Tidak Ada Kata Menyerah Demi Setetes ASI

Dan rasanya miris banget kalo ada seorang ibu yang menyerah demi setetes ASI untuk buah hatinya. Bukan saya menjudge mereka. Sama sekali bukan. Tapi saya tahu, nggak ada istilah, "ASI nya nggak keluar" atau pun "Anak nya nggak mau minum ASI". Percaya deh, nggak ada ASI yang nggak bisa keluar. Semua tergantung gimana kita berusaha, dan yang terutama NIAT.

Niat yang besar untuk bisa memberikan ASI untuk buah hati kita memang sangat penting. Kita semua pasti tahu bagaimana pentingnya ASI untuk seorang bayi. Saya sendiri tidak mengatakan bahwa sufor (Susu Formula) itu kurang bagus. Tapi bila bisa memberikan ASI, sebaiknya cukup ASI saja.

Saya jadi ingat cerita ibu saya. Waktu umur saya 2 bulan, tiba-tiba di payudara ibu muncul benjolan (mastitis). Ibu saya bilang, rasanya sakit. Tapi meski demikian, ibu saya tidak menyerah dan berhenti memberikan saya ASI.

Cerita ibu saya tersebut selalu membuat saya semangat. Apakah karena karena hal sepele saya akan menyerah? Demi setetes ASI, saya nggak akan menyerah. Dan saya akan berusaha semaksimal mungkin demi memberi ASI untuk Aurel.

ASI saya ini sampe sekarang belum terlalu banyak. Kalau pompa pun baru bisa sampai 60 ml. Tapi lagi-lagi dukungan dari orang-orang di sekitar kita sangat diperlukan.

Semua cara saya lakukan demi ASI. Dari pijat payudara yang rasanya sakit banget, sampai menjadwal makanan yang bisa membuat ASI saya banyak. Mengonsumsi makanan yang sebenarnya nggak terlalu saya suka. Tapi sekali lagi, apa pun akan saya lakukan demi keluarnya ASI.

Saya menjadwal asupan makanan ke tubuh.



  • Senin, mengonsumsi bengkoang sebanyak 3 buah yang bisa membuat ASI kita putih dan kental,

  • Selasa, makan sayur katuk (sampai habis satu panci).

  • Rabu, makan bubur kacang hijau dan air kacang hijau.

  • Kamis, susu kedelai buatan sendiri.

  • Jum'at, sayur daun labu.

  • Sabtu dan Minggu, saya ngemil kacang rebus.



Kalau memang apa yang kita usahakan nggak membuat ASI keluar dengan banyak, Urban Mama sebaiknya jangan cepat menyerah karena ada banyak donor ASI di luar sana yang pasti akan membantu kita.

Sekarang Aurel sudah berumur 44 hari, pelan tapi pasti berat Aurel makin hari makin naik. Dengan ASI hubungan anak dan ibu pasti akan terbangun. Rasanya senang sekali saat saya melihat Aurel semangat minum ASI, apalagi sambil mendekap tubuh mungilnya.

Urban Mama, coba lah untuk tidak menyerah demi setetes ASI untuk anak kita. Semua pasti bisa kalau kita berusaha dan dengan niat yang besar.

Related Tags :

44 Comments

  1. avatar
    Ajeng Amanda October 19, 2010 3:41 pm

    Hebat mba anthie..
    Thx sharingnya ya,jadi semangat kasi ASIX untuk calon baby ku nih.Mudah2an bisa.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Dini Restiani August 25, 2010 5:14 pm

    Saya juga sama ky Vierly,segala macam dikonsumsi. anakku jg sempet di campur sufor krn umur 3hr kuning dan harus diterapi sinar..tp sejak umur 3 mgg sufor nya aku stop krn Afraz sering muntah,mgkn kekenyangan..skrg sdh 2 bln jg masih sering muntah klo abis nyusu diganti celana/pampers,mgkn krn lg kenyang trs perut ke kocok2..
    setelah aku stop sufor nya beratnya terus nambah,berarti ASI ku cukup utk dia..
    waktu awal2 mompa jg cm dpt 10-20ml, skrg klo mompa pagi bisa 60ml,tp klo uda siang cm dpt 20-40ml..
    liat comments n cerita para mamas di TUM, byk yg walopun ASI nya ga melimpah spt aku,tapi tetep bisa lulus ASIX bahkan ada yg sampe S3, bikin aku lbh termotivasi lg utk trs mompa,relax,n positive thinking..soalnya sebulan lg aku sdh mulai kerja..
    thanks mamas..

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Harning Yuangvi Setiarini June 13, 2010 11:16 am

    thx sharingnya..saya jd semangat utk ksh asix..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Vierly Juanita Borahima May 14, 2010 12:17 pm

    hi Athie... sy jg gitu.. Sampai sekarang Asiku dikit banget, kalo dipompa paling byk 50 ml.. padahal sy udah coba segala macam cara:

    -makan segala mcm sayuran yg direkomendasikan memerbyk Asi kyky daun katuk, jantung pisang
    -minum suplemen: Moloco,lancar asi,asi fit,sari kurma, jintan hitam.. smua sy minum tiap hari.
    -pijat punggung n payudara
    -minum susu u menyusui 2x sehari, susu kedelai 1x.
    -makan kacang hijau di rebus tiap mau tidur
    -minum air sebyk2nya

    tetap aja tiap habis nyusuin Mika, masih mesti di tambah sufor... dia pasti nangis msh laper... sedih bgt deh padahal sy dah ngelahirin 1 bln lebih.Tapi sy masih semangat 45 sih... kalo Mika laper sy kasi Asi dulu baru sufor... masih semagad bgt gue.. biar dikit yg penting ada.

    thanks ya sharingnya...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Rosi March 15, 2010 8:28 am

    Athie, tetap semangat ya.. semoga meskipun sedikit tapi keluar terus sampe Aurel dua tahun. btw bikin susu kedelai sendiri? gimana tuh caranya? bagi2 resepnya ya..

    1. avatar

      As .