Tidak Ada Kata Menyerah Demi Setetes ASI

anthie arvianto

Dan rasanya miris banget kalo ada seorang ibu yang menyerah demi setetes ASI untuk buah hatinya. Bukan saya menjudge mereka. Sama sekali bukan. Tapi saya tahu, nggak ada istilah, “ASI nya nggak keluar” atau pun “Anak nya nggak mau minum ASI”. Percaya deh, nggak ada ASI yang nggak bisa keluar. Semua tergantung gimana kita berusaha, dan yang terutama NIAT.

Niat yang besar untuk bisa memberikan ASI untuk buah hati kita memang sangat penting. Kita semua pasti tahu bagaimana pentingnya ASI untuk seorang bayi. Saya sendiri tidak mengatakan bahwa sufor (Susu Formula) itu kurang bagus. Tapi bila bisa memberikan ASI, sebaiknya cukup ASI saja.

Saya jadi ingat cerita ibu saya. Waktu umur saya 2 bulan, tiba-tiba di payudara ibu muncul benjolan (mastitis). Ibu saya bilang, rasanya sakit. Tapi meski demikian, ibu saya tidak menyerah dan berhenti memberikan saya ASI.

Cerita ibu saya tersebut selalu membuat saya semangat. Apakah karena karena hal sepele saya akan menyerah? Demi setetes ASI, saya nggak akan menyerah. Dan saya akan berusaha semaksimal mungkin demi memberi ASI untuk Aurel.

ASI saya ini sampe sekarang belum terlalu banyak. Kalau pompa pun baru bisa sampai 60 ml. Tapi lagi-lagi dukungan dari orang-orang di sekitar kita sangat diperlukan.

Semua cara saya lakukan demi ASI. Dari pijat payudara yang rasanya sakit banget, sampai menjadwal makanan yang bisa membuat ASI saya banyak. Mengonsumsi makanan yang sebenarnya nggak terlalu saya suka. Tapi sekali lagi, apa pun akan saya lakukan demi keluarnya ASI.

Saya menjadwal asupan makanan ke tubuh.

  • Senin, mengonsumsi bengkoang sebanyak 3 buah yang bisa membuat ASI kita putih dan kental,
  • Selasa, makan sayur katuk (sampai habis satu panci).
  • Rabu, makan bubur kacang hijau dan air kacang hijau.
  • Kamis, susu kedelai buatan sendiri.
  • Jum’at, sayur daun labu.
  • Sabtu dan Minggu, saya ngemil kacang rebus.

Kalau memang apa yang kita usahakan nggak membuat ASI keluar dengan banyak, Urban Mama sebaiknya jangan cepat menyerah karena ada banyak donor ASI di luar sana yang pasti akan membantu kita.

Sekarang Aurel sudah berumur 44 hari, pelan tapi pasti berat Aurel makin hari makin naik. Dengan ASI hubungan anak dan ibu pasti akan terbangun. Rasanya senang sekali saat saya melihat Aurel semangat minum ASI, apalagi sambil mendekap tubuh mungilnya.

Urban Mama, coba lah untuk tidak menyerah demi setetes ASI untuk anak kita. Semua pasti bisa kalau kita berusaha dan dengan niat yang besar.

44 Comments

  1. Risky
    Risky Dwi Rahayu March 11, 2010 at 6:17 am

    hebbaaatttt mba anthie! salut deh buat NIATnya yang begitu besar… semoga bisa ASI eksklusif ya, mba..

    saya jadi inget dulu pas baru2 melahirkan dan ASI yang keluar juga ga banyak (anak saya, Fazil, umur 2,5 bulan sekarang) dan tiap hari dimasakin sayur katuuuuuk terus ama mertua saya. duh, sampe semua makanan tuh ga ada rasanya. tapi, demi anak sih yaaaa…mau ga mau masuk perut juga. :)

  2. endrika
    endrika March 11, 2010 at 6:42 am

    Anthie, sama banget ama gue niih, asi kalo dipmopa keluar-nya susah bangeeet, anak gue umurnya 46 hari, deketan juga ama kamu yak. Yup, setiap tetes begitu berharga, kebiasaan gue sehabis mompa, selelu ngegoyang goyang corong pompa, biar asi yang nempel di corong bisa masuk ke dalam botol-nya:p. Dan kemaren gue pengen teriak teriak saking seneng-nya, pertama kali mompa dapat 100ml, yihaaa…
    Tetap semangat anthie, sama sama kita berjuang-nya ya….!!

