Senangnya Berkreasi Bersama Anak

hasil

Membuat art & craft bersama James, 4,5 thn dan Ben, 3 thn menjadi salah satu pilihan saya untuk mengisi quality time bersama. Selain karena saya memang hobi membuat prakarya, saya juga ingin agar anak-anak dapat berpikir lebih kreatif, imajinatif dan bangga dengan hasil karya mereka sendiri.

Syarat utama untuk menjadi crafty mama adalah rajin-rajin mengumpulkan barang-barang bekas seperti kardus, botol plastik, tutup botol atau apa aja supaya kalau ada barang yang dibutuhkan tidak sibuk cari-cari dulu. Selain itu pernak-pernik seperti kertas warna-warni, cat warna dasar, manik-manik, pom-pom, dll juga selalu saya siapkan di rumah.

Untuk menentukan kreasi apa yang akan dibuat biasanya saya sesuaikan dengan tema yang sedang anak-anak senangi supaya mereka lebih antusias saat mengerjakannya dan hasilnya mereka dapat gambaran yang lebih nyata tentang topik itu. Seperti saat anak-anak suka dengan buku Very Hungry Caterpillar, kami membuat siklus metamorfosis kupu-kupu. Atau saat anak-anak sedang tertarik dengan planet, kami membuat sistem tata surya dan anak-anak jadi lebih mudah mengenali nama planet-planet dari bentuk 3d-nya.

Setelah mendapat ide dan bahan yang akan digunakan, saya pelajari dulu kira-kira apa-apa saja yang bisa anak-anak kerjakan sesuai dengan kemampuannya. Nah untuk bahan-bahan yang tidak bisa dikerjakan oleh anak, saya siapkan terlebih dahulu. Misalnya saat akan membuat celengan robot, untuk kakinya menggunakan botol yakult, supaya botol yakult menempel kuat dengan badannya, lubang pada botol saya tutup dulu dengan karton dan lem super glue. Atau untuk kepalanya menggunakan kaleng bekas, saya selotip dulu pinggiran kalengnya supaya tidak tajam.

Kalau semua bahan sudah siap, awalnya saya jelaskan dulu ke James dan Ben bagaimana proses pembuatannya dan apa saja yang akan mereka lakukan. Sesudah itu saya bebaskan mereka berkreasi sesuai dengan imajinasinya. Bila ada proses yang tidak bisa dikerjakan oleh anak (seperti menggunakan hot glue) saya membantu tapi tetap mereka yang mengarahkan mau diletakkan di mana dan menggunakan bahan apa.

Hasil karya mereka selalu membuat saya bangga dan sering kali di luar ekspektasi. Semua hasil karyanya pasti dipajang di rumah dan untuk hasil mainan pasti dimainkan oleh James dan Ben sampai rusak. Yang lebih membanggakan lagi sekarang James suka membuat mainannya sendiri, James bisa menyusun beberapa kardus dan meminta saya untuk menempel dengan selotip sesuai arahannya, setelah selesai, James bilang sekarang saya punya digger dan James pun langsung asik bermain menjadi traktor dengan digger hasil karyanya sendiri.

10 Comments

  1. avatar
    dessy puspita May 25, 2013 9:13 pm

    kreatif banget mom. jadi menginspirasi untuk bikin sesuatu juga bareng ama anak. kalo boleh share dong mom yang bikin rumah2an-nya:)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Maria Cynthia May 8, 2013 2:33 pm

    silahkan @Bunda MedinaMecca

    Thanks @candraasti

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    candraasti May 8, 2013 11:42 am

    keren bgt.pingin nyoba ach.anak perempuan ku kreatif suka gunting2 kertas dan ditempel-tempelin.TFS mom

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    wiwit patriani May 8, 2013 8:51 am

    *thumbs up ^^b
    Nyontek ya mom, TFS :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Maria Cynthia May 6, 2013 3:59 pm

    @Zata : haha iya, sampai sekarang kalo mau buang barang pada nanya dulu bisa dipakai buat sesuatu ngga hahah

    @JCollie : kalau Ben dimulai dari umur 2,5 tahunan sih. Tapi dimulai dari kapan aja sebenernya bisa kok, asal bikinnya disesuaikan sama kemampuannya saat itu =)

    1. avatar

      As .