Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur

Beruntung sekali saya tinggal di daerah yang dekat dengan hutan dan taman kota; hanya berjarak sekitar 2 km dari rumah. Salah satu taman kota yang sering saya dan keluarga kunjungi adalah Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, atau lebih dikenal dengan nama Taman Bunga Cibubur. Taman ini terletak di  Jl. Jambore I, Cibubur-Jakarta Timur. TRW Cibubur yang memiliki lahan seluas 32 hektar ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1980. Di dalam taman ini terdapat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional (Pusdiklatnas).

Selain sebagai tempat rekreasi, taman ini juga sebagai salah satu sumber dana untuk kegiatan Pramuka di Indonesia. Dengan harga tiket masuk yang cukup murah; Rp6.000,-/ orang untuk pejalan kaki, TRW Cibubur ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Di dalam taman ini terdapat berbagai fasilitas outbond, taman bermain dan kolam air terjun mini, kolam renang, tenis, penginapan berkapasitas 500 orang, gedung olahraga,  gedung pertemuan dan resepsi, klinik umum dan gigi, scout shop, madu pramuka, dan family health centre.

Saat Enzo, Dante dan saya berkunjung ke sana beberapa waktu lalu, Lapangan Utama Gajah Mada sedang penuh dipakai oleh para murid sekolah sepak bola untuk berlatih. Di bagian lapangan yang lainpun sama penuhnya, sedang dipakai untuk syuting salah satu sinetron sehingga cukup ramai dengan orang-orang yang menonton. Jadi, kami berjalan ke lapangan yang terletak di belakang kolam renang Tirta Teja untuk bermain bola.

Saat itu hanya ada kami yang bermain bola di lapangan itu, jadi Enzo dan Dante cukup puas berlari-lari, sementara saya berlari mengelilingi lapangan bola sambil sesekali ikut menendang bola.  Setelah bermain bola, Enzo dan Dante berlomba menaiki titian gapura taman, lalu berlari menuju taman bermain dan main ayunan dengan berbagai gaya.

Di taman ini memang terdapat banyak sekali ayunan dan bangku taman, saya melihat banyak orang yang berfoto-foto (mungkin untuk majalah atau pre-wedding), melukis, mendirikan tenda, piknik, dan bermain bola di lapangan rumput. Tak jauh dari situ terdapat air terjun dan kolam ikan; dan terdapat pula perahu dayung dan bola air. Enzo dan Dante hanya saya izinkan untuk mendayung perahu mini saja, karena untuk bola air terlihat kurang bersih. Harga sewa perahu dayung mini Rp. 10.000.

Enzo dan Dante senang sekali mendayung perahu, dan sempat ngambek waktu saya minta untuk berhenti. Tapi ngambeknya tidak lama, karena setelah itu kami menyewa becak mini untuk berkeliling-keliling taman. Ternyata, mengendarai becak itu harus cekatan, apalagi saat berbelok; tidak boleh terlalu ‘patah’.  Harga sewa becak mini di TRW Cibubur Rp. 10.000 untuk berkeliling taman sepuasnya.

Saat melewati kolam renang Tirta Teja, kami berhenti untuk menyapa Pak Sabar, pelatih renang Enzo dan Dante. Mereka sempat ingin berenang juga, kalau tidak diingatkan bahwa kami tidak membawa perlengkapan renang. Harga tiket masuk kolam renang Tirta Teja Rp. 10.000 untuk hari kerja, dan Rp. 15.000 untuk hari libur dan akhir pekan.

Setelah lelah berkeliling dengan becak mini, Enzo dan Dante meminum susunya sambil menikmati pemandangan air mancur di tengah taman. Enzo dan Dante selalu senang bila saya dan suami berjanji untuk mengajak mereka ke taman bunga lagi minggu depan.

Menyenangkan sekali beraktivitas bersama keluarga di Taman Bunga Wiladatika Cibubur. Jangan lupa memakaikan topi dan kaos kaki/celana panjang/losion anti nyamuk pada anak-anak ketika bermain di taman ini.

19 Comments

  1. avatar
    mommabi February 25, 2013 8:48 am

    hi mom salam kenall

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel February 10, 2013 9:04 pm

    waah..udah lama sekali ya, ade :)
    asrama TNI di cibubur masih ada koq, sampe sekarang.
    karena bali pulau wisata dan alamnya masih asri kali ya, jadi mungkin belum perlu taman spt ini :D
    aih, jd pgn ke bali #lho :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Mama Obito January 19, 2013 1:55 pm

    Wow, jadi ingat 25 tahun yang lalu saya main ke Taman Bunga bareng sepupu-sepupu yang tinggal di Asrama TNI di Cibubur (asramanya udah jadi apa ya sekarang?) Bunga ada dimana-mana waktu itu..cantiiiik sekali tamannya. Di Bali belum ada taman kota seperti ini.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel January 4, 2013 11:57 pm

    @nayla: kayaknya sih jam 7 udah buka. soalnya kalo les renang pagi, pak pelatih mintanya jam 7 udah di kolam, tapi biasanya dateng sekitar jam 7.30.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    nayla tazkiyyah January 2, 2013 10:27 am

    Deket sama rumah, malah belum pernah ke sini, kalau pagi bukanya jam berapa ya? Langsung pengen ke sana besok...

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.