  3. SunShine
    Fitria Adriadi March 11, 2010 at 6:44 am

    Semangat yaa,mbak Anthie!! Semoga Aurel bisa lulus ASIX yaa..Bener bgt,dukungan org sekitar mutlak diperlukan. Tutup kuping deh kalo udah denger komen2 pesimis ato negatif..it’s all in your heart..

  4. maminya_altaf
    atika March 11, 2010 at 7:01 am

    wah salut deh buat perjuangannya. Ayo ASIX 6bulan dan ASI+homemade MPASI sampe 2tahun.

    oya ttg makanan. sekedar sharing info pas ikut seminar ASI kapan hari. dr. Astri (konselor laktasi) bilang sebenarnya tidak ada makanan yang signifikan menambah volume ASI. yang penting makan saja aneka ragam makanan sehat dengan nutrisi seimbang.Segala sayur sangat baik, tidak hanya daun katuk…tapi juga bayam, kangkung, sawi, dll. Itu sudah sangat OK…Karena ASI punya standar kualitas yang pasti terpenuhi oleh tubuh kita. Misal asupan kalsium dari makanan kurang, maka ASI akan diambilkan cadangan kalsium dari ibunya. Itulah mengapa makanan bergizi juga penting untuk sang ibu…karena standar kualitas ASI akan selalu terjaga,nah ibunya butuh booster supaya cadangan zat gizinya selalu mencukupi.

    salam sayang untuk Aurel =D

  5. bundashafa
    Fariella Julian March 11, 2010 at 7:32 am

    Like this article. At least we have faith in what we choose to do,ASI atau Susu Formula. Saya pilih ASI karena memaksimalkan sumber daya tubuh yang ada dan segala manfaat ASI (menurut buku-buku dan pengalaman ). Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi Ibu yang lain.

  6. Munanailil
    Munanailil March 11, 2010 at 7:36 am

    Semangat mba anthi, mba beruntung didukung oleh orang2 di sekitar mba anthi. Kondisi mba berkebalikan dengan saya, asi saya cukup, awal2 bahkan melimpah. Tapi ibu mertua kurang mendukung asi eksklusif bahkan cenderung menganjurkan sufor. Semoga mba anthi bisa asi eksklusif 6 bln, semakin sering dedeknya diberi asi maka produksinya pun akan meningkat mba. Sukses ya mba

  7. superpippo
    Astrid Lim March 11, 2010 at 8:02 am

    hai anthie, salut untuk perjuangannya. aku sendiri termasuk yang mix ASI dengan formula, karena berbagai sebab. dan selalu kagum sama ibu yang berhasil melakukan ASIX. mungkin karena kekurangtahuan atau terlalu stress, program ASI-ku amburadul. banyak pelajaran yang bisa didapat kalau suatu saat nanti diizinkan punya anak kedua.

    anyway, good luck ya!

  8. erly
    erly March 11, 2010 at 8:06 am

    tetep semangat ya demi Aurel :)
    sampe sekarang saya juga masih pompa asi untuk Cacha (2 bln) subuh, siang, malam untuk bekal ditinggal ke kantor. Alhamdulillah kadang dapat 100 ml per pd, kadang juga kurang tergantung kalau pas ketemu Cacha lagi bangun ya langsung disusukan :)
    tapi pengalaman selama ini, yang penting rajin makan sayur (apapun) dan minum air, asi bisa keluar banyak..
    saya juga konsumsi suplemen penambah asi (takut kurang banyak karena selama ditinggal Cacha minumnya 3 botol @ 100 ml), suplemen untuk ibu supaya badan tetap fit.

