutup itu. praktis dan cocok buat bekal. enzo sering bekal cereal itu untuk dimakan saat jam istirahat di sekolah, praktis tinggal tuang air putih (krn tiap Hari pasti bekal air putih dalam botol). Dan saya juga gak kuatir enzo jajan sembarangan di sekolahnya.

  7. cindy
    cindy vania February 10, 2015 at 3:58 pm

    Koko Krunch ini wajib ada dirumah deh,karena penyajiannya cepet,anak makannya juga cepet :D

    sama kayak enzo-nya teh eka,wilson juga suka bawa cereal ini buat bekal di sekolah,trus makannya rame-rame sama temen :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.