Senangnya Berkreasi Bersama Anak

macysa

hasil

Membuat art & craft bersama James, 4,5 thn dan Ben, 3 thn menjadi salah satu pilihan saya untuk mengisi quality time bersama. Selain karena saya memang hobi membuat prakarya, saya juga ingin agar anak-anak dapat berpikir lebih kreatif, imajinatif dan bangga dengan hasil karya mereka sendiri.

Syarat utama untuk menjadi crafty mama adalah rajin-rajin mengumpulkan barang-barang bekas seperti kardus, botol plastik, tutup botol atau apa aja supaya kalau ada barang yang dibutuhkan tidak sibuk cari-cari dulu. Selain itu pernak-pernik seperti kertas warna-warni, cat warna dasar, manik-manik, pom-pom, dll juga selalu saya siapkan di rumah.

Untuk menentukan kreasi apa yang akan dibuat biasanya saya sesuaikan dengan tema yang sedang anak-anak senangi supaya mereka lebih antusias saat mengerjakannya dan hasilnya mereka dapat gambaran yang lebih nyata tentang topik itu. Seperti saat anak-anak suka dengan buku Very Hungry Caterpillar, kami membuat siklus metamorfosis kupu-kupu. Atau saat anak-anak sedang tertarik dengan planet, kami membuat sistem tata surya dan anak-anak jadi lebih mudah mengenali nama planet-planet dari bentuk 3d-nya.

Setelah mendapat ide dan bahan yang akan digunakan, saya pelajari dulu kira-kira apa-apa saja yang bisa anak-anak kerjakan sesuai dengan kemampuannya. Nah untuk bahan-bahan yang tidak bisa dikerjakan oleh anak, saya siapkan terlebih dahulu. Misalnya saat akan membuat celengan robot, untuk kakinya menggunakan botol yakult, supaya botol yakult menempel kuat dengan badannya, lubang pada botol saya tutup dulu dengan karton dan lem super glue. Atau untuk kepalanya menggunakan kaleng bekas, saya selotip dulu pinggiran kalengnya supaya tidak tajam.

Kalau semua bahan sudah siap, awalnya saya jelaskan dulu ke James dan Ben bagaimana proses pembuatannya dan apa saja yang akan mereka lakukan. Sesudah itu saya bebaskan mereka berkreasi sesuai dengan imajinasinya. Bila ada proses yang tidak bisa dikerjakan oleh anak (seperti menggunakan hot glue) saya membantu tapi tetap mereka yang mengarahkan mau diletakkan di mana dan menggunakan bahan apa.

Hasil karya mereka selalu membuat saya bangga dan sering kali di luar ekspektasi. Semua hasil karyanya pasti dipajang di rumah dan untuk hasil mainan pasti dimainkan oleh James dan Ben sampai rusak. Yang lebih membanggakan lagi sekarang James suka membuat mainannya sendiri, James bisa menyusun beberapa kardus dan meminta saya untuk menempel dengan selotip sesuai arahannya, setelah selesai, James bilang sekarang saya punya digger dan James pun langsung asik bermain menjadi traktor dengan digger hasil karyanya sendiri.

10 Comments

  1. nyanya
    almaviva landjanun May 4, 2013 at 10:42 am

    waaaa kereeeen! :D

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit May 4, 2013 at 11:12 am

    senengnyaaa.. Kira-Kara boleh dunk ikutan maen!! Itu yg ada aneka binatang laut bikinnya gimana yaa?? naksir deh. :D

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw May 5, 2013 at 2:49 am

    Setuju Maria, kalo mau jadi crafty mama emang kudu ngumpulin barang2 bekas yang kira2 ntar bisa dipake buat bikin2 sesuatu.
    Makasih yaaa idenya, keren2 banget!

  4. JCollie
    JCollie May 5, 2013 at 10:06 am

    Waaa keren banget. Jadi pingin cepet2 main sama my toddler. Kira2 umur brp mulai bisa buat prakarya hini ya??

  5. macysa
    Maria Cynthia May 6, 2013 at 3:55 pm

    @Bunda Wiwit, mari kemari ikutan main =) Fish tank itu buatnya gampang banget kok.
    Ini Bahan-bahan dan caranya :
    1. 2 piring kertas : 1 dibolongin tengahnya, yang satu lagi diwarnai biru
    2. Macam2 gambar binatang laut (aku googling gambar utk coloring pages dari google)kalau untuk anak yg sdh bisa gambar dan mewarnai sendiri hasilnya pasti lebih lucu =)
    3. Kertas lipat/krep warna hijau untuk rumput lautnya.

    Caranya :
    1. Piring kertas yg utuh diwarnai biru, bisa dengan cat, pinsil atau crayon.
    2.Gambar binatang laut dipotong sesuai bentuknya. Dan untuk bikin efek 3d, aku potong kertas kecil lalu lipat seperti bikin kipas lalu ditempel dibelakang binatang lautnya.
    3.Potong kertas krep/lipat hijau seperti rumput laut.
    4. Bila piring biru sudah siap tinggal tempel deh dimulai dari rumput laut baru kemudian binatangnya.
    5. Setelah selesai satukan piring yg bergambar dengan piring yang sudah dibolongin tengahnya.
    Simpel banget kan =D

    Kalau mau lebih bagus bisa juga ditaburi pasir (menggunakan lem putih utk merekatkannya) di bagian bawahnya. Dan piring kertas yg dibolongi dilapisi plastik supaya lbh seperti aquarium. Dan bagian luar bisa diberi hiasan kerang.

    Bagian luarnya juga bisa dihiasi kerang atau

  6. macysa
    Maria Cynthia May 6, 2013 at 3:59 pm

    @Zata : haha iya, sampai sekarang kalo mau buang barang pada nanya dulu bisa dipakai buat sesuatu ngga hahah

    @JCollie : kalau Ben dimulai dari umur 2,5 tahunan sih. Tapi dimulai dari kapan aja sebenernya bisa kok, asal bikinnya disesuaikan sama kemampuannya saat itu =)

  7. Bunda MedinaMecca
    Bunda MedinaMecca May 8, 2013 at 8:51 am

    *thumbs up ^^b
    Nyontek ya mom, TFS :)

  8. candraasti
    candraasti May 8, 2013 at 11:42 am

    keren bgt.pingin nyoba ach.anak perempuan ku kreatif suka gunting2 kertas dan ditempel-tempelin.TFS mom

  9. macysa
    Maria Cynthia May 8, 2013 at 2:33 pm

    silahkan @Bunda MedinaMecca

    Thanks @candraasti

  10. dessy puspita
    dessy puspita May 25, 2013 at 9:13 pm

    kreatif banget mom. jadi menginspirasi untuk bikin sesuatu juga bareng ama anak. kalo boleh share dong mom yang bikin rumah2an-nya:)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.