    hasilnya, dibanding abangnya yang minum asi cuma 2 minggu karena macam-macam alasan, badan si adek ini kelihatan lebih berisi dan nggak gampang sakit. Walau tertular pilek dari abangnya pun bisa cepat sembuh tanpa harus ke dokter. jadi nyesal kenapa dulu nggak ngotot menyusui si abang :)

  9. niens
    Nina Setyawati March 11, 2010 at 8:13 am

    Semangat terus ya Anthie…
    Gw juga kayak lo kok produksinya, gw telatenin aja ngumpulin mili demi mili tetes ASI. Alhamdulillah Karina (5mos) sampe sekarang tetep bisa ASIX dan punya stock yang Insya Allah mencukupi walaupun mamanya mesti kerja.

  10. bundadiba
    Ann Sjamsu March 11, 2010 at 8:31 am

    Anthie…tetap semangat ya!!!! You can do it!!!! jadi ingat pengalaman pribadi jaman dulu awal2 Diba lahir, sama banget kayak Anthie, dipompa paling banter dpt 10ml, sampe stress, blm lagi org2 sekitar yg ngotot suruh kasi sufor. Untungnya banyak dukungan dari suami dan teman2, akhirnya strateginya jarang banget aku pompa, tapi lebih baik nyusuin langsung, sesuai dengan hasil konsultasi dengan ahli laktasi. Kebetulan jarak kantor dan rumah juga ga nyampe 100 meter, jadi bisa nyusuin kapan aja. Dulu juga ampe eneggggg banget tiap hari minum jus bengkoang at least 3 gelas, trus makan sayur bening katuk pake labu dan kacang merah ampe satu panci per hari, tapi semua demi ngasi Diba ASI. Alhamdulillah berhasil ASIX alias S1 ASI, dan udah lulus sampai S3 (2 tahun juga)…malah sekarang keterusan tuh, Diba udah 2 tahun 5 bulan masih hot nyusunya hehehhe

  11. Urban Papa
    Chandra Marsono March 11, 2010 at 8:55 am

    Hebat perjuangan mamanya Aurel, semoga menjadi inspirasi bagi para urban mama lainnya.

  12. uciii
    lucia galih March 11, 2010 at 10:00 am

    semangattt anthie….semoga aurel cepet besar dan tumbuh jadi anak yang sehattt…..miris sy bacanya…am one of the gave up mom…karena saya sakit dan harus mengkonsumsi obat dosis tinggi pasca melahirkan sasi…but I always support ASIX for evry moms n kids around me….kisses for aurel…

  13. sLesTa
    shinta lestari March 11, 2010 at 10:17 am

    salut buat ibu2 yang selalu berjuang untuk ASI. i also believe that breastfeeding is the most natural thing. before formula milk was even invented, many many years before, moms were able to do it, why can’t we? that’s always what keeps my determination to give naia breastmilk pas baru2 lahiran.

    alhamduillah, lulus! baru aja semalem gue mulai weaning naia (23.5bln) yang kayaknya mulai berhasil. soalnya udah mau 2 tahun, about time.

    dan gue yakin, anthie juga pasti bisa! kisskiss buat si cantik aurel yah.. salut buat kalian berdua.

  14. March 11, 2010 at 10:19 am

    Ya Allah…senang mendengarnya….saya sebenernya sudah stop ASI buat Alun pas dia mulai usia dua bulan, penyebabnya karena ASI sedikit, anak ngamuk terus karena kekurangan. Skr setelah 3 bulan sejak berenti ASI, masih bisakah saya mengeluarkan ASI lagi? semalam saya coba peras, tidak ada yang keluar setetespun dari payudara saya…hiks….

  15. SunShine
    Fitria Adriadi March 11, 2010 at 10:27 am

    imelda, setahu saya relaktasi itu bisa, walaupun memang butuh waktu dan kesabaran. mungkin bisa konsultasi aja ke klinik laktasi terdekat. kalau udah ada niat dan kesehatan ibunya memungkinkan, insya Allah diberi jalan… :) good luck ya!

