Soft Cheddar Cheesecake in A Cup

MamaAlula

Saya pasti tergoda untuk mencoba aneka resep jika bahan-bahan yang dibutuhkan sudah lengkap. Salah satu resep yang saya temukan di website ini, sangat menarik untuk dicoba. Cheesecake ini basenya adalah Japanese Cheese Cake dan nampak mudah, makanya saya coba praktikkan. Inilah percobaan pertama saya.

Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya:

Soft Cheddar Cheesecake
Bahan-bahan :

  • 100 ml susu cair.
  • 125 gr keju cheddar, parut.
  • 15 gr butter, saya pakai yang unsalted.
  • 24 gr tepung maizena.
  • 3 butir telur ayam, pisahkan kuning dan putihnya.
  • 1/4 sdt garam.
  • 75 gr gula pasir.

Blueberry Jam
Cara pembuatan :

Panaskan oven. Berhubung oven saya hanya berupa otang (yang penunjuk suhunya suka ajaib) saya panaskan dengan suhu tinggi di kompor.

Note: Di resep asli, harusnya menggunakan loyang bongpas (bongkar pasang) bulat diameter 20 cm yang dialasi dengan kertas roti dan diolesi butter. Kemudian loyang bulatnya dialasi dengan alumunium foil agar tidak bocor. Kemudian nantinya loyang bulat yang sudah diisi adonan akan ditaruh diatas loyang persegi yang lebih besar yang sudah diisi air.

Namun ada sedikit tragedi di dapur saya. Loyang bongkar pasangnya sih ada tapi ternyata loyang perseginya tidak ada yang lebih besar dari loyang bulat saya. Akhirnya saya memanfaatkan cupcase Momma yang ada dan saya alasi bagian luarnya dengan alumunium foil (saya dobel agar benar-benar anti air). Kurang lebih, seperti ini penampakannya.

Mohon diingat, loyang persegi diisi air kurang lebih 2-3 cm dimasukkan kedalam oven ya.

Dalam panci, panaskan susu, keju parut dan butter. Aduk dengan whisk sampai keju larut. Angkat. Masukan tepung terigu dan maizena. Aduk rata. Tambahkan kuning telur. Aduk sampai rata. Sisihkan.

Dalam mangkuk terpisah kocok putih telur dan garam sampai berbusa. Masukkan putih telur. Kocok sampai dengan kondisi soft peak.

Masukkan sepertiga adonan putih telur kedalam adonan keju/kuning telur. Aduk balik sampai rata. Lalu masukkan adonan ini ke dalam sisa adonan putih telur.

Isi cupcase dengan adonan (saya isi cupcase hampir penuh). Keluarkan loyang yang berisi air. Letakkan cupcase yang telah diisi dengan adonan.

Lalu masukkan kedalam oven. Kemudian turunkan sedikit suhu oven (sekitar 150 C). Panggang selama 35-40 menit.

Setelah matang, bisa matikan oven dan dibiarkan dalam oven agar tidak terlalu menyusut.

Karena saya membuat dalam 2 batch, suhu oven saya kecilkan sekali, lalu 3-4 menit kemudian saya keluarkan. Lalu loyang persegi saya isi dengan air panas, suhu oven saya naikkan dulu lalu saya panggang batch ke 2.

Inilah hasilnya

Ingat ya Ma, setelah dingin, taburi atasnya dengan topping blueberry. Bisa menggunakan homemade jam, atau canned blueberry kalau saya memakai bahan yang ada di rumah yaitu selai blueberry yang saya cairkan dengan sedikit air. Dan bisa diganti dengan topping lainnya kok :) Bisa langsung disantap atau masukkan ke kulkas dulu.

Mau mencoba?

19 Comments

  1. trias.kelly
    trias kelly September 30, 2011 at 7:35 am

    enyaaaakkkk, pengen buat buat wiken ini. TFS

  2. September 30, 2011 at 8:35 am

    mbakk.. aku nyontek tips n resepnya yaaa… :)

    “Masukkan sepertiga adonan putih telur kedalam adonan keju/kuning telur. Aduk balik sampai rata. Lalu masukkan adonan ini ke dalam sisa adonan putih telur.” itu sepertiga yg sudah diaduk berarti juga diaduk ma sisa putih telur ya mbak?

    1. otty
      Pangastuti Sri Handayani September 30, 2011 at 9:46 am

      Bantu jawab ya…

      Iya jadi semua adonan (keju + 1/3 putih telur) dicampur sama 2/3 adonan putih telur yang masih nyisa.

  3. thearizkia
    thea rizkia September 30, 2011 at 9:37 am

    wajib coba nih soalnya penggemar cheesecake….

    makasih yaaa mama rina *peluuuuk*

  4. otty
    Pangastuti Sri Handayani September 30, 2011 at 9:44 am

    Waah asik nih, bahan2nya juga murah meriah. Daripada beli mending bikin sendiri hihi… Thanks ya udah bagi2 resep :)

    Oya, pernah baca untuk ngakalin au ban marie bisa naro loyang isi air di rak bawahnya, jadi loyang isi adonan (tetepdikasih alufoil, cukup 1 lapis kali ya) ga kecelup langsung tapi masih kena uap2 air. Konon demikian, blom nyoba sih.

