Tuna Dabu-Dabu

eka

Kami adalah keluarga penyuka ikan, salah satunya ikan tuna. Ikan tuna lezat dan bergizi, mengolahnya pun mudah dan cepat. Saya biasa membelinya sudah dalam bentuk fillet, jadi tidak perlu repot membersihkannya, tinggal dicuci bersih dengan air mengalir saja.

Untuk bumbunya, biasanya saya membuat dabu-dabu untuk saya dan suami. Sedangkan untuk Enzo dan Dante, biasa memakai saus tomat dan mayones, atau dimakan tanpa saus.
Bahan:

  • Fillet ikan tuna, potong dadu
  • Telur, tepung dan minyak untuk menggoreng ikan tuna

Bahan dabu-dabu:

  • 3 siung bawang merah, cincang
  • 6 butir cabe rawit, iris-iris tipis
  • 1 buah tomat mengkal, buang bijinya, iris dadu
  • 1 buah jeruk nipis (sesuai selera)
  • 1 sendok minyak goreng
  • garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat:

  1. Celupkan ikan tuna pada telur yang sudah dikocok dan gulingkan pada tepung, lalu goreng hingga matang.
  2. Campurkan semua bahan dabu-dabu yang sudah dicincang; saya menguleknya sebentar (tidak sampai halus) agar lebih kuat rasa dan aromanya.
  3. Beri perasan jeruk nipis.
  4. Taburkan garam secukupnya.
  5. Tambahkan satu sendok minyak goreng, aduk rata.

Catatan:

  • Bila anak-anak suka, bisa dibuatkan tanpa cabe rawit.
  • Resep asli menggunakan tambahan minyak goreng 1-2 sendok makan. Minyak goreng bisa melarutkan atsiri dari cabe rawit, jadi pedasnya lebih terasa. Ibu saya dulu menggunakan minyak panas bekas menggoreng ikan, jadi rasanya lebih mantap! Apalagi bila dimakan bersama nasi panas dan disuapi dengan tangan ibu, lezatnya tak terkira! Bisa minta tambah berkali-kali.
  • Untuk anak-anak, saya menggunakan minyak zaitun.
  • Ikannya tidak harus ikan tuna, ikan laut yang lainpun lezat dimakan bersama dabu-dabu.

Selamat mencoba, semoga suka!

11 Comments

  1. gabriella
    Gabriella Felicia March 5, 2014 at 5:50 am

    Wah, TFS Eka… kebetulan di rumah lagi punya stok ikan, jadi menu hari ini bisa langsung bikin ikan bumbu dabu-dabu nih…

  2. rainiw
    Aini Hanafiah March 5, 2014 at 7:27 am

    Tuna pedas2 gini favoritku bangeettt! tapi selama ini nggak tahu cara bikinnya, hihi. thanks ya Eka resepnya :D

  3. errika
    Errika Aprilia March 5, 2014 at 9:51 am

    aku udah sering bikin ini tapi pake ikan tongkol, ternayata tuna juga enak ya.. hihihi coba ah. tfs ya mbak :)

  4. netta
    netta March 5, 2014 at 11:30 am

    makasih resepnya mbak
    mesti dicoba nih, gampang kayaknya ya :)

  5. eka
    Eka Wulandari Gobel March 5, 2014 at 4:10 pm

    @mama ella: yuk, bikin. mudah ya

    @aini: aww..masa siih ai..secara gitu, ai yg master chef. hahaha..terima kasih kembali aii

    @erika: tuna enak koq.. anak-anak suka, jadi mama papa ikutan makan ikan tuna.

    @netta: yuk bikin, gampang banget

  6. cynkoirewa
    Cynthia Koirewa March 5, 2014 at 4:31 pm

    Hhhmmmm nyaaaamiii … nyyamiiii

  7. eka
    Eka Wulandari Gobel March 5, 2014 at 5:44 pm

    @cynthia: yummmie!

  8. cynkoirewa
    Cynthia Koirewa March 6, 2014 at 3:14 am

    Dabu2 nya menggiurkan mba, apalagi nambah jeruk nipis. Hhhhmmmmmm ….. ;)

  9. ninit
    ninit yunita March 6, 2014 at 7:31 am

    yummm enak banget niii tuna dabu2 :)
    sama nasi panas… klooop banged!

  10. ZataLigouw
    Zata Ligouw March 6, 2014 at 6:00 pm

    wuahhh langsung pengen beli tuna besok pagi!

    Makasih Ekaaa…

  11. hei_L
    hei_L July 7, 2014 at 10:14 am

    Resepnya gampaanggg, waahh suami aku penyuka ikan nih, mentok resep paling di goreng, pepes atau bumbu kuning, makasih idenya Mbak Eka ^_^

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.