  16. marihuanie
    huanie March 11, 2010 at 10:42 am

    terharu bacanya.. jadi semangat lagi buat terus ngasi ASI, soalnya ASI ku juga ga banyak2 bgt.. thabk ya anthie :))

  17. riandiani
    ria andiani March 11, 2010 at 10:43 am

    hwaaa hebat!!
    semangat yaaaa mommy Anthie, long way to go menuju ASIX :) smangat terus ya :)
    Sampe skr aku masih terusin kasih ASI, walau setelah Davina umur 6 bulan aku campur pk susu formula. rencananya Davina genap 2 tahun(2mgg lagi), baru aku stop :D

    Good luck mom!! smangat 45 terus yaaaa

  18. sLesTa
    shinta lestari March 11, 2010 at 11:17 am

    @imelda – relaktasi masih bisa dijalankan kok. tungguin aja artikel di TUM ttg ini ya..

  19. superpippo
    Astrid Lim March 11, 2010 at 11:26 am

    imelda: i have the same problem, tetap semangat ya bu =)
    slesta: ditungguin banget artikelnya =)

  20. anthie arvianto
    ~Anthie Arvianto~ March 11, 2010 at 11:27 am

    Risky.. Sama.. semua makanan yang aku sebut di atas itu nggak ada 1 pun yang aku suka,, hehehe, tapi demi Asi buat aurel, semua bakal di lakuin deh,,,

    Endrika… ini tulisan di kirim udah agak lama sih ya, sekarang Aurel udah hampir mau 4 bulan,, percaya nggak, kalo asi ku sampai hari ini ngak banya,, setiap mompa cuma dapet plg bnyk 50 ml, tp aku nggak mau nyerah,, dan alhamdulillah Aurel aduuuuh momtok nya, badan nya kenceng bngt. semangat juga ya…

    Sunshine.. iyah,, banyak banget yang nggak ngedukung aku untuk ngasi ASIX, tapi aku tutup kuping aja, selama suami ku dan juga mama ku bilang terus asix, aku pun nggak akan menyerah untuk itu

    Atika… sekarang semua makanan bergizi kayak nya sellau kumakan nih, hehhe,, demi asix buat Aurel, ach ibu mana sih yang nggak pengen ngasi yang terbaik buat anak nya, ya nggak… semua pasti di lakuin

    Fairella.. iyah saya memilih untuk ngasi ASI, dan karena itu pasti nya saya akan berusaha untuk semua itu

    Munanailil… aku pun sama kok, mama mertua ku nggak ngedukung asi, tapi aku tutup kuping aja, selama suami bilang terus asi, aku akan terus kasih asi

    Astrid… Formula juga bukan nggak bagus ko,, yang penting kita ada niat untuk kasih asi,, ini aku yang sok ke PD an aja nih, tapi insya allah bisa, 2 bulan lagi menuju ASIX, mudah2 an semua nya lancar,,,,

    Early.. aku iriii,,, bisa 100 ml??, aku mentok banget tuh di 50 ml, itu pun jarang-jarang,, tapi aku sih PD aja, sedikit-sedikit di kumpulin, lama-lama nanti banyak,,, aku pun masih kuliah, selesai kuliah ga pake main lama-lama, langsung pulang, dan nyusuin langsung. Aurel juga alhamdulillah uda 4 bulan ini belum sakit, padahal di rumah sering bgt ada yg flu, bada nya ga gemuk tapi kenceng, montok banget.
    ayo Mom, kita tetep semagat,,,

    Niens.. Pasti< semakin banyak yang bilang semangat, aku jadi kepacu terus nih,, dan selalu ngeyakinin “PASTI BISA”.. 1 bulan lagi yah menuju ASIX, terus semangat juga ya.

    Ann… aaaaahhh aku mau Aurel bisa kayak Diba,, mudahan bisa… iyah aku sampe 4 bulan ini pun masih sering loh dapet mompa cuma 10 ml, hehehe, tapi ya udah PD aja nanti mompa lagi, hihihi,, yg penting Aurel juga nyusu langsung, ASIP cuma klo aku lagi nggak di rumah aja, pergi pun ga pernah yg seharian, plg lama 6 jam.