    Eh nanya dong, kalo ditaro di cup jadinya berapa banyak ya?

  5. MamaAlula
    Rina Aulia September 30, 2011 at 9:58 am

    Maap, br bs jawab pake hape… Di rekap aja yah :D

    @trias + thea : makasi yaaaa… Semoga bs nambah alternatif dessert :D

    @mamarini : udah dijawabin sama otty ya.. (Makasiii otty). Klo istilah nyokapku, adonannya dipancing dulu, jadi ga langsung blek2an dicampur

    @otty : hehehehe…maklumlah baru pertama nyoba au bain marie, jadi berusaha taat sama teorinya :)
    Jadinya berapa ya… (Agak2 lupa juga) :p klo ga salah sekitar 12-14 cup. Kenapa diriku bener2 lupa ya.. Hehe… Maaf.

  6. leona_as
    leona_as September 30, 2011 at 10:12 am

    ennyak nih.. mo coba bikin pas wiken besok.
    mau tanya :
    “Masukan tepung terigu dan maizena.”
    mba e, tepung terigunya berapa gr?

  7. annys
    annys September 30, 2011 at 10:14 am

    Mau coba ah :D bisaan ini mba rina di jadiin cupcakes :D ngebantu banget buat aku yg selalu gagal bikin kueh gede. hihi :) TFS!

  8. sLesTa
    shinta lestari September 30, 2011 at 12:46 pm

    hhhmmm.. yuummy banget kayaknya. dan bahan2nya gampang. ini kalo dibikin pake ramekin bisa gak ya?

  9. MamaAlula
    Rina Aulia September 30, 2011 at 1:41 pm

    @Leona : oh! My bad! Ga dicantumin! :( ada di link yg aku kasih sih ) Tapi, tetep aku khilaf nih :(

    Buat semua, Tepung Terigu : 30gr yaaaaa…
    Maaf… Bener2 luput

    @annys : Akupun suka gagal dengan kue besar. Paling berhasil dengan brownies (secaraaaaa… Emang kue bantat :p ). *toss* jangan menyerah. Keep on baking!!

    @Slesta : Kayaknya bisa aja, tapi tinggal ngakalin keluarin dari ramekinnya. Klo resep asli kan pakai loyang bongkar-pasang, aku kebetulan pakai cup momma, masih bisa dirobek cupcase-nya.
    Tapi ga dikeluarin dari cupcasenya/ramekinnya juga masih sangat bisa dinikmatin :)

  10. morningtea
    morningtea September 30, 2011 at 2:05 pm

    kayaknya di Singapur ada yg jual cheesecake seperti ini, dibikin kayak cupcake juga, duh lupa nama tokonya (toko yg terkenal sama wafflenya itu, apa ya, bukan polar). Enak banget, lembut gitu. Baru tauu cara bikinnya giniiii.

    Thanks for sharing ya Mbak. Pengeen banget bikin nih.

  11. ninit
    ninit yunita September 30, 2011 at 8:53 pm

    waaaw menggoda banget nih liat fotonyaaa… langsung kebayang enak bangettt dan lembut :)

    makasih yaa rin resepnya :) pengen nyoba juga.

  12. ghifAruni
    meccarania dila September 30, 2011 at 9:59 pm

    ya ampuun mba rina, menggoda sekali cheese cake-nya, kayanya ga susah ya *sotoy.
    pengen aahh coba, apalagi bahannya ada semua tuh di rumah. tfs ya :)

  13. siska.desianty
    siska desianty October 1, 2011 at 2:04 pm

    yummy.. coba ah,,

  14. MithaNasimova
    Paramitha Nasimova October 3, 2011 at 5:00 pm

    Udah dicoba resepnyaaa :D Tp buatanku lngsng menciut, knp ya?! Tetep enak sihh, anak saya seneng bgt makannya (y)

  15. adita07
    adita primakurniani October 14, 2011 at 8:04 pm

    mba, mau nyoba resepnya yaah..wuih bagus ya mbak jadinyaa..pasti enak yah rasanya

  16. DenaBask
    Dena Baskoro June 30, 2012 at 9:49 pm

    laper sama ngeces, liatnya, doable by me sepertinya :)

  17. linata
    vinny linata December 19, 2012 at 11:02 am

    yummmyyy…. makasi resepnyaa… top bgt :)

  18. frizielia
    frizielia January 9, 2014 at 11:32 am

    mbak.. mau tny itu maksudnya “kocok putih telur dan garam sampe berbusa. masukkan putih telur” itu gmn mbak??

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.