Terbang ke Angkasa

anggiabonyta

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga! Setelah paket permainan kreativitas pertamanya Kebun Serangga yang sukses membuat Kilau senang, saya penasaran ingin tahu bagaimana serunya paket kedua Menthilis yang bertema “Terbang ke Angkasa”. Kalau diingat-ingat, ternyata saya jarang sekali, atau malah belum pernah membacakan buku tentang planet dan luar angkasa. Jadi pas sekali nih. Bisa bercerita tentang planet, sekaligus membuat miniatur tata suryanya. Jadi Kilau bisa punya gambaran seperti apa sih sebenarnya yang dinamakan planet itu.

Agar suasananya berbeda, kami sengaja pergi ke taman dekat rumah untuk mengerjakan proyek seru ini. Kilau semangat sekali membuka kotaknya dan memberikan buku panduan Si Tupai pada saya. “Ayo baca bukunya, Bu. Aku mau yang ada stoplesnya dulu. Kata buku aku harus apa?”

Sama seperti paket sebelumnya, di paket permainan seri kedua yang punya judul Terbang ke Angkasa ini semua sudah disediakan dan dipisahkan dalam plastik yang berbeda sehingga kita tidak akan tertukar mengerjakan proyek satu dan yang lainnya. Jangan lupa membawa gunting yang sudah diberikan di paket Menthilis pertama.

Setelah dibacakan langkah-langkah pembuatannya, Kilau langsung mengambil karton hitam. “Di sekolah aku juga suka main ini lho” sambil mengangkat tinggi-tinggi alat mencocok yang ujungnya tajam itu. Ia terus melubangi karton hitamnya dengan serius, sampai-sampai tidak mau memakai alas mencocoknya. “Ini sudah bolong kok Bu, tuh lihat..”

Wah, waktu kecil saya juga senang sekali kalau ada pelajaran mencocok atau membolongi kertas seperti itu. Tapi saya baru tahu dari buku panduannya, kalau kegiatan ini bisa melatih motorik halus, ketelitian, dan kesabaran juga. Dalam waktu singkat, karton hitamnya sudah dibolongi semuanya. Walaupun pola idealnya sih berbentuk  bintang, tapi tidak apa-apa, yang penting kartonnya sudah selesai dibolongi di semua bagian, agar nanti cahaya yang berasal dari lampu muncul di lubang-lubang kecil hasil mencocok tadi.

Setelah gulungan karton hitamnya dimasukkan ke dalam stoples, lalu langkah selanjutnya adalah menempelkan bagian bawah lampu ke dalam stoples dan menutupnya. ‘Lentera Bintang’nya pun selesai! Karena masih siang, cahayanya memang tidak terlalu kelihatan. Lentera bintang ini  seru dimainkan saat malam hari, sambil main kemah-kemahan di kamar tidur, dengan memadamkan semua lampu agar lenteranya bercahaya maksimal.

Selesai membuat  lentera, saya bertanya sama Kilau, “Mau istirahat dulu apa mau buat planet-planet?” Kilau langsung menjawab, “Mau buat planet.” Plastik yang berisi ‘Astronaut dan Tata surya’ pun langsung dibuka semua isinya: ada lem, bulatan planet dan matahari, lem glitter, stiker glitter, manik-manik untuk hiasan, magnet besar dan kecil, busa berwarna kuning dan hijau juga kertas bergambar astronaut.

Sebelum mulai mengerjakan, saya bacakan sedikit soal fakta seru matahari dan planet yang ada di dalam buku panduan. Kilau tampak serius mendengarkan lalu mengulang-ngulang kata “Orbit”. Tampaknya kata itu sangat menarik perhatian Kilau.

Lalu dimulailah petualangan membuat tata surya ini. Mengelem, menggunting, semuanya dilakukan Kilau dengan serius (walaupun masih tidak terlalu rapi). Bagian paling seru adalah saat menempelkan sang astronaut pada magnet yang kecil. Kemudian  magnet besarnya ditaruh di belakang karton sehingga astronautnya bisa bergerak dan bergeser seperti sedang terbang karena terjadi gaya tarik menarik dari magnet tersebut. Kilau juga senang sekali. Dia terus saja mencoba menggerak-gerakkan si astronaut itu. “Cool ya Bu!” katanya senang. Ibunya juga sama-sama ikut senang.