    Chandra.. Makasih papa

    Uci… aku juga sebenernya dari sebelum hamil harus terus mengkonsumsi obat saraf loh, tapi sejak hamil dan melahirkan saya malah berenti minum, emang sih jadi sering kambuh, tapi ga papa deh, dem aurel, hihihi….

    Slesta.. mudahan nanti Aurel bisa juga kayak si cantik Naia ya,,, iyah bener,,, kadang suka sakiit bgt klo lg nyusuin, tp klo inget cerita mama ku, jadi bilang “pasti mama jauh lebih sakit rasanya dulu pas nyusuin aku”… mama soalnya kalo nyusuin benjolan ny ajadi membesar,, duw pasti sakit banget kan tuh.

    Imelda, setau aku sih bisa Mom, soalnya sodara ku ada yang kayak gitu juga, sempet stop asi 2 bulan, trus bisa lagi,, mungkin dateng ke klinik laktasi deh Mom…

    Huanie.. ayo kita erus semangat kasih asi

    Ria.. aku menuju asix 2 bulan lagi nih (ini artikel di kirim januari)… mudahan tetep semangat kayak kakak Devina ya

  21. thelilsoldier
    inga March 11, 2010 at 1:28 pm

    pasti bisa!
    relax aja, biarkan ASI-nya mengalir.

  22. ninit
    ninit yunita March 11, 2010 at 1:35 pm

    wah hebat banget anthie dengan perjuangannya :) jadwal makannya itu… keren! semangat ya thie. yakin deh banyak yg terinspirasi oleh anthie. :)

  23. ipeh
    Musdalifa Anas March 11, 2010 at 1:51 pm

    Iyaa saya termasuk salahsatu yg terinspirasi dr strory nya mba Anthie. Insya Allah anak kedua nanti Wajib asi exclusive.

  24. Adhiati
    Ati March 11, 2010 at 2:18 pm

    Terharu bacanya deh… semangat terus yaa!!! semoga bisa ASIX hingga 6 bulan.. bener, tutup kuping kanan kiri aja kalo ada yg ngga dukung :)

  25. inez
    inez March 11, 2010 at 2:26 pm

    semangaaat… meski emng kadang berat,, tapi alhamdulilah ayya udah 10 msh tetep ASI 100%. inshaAllah moga2 bs kesampaian 2thn. saluuut buat anthie… berikan yg terbaik buat anak2 kita ya. setahu ku asi itu akan kluar bnyak jika sering2 di hisap, prinsip nya supply-demand.. :)

  26. mommyaira
    jarvi kurnia lestari March 11, 2010 at 2:57 pm

    salut buat mbk anthie…terusin ya mbk…aku sendiri termasuk yang gagal kasih ASIX…cuma 2 bln…babyku prematur…dia gk kuat nyusu dari aku…baru 5 menit langsung biru krn sesek napas…akhirnya aku pompa sekuat tenaga dan cuma berhasil 2 bln…kering ring…udah minum dan makan segala mcm yang kata org bisa nambah volume ASI..relaktasi pun udah…sedih bgt kalo inget itu…sempet tersedu2 deh pokoke…tp aku tetep kasih semangat buat yang masih bisa nyusuin…krn aku percaya ASI emang yang terbaik….semangaaaaattttt!

  27. meralda
    meralda March 11, 2010 at 3:18 pm

    go ASI! terus semangat utk memberikan yg TERBAIK untuk si kecil :)

  28. piw
    yanti widyariny March 11, 2010 at 5:06 pm

    salut deh…
    aku termasuk yang dikit banget asi-nya dan akhirnya give up too fast…
    karena satu dan lain hal termasuk Keona panas tinggi di umur 4 hari gara2 asi-ku masih dikit banget…akhirnya cuma 2,5 bulan Keona dapet ASI itupun udah campur sufor…setelah itu kering…
    sering ngerasa sedih n nyesel tentunya…apalagi sempet niat relaktasi tapi gak pede…
    it’s all in your head moms…emang ga boleh nyerah dan harus selalu berpikir bahwa kita pasti bisa…

