Tips Aman Mengemudi

siska.knoch

Sejak bisa menyetir mobil sendiri, saya selalu berusaha untuk menyetir dengan tertib dan mengutamakan keamanan. Saya tidak mau membahayakan diri sendiri, apalagi orang lain. Setelah punya anak, menyetir dengan aman dan tertib ini juga merupakan cara saya memberi contoh kepada anak-anak. Bagi saya, percuma kalau kita setiap kali selalu mengajari anak-anak untuk taat kepada peraturan lalu lintas sementara saat menyetir saya malahan memberi mereka contoh yang sebaliknya.

Beberapa tips untuk aman mengemudi saat mengajak anak-anak:

  • Menggunakan car seat. Ini sangat penting untuk keamanan anak. Selain itu, anak-anak yang tidak duduk tenang di car seat akan sangat mengganggu konsentrasi kita saat mengemudi.
  • Sediakan mainan favorit anak agar saat bosan ia bisa asyik bermain.
  • Sediakan juga makanan dan minuman yang cukup. Biasanya anak cenderung akan mencari makanan saat mulai bosan di kendaraan.
  • Sebaiknya mencari tempat aman untuk berhenti sejenak jika bayi ingin menyusu. Biasanya saya akan mempelajari dulu rute yang akan saya lalui dan menandai tempat-tempat perhentian yang cukup aman. Untuk anak yang sudah lebih besar, biasanya saya juga menandai tempat-tempat yang menyediakan toilet.
  • Saya menggunakan fitur child lock di pintu belakang agar anak-anak tidak bisa membuka pintu sendiri dari dalam. Jendela juga saya kunci agar mereka tidak bisa membuka tutup jendela sendiri.
  • Saya tidak membiasakan diri untuk mengangkat telepon atau membaca-baca pesan saat sedang mengemudi karena hal ini akan sangat mengganggu konsentrasi. Biasanya saya akan memeriksa ponsel saat memang sedang berhenti.
  • Berusaha menahan diri untuk tidak memaki saat mobil saya disalip, diserobot, atau jika ada hal-hal mengejutkan di jalanan. Migu pernah menegur saya untuk urusan yang satu ini.
  • Berusaha meluangkan waktu lebih panjang agar tidak perlu mengebut untuk cepat sampai di tujuan.
  • Tidak pernah meninggalkan anak-anak dalam mobil walaupun untuk sebentar saja.
.
Mempunyai dua anak membuat saya dan suami harus memilih mobil yang cukup lapang. Saya harus memasang dua car seat di dalam mobil, masih ada cukup tempat duduk jika kebetulan ada orang lain yang ikut, serta bagasi yang besar untuk menampung barang bawaan kami. Faktor keamanan dalam mobil juga menjadi prioritas kami. Salah satu mobil yang menurut saya mengerti keluarga adalah Suzuki Ertiga. Alasannya karena mobil ini memang sejak awal didesain sebagai mobil keluarga dengan fitur unggulan AMIN (Aman, Mewah, Irit, Nyaman). Mesinnya 1400cc dengan teknologi VVT yang responsif dan irit. Suzuki Ertiga ini juga dilengkapi dengan kunci antimaling Immobilizer dan Side Impact Beam​, yaitu baja penahan benturan samping di setiap pintunya.​

Urban mama punya rencana berjalan-jalan di musim liburan ini atau mudik saat Lebaran? Ikuti kontes video bersama Suzuki Ertiga di sini, banyak hadiah menarik lho!

7 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw June 24, 2014 at 12:45 am

    Makasih tips aman mengemudi-nya Chikaa.., penting banget, terutama buat kita para wanita yang jujur aja sering dicap sebagai pengemudi yang kurang baik. Yuk terapkan tips ini agar kita benar2 menjadi pengemudi yang lebih baik..

    wahhh..kontes videonya menarik banget. Ikutan yuukkk…

  2. udhien
    Mohammad Syafiuddin June 24, 2014 at 8:06 am

    Tips-nya berguna banget chika. selain itu mungkin yang perlu diperhatiin dan cukup mendasar agar anak merasa nyaman adalah driving style, harus lebih halus hehe.

    Btw, sering ngeliat ertiga sporty di jalan, keren banget euy.

  3. mirmayf
    mirmayf June 24, 2014 at 9:57 am

    pilihan suami dan si kakak emang ga salah hihihi.. mereka keukeh pengen punya ertiga tahun lalu dan akhirnya kebeli walaupun udah berkali2 saya racuni untuk membeli mobil lain aja hehehe.. jadi pengen ikutan kontesnya ^^

  4. siska.knoch
    Siska Knoch June 24, 2014 at 6:35 pm

    sama-sama @zataaa.. :)
    iya @kang setuju banget, nyetir itu emang intinya fokus tapi santai/tenang.
    @mirmayf – yuk ikutan yukkk :)

  5. ipeh
    Musdalifa Anas June 25, 2014 at 12:50 pm

    terima kasih chika tipsnya berguna banget, apalagi point “Berusaha menahan diri untuk tidak memaki saat mobil saya disalip, diserobot, atau jika ada hal-hal mengejutkan di jalanan. Migu pernah menegur saya untuk urusan yang satu ini” —> sama gue juga pernah ditegur Lana.

    Ertiga bagus ya, kalau beli dapat diskon gak ya? lagi kefikiran mau ganti Swift gue krn emang umurnya udah tua, dan sebagai pencinta suzuki kefikiran buat ganti ke ertiga.

  6. ninit
    ninit yunita June 27, 2014 at 6:09 am

    chikaaa artikelnya bener banget!
    kl lg nyetir, simpen dulu deh tuh smartphone etc… ngasih contoh ke anak dengan melakukannya.

    btw gue juga naksir nih ertiga… secara visual enak diliat :) trus dalemnya juga lapang ya. cocok deh buat anak 2. amiiin semoga someday tercapai keinginannya.

    mau ikut quiznyaaa yang pasti!

  7. cindy
    cindy vania June 27, 2014 at 11:50 am

    terimakasih tipsnya mommyluv,gue kadang suka lupa lock jendela,jadi kadang si #2 suka iseng buka tutup *ddooh*

    kalau soal makanan dijok belakang selalu siap karena yang dibawa 3 krucils,hahaha..

    Teruuss,ertiga ini udah jadi incaran juga sebenernya,bolak balik ke pameran cuma buat liatin dalem mobilnya,hihi

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.