Selain dua proyek tadi, ternyata masih ada bonus membuat ‘Roket Meluncur’! Seru sekali, sekaligus bisa memberitahu anak tentang gravitasi bumi dengan cara sederhana. Semua informasi tentang gravitasi bumi ini sudah tersedia informasinya di buku Si Tupai. Ditambah lagi ada teka-teki seru tentang Tata Surya.

Kedatangan kotak kecil dengan segudang manfaat ini selalu sukses membuat kami senang. Kegiatannya lengkap! Mulai dari melatih motorik halus, merangsang imajinasi, kreativitas, melatih koordinasi mata dan tangan, serta menambah wawasan pada anak (dan ibunya juga). Waktu berkualitas saya dan Kilau jadi makin maksimal! Terima kasih banyak The Menthilis Project! Rasanya tidak sabar menunggu paket berikutnya…

12 Comments

  1. ninit
    ninit yunita December 11, 2014 at 7:43 am

    wahhh seru banget sih menthilis project ini. kilau keliatan bangeeet suka (dan serius) ngerjainnya projek ini yaaa :) temanya juga oke banget! tiap paket kayaknya penuh kejutan.

  2. gabriella
    Gabriella Felicia December 11, 2014 at 8:22 am

    Kilau seru banget! Wah ide bagus nih pengen beli buat kegiatan di kala libur sekolah… TFS ya Anggi!

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 11, 2014 at 2:01 pm

    waaahhh… keren. Seru melihat Kilau asik dengan projectnya. Apalagi sebentar lagi libur panjang, seruuu nih buat dijadikan project selama liburan sekolah. TFS ya anggi..!

  4. engelina eva
    engelina eva December 11, 2014 at 2:51 pm

    waaahhh..keren.menthilis project tsb utk usia brp ya??dan dimana bisa mendapatkannya??

  5. enjimagetsari
    Enji Magetsari December 11, 2014 at 4:08 pm

    Kiyaaaww pinter banget ngerjain projectnya, thumbs up buat Ibu yang pinter milih kegiatan untuk anak dan yang untuk desain project menthilis ini, kereenn!!

  6. cindy
    cindy vania December 11, 2014 at 4:21 pm

    Kilau seru banget sih ngerjain projectnya.menthilisnya cool ya Kilau :D

  7. ZataLigouw
    Zata Ligouw December 12, 2014 at 7:04 am

    keliatan banget kalau Kilau seneng ya dengan proyek ini. Pengen deh beliin buat Sabil, tapi umur 3,5 tahun udah cocok blum ya Nggi?

  8. anggiabonyta
    Anggi December 12, 2014 at 5:01 pm

    @teh ninit : iya banget teh, kayanya penuh kejutan adalah kata yang pas buat menthilis ini ya hehe

    @ella : cocok ya buat ngisi liburan yg tinggal bbrp hari lagi hehe terimakasih juga, Ella :*

    @bunda wiwit: iya nih mau liburan sekolah artinya amunisi project slama liburan harus diperbanyak biar ga mati gaya hihi makasih juga bunda wiwit :)

    @engelina kalo ga salah sih menthilis ini ditujukan untuk anak berumur 3-7 th. Utk mendapatkannya bisa cek FB & Instagramnya, @menthilis

    @enji: makasih tante Enji, dan emang keren yang bikinnya. Ibu dan anak sama-sama happy :)

    @cindy: hahaha iya cool katanya hihi

    @zata: Kalo diliat-liat sih emang ditujukan untuk anak mulai usia 3 taun, Zata..cobain aja dulu, siapa tau Sabil suka :)

  9. deravee03
    deravee03 December 13, 2014 at 6:31 am

    Seruu bangeett:) wah gavin juga belum dikenalin sama planet2, jadi penasaran sama menthilis project ini…tfs mama anggi^^

  10. ipeh
    Musdalifa Anas December 15, 2014 at 3:49 pm

    ahh seruu banget, tfs anggi. duh jadi gak sabar mau order ke Menthilis Project ini

  11. eka
    Eka Wulandari Gobel December 18, 2014 at 12:17 pm

    seru banget ya nggi, btw toss sama kilau! suka banget acara bolong2in kertas :D
    keren yaa paket2 dari menthilis ini, suka deh! :)

  12. siska.knoch
    Siska Knoch December 19, 2014 at 7:14 am

    Miguel juga punya paket yg ini tapi belum sempat di bikin. suka deh liat kilau pinterr :*

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.