  29. mamamika
    Ferina Permatasari March 11, 2010 at 5:26 pm

    hihihi.. jadi inget masa2 ‘memerah’. senengnya pake botol yang 120ml, soalnya kalo pake medela udah ‘stres’ duluan liat botolnya yang ‘gendut’.
    sempet juga campur di awal2 menyusui, sempet stres ikutan salah satu milis yang kaya’nya fanatik banget sama ASIX. Tapi, alhamdulillah, sekarang lagi proses menyapih, meskipun udah lewat 24 bulan.

    urbanmamas… gimana cara menyapih yang bener ya? *pindah topik*

    semangat terus ya, mbak anthie

  30. mamanyaZayyan
    teefa March 11, 2010 at 6:20 pm

    semangat bubunnya olel!!
    tenang aja,50ml ato 100ml itu kan cuma yg bisa dipompa aja.yg penting pas diminum langsung olel-nya ngerasa cukup.buktinya olel baik-baik aja kan.
    kiss kiss buat olel..^^

  31. bundabagas
    Fitri Patria March 11, 2010 at 7:45 pm

    Salut buat mama Aurel! Alhamdulillah ASI saya dr awal lancar jd sampai skrg saya masih memberikan ASI kepada Bagas (21 bulan). Buat mama AUrel, saya mau kasih tips buat mebantu menambah ASI, setidaknya buat saya ini masnjur banget mba. Kalau ASI saya agak berkurang, saya biasanya langsung cr daging tanpa lemak, habis itu biasanya ASI saya langsung banyak. Selain daging tanpa lemak, buah anggur merah (hitam) itu juga manjur banget buat nambah ASI. Makan 10 butir saja langsung manjur buat saya. Semoga mba Anthie bisa terus menyusui sampai dua tahun ya….
    Semga bermanfaat!

    Best,
    Fitri

  32. tiaaja
    tia March 11, 2010 at 7:52 pm

    salut sama anthi yang terus berjuang, SEMANGAT!!!

    kemarin dapat cerita sedih dari temen, ada ibu yang nggak ngelanjutin ngasih ASI cuma karna anaknya sering banget buang air & akhirnya diganti sufor. hik hik hik. kasian anaknya.

  33. SakirunS
    SakirunS March 11, 2010 at 9:07 pm

    Mantap!! salut sama para urban mamas…dan urban papas yg pastinya ikut berandil menyemangati utk tetap memberikan ASI :)

    Saya jg br mulai nyoba mompa waktu Atreyu berumur 1 bln…kurang dr 10ml waktu itu (krn blm terbiasa dipompa), ditelatenin mompanya akhirnya dalam 1 bln rata2 sekali pompa bisa 60-100ml…sekarang (Atreyu sudah 10 bln) malah sudah gk butuh pompa, udah belajar LDR (let down reflex)…jd makin mudah dan gk repot, kapan aja ASI bisa dipancing utk keluar ;) yg penting yakin dan PD hehehe.

    Semangat buat semua mamas dsini!! ;)

  34. sLesTa
    shinta lestari March 12, 2010 at 8:46 am

    @ferina – bahasan ttg sapih menyapih udah banyak loh di forum. ini link nya untuk menyapih dr breastfeeding:
    http://theurbanmama.com/forum/topic23-weaning-from-breastfeeding-share-your-tips.html

    ada juga yang untuk sapih dari botol.
    http://theurbanmama.com/forum/topic25-sapih-dari-botol-susu.html

    silahkan join diskusinya di forum yah..

  35. March 12, 2010 at 10:56 am

    Dear Mama Aurel,
    Benar banget, sama sekali nggak ada istilah “ASI kurang / Tidak Keluar” yang ada justru “Mama males/capek/kurang tidur” alhasil jadi ketergantungan sama susu lain dech.
    Sedikit share juga, I’m a working mom yang baru stop Merah di kantor saat Darryl 21 Bulan (kalau nggak perah, rasanya something is missing with my routine). Darryl lulus ASI xlusif 6 Bulan, sampai dengan 1,2 tahun susu Darryl hanya ASI lulus S2 ASI, saat ini masih ngejar S3 ASI yaitu memberikan ASI 2 tahun.

