Time Together Play Book – Kodomo Challenge

anthie arvianto

Bagi saya, anak seumur Aurel (3,5 tahun) seharusnya lebih banyak bermain daripada belajar. Walaupun Aurel sudah mulai bersekolah, bermain masih menjadi kebutuhan utamanya. Sedikit-sedikit saya masukkan unsur edukasi dalam permainannya. Bukankah anak-anak memang belajar dari bermain?

Beberapa waktu lalu, saya membeli edutoy Time Together Play Book – Kodomo Challenge dari Benesse. Kali ini, temanya bermain dengan bentuk. Satu paket Kodomo Challenge terdiri dari VCD, buku bergambar, mainan Bis Balok, dan boneka tangan Shimajiro.

Tema yang diangkat dalam VCD  Kodomo Challenge serupa dengan buku bergambarnya. Saya menonton terlebih dahulu VCD-nya bersama Aurel. Setelah itu kami mulai bermain Bis Balok. Dengan bermain bis balok, Aurel dapat mengembangkan kemampuan motoriknya. Aurel memang sudah mengenal berbagai macam bentuk, tetapi ia masih bersemangat setiap kali mencocokkan bentuk-bentuk dengan gambarnya. Permainan Bis Balok mengasah anak untuk mengenal 4 macam bentuk sederhana, yaitu bujur sangkar, segitiga, bulat, dan bunga. Anak akan tertantang untuk memasukkan aneka bentuk tersebut ke dalam Bis Balok. Dengan panduan dari buku bergambar, anak dapat lebih mengembangkan imajinasinya.

Materi dalam buku bergambar sungguh menarik. Ada gambar-gambar  yang ceritanya dapat dikembangkan sendiri. Aurel sendiri paling suka dengan halaman menggosok gigi. Ceritanya bisa dikarang bebas oleh Aurel dengan bantuan Bis Balok dan Shimajiro.

Aurel juga senang sekali bermain dengan Shimajiro, si macan kecil. Dengan boneka tangan Shimajiro, Aurel saya ajari untuk mendongeng. Sekarang, Aurel sudah bisa bercerita sendiri sambil memainkan Shimajiro. Ceritanya bisa datang dari buku bergambar atau bahkan dari imajinasinya sendiri.

Saya puas sekali dengan produk dari Benesse ini. Seri yang saya miliki adalah Kodomo Challenge untuk toddler. Setelah ini, saya tertarik  mencoba Kodomo Challenge untuk kindergarten. Saya pun tidak ragu untuk merekomendasikan Kodomo Challenge ini ke para orangtua lainnya.

5 Comments

  1. Kira Kara
    Bunda Wiwit May 22, 2013 at 2:29 pm

    Kira & Kara suka banget nih sama shimajiro. Dapat VCD sample shimajiro itu seneng banget mereka :)

  2. lenny
    lenny May 22, 2013 at 4:22 pm

    Wah menarik sekali, mau nanya ini beli online atau gmn ya? Thanks

  3. yulia handayani
    yulia handayani May 22, 2013 at 6:22 pm

    keren, bermain sambil belajar.
    dimanakah bisa didapat mama anthie?
    TFS ya

  4. crey
    Chrisye Wenas May 23, 2013 at 3:56 pm

    IIh sama akupun beliin buat El yang versi toddlernya, yang ada jamnya dan seneng banget semuanya dalam bahasa Indo :)

    @lenny & yulia: ada link-nya di atas untuk ke beli online…

  5. adelina
    Adelina March 16, 2014 at 12:40 pm

    wah,sama bunda, anak2 saya juga suka mainnya tapi belum sempet2 juga nonton videonya barengan haha.. yang versi kindergarten lebih asik lagi loh :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.