    Moment saat numbuh gigi pertama kali sampai numbuh gigi lengkap (termasuk gigi Taring), jadi pengalaman yang membuat kangeeeennnn kalau nggak nenenin.

    Lagu nya Darryl sebelum bobo :
    Pok Ame-ame belalang kupu-kupu, siang makan nasi
    kalau malam minum susu (kalau kata darryl Nenen aja maaaaam)

  36. airin712
    Airin March 12, 2010 at 11:29 am

    huhuhu… terharu bgt baca artikel n comment nya semua, jd keinget dulu awal2 pulang RS jg sama, mompa cuma dpt 20ml … tp terus inget ada temen yg bilang “stiap wanita diciptakan Tuhan pasti bs memberi minum anaknya.” except ada sakit yach …

    jd terus tiap hr katuk bayam and sgala kuah2 an … ditambah nipple luka berdarah2 tp perih2 jg tetep kasihin B-qee langsung sambil aku nya nangis2 nahan pedih … tp semua itu tlah berlalu dan puji Tuhan udah lulus S1 ASIX nya …

    tapi sejak minggu lalu, tanpa sebab kok brasa bgt nih payudara ga pernah kencang lg ya? ada yg pernah tau/alami lewat 6m bgini ga? asli dikit bgt, biasa 3 jam dah penuh, ini dah 6jam masih ga kenceng2 jg … sampe makan buanyakkkk bgt sayur buah juice dll dah seminggu ini ga efek, yg ada timbangan naik 2kg .. stock asi di freezer jg dah mo abis karna belakangan bgini … hiks … knapa ya mom?

  37. Sella
    Ananda Ansella March 12, 2010 at 2:33 pm

    waaahh…senangnya baca artikel ini..
    Jadi inget juga waktu baru ngelahirin, dengan menahan sakit luka pasca C-section, mikirin baby Ray yg harus masuk ICU krn detak jantungnya 2x lebih cepat bayi normal, ditambah baby blues syndrom, aku tetap berusaha ngasih ASI buat Ray. Apalagi kata dokter & suster, ASI ku bisa membantu Ray utk cepat sembuh. Keluar dari RS aku msh harus bolak balik ke RS utk nyetor ASI yg kupompa semalaman (walaupun sampai lecet cuma menghasilkan 40ml ;p )n nyusuin Ray. Waktu itu karena ASI ku msh sedikit jd hrs ditambah sufor utk mencukupi kebutuhan bayiku yg ternyata nafsu nya besar hahaha…

    Tapi saat Ray udah boleh pulang aku usaha terus ngasih ASI n mengurangi asupan sufor nya. Akhirnya pas Ray 1 bln resmi lepas dari sufor n ASI full sampai sekarang Ray udah 9,5 bln.

    Klo dulu aku merasa menyusui itu berat bgt, stressful n gak bisa digantikan oleh siapapun. Walaupun capek, ngantuk tetap hrs menyusui. Tp seiring berjalannya waktu, aku malah merasa stress pekerjaan di kantor hilang saat aku nyusuin Ray. So, breastfeeding kind of relaxation method 4 me :)

    Alhamdulillah bgt, ternyata dgn niat kuat dan tekad baja serta dukungan dr suami & keluarga, kita pasti bisa ASIX. So urbanmamas semangat ya kasih ASIX kalo perlu kita bikin pabrik sufor bangkrut!..hehehe

    Anthie.. Semangat ya mba, dulu ak jg pas lg mompa suka sedih cuma dapet sedikit sambil mikir kapan ya ASI ku sekali pompa bisa menuhin botol 120ml itu? Eeeehhh semakin kesini malah aku setiap mompa harus pake botol yang 240ml krn udah gak muat. Rekorku sekali mompa bisa dpt 250ml!!..hehehe.. Pasti bisa kok, sekarang dinikmatin aja dulu :)

    Airin.. Ak jg pernah tuh kaya gitu, stock ASI defisit krn smua bubur bayi nya ditambahin ASI kan? cara paling ampuhnya cuma 1 mba, terus mompa setiap 3 jam. Kalo B-qee nya lg gak nyusu, dipompa aja. Walopun ngantuk, paksain bangun tengah mlm utk pompa.. Klo hasilnya sedikit, gak usah dipikirin yg penting pompa teruuuuuuuss.. Gud luck ya sis :)

  38. shinod
    Shinto Husnul Khotimah March 12, 2010 at 9:12 pm

    Aurel, terus mimik ucu Bunda yaa biar tambah banyak keluarnya. Biar Aurel tambah besar, sehat dan pintar. :D

  39. SakirunS
    SakirunS March 13, 2010 at 6:59 am

    @Airin…kayaknya emang sering gtu klo lewat 6 bln…gw jg gtu kok…diakalinnya klo mo mompa antara lain saat anak kita minum disatu pd, yg satunya lagi sambil dipompa, krn saat itu akan terjadi LDR (saat dimana asi deres2nya kliar, yg suka netes2 sendiri itu tuh).
    Ato bisa jg coba LDR sendiri, putingnya dirangsang sehingga asi nya akan keluar (terjadi LDR), gw sekarang gk pernah penuh lg PD nya… tp berkat LDR tetep bisa merah (pk tangan gk pk pompa) sampe 100an sekali pompa dalam max 15 mnt.

  40. rooslain
    Rosi March 15, 2010 at 8:28 am

    Athie, tetap semangat ya.. semoga meskipun sedikit tapi keluar terus sampe Aurel dua tahun. btw bikin susu kedelai sendiri? gimana tuh caranya? bagi2 resepnya ya..

  41. Mirza Resita
    May 14, 2010 at 12:17 pm

    hi Athie… sy jg gitu.. Sampai sekarang Asiku dikit banget, kalo dipompa paling byk 50 ml.. padahal sy udah coba segala macam cara:

    -makan segala mcm sayuran yg direkomendasikan memerbyk Asi kyky daun katuk, jantung pisang
    -minum suplemen: Moloco,lancar asi,asi fit,sari kurma, jintan hitam.. smua sy minum tiap hari.
    -pijat punggung n payudara
    -minum susu u menyusui 2x sehari, susu kedelai 1x.
    -makan kacang hijau di rebus tiap mau tidur
    -minum air sebyk2nya

    tetap aja tiap habis nyusuin Mika, masih mesti di tambah sufor… dia pasti nangis msh laper… sedih bgt deh padahal sy dah ngelahirin 1 bln lebih.Tapi sy masih semangat 45 sih… kalo Mika laper sy kasi Asi dulu baru sufor… masih semagad bgt gue.. biar dikit yg penting ada.

    thanks ya sharingnya…

  42. Mirza Resita
    June 13, 2010 at 11:16 am

    thx sharingnya..saya jd semangat utk ksh asix..

  43. Mirza Resita
    August 25, 2010 at 5:14 pm

    Saya juga sama ky Vierly,segala macam dikonsumsi. anakku jg sempet di campur sufor krn umur 3hr kuning dan harus diterapi sinar..tp sejak umur 3 mgg sufor nya aku stop krn Afraz sering muntah,mgkn kekenyangan..skrg sdh 2 bln jg masih sering muntah klo abis nyusu diganti celana/pampers,mgkn krn lg kenyang trs perut ke kocok2..
    setelah aku stop sufor nya beratnya terus nambah,berarti ASI ku cukup utk dia..
    waktu awal2 mompa jg cm dpt 10-20ml, skrg klo mompa pagi bisa 60ml,tp klo uda siang cm dpt 20-40ml..
    liat comments n cerita para mamas di TUM, byk yg walopun ASI nya ga melimpah spt aku,tapi tetep bisa lulus ASIX bahkan ada yg sampe S3, bikin aku lbh termotivasi lg utk trs mompa,relax,n positive thinking..soalnya sebulan lg aku sdh mulai kerja..
    thanks mamas..

  44. Mirza Resita
    October 19, 2010 at 3:41 pm

    Hebat mba anthie..
    Thx sharingnya ya,jadi semangat kasi ASIX untuk calon baby ku nih.Mudah2an